Author Topic: Mia Physit : Tou Theou Logou Sesarkomene ..  (Read 7445 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 20, 2017, 02:04:57 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
mmmmm.....

nanti kalo udah beberapa page lagi...
bolehkah saya usul untuk dilihat dari sudut pandang branding & marketing lagi?

tapi nanti aja yaaa....

salam
Hahahha, saya paham maksut anda .. tetapi anda benar-benar keliru, mengapa ? Sebab Gereja kami tidak ada di Indonesia, dan tulisan saya disini cuma 2 page ini saja dan tidak ada page yang lain, hahhaa .. salam damai ..


Salam ..
July 20, 2017, 02:15:18 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
Akan jauh lebih baik kalau anda menyertakan sumber yang valid dari apa yang anda paparkan bro
Anda dapat membaca sumbernya dari Surat-Surat yang dituliskan oleh Bapa Ignatius, Bapa Polykarpus dan lain sebagainya, serta dari tulisan-tulisan Bapa Tertulian dan juga Bapa Antanshius, serta yang lainnya. Tetapi .. saya sarankan, agar anda membaca dan meneliti semua itu diatas secara lengkap, sebab saya melihat .. pengajaran-pengajaran tentang hal diatas tersebut, di ajarkan di sekolah-sekolah theologia Gereja Barat, tidak secara lengkap.

Quote from:
anda bilang dasar pemahaman gereja barat dan timur itu memang beda dari awalnya? ngga mungkin juga, awalnya mereka satu, pasti pemahamannya satu
Kalau pemahaman Gereja Barat dan Gereja Timur dari awalnya tidak memiliki perbedaan, maka tidak mungkin Bapa Tertulian merumuskan Ajaran Tritunggal, sebab Rumusan Ajaran Tritunggal yang dituliskan oleh Bapa Tertulian, adalah bertujuan untuk menjawab "perdebatan" oleh pemuka-pemuka Gereja Barat dan Timur pada saat itu.

Quote from:
anda seakan2 bilang bahwa penyebab timur dan barat terpecah itu karena doktrin dwinatur Yesus? yang ini baru saya dengar, kalau anda bisa kasih sumbernya sy akan berterima kasih
Silahkan anda cari di Internet, perpecahan besar terjadi antara Barat dan Timur, dan berlangsung sekitar 1.500 tahun itu, disebabkan sejak Konsili Khalsedon .. sebelum Konsili Khalsedoan, banyaknya perbedaan pemahaman tentang Alktab ( Barat dan Timur ) dapat di toleransi oleh kedua - belah pihak, tetapi setelah Konsili Khalsedon, maka terjadi perpecahan besar hingga 1.500 tahun lamanya.


Salam ...
July 20, 2017, 02:17:05 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
DIA hadir di dunia ini sama seperti kita, kecuali dalam hal dosa.
Apakah ini Kodrat manusia ?

Salam Damai...

Tuhan memberkati...
Setiap orang yang dilahirkan dari Rahim seorang wanita dan yang memiliki Tubuh, Jiwa dan Roh, adalah Manusia.


Salam ...
July 20, 2017, 02:26:38 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9623
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Anda dapat membaca sumbernya dari Surat-Surat yang dituliskan oleh Bapa Ignatius, Bapa Polykarpus dan lain sebagainya, serta dari tulisan-tulisan Bapa Tertulian dan juga Bapa Antanshius, serta yang lainnya. Tetapi .. saya sarankan, agar anda membaca dan meneliti semua itu diatas secara lengkap, sebab saya melihat .. pengajaran-pengajaran tentang hal diatas tersebut, di ajarkan di sekolah-sekolah theologia Gereja Barat, tidak secara lengkap.

Link please
saya pernah baca dan ngga pernah mendapatkan pemahaman yang bro share disini

sapa tau yang saya baca "terkontaminasi" seperti yang bro bilang kan?
maka lebih baik bro kasih sumbernya biar kita semua disini bisa sama2 cek :)

tentunya ga susah toh?
kalo emang ga bisa ya gpp juga sih

artinya buat saya apa yang bro katakan itu cuma sekedar doktrin gereja bro aja, sampe situ sy bisa paham
saya punya teman ortodhox timur pun pemahamannya ga kayak bro kok :)

Kalau pemahaman Gereja Barat dan Gereja Timur dari awalnya tidak memiliki perbedaan, maka tidak mungkin Bapa Tertulian merumuskan Ajaran Tritunggal, sebab Rumusan Ajaran Tritunggal yang dituliskan oleh Bapa Tertulian, adalah bertujuan untuk menjawab "perdebatan" oleh pemuka-pemuka Gereja Barat dan Timur pada saat itu.

benar begitu,
artinya pendapat anda ini salah :

Saudara - Saudara semua, mari kita hentikan .. perdebatan tentang Kodrat Yesus tersebut, sebab dasar pemahaman Gereja Barat dan Gereja Timur itu, memang sudah berbeda dari awalnya .. sekarang dunia sudah sangat tua

Silahkan anda cari di Internet, perpecahan besar terjadi antara Barat dan Timur, dan berlangsung sekitar 1.500 tahun itu, disebabkan sejak Konsili Khalsedon .. sebelum Konsili Khalsedoan, banyaknya perbedaan pemahaman tentang Alktab ( Barat dan Timur ) dapat di toleransi oleh kedua - belah pihak, tetapi setelah Konsili Khalsedon, maka terjadi perpecahan besar hingga 1.500 tahun lamanya.


Salam ...

sudah bro

dan itulah memang yang sy dapatkan

tapi jelas bukan karena persoalan Dwinatur Yesus utamanya

makanya sekali lagi
mungkin apa yang saya pelajari selama ini sudah terkontaminasi seperti yang anda katakan :)

so saya menunggu link dari anda, biar kita bisa sama-sama belajar disini

tapi seperti yang saya katakan diatas
kalo anda ngga mau ato ngga mampu ya gpp :)

artinya itu smua hanya doktrin gereja saja
July 20, 2017, 02:31:05 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
Pertanyaan saya brur apakah Yesus sebelum inkarnasi bukan Anak Allah Sang Pencipta itu ?

Apakah anda percaya perkataan Yesus bahwa :

1.Dia sudah ada sebelum Abraham ada ?

2.Dia anak Manusia yang turun dari Surga ?

3.Apakah oknum yg disebut PENASEHAT YANG AJAIB ; ALLAH YANG PERKASA ;BAPA YANG KEKAL dan RAJA DAMAI didalam PL itu bukan keberanaan Yesus sebelum Dia inkarnasi ?
Hakikat atau substansi Yesus itu, sudah ada sebelum segala sesuatu ini ada, sebab Ia adalah Sang Firman Kekal.. Namun .. penyebutan "Anak Manusia" terhadap Sang Firman Kekal itu, ada sejak Inkarnasi..Mengapa ? Karena sejak Inkarnasi itulah .. Sang Firman menjadi Manusia..

Kemudian, apa yang anda katakan sebagai .. Penasihat Ajaib, Allah yang perkasa, Bapa yang kekal, dan lain sebagainya dalam Kitab PL.. adalah Penyebutan terhadap Hakikat atau Substansi Sang Firman sebelum menjadi manusia dan bernama YHVH ( Yehova ), kemudian Sang Firman setelah menjadi manusia, namanya adalah : Yesus (berasal dari bahasa Ibrani Yeshua), seperti nama yang diberikan oleh manusia untuk menamai manusia pada umumnya.

Sekalipun Sang Firman adalah Hakikat atau Substansi untuk Bapa dan Anak dan ROH KUDUS, Namun Ke-3 Pribadi itu "BERBEDA", Pribadi Bapa tidak sama dengan Pribadi Anak, demikian juga halnya dengan ROH KUDUS. ( Untuk permasalahan ini, tidak perlu kita bicarakan disini ).


Salam ...
July 20, 2017, 02:38:43 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
Ya,
Stau saya memang ada perbedaan antara teologi gereja barat dg teologi gereja timur.
Harus diakui bhw teologi gereja timur berusia lebih tua daripada teologi gereja barat.

Salah satu yg membuat perbedaan tajam shg menjadi alasan terjadinya skisma (apakah mjd alasan utama, itu saya ragu, rasanya sih bukan alasan utama, tp umumnya skisma dikaitkan dg ini) adalah soal hakikat Kristus pasca-inkarnasi.

Gereja barat mengakui dwinatur Yesus Kristus, 100% Allah 100% Manusia dalam 1 Pribadi Kristus.
Gereja timur mengakui Yesus Kristus hanya memiliki 1 natur, yang di dalam 1 natur itu adalah ilahi dan manusia.

Debat ini sudah mencapai millenia shg hal ini sudah dimaklumi sbg perbedaan wajar gereja timur dan barat tanpa upaya mem-bidah-kan salah satu pihak.

Kami yg besar di gereja barat memang relatif asing dg doktrin gereja timur, shg ada tendensi utk mendebat saat awal-awal membaca teologi timur.

Tmsk diantara jg yg berbeda adalah logika di balik una-substantia-tres-personae.
Sama-sama mengakui satu hakikat tiga pribadi, tp beda dalam menjelaskan mengenai 1 hakikat itu.
Benar saudara ku dan saya dapat memahami semua perbedaan tersebut, dalam tata cara gereja juga, kita banyak memiliki perbedaan-perbedaan, seperti dalam hal sakramen, kami memiliki 7 Sakramen, dalam Hal batisan, kami menerima Babtisan Kanak (istilah disini percik) Keselamatan dan kami juga menerima Baptisan Dewasa atau Baptisan Pertobatan (Dengan Cara diselamkan atau tergantung pada subjek yang mau dibabtis), dan kami juga memiliki tata cara sembahyang, dimana kami memiliki 7 waktu-waktu sembahyang ( istilah disini dengan sholat, sehingga kami memiliki 7 waktu sholat, yaitu : Pukul 06, 09, 12, 15, 18, 21 dan 24 ), Kami juga mengakui Bahasa Roh dan Bahasa Lidah, dan Nubuatan, dan lain sebagainya ...Seperti Kristen umumnya, kami juga memiliki hari-hari perayaan untuk hari-hari besar lainnya..

Untuk semua tata cara ataupun tradisi Gereja Tersebut, dapat anda cari di Internet..


Salam ...
July 20, 2017, 02:44:25 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
..cut..

Maaf oda, untuk pertanyaan anda .. akan kita bicarakan dengan detail pada topik yang berbeda, tetapi yang pasti .. berdasarkan Alkitab, manusia itu terdiri dari : Tubuh, Jiwa dan Roh.

Salam ..
July 20, 2017, 02:45:27 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 699
jes, menurut saya baiknya definisikan dulu apa itu maksudnya [kodrat manusia] di point-1 untuk selanjutnya ini yang dipegang.

IMO, [kodrat manusia] itu bisa luas pengertiannya. Tiap2 orang bisa mengajukan perihal yang berbeda menurut pandangannya sendiri mengenai apa/bagaimana/model [kodrat manusia] di benak masing2. Misal nih ya :

kodrat manusia itu :
a. pertama kali eksis atas hasil senggama laki dan perempuan
b. terbatas
c. berdaging/jasmani (corporeal)
d. memerlukan sandang dan pangan (juga oksigen)
e. possible tergoda keinginan
f. kawin dan punya anak
g. mortal ---> so, disuatu ketika (kapanpun itu) mengalami mati jasmani.
e. bertumbuh (mengalami progress, baik jasmani dan pikiran)
h. etc

Nah... dari pilihan2 seperti diatas, apa maksud dari point-1 pada kalimat [kodrat manusia] ?



Setelah itu definisikan [kodrat Allah]. Misal ...

kodrat Allah itu :
a. tidak terbatas
b. tidak berdaging/berjasmani (non-corporeal)
c. tidak bertumbuh (tidak mengalami progress)
d. tidak memerlukan sandang dan pangan (juga tidak memerlukan oksigen)
e. etc



Selama tidak ada definisi mengenai kedua hal tsb lalu disepakati dan dipakai sbg patokan, maka pembicaraan gak akan kelar2 ---> Misal nih ya... :

si Cuplis bilang : "kodrat manusia itu yang (b) saja",
si Unyil bilang : "gak mungkin yang (b) saja, yang (a) juga harus terpenuhi".
Dari sini bisa diketahui bhw dari pihak Unyil, definisi [kodrat manusia] yang di pov Unyil itu setidaknya adalah (a) dan (b) harus terpenuhi. Sementara padahal di pov Cuplis, yang (a) itu nggak dia pake sbg definisi dari [kodrat manusia].

:)
salam.
Good idea odaa.. :D
July 20, 2017, 02:55:29 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
Maaf oda, untuk pertanyaan anda .. akan kita bicarakan dengan detail pada topik yang berbeda, tetapi yang pasti .. berdasarkan Alkitab, manusia itu terdiri dari : Tubuh, Jiwa dan Roh.
Oke... kalo yang jes bilang bahwa berdasarkan baca Alkitab, maka natur manusia itu terdiri dari  [Tubuh, Jiwa dan Roh]. However, Alkitab tidak ada menjelaskan lebih jauh perihal Tubuh, perihal Jiwa dan perihal Roh.

Akibatnya pembaca-lah yang mendefinisikan APA itu Tubuh, APA itu Jiwa, APA itu Roh.
Selanjutnya ya jadi kembali lagi ke pertanyaan yang similar :

Natur manusia yang Tubuh itu :
a. pertama kali eksis atas hasil senggama laki dan perempuan
b. terbatas
c. memerlukan asupan makanan (juga oksigen)
d. bertumbuh (mengalami progress, baik jasmani dan pikiran)
e. mortal ---> so, disuatu ketika (kapanpun itu) mengalami mati jasmani
f. etc

Yang mana dari pilihan2 diatas ?

:)
salam.
« Last Edit: July 20, 2017, 02:58:03 PM by odading »
July 20, 2017, 03:00:32 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
Link please
saya pernah baca dan ngga pernah mendapatkan pemahaman yang bro share disini

sapa tau yang saya baca "terkontaminasi" seperti yang bro bilang kan?
maka lebih baik bro kasih sumbernya biar kita semua disini bisa sama2 cek :)

tentunya ga susah toh?
kalo emang ga bisa ya gpp juga sih

artinya buat saya apa yang bro katakan itu cuma sekedar doktrin gereja bro aja, sampe situ sy bisa paham
saya punya teman ortodhox timur pun pemahamannya ga kayak bro kok :)

benar begitu,
artinya pendapat anda ini salah :

sudah bro

dan itulah memang yang sy dapatkan

tapi jelas bukan karena persoalan Dwinatur Yesus utamanya

makanya sekali lagi
mungkin apa yang saya pelajari selama ini sudah terkontaminasi seperti yang anda katakan :)

so saya menunggu link dari anda, biar kita bisa sama-sama belajar disini

tapi seperti yang saya katakan diatas
kalo anda ngga mau ato ngga mampu ya gpp :)

artinya itu smua hanya doktrin gereja saja
Saya bingung melihat pernyataan anda, jika anda pahami .. bahwa tidak ada perbedaan antara pemahaman Gereja Barat dan Timur, maka pertanyaan buat anda adalah .. mengapa terjadi perpecahan besar setelah Konsili Khalsedon ?

Nah, bukankah perpecahan itu terjadi, karena adanya perbedaan pemahaman ?

Anda katakan, anda sudah mencoba mencari jawaban di Internet, namun tidak menemukannya .. sangat aneh, jelas-jelas ada banyak di internet yang membicarakan tentang perpecahan setelah Konsili Khalsedon, sekitar 1.500 tahun lalu.

Nah, agar anda memahami .. Orthodox Oriental itu berbeda dengan Orthodox Timur yang berafilasi pada Roma Katholik, dimana Orthodox Timur yang berafiliasi pada Roma Katholik itu, memiliki pemahaman seperti Gereja Barat. Nah .. untuk perubahan pemahaman mereka itu ( setelah konsili Khalsedon ) dapat anda cari sejarahnya di internet.

Kemudian, saya sudah menjelaskan kepada anda diatas .. supaya anda membaca dan menelitinya pada, Surat-Surat yang ditulsikan oleh Bapa Ignatius dan Polykarpus, serta tulisan-tulisan bapa Tertulianus dan Bapa Antansius, SECARA  LENGKAP, Mengapa ? sebab saya melihat bahwa sekolah-sekolah Theologia Barat, tidak mengajarkan ataupun mengkupas hal-hal tersebut diatas, secara lengkap dan detail.

Nah, jika anda berfikir .. dari tulisan-tulisan tersebut, tidak sesuai dengan apa yang saya jelaskan disini, maka silahkan anda paparkan disini kutipan tentang tulisan-tulisan tersebut, supaya kita diskusikan bersam-sama.

Jadi, jangan lagi anda tanyakan link-link nya di internet, tetapi silahkan anda pelajari secara lengkap, tulisan - tulisan Bapa Gereja diatas.


Salam ...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)