Author Topic: banyak orang awam tidak tahu apa itu trinitas ...  (Read 3772 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 06, 2017, 12:42:05 AM
Reply #50
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1586
  • Gender: Male
  • SALAM DAMAI SEJAHTERA
Kalau anda seorang Kristen maka pemahaman mengenai Trinitas yang benar adalah penting karena anda  bertanggungjawab untuk menjawab pertanyaan orang tentang hal itu atau mempertahankan ajaran itu didalam istilah teologinya apologetika.



Maaf, saya sangat bertentangan dengan orang2 yang mengkultuskan pemahaman tentang Trinitatis menurut pihak tertentu adalah yang paling benar.
Tidak teman, saya bukan non Trinitatis tapi saya tidak mempunyai Iman yang bertumpu kepada Trinitatis.

Salam
Melayani lah kamu sama lain sebagai teladan yg ditunjukkan YESUS
June 06, 2017, 07:40:59 AM
Reply #51
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2213
Saya sampai saat ini menilai dari sudut pandang saya yang awam, Konsep Trinitas silahkan diperluas dan dibahas tetapi pada akhirnya hanya menjadi perdebatan belaka dengan pemahaman berdasarkan Alkitab juga.
Justru mereka yang bergerak dalam kasih, terus bekerja dan bergiat melakukan Firman Tuhan.
Saya sangat yakin , mereka yang Hidup Dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus akan segera mengenali dan memahami apa itu Trinitas.
Disinilah yang saya maksud dengan tulisan saya, janganlah mau dipusingkan dengan konsep keimanan yang ada saat ini.
Bila anda tidak mengerti
Bila anda masih dangkal memahami
Bukan berarti anda berhenti bergiat melakukan Firman Tuhan hanya anda menghadapi suatu tembok tembok yang membatasi Iman berkembang.

Salam

Boleh tahu anda pecaya doktrin Trinitas apa tidak ?

Kalau percaya apa konsep anda sendiri mengenai doktrin Trinitas ?

June 28, 2017, 10:20:47 PM
Reply #52
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4605
  • Gender: Male
pada waktu sebelumnya ada seorang teman yang hendak menyampaikan apa yang ditontonnya tentang seorang muslim yang bersaksi.

dia ingin menyampaikan bahwa orang muslim itu mengakui bahwa Yesus adalah satu satunya Allah melebihi allah orang muslim.

disaat ia sedang berbicara, saya bertanya :

A = saya

B = teman saya


A : ayat apa yang dipakai oleh orang ex muslim itu?

B : Injil Yohanes 1:1

A : coba baca Yohanes 20:30-31

A : mungkin hal itu akan menimbulkan pertanyaan dalam hati anda, saya mohon maaf menyampaikan hal itu karna saya adalah seorang Non Trinitarian.

B : Apakah itu trinitarian?

A : coba browsing trus cari trinity

B : ???

sampai saat ini gak ada jawaban ...:)

mengapa demikian?


karna dia adalah seorang awam dan hanya mengetahui berdasarkan apa yang diajarkan oleh orang - orang yang sekolahnya tinggi melebihi dia ... :)


jadi apakah tanggapan saudara - saudara sekalian?


apakah mereka salah karna tidak tahu apa itu trinity atau tri tunggal?


Salam



Orang baru bertobat dan anda ukur pengetahuan dan pengenalannya akan Allah??? Lantas anda bandingkan dengan diri anda sendiri.... bagooooos....

2 Korintus 10:12
Memang kami tidak berani menggolongkan diri kepada atau membandingkan diri dengan orang-orang tertentu yang memujikan diri sendiri. Mereka mengukur dirinya dengan ukuran mereka sendiri dan membandingkan dirinya dengan diri mereka sendiri. Alangkah bodohnya mereka!

Tentang Tritunggal Ilahi seorang beriman akan mengerti dengan hatinya bukan dipajari seperti teori matematika, sebab pengetahuan tesebut bukan diajarkan oleh manusia tetapi oleh Roh Allah dalam hati mereka pada saatnya.
July 09, 2017, 06:08:14 AM
Reply #53
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2213
Maaf, saya sangat bertentangan dengan orang2 yang mengkultuskan pemahaman tentang Trinitatis menurut pihak tertentu adalah yang paling benar.
Tidak teman, saya bukan non Trinitatis tapi saya tidak mempunyai Iman yang bertumpu kepada Trinitatis.

Salam

Kalau trinitatis memang buat apa bertumpu tetapi kalau doktrin Trinitas adalah salah satu inti ajaran Kristen.

July 09, 2017, 11:46:04 AM
Reply #54
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 771
  • Denominasi: Protestan
...tetapi kalau doktrin Trinitas adalah salah satu inti ajaran Kristen.
Sepakat bray.

Teofilus dari Antiokhia, 180M, adalah Bapa Gereja, dikenal sebagai penulis pertama yang menggunakan istilah Trinitas untuk menggambarkan Allah Bapa, Allah Putra, dan ROH KUDUS.

Sebelum dan sesudahnya, banyak  kok "ajaran-ajaran Trinitas" dengan atau tanpa "merk Trinitas". Misalnya dari Bp. Ignatius dari Antiokhia (110M), St. Yustinus (100-165M), Bp. Origen (185-254M), Bp. Tertulianus (222M), Bp. Athanasius (296-373M) dan Bp. Klemens dari Alexandria (210M) dan seterusnya.

Trinitas atau Tritunggal itu MEMANG cuma istilah atau merk. Agama-agama sebelah juga punya konsep tritunggal sendiri kok. Tapi yang namanya ajaran Trinitas Kristen, ya sudah ada sejak Gereja ada. So, tinggal terima aza, ga perlu repot-repot bikin konsep sendiri. Kalo ga ngerti, ya tinggal ditanyaken ke mbah gugel.

Jadi menurut boros gue, memang sangat mengherankan kalo ada orang Kristen (dewasa) yang mengaku tidak percaya doktrin Trinitas. Kemungkinannya cuma dua, tidak tahu atau... Ah sudahlah.

Ok. Sila dilanjut diskusinya.
« Last Edit: July 09, 2017, 11:53:15 AM by viruskasih »
July 09, 2017, 03:13:20 PM
Reply #55
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2213
Sepakat bray.

Teofilus dari Antiokhia, 180M, adalah Bapa Gereja, dikenal sebagai penulis pertama yang menggunakan istilah Trinitas untuk menggambarkan Allah Bapa, Allah Putra, dan ROH KUDUS.

Tanpa istilah Tritunggal orang akan menganggap Kristen memiliki 3 Allah (Triteisme).

Sebelum dan sesudahnya, banyak  kok "ajaran-ajaran Trinitas" dengan atau tanpa "merk Trinitas". Misalnya dari Bp. Ignatius dari Antiokhia (110M), St. Yustinus (100-165M), Bp. Origen (185-254M), Bp. Tertulianus (222M), Bp. Athanasius (296-373M) dan Bp. Klemens dari Alexandria (210M) dan seterusnya.

Bisa bedakan secara prinsipil apa perbedaan pendapat para Bapa Gereja yang anda sebutkan diatas mengenai makna Tritunggal tsb ?

Quote
Trinitas atau Tritunggal itu MEMANG cuma istilah atau merk. Agama-agama sebelah juga punya konsep tritunggal sendiri kok. Tapi yang namanya ajaran Trinitas Kristen, ya sudah ada sejak Gereja ada. So, tinggal terima aza, ga perlu repot-repot bikin konsep sendiri. Kalo ga ngerti, ya tinggal ditanyaken ke mbah gugel.

Tanpa istilah Tritunggal orang akan menganggap Kristen memiliki 3 Allah (Triteisme).

Agama sebelah yang mana memiliki paham Tritunggal tolong dijelaskan ?

Mana konsep ciptaan saya sendiri mengenai Tritunggal yang anda maksudkan tersebut,tolong lebih dijelaskan lagi,jangan hanya ngomong saja.

Quote
Jadi menurut boros gue, memang sangat mengherankan kalo ada orang Kristen (dewasa) yang mengaku tidak percaya doktrin Trinitas. Kemungkinannya cuma dua, tidak tahu atau... Ah sudahlah.

Siapa orangnya yang tidak percaya ajaran Tritunggal itu ?
July 18, 2017, 12:44:44 AM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1586
  • Gender: Male
  • SALAM DAMAI SEJAHTERA
Kalau trinitatis memang buat apa bertumpu tetapi kalau doktrin Trinitas adalah salah satu inti ajaran Kristen.



Doktrin yah, silahkan lah klo begitu.

salam
Melayani lah kamu sama lain sebagai teladan yg ditunjukkan YESUS
July 18, 2017, 07:10:21 AM
Reply #57
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2213
Doktrin yah, silahkan lah klo begitu.

salam

Mana ada manusia nggak punya wawasan mengenai siapa Allah itu didalam hatinya,dan itulah doktrin yang paling sederhana.

July 18, 2017, 08:29:02 PM
Reply #58
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 845
  • Denominasi: Christian, Trinitarian
pada waktu sebelumnya ada seorang teman yang hendak menyampaikan apa yang ditontonnya tentang seorang muslim yang bersaksi.

dia ingin menyampaikan bahwa orang muslim itu mengakui bahwa Yesus adalah satu satunya Allah melebihi allah orang muslim.

disaat ia sedang berbicara, saya bertanya :

A = saya

B = teman saya


A : ayat apa yang dipakai oleh orang ex muslim itu?

B : Injil Yohanes 1:1

A : coba baca Yohanes 20:30-31

A : mungkin hal itu akan menimbulkan pertanyaan dalam hati anda, saya mohon maaf menyampaikan hal itu karna saya adalah seorang Non Trinitarian.

B : Apakah itu trinitarian?

A : coba browsing trus cari trinity

B : ???

sampai saat ini gak ada jawaban ...:)

mengapa demikian?


karna dia adalah seorang awam dan hanya mengetahui berdasarkan apa yang diajarkan oleh orang - orang yang sekolahnya tinggi melebihi dia ... :)


jadi apakah tanggapan saudara - saudara sekalian?


apakah mereka salah karna tidak tahu apa itu trinity atau tri tunggal?


Salam

Sy ex muslim, dan bila ditanya ayat apa yg dipakai, saya jawab alkitab.

Justru sbg ex muslim yg sdh terdoktrin bhw Allah itu Esa, akan sangat sulit menerima ajaran Kristen yang mengatakan Yesus itu Allah,  ex muslim berani mengatakan hal.itu hanya jika dia telah diberikan pemahaman oleh Allah ttg Allah dlm pergumulan imannya.

Salam
July 22, 2017, 04:42:08 AM
Reply #59
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2213
Sy ex muslim, dan bila ditanya ayat apa yg dipakai, saya jawab alkitab.

Justru sbg ex muslim yg sdh terdoktrin bhw Allah itu Esa, akan sangat sulit menerima ajaran Kristen yang mengatakan Yesus itu Allah,  ex muslim berani mengatakan hal.itu hanya jika dia telah diberikan pemahaman oleh Allah ttg Allah dlm pergumulan imannya.

Salam

Benar sekali brur konsep keliru yang sudah tertanam secara mendalam didalam benak seseorang sulit sekali bisa berubah kecuali oleh pencerahan ROH KUDUS.

Muhammad awalnya mendapat pelajaran mengenai Allah dari kaum Kristen aliran Nestorian yang sudah menyimpang dari Kitab Suci.

Perlu transformasi oleh pekerjaan ROH KUDUS atas akal budi terutama hati seseorang untuk orang bisa percaya kebenaran Allah.

Titus  3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh ROH KUDUS,

Wellcome to The Word of Truth.
« Last Edit: July 22, 2017, 04:48:36 AM by jamu »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)