Author Topic: Tuhan menghendaki supaya semua orang diselamatkan ?  (Read 3113 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 10, 2017, 01:11:56 PM
Reply #60
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
  Kita coba liat ayat sbb :

orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua

IMO, ayat diatas itu sedang mengisahkan event pada akhirnya.
So, ayat2 terakhir kitab Wahyu (imo) menggambarkan bahwa nanti pada akhirnya :
1. ada yang masuk Yerusalem Baru
2. ada yang tidak masuk YB, melainkan mengalami spt kalimat ayat diatas.

Pertanyaan saya :
kayak begimana pengertian ronny thdp ayat diatas ?


Terus terang, kalo versi pengertian saya sendiri thdp kalimat bold itu, tetep ada didalam logika manusia terbatas ---> So, se maha maha pengampun-nya Tuhan, Dia tetep punya batas kesabaran serta Law yg adil mesti jalan. Bahkan untuk nyampe ke event [Tuhan mengampuni] sepertinya ada prekondisi, misal :
- orang yang akan Dia ampuni itu pernah mengampuni orang lain
- orang yang akan Dia ampuni itu bertobat



Yang saya tangkep thdp pov ronny pada kalimat ungu, sepertinya di pov-mu sbb :
[ungu = Maha Kasih = Maha Sabar] ---> [PengampunanNya - KasihNya - KesabaranNya] tidak terbatas. Oleh karena itulah di pov-mu impossible Tuhan sampe tega menyate orang. Akibat selanjutnya di pov-mu oranye

Please CMIIW.


Keren  :afro:. Baca baca dulu deh mengenai Purgatory. Nanti mungkin kamu bisa tau apakah yang kamu pendapati ada terdapat di konsep Purgatory ato kagak.  :happy0062:.

:)
salam.
Saya sudah baca tenntang Purgatory Bro (Penjelasan di katolisitas.org). Memang berbeda dengan sudut pemikiran saya. Kalau menurut saya Pemurnian itu untuk memisahkan jiwa manusia dan iblis, semuanya akan kembali ke habitatnya masing-masing (Berangkat dari asumsi Allah Maha Kuasa, Maha Pengampun).
Memang Allah menghendaki agar kalau bisa semasa kita hidup di dunia sedapat mungkin menghindari iblis dengan berpedoman pada ajaran-Nya di Alkitab (tapi khan susah bro, kita khan manusia yang lemah). Tapi kalau semua sudah berpulang lagi kepada Allah, apa susahnya bagi Allah untuk memisahkannya ?
March 10, 2017, 01:22:51 PM
Reply #61
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
Walaupun sudah ada katalognya, tetap aja suatu software bisa kena virus.Apa susahnya bagi seorang pakar analist untuk memformat ulang sofware yang kena virus. Hardware masih kepake khan, yang salah virusnya khan(dimusnahkan) ? itu baru perumpamaan bagi seorang analist, sangat jauh derajatnya dengan Tuhan sebagai Pencipta seluruh alam semesta beserta isinya.
March 10, 2017, 08:15:36 PM
Reply #62
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Memang Allah menghendaki agar kalau bisa semasa kita hidup di dunia sedapat mungkin menghindari iblis dengan berpedoman pada ajaran-Nya di Alkitab (tapi khan susah bro, kita khan manusia yang lemah).
Nah itu. Kan mungkin sempet dikasih tau kayak gini "kalo susah, minta bantuan gue dgn sepenuh hati"

Quote
Tapi kalau semua sudah berpulang lagi kepada Allah, apa susahnya bagi Allah untuk memisahkannya ?
IMO, bukan perihal susah/gampangnya [Allah memisahkan]... melainkan mao ato kagaknya, mengingat sewaktu hidup orang ybs ada dikasih tau ungu. Saya rasa Dia nggak mao kalo ybs udah mati pabila sebelon mati ybs itu sendiri udah dikasih tau ungu. Hehehe...  :char11:
March 10, 2017, 10:36:55 PM
Reply #63
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
ada

Apakah TUHAN tidak mengetahui bahwa akan ada manusia yg akan masuk Neraka sebelum dunia diciptakan ?

March 10, 2017, 10:39:45 PM
Reply #64
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
oleh karena Yang Mahatahu itu mengetahui ada lobang di depan,, itulah sebabnya Dia mengutus para pengamar untuk mengamarkan (bukan memaksa) agar orang orang yang melenceng dari jalan yang lurus itu, menghentikan perjalananny dan kembali ke Jalan yang benar.  :afro:


Itulah gunanya Alkitab - tetapi tanpa iluminasi ROH KUDUS tidak mungkin manusia mampu memahaminya dengan benar sehingga bisa mencegahnya berbuat kejahatan,sebab manusia yg berstatus berdosa sebelum lahir baru sudah binasa secara rohaniah.



« Last Edit: March 10, 2017, 10:42:47 PM by semper »
March 10, 2017, 10:42:08 PM
Reply #65
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
Walaupun sudah ada katalognya, tetap aja suatu software bisa kena virus.Apa susahnya bagi seorang pakar analist untuk memformat ulang sofware yang kena virus. Hardware masih kepake khan, yang salah virusnya khan(dimusnahkan) ? itu baru perumpamaan bagi seorang analist, sangat jauh derajatnya dengan Tuhan sebagai Pencipta seluruh alam semesta beserta isinya.

Manusia pertama bukan robot tetapi diciptakan menurut gambar Allah sehingga ia memiliki kehendak bebas untuk tidak berdosa atau salah menggunakan kebebasannya sehingga jatuh kedalam dosa yg membawa maut.

March 10, 2017, 10:45:41 PM
Reply #66
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2766
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist

lItulah gunanya Alkitab - tetapi tanpa iluminasi ROH KUDUS tidak mungkin manusia mampu memahaminya dengan benar sehingga bisa mencegahnya berbuat kejahatan,sebab manusia yg berstatus berdosa sebelum lahir baru sudah binasa secara rohaniah.

kutambahkan...
bahkan sekalipun ROH KUDUS telah mengiluminasikan Firman itu dengan seterang terangnya, dan bahkan orang yang telah diiluminasi itu telah memahami sepenuhnya Firman Tuhan.

orang yang diiluminasi itu dapat "MEMILIH" untuk bebal dan tidak taat kepada Firman yang diiluminasi tersebut,.


salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
March 10, 2017, 10:59:36 PM
Reply #67
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
kutambahkan...
bahkan sekalipun ROH KUDUS telah mengiluminasikan Firman itu dengan seterang terangnya, dan bahkan orang yang telah diiluminasi itu telah memahami sepenuhnya Firman Tuhan.

orang yang diiluminasi itu dapat "MEMILIH" untuk bebal dan tidak taat kepada Firman yang diiluminasi tersebut,.
salam
TYM


Tidak ada yang bisa melawan kehendak Allah yang sudah memilih siapa yang akan selamat sebelum dunia diciptakan.

Tidak perlu dipaksa manusia akan sadar sendiri akan dosanya malah memuji dan mengucap syukur kepada Allah setelah dilahirkan baru,sehingga mustahil dia menolak karunia Tuhan akan keselamatan.

Siapa manusia yg bisa mengagalkan rencana keselamatan Allah thd orang orang pilihannya ?

Ayub  42:2 "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.
« Last Edit: March 10, 2017, 11:05:48 PM by semper »
March 10, 2017, 11:51:19 PM
Reply #68
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
oleh karena Yang Mahatahu itu mengetahui ada lobang di depan
Cara pandang Calvinist itu nggak spt yang sima tulis diatas, sima. Melainkan kayak begini :

Tuhan tinggal di sorga.
Tuhan punya neraka.
Tuhan ingin bikin manusia di bumi ( si 1 s/d si 10, misalnya)
Tuhan ingin si 1 3 5 stlh mati di bumi berada di sorga, si 2 4 6 s.d 10 berada di neraka.

Quote
itulah sebabnya Dia mengutus para pengamar untuk mengamarkan (bukan memaksa) agar orang orang yang melenceng dari jalan yang lurus itu menghentikan perjalananny dan kembali ke Jalan yang benar
menurut Calvinist :
Tuhan menghendaki sebagian orang bernama si anu anu anu stlh mati dibumi masuk sorga
sebagian orang bernama si una una una stlh mati dibumi masuk neraka.

Dengan demikian,
Tuhan berkehendak si 2 4 6 s/d 10 itu TIDAK oranye.
KehendakNya disini terwujud.

However, dilain sisi ...
Tuhan berkehendak si 1 3 5 oranye.
APA DAYA, kehendakNya di perihal ini tidak bisa terwujud.

Oleh karena itulah Tuhan menanamkan program ke si 1 3 5 agar si 1 3 5 oranye. PERCIS sama blekplek sebuah robot yang diprogram. Kalimat halus-nya versi Calvinist thdp [menanamkan program] berupa [irresistable grace].



IMO, nggak mungkin ada dua ajaran yang bertolak-belakang mengenai kehendak/keinginan Tuhan.

A. Tuhan ingin semua orang selamat

versus

B. Tuhan ingin sebagian orang (si anu si anu si anu) selamat

Salah satunya sesat, karena impossible dua duanya bener  :D  :char11:  :happy0025:
« Last Edit: March 11, 2017, 12:46:19 AM by odading »
March 11, 2017, 11:54:33 AM
Reply #69
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
Cara pandang Calvinist itu nggak spt yang sima tulis diatas, sima. Melainkan kayak begini :

Tuhan tinggal di sorga.
Tuhan punya neraka.
Tuhan ingin bikin manusia di bumi ( si 1 s/d si 10, misalnya)
Tuhan ingin si 1 3 5 stlh mati di bumi berada di sorga, si 2 4 6 s.d 10 berada di neraka.
 menurut Calvinist :
Tuhan menghendaki sebagian orang bernama si anu anu anu stlh mati dibumi masuk sorga
sebagian orang bernama si una una una stlh mati dibumi masuk neraka.

Dengan demikian,
Tuhan berkehendak si 2 4 6 s/d 10 itu TIDAK oranye.
KehendakNya disini terwujud.

However, dilain sisi ...
Tuhan berkehendak si 1 3 5 oranye.
APA DAYA, kehendakNya di perihal ini tidak bisa terwujud.

Oleh karena itulah Tuhan menanamkan program ke si 1 3 5 agar si 1 3 5 oranye. PERCIS sama blekplek sebuah robot yang diprogram. Kalimat halus-nya versi Calvinist thdp [menanamkan program] berupa [irresistable grace].



IMO, nggak mungkin ada dua ajaran yang bertolak-belakang mengenai kehendak/keinginan Tuhan.

A. Tuhan ingin semua orang selamat

versus

B. Tuhan ingin sebagian orang (si anu si anu si anu) selamat

Salah satunya sesat, karena impossible dua duanya bener  :D  :char11:  :happy0025:
Kalau saya pilih A dengan latar belakang pemikiran saya di atas...logis ga menurut Bro Oda ?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)