Author Topic: lagi2 tentang sunat nih  (Read 1737 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 08, 2017, 01:06:38 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9606
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik


Ancient Egypt
Sixth Dynasty (2345 - 2181 BC) tomb artwork in Egypt is thought to be the oldest documentary evidence of circumcision, the most ancient depiction being a bas-relief from the necropolis at Saqqara
https://en.wikipedia.org/wiki/Religious_male_circumcision#Ancient_Egypt


2091 BC
God Sends Abram to Egypt
http://biblehub.com/timeline/old.htm



Jangan lupa ya hen, ini mirip dgn thread Esseni.
So, kalo kamu sendiri sudah berangkat dgn keyakinan yg berupa :
Abraham di sunat sekitar taon 2100 BC

dimana selanjutnya kamu :
impossible ada event sunat sebelum 2100 BC

dimana akhir kesimpulanmu :
info mengenai adanya event sunat di Mesir pada tahun 2300 an BC tsb tidak benar.

 :D


ye kalo kamu berangkatnya dari logika : PL lom tentu bener

ya udah ngga usah lanjutin lagi
gw jg males ngeladenin elu kalo prinsip elu begitu

nyang jelas Abraham sih udah pasti disunat bro
cuma itu terjadinya setelah dia kembali dari Mesir kalo di Alkitab
dan di Alkitab ngga tertulis jelas waktunya

so dari info diatas bisa jadi Mesir sudah melakukan praktek sunat sebelum perjanjian Abraham dengan Allah
« Last Edit: May 08, 2017, 01:26:45 PM by HenHen »
May 08, 2017, 01:10:00 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9606
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
PL tidak diubah setitik noktahpun (Kalimat dan kata2nya).
Yesus datang ke dunia untuk menjelaskan (Menafsirkan dengan benar sesuai maksud Allah) arti kalimat2 dalam PL itu dan menggenapinya.
Buat saya ga masuk akal tuh alasan2 duniawinya (Lebih enaklah, lebih cantiklah, tahan lamalah, lebih bersih/sehat), itu semua relatiflah, yang saya  yakini,cara begitu jelas jelas sudah tidak menghargai ciptaan Allah. Malah menurut saya itu seperti cara2 atau tradisi kuno, seperti di daerah saya, dulu kalau mau menandakan kepemilikan sapi2 yang dilepas liar, sapi tersebut di cap dengan besi panas di punggungnya (Sadis Ga ?). Menurut saya, Allah yang benar ga sesadis itu.

Tuhan memberkati...

alasan2 duniawi yang bro sebut itu emang baik kok

ngga ada satupun riset kesehatan bilang sunat itu ngga menyehatkan
malah semua medis itu menyarankan sunat

so ngga benar itu kalo perintah Allah tentang sunat sadis
apalagi jadinya ngga menghargai ciptaan Allah??? lah wong itu perintah Allah sendiri bagaimana bisa jadinya resultnya ngga menghargai ciptaanNya...
sadisan peritah membunuh kali

----

kadang kita ini "meremehkan" perintah PL sebab kayaknya Yesus udah "ngebatalin" semuanya itu
padahal contoh berikutnya tentang makanan haram misalnya
itu kalo dilakukan akan baik sekali buat kesehatan kita loh

banyak orang Kristen, hamba Tuhan malah
makan seenak jidat
begitu cek kesehatan kena koresterol
abis itu pas kena stroke doa minta kesembuhan ke Tuhan...
kan ironis...

saya meyakini perintah Tuhan itu sebenarnya baik untuk manusia pada dasarnya

-----

tp ya itu smua tergantung bro
fakta dan alasan semua sudah diberikan
« Last Edit: May 08, 2017, 01:29:04 PM by HenHen »
May 08, 2017, 06:43:48 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
alasan2 duniawi yang bro sebut itu emang baik kok

ngga ada satupun riset kesehatan bilang sunat itu ngga menyehatkan
malah semua medis itu menyarankan sunat

so ngga benar itu kalo perintah Allah tentang sunat sadis
apalagi jadinya ngga menghargai ciptaan Allah??? lah wong itu perintah Allah sendiri bagaimana bisa jadinya resultnya ngga menghargai ciptaanNya...
sadisan peritah membunuh kali

----

kadang kita ini "meremehkan" perintah PL sebab kayaknya Yesus udah "ngebatalin" semuanya itu
padahal contoh berikutnya tentang makanan haram misalnya
itu kalo dilakukan akan baik sekali buat kesehatan kita loh

banyak orang Kristen, hamba Tuhan malah
makan seenak jidat
begitu cek kesehatan kena koresterol
abis itu pas kena stroke doa minta kesembuhan ke Tuhan...
kan ironis...

saya meyakini perintah Tuhan itu sebenarnya baik untuk manusia pada dasarnya

-----

tp ya itu smua tergantung bro
fakta dan alasan semua sudah diberikan
Salam Damai Bro Hen hen...
Kenapa Yesus mengubah Kurban binatang (Tradisi Paskah Kuno Yahudi) dengan Penebusan diri-Nya (Selanjutnya sekarang kita kenang dalam Paskah dan Perjamuan Kudus).
Saya melihat disini Yesus sangat menyayangi kita dan tidak ingin kita melakukan Kurban "Darah". Cukup Yesus saja yang menjadi "Kurban Anak Domba Allah". Coba Bro pikir sedalam-dalamnya, apakah Allah yang Maha Penyayang membutuhkan "Kurban darah" dari kita ? Siapa yang biasa minta kurban "Darah" ?
Apakah disunat (Dikerat dagingnya) tidak berdarah ? Dengan tujuan kenikmatan dunia ?
Menurut saya yang biasanya minta perjanjian seperti ini adalah allah illah "Dunia", bukan Allah "Surgawi".

Saya sependapat dengan Paulus sebenarnya maksud Sunat menurut Allah adalah Sunat Hati.
Terakhir semua berpaling kepada masing2 individu, mau ikut dunia atau surga ? Saya maklumin kok, karena kita manusia masih hidup di dunia jadi susah lepas dari kenikmatan dunia.

Tuhan memberkati kita...
May 08, 2017, 06:49:35 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9606
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Salam Damai Bro Hen hen...
Kenapa Yesus mengubah Kurban binatang (Tradisi Paskah Kuno Yahudi) dengan Penebusan diri-Nya (Selanjutnya sekarang kita kenang dalam Paskah dan Perjamuan Kudus).
Saya melihat disini Yesus sangat menyayangi kita dan tidak ingin kita melakukan Kurban "Darah". Cukup Yesus saja yang menjadi "Kurban Anak Domba Allah". Coba Bro pikir sedalam-dalamnya, apakah Allah yang Maha Penyayang membutuhkan "Kurban darah" dari kita ? Siapa yang biasa minta kurban "Darah" ?
Apakah disunat (Dikerat dagingnya) tidak berdarah ? Dengan tujuan kenikmatan dunia ?
Menurut saya yang biasanya minta perjanjian seperti ini adalah allah illah "Dunia", bukan Allah "Surgawi".

itu karena Tuhan sudah menggenapinya

Saya sependapat dengan Paulus sebenarnya maksud Sunat menurut Allah adalah Sunat Hati.
Terakhir semua berpaling kepada masing2 individu, mau ikut dunia atau surga ? Saya maklumin kok, karena kita manusia masih hidup di dunia jadi susah lepas dari kenikmatan dunia.

Tuhan memberkati kita...

sy juga sependapat kok tentang hal itu

----

tapi mengatakan sunat dunia itu ngga berguna atau malah kayaknya suatu perintah Allah yang sadis dan lain sebagainya itu adalah pendapat yang ngga berdasar bro, itu pendapat yang keluar dari kurangnya pengetahuan

silahkan deh bro baca2 sendiri artikel tentang sunat
faktanya sunat itu bermanfaat kok, kenapa harus anti?

jangan sampe apa yang Tuhan sudah berikan kepada Abraham pada mulanya malah dinikmati orang lain bro :)
kita yang ngaku2nya keturunan Abraham secara rohani malah ngejelek2in perintah Tuhan tanpa dasar

bukan untuk keselamatan ya
hanya orang Kristen bodoh yang bilang sunat dunia untuk keselamatan
May 08, 2017, 07:03:36 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
itu karena Tuhan sudah menggenapinya

sy juga sependapat kok tentang hal itu

----

tapi mengatakan sunat dunia itu ngga berguna atau malah kayaknya suatu perintah Allah yang sadis dan lain sebagainya itu adalah pendapat yang ngga berdasar bro, itu pendapat yang keluar dari kurangnya pengetahuan

silahkan deh bro baca2 sendiri artikel tentang sunat
faktanya sunat itu bermanfaat kok, kenapa harus anti?

jangan sampe apa yang Tuhan sudah berikan kepada Abraham pada mulanya malah dinikmati orang lain bro :)
kita yang ngaku2nya keturunan Abraham secara rohani malah ngejelek2in perintah Tuhan tanpa dasar

bukan untuk keselamatan ya
hanya orang Kristen bodoh yang bilang sunat dunia untuk keselamatan
Bro Hen hen, Yang saya ketahui Allah hanya mengajarkan kita mengenai hal-hal yang bersifat Rohani. Tanda Perjanjian-Nya ga perlu memodifikasi fisik hasil Ciptaan-Nya sendiri yang sudah sempurna karena Allah Maha Mengetahui dan Maha Sempurna dalam menciptakan. Menurut saya aneh aja ada orang yang menafsirkan Sunat secara Fisik dengan asumsi bahwa Penciptanya sendiri menyuruh memodifikasi hasil ciptaannya yang sudah sempurna ?

Salam Damai Bro Hen...

Tuhan memberkati kita...
May 08, 2017, 07:23:46 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9606
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Bro Hen hen, Yang saya ketahui Allah hanya mengajarkan kita mengenai hal-hal yang bersifat Rohani. Tanda Perjanjian-Nya ga perlu memodifikasi fisik hasil Ciptaan-Nya sendiri yang sudah sempurna karena Allah Maha Mengetahui dan Maha Sempurna dalam menciptakan. Menurut saya aneh aja ada orang yang menafsirkan Sunat secara Fisik dengan asumsi bahwa Penciptanya sendiri menyuruh memodifikasi hasil ciptaannya yang sudah sempurna ?

Salam Damai Bro Hen...

Tuhan memberkati kita...

nah itu

apakah Alkitab mengajarkan hal2 rohani saja?
setau saya tidak bro
Alkitab itu lengkap, mengajarkan baik hal2 rohani maupun duniawi

tentang makanan haram misalnya
apakah itu ngga berguna? apakah itu hal rohani?
apakah lalu karena Yesus bilang smua makanan halal lantas makana yang diharamkan dalam PL itu jadi sehat? kan tidak

tentang jangan membungakan hutang kepada saudara misalnya

tentang menyabit jangan 2x, memetik anggur jangan 2x, karena disitu ada bagian orang miskin, artinya dalam berkat yang kita terima itu ada bagian orang lain

tentang yang bro bilang modifikasi, lah itu kan perintah Tuhan sendiri
kalo bro bilang modifikasi itu salah padahal itu perintah Tuhan sendiri bearti bro bilang Tuhan salah memberikan perintah sunat? :)
saya ngga brani mengartikan seperti itu

tentang sunat saya ngga menafsir bro
saya baca apa adanya itu perintah Tuhan kok
bro lah yang menafsir itu jadi suatu yang aneh, padahal faktanya menyehatkan

memang yang rohani itu jauh lebih berguna daripada jasmani itu benar
tapi bukan bearti yang jasmani itu ngga ada gunanya sama skali atau malah diartikan ngga berguna atau malah membahayakan :)

secara rohani kita menyembah Tuhan
secara jasmani kita ikuti perintahNya dan menjauhi hal2 yang dilarang supaya jasmani kita pun sehat dalam perjalanan melayani Tuhan

itu yang saya pahami
May 08, 2017, 08:54:04 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
nah itu

apakah Alkitab mengajarkan hal2 rohani saja?
setau saya tidak bro
Alkitab itu lengkap, mengajarkan baik hal2 rohani maupun duniawi

tentang makanan haram misalnya
apakah itu ngga berguna? apakah itu hal rohani?
apakah lalu karena Yesus bilang smua makanan halal lantas makana yang diharamkan dalam PL itu jadi sehat? kan tidak

tentang jangan membungakan hutang kepada saudara misalnya

tentang menyabit jangan 2x, memetik anggur jangan 2x, karena disitu ada bagian orang miskin, artinya dalam berkat yang kita terima itu ada bagian orang lain

tentang yang bro bilang modifikasi, lah itu kan perintah Tuhan sendiri
kalo bro bilang modifikasi itu salah padahal itu perintah Tuhan sendiri bearti bro bilang Tuhan salah memberikan perintah sunat? :)
saya ngga brani mengartikan seperti itu

tentang sunat saya ngga menafsir bro
saya baca apa adanya itu perintah Tuhan kok
bro lah yang menafsir itu jadi suatu yang aneh, padahal faktanya menyehatkan

memang yang rohani itu jauh lebih berguna daripada jasmani itu benar
tapi bukan bearti yang jasmani itu ngga ada gunanya sama skali atau malah diartikan ngga berguna atau malah membahayakan :)

secara rohani kita menyembah Tuhan
secara jasmani kita ikuti perintahNya dan menjauhi hal2 yang dilarang supaya jasmani kita pun sehat dalam perjalanan melayani Tuhan

itu yang saya pahami
Dalam kenyataannya banyak orang yang hanya Sunat Rohani saja sehat dan nyaman2 aja Bro.
Memang Allah memerintahkan Sunat. Tapi itu harus diartikan menurut maksud Allah saja (Monotafsir bukan Multi Tafsir). Kalau dihubungkan dengan Sifat Allah yang ROH maka Sunat Rohani lebih masuk akal.
Bukankah Yesus mengatakan yang Najis itu apa yang keluar, bukan yang masuk ? Kita diberi indera perasa dan pencium untuk memfilter apa-apa saja yang boleh dimakan (Hal ini bersifat relatif untuk tiap2 orang). Ada yang alergi sea food, alkohol dan lain2. Tuhan sudah tahu semua itu dan sudah mempersiapkan indra2 kepada kita masing2 untuk mempergunakan dengan bijak. Lalu, Kenapa masih banyak yang mabuk ? Ada yang Ga sunat kena penyakit ? Itu Bukan salah Tuhan, tapi manusia itu sendiri karena sudah terlalu over. Jajan sembarangan, jorok, jarang mandi lagi...hahahaha
Mengenai makanan, Yesus telah mengajarkan : Manusia hidup bukan hanya dari roti saja...

Pada Jaman PL, manusia banyak mengartikan Perintah2 Tuhan secara pemikiran Duniawi/Fisik(Farisi, Saduki). Mereka belum mengerti bahwa sebenarnya di dalam Perintah2 seperti Perintah Fisik tersebut terkandung unsur KEROHANIAN yang jauh lebih penting. Jadi sebenarnya yang lebih penting melihat dari tujuan dibuatnya Perintah2 Allah tersebut yaitu untuk kebaikan hubungan sesama manusia, dan kebaikan hubungan manusia dengan Allah.
Mengenai hal2 yang bersifat Fisik, ga usah terlalu kuatirlah kita, karena Tuhan Yesus adalah Maha Penyembuh bagi orang yang sungguh Percaya.

Salam Damai Bro Hen...

Tuhan memberkati kita...
May 09, 2017, 07:49:53 AM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9606
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
it's ok bro

bro berpandangan bahwa Alkitab dan mungkin Kekristenan itu hanya mengatur yang rohani saja
saya percaya Alkitab itu lengkap, baik perkara dunia maupun rohani ada disana
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)