Author Topic: Mia Physit : Tou Theou Logou Sesarkomene ..  (Read 7142 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 20, 2017, 09:18:01 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988

Sekalipun Sang Firman adalah Hakikat atau Substansi untuk Bapa dan Anak dan ROH KUDUS, Namun Ke-3 Pribadi itu "BERBEDA", Pribadi Bapa tidak sama dengan Pribadi Anak, demikian juga halnya dengan ROH KUDUS. ( Untuk permasalahan ini, tidak perlu kita bicarakan disini ).

Salam ...

Mengatakan sang Firman yang adalah pribadi Allah kedua dan mengubahnya menjadi hanya hakekat bukankah itu aneh karena pribadi dan hakekat tidak sama maknanya ?

Kalau Firman itu hanya Hakekat Bapa dan ROH KUDUS maka Anak Allah itu dimana keberadaan-nya ?

Perbedaan pribadi bukankah hanya fiktif kalau anda melebur kepribadian menjadi hakikat ?

July 20, 2017, 09:38:08 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
Mengatakan sang Firman yang adalah pribadi Allah kedua dan mengubahnya menjadi hanya hakekat bukankah itu aneh karena pribadi dan hakekat tidak sama maknanya ?

Kalau Firman itu hanya Hakekat Bapa dan ROH KUDUS maka Anak Allah itu dimana keberadaan-nya ?

Perbedaan pribadi bukankah hanya fiktif kalau anda melebur kepribadian menjadi hakikat ?
Saya sudah jelaskan "benang merahnya" kepada anda di forum ini juga, pada topik yang berbeda dan juga dalam penjelasan disana, saya juga sudah sertakan ayat-ayat pendukungnya.. saya kira .. seudah berkali-kali saya menjelaskan kepada anda.

Baiklah .. saya akan menjelaskan kembali secara ringkas:

Alkitab berkata .. Allah adalah Roh, dan Roh itu pasti ROH KUDUS, jadi ROH KUDUS inilah yang sebenarnya merupakan "Hakikat atau Substansi" dari apa yang dimaksutkan sebagai Allah. ROH KUDUS dalam topik disini, adalah berbeda dengan pemahaman ROH KUDUS yang diutus setelah kebangkitan Yesus.

Nah, ROH KUDUS inilah yang disebutkan sebagai Sang Firman dalam Yohanes 1:1, dan ROH KUDUS inilah yang dimaksutkan sebagai Pencipta dalam Kejadian 1:2, ROH KUDUS ini jugalah yang bernama YHVH yang dituliskan dalam Yeremia 51:57, dan ROH KUDUS inilah yang disebutkan Sebagai Bapa dalam Ulangan 32:6, Yesaya 63:16, Yesaya 64:8, Mazmur 89:27. Mengapa ROH KUDUS itu dipanggil Bapa ? Karena dari padanya segala sesuatu ini berasal ( 1 Korintus 8:6 ). Kemudian .. ROH KUDUS yang sama yang Inkarnasi menjadi Manusia dalam Yohanes 1:14, ROH KUDUS yang sama  yang diberi nama Yesus dalam Matius 1:20.

Jadi saudara ku .. Allah itu adalah Roh, sehingga yang dimaksutkan dengan Hakikat atau Substansi dari pada Allah itu adalah ROH KUDUS., dimana ROH KUDUS ini, memiliki 3 Kepribadian yang BERBEDA, yaitu: ROH KUDUS dengan Pribadi Bapa ( Pribadi Pencipta ), ROH KUDUS dengan Pribadi Anak ( Pribadi Penyelamat ) dan ROH KUDUS dengan Pribadi ROH KUDUS ( Pribadi Penghibur dan Penolong ) ==> Khusus untuk Pribadi ROH KUDUS ini, harus dipisahkan pemahamannya dengan ROH KUDUS sebelum Inkarnasi dan ROH KUDUS setelah Inkarnasi.

Catatan : Untuk lebih baiknya, silahkan kita teruskan pembicaraan tentang ini, pada topik yang sedang kita bicarakan di topik yang berbeda.


Salam ...
July 20, 2017, 11:35:54 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
Saya sudah jelaskan "benang merahnya" kepada anda di forum ini juga, pada topik yang berbeda dan juga dalam penjelasan disana, saya juga sudah sertakan ayat-ayat pendukungnya.. saya kira .. seudah berkali-kali saya menjelaskan kepada anda.

Baiklah .. saya akan menjelaskan kembali secara ringkas:

Alkitab berkata .. Allah adalah Roh, dan Roh itu pasti ROH KUDUS, jadi ROH KUDUS inilah yang sebenarnya merupakan "Hakikat atau Substansi" dari apa yang dimaksutkan sebagai Allah. ROH KUDUS dalam topik disini, adalah berbeda dengan pemahaman ROH KUDUS yang diutus setelah kebangkitan Yesus.


Disini kita berbeda karena kalau menurut saya ketiga Pribadi Allah itu adalah Roh sifatnya.

1.   Allah Bapa adalah Roh

2.   Allah Anak (Sang Firman) adalah Roh

3.   Allah ROH KUDUS adalah Roh

Kalimat yg anda kutip mengatakan Allah adalah Roh tidak identik dengan Allah adalah ROH KUDUS,karena memang sejak kekal ada tiga pribadi Allah yang berbeda tetapi satu hakekat keilahian-Nya yaitu Roh.


Quote
Nah, ROH KUDUS inilah yang disebutkan sebagai Sang Firman dalam Yohanes 1:1, dan ROH KUDUS inilah yang dimaksutkan sebagai Pencipta dalam Kejadian 1:2, ROH KUDUS ini jugalah yang bernama YHVH yang dituliskan dalam Yeremia 51:57, dan ROH KUDUS inilah yang disebutkan Sebagai Bapa dalam Ulangan 32:6, Yesaya 63:16, Yesaya 64:8, Mazmur 89:27. Mengapa ROH KUDUS itu dipanggil Bapa ? Karena dari padanya segala sesuatu ini berasal ( 1 Korintus 8:6 ). Kemudian .. ROH KUDUS yang sama yang Inkarnasi menjadi Manusia dalam Yohanes 1:14, ROH KUDUS yang sama  yang diberi nama Yesus dalam Matius 1:20.

Kita berbeda lagi karena Yoh.1:1 tidak menyinggung pribadi ROH KUDUS disitu tetapi antara pribadi Allah (Bapa) dengan pribadi Sang Firman yaitu Anak Allah. Merekalah yang disebut bersama-sama itu tetapi tidak menyinggung pribadi ROH KUDUS disana karena ayat tsb mau menekankan keilahian Yesus Kristus sebelum Dia berinkarnasi kedunia.

Ingat diatas saya sudah mengatakan bahwa ketiga pribadi Allah yang berbeda itu hakekatnya adalah Roh.

Quote
Jadi saudara ku .. Allah itu adalah Roh, sehingga yang dimaksutkan dengan Hakikat atau Substansi dari pada Allah itu adalah ROH KUDUS., dimana ROH KUDUS ini, memiliki 3 Kepribadian yang BERBEDA, yaitu: ROH KUDUS dengan Pribadi Bapa ( Pribadi Pencipta ), ROH KUDUS dengan Pribadi Anak ( Pribadi Penyelamat ) dan ROH KUDUS dengan Pribadi ROH KUDUS ( Pribadi Penghibur dan Penolong ) ==> Khusus untuk Pribadi ROH KUDUS ini, harus dipisahkan pemahamannya dengan ROH KUDUS sebelum Inkarnasi dan ROH KUDUS setelah Inkarnasi.

Catatan : Untuk lebih baiknya, silahkan kita teruskan pembicaraan tentang ini, pada topik yang sedang kita bicarakan di topik yang berbeda.

Disinilah perbedaan kita karena anda mungkin tidak percaya bahwa didalam kekekalan itu sudah ada tiga Pribadi Allah yang berbeda dan ketiganya hakekatnya adalah Roh.

Jadi kalau kalimat yg menyebutkan "Allah adalah Roh" itu menunjuk kepada ketiga pribadi Allah itu adalah Roh sifatnya kecuali kalau kalimatnya menyebutkan ROH KUDUS atau Roh Kebenaran atau Roh Penghibur,ini baru namanya menunjuk kepada pribadi ROH KUDUS tersebut yaitu oknum yang ketiga dari Allah Tritunggal.

Jadi kata "Roh" dalam kalimat "Allah adalah Roh" menunjukan kepada hakekat Allah bukan pribadi-Nya.
« Last Edit: July 22, 2017, 02:44:21 PM by jamu »
July 20, 2017, 11:49:01 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543

Disini kita berbeda karena kalau menurut saya ketiga Pribadi Allah itu adalah Roh sifatnya.

1.   Allah Bapa dalah Roh

2.   Allah Anak (Sang Firman) adalah Roh

3.   Allah ROH KUDUS adalah Roh

Kalimat yg anda kutip mengatakan Allah adalah Roh tidak identik dengan Allah adalah ROH KUDUS,karena memang sejak kekal ada tiga pribadi Allah yang berbeda tetapi satu hakekat keilahian-Nya yaitu Roh.


Kita berbeda lagi karena Yoh.1:1 tidak menyinggung pribadi ROH KUDUS disitu tetapi antara pribadi Allah (Bapa) dengan pribadi Sang Firman yaitu Anak Allah. Merekalah yang disebut bersama-sama itu tetapi tidak menyinggung pribadi ROH KUDUS disana karena ayat tsb mau menekankan keilahian Yesus Kristus sebelum Dia berinkarnasi kedunia.

Ingat diatas saya sudah mengatakan bahwa ketiga pribadi Allah yang berbeda itu hakekatnya adalah Roh.

Disinilah perbedaan kita karena anda mungkin tidak percaya bahwa didalam kekekalan itu sudah ada tiga Pribadi Allah yang berbeda dan ketiganya hakekatnya adalah Roh.

Jadi kalau kalimat yg menyebutkan "Allah adalah Roh" itu menunjuk kepada ketiga pribadi Allah itu adalah Roh sifatnya kecuali kalau kalimatnya menyebutkan ROH KUDUS atau Roh Kebenaran atau Roh Penghibur,ini baru namanya menunjuk kepada pribadi ROH KUDUS tersebut yaitu oknum yang ketiga dari Allah Tritunggal.

Jadi kata "Roh" dalam kalimat "Allah adalah Roh" menunjukan kepada hakekat Allah bukan pribadi-Nya.
Menurut anda .. seperti yang saya bold bewarna tersebut, maka Roh itu adalah Sifat dari Allah ? Apakah demikian ?

Salam ..
July 21, 2017, 11:24:25 AM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Saudara ku .. yang anda paparkan dan saya bold diatas adalah skisma atau perpecahan yang terjadi pada Tahun 1054, dan penjelasan anda itu, tidak ada hubungannya sama sekali dengan apa yang kita bahas disini, sebab dalam pembahasan kita disini, kita berbicara suatu situasi 800 tahun sebelum skisma 1.054 itu terjadi.

Saudara ku, apakah anda pernah membaca tulisan-tulisan bapak Tertulian ? Dimana beliau katakan .. apa hubungannya antara Jerusalem dengan Athena ?

Nah, pernyataan dari bapa tertulian tersebut, didasarkan pada perbedaan pemahaman , antara pemahaman Barat yang telah terkontaminasi oleh Filsafat Yunani dan pemahaman Gereje Timur yang didasarkan pada warisan tradisi.

Saya sudah menyarankan ke anda, dan mungkin ini yang ke-3 kali, silahkan baca surat-surat yang dituliskan oleh Bapa Ignatius dan Bapa Polykarpus, serta tulisan-tulisan bapa Tertulian dan Anthanasius., sebab .. kita berbicara tentang "Gereja Purba".

Silahkan juga anda baca tulisan-tulisan Bapa Gereja Purba, sbb : Klemens ( Alexandria ) tahun 210, Klemen (Roma) tahun 90, Yustinus Martir tahun 165, Hegesippus (Palestina) tahun 180, dan lain sebagainya.


Salam ...

beda paham emang udah dari dulu, tapi saat itu mereka ngga pecah bro

artinya beda pemahaman yang ada saat sebelum pecah itu masih bisa diterima dengan baik :)

sama lah kek sekarang sy sama gembala saya misalnya, apakah ada beda pemahaman? ya ada lah
tapi sy ngga pecah dari gembala saya artinya perbedaan yang ada itu ngga sampe menimbulkan perpecahan

sampai sini jelas toh?

so dwinatur Yesus itu bukan penyebab perpecahan gereja barat dan timur
memang ada beda pandangan tapi hal itu masih bisa diterima secara baik

itu aja yang ingin sy sampaikan

karena anda bicara seolah2 cuma gara2 beda pandangan doktrin sesimple ini gereja langsung pecah aja ;D

salam
July 21, 2017, 12:02:05 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
beda paham emang udah dari dulu, tapi saat itu mereka ngga pecah bro

artinya beda pemahaman yang ada saat sebelum pecah itu masih bisa diterima dengan baik :)

sama lah kek sekarang sy sama gembala saya misalnya, apakah ada beda pemahaman? ya ada lah
tapi sy ngga pecah dari gembala saya artinya perbedaan yang ada itu ngga sampe menimbulkan perpecahan

sampai sini jelas toh?

so dwinatur Yesus itu bukan penyebab perpecahan gereja barat dan timur
memang ada beda pandangan tapi hal itu masih bisa diterima secara baik

itu aja yang ingin sy sampaikan

karena anda bicara seolah2 cuma gara2 beda pandangan doktrin sesimple ini gereja langsung pecah aja ;D

salam
Tidak sesederhana yang anda katakan itu saudara ku .. perbedaan pendapat antara Gereja Barat dan Timur, sampai Konsili Khalsedon, kedua Gereja tidak mengalami perpecahan yang besar, sebab sekalipun terjadi perbedaan pemahaman, kedua Gereja masih bisa saling memahami dan menerimanya.

Tetapi yang mengakibat kan terjadi nya perpecahan besar itu, adalah tindakan Roma melalui tangan penguasa pada masa itu, memburu dan membunuh semua penolak Konsili Khalsedon, sehingga terjadi martir terbesar dalam sejarah Kristen yang menelan korban jutaan manusia, diperkirakan pada masa itu .. hampir 5 Juta orang telah menjadi martir, mulai dari bayi yang tidak mengerti apa-apa sampai orang dewasa (istilah sekarang.. Genosida).  Anda bayangkan .. penduduk pada masa itu belum sebanyak sekarang, sehingga ada yang mengatakan.. jika dihitung dari segi persentase jumlah populasi penduduk masa itu sekitar 20 Juta orang, maka pembantaian yang dilakukan mencapai 20% dari total populasi., anda bayangkan .. jika populasi indonesia adalah 250 Juta, maka 20% dari populasi tersebut adalah 50 Juta jiwa.

Akibat dari tindakan Roma itulah, yang melahirkan perpecahan besar hingga 1.500 Tahun lamanya. Tetapi Syukur pada Tuhan Yesus, sekarang .. segala permusuhan itu telah diakhiri dengan perdamian antara Roma dan Gereja-Gereja Timur.

Salam ..
July 21, 2017, 12:07:31 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
itu mungkin doktrin gereja anda aja bro
dan anda berhak2 aja ngomong bgt, toh itu gereja anda

tp maaf sy meragukannya
tanpa referensi sy sih ngga akan menerima hal2 yg kek gt seperti itu :)

yang jlas gereja barat dan timur itu ngga pecah cuma gara2 beda paham mereka dengan doktrin dwinatur Yesus / trinitas

ngga se-fatal itu
kalo mereka dulu aja bisa menerima perbedaan terhadap doktrin seharusnya kita sekarang juga bisa :)
mknya sy blg ngga prinsipil
July 21, 2017, 12:21:24 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
itu mungkin doktrin gereja anda aja bro
dan anda berhak2 aja ngomong bgt, toh itu gereja anda

tp maaf sy meragukannya
tanpa referensi sy sih ngga akan menerima hal2 yg kek gt seperti itu :)

yang jlas gereja barat dan timur itu ngga pecah cuma gara2 beda paham mereka dengan doktrin dwinatur Yesus / trinitas

ngga se-fatal itu
kalo mereka dulu aja bisa menerima perbedaan terhadap doktrin seharusnya kita sekarang juga bisa :)
mknya sy blg ngga prinsipil
Saudara ku .. bagi kami, jangan kan anda atau Gereja Barat yang berbeda pemahaman tentang Ajaran Tritunggal, Kalangan SSY sendiri pun dapat kami terima sebagai domba-domba Yesus, hehehe ..

Salam ...
July 22, 2017, 07:38:22 AM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
itulah satu lagi bedanya yg mnurut sy cara anda dalam memahami trinitas itu bener2 unik, ngga kayak orthodox pada umumnya

menurut anda ngga penting Yesus itu Tuhan ato nggak
pdhl trinitas itu dirumuskan utamanya untuk melindungi ke-Tuhan-an Yesus
July 22, 2017, 08:54:14 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
Menurut anda .. seperti yang saya bold bewarna tersebut, maka Roh itu adalah Sifat dari Allah ? Apakah demikian ?

Salam ..

Benar,Roh adalah sifat Allah dan ROH KUDUS adalah pribadi ketiga dari Allah.

Ketiga pribadi Allah adalah Roh.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)