Author Topic: Mia Physit : Tou Theou Logou Sesarkomene ..  (Read 7155 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 22, 2017, 08:57:31 AM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
Saudara ku .. bagi kami, jangan kan anda atau Gereja Barat yang berbeda pemahaman tentang Ajaran Tritunggal, Kalangan SSY sendiri pun dapat kami terima sebagai domba-domba Yesus, hehehe ..

Salam ...

Kalau Yesus bukan Tuhan dan Allah maka dosa anda tidak mungkin tertebus karena ciptaan tidak mungkin menebus ciptaan brur.

Akibatnya bisa anda bayangkan sendiri kelak karena Yesus inilah yang akan menjadi hakim manusia.

July 22, 2017, 10:39:04 AM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
itulah satu lagi bedanya yg mnurut sy cara anda dalam memahami trinitas itu bener2 unik, ngga kayak orthodox pada umumnya

menurut anda ngga penting Yesus itu Tuhan ato nggak
pdhl trinitas itu dirumuskan utamanya untuk melindungi ke-Tuhan-an Yesus
Tuhan tidak perlu dilindungi saudara ku, dan siapakah debu yang sanggub melindungi kemuliaan-Nya ?

Filipi 2:6-8 .. sudah "Sangat Jelas" memperlihat kasih Tuhan yang luar biasa, dimana dalam ayat tersebut, telah "menggambarkan" ketidak pedulian Tuhan atas segala hal yang melakat pada-Nya, telah "rela dia tanggalkan", dan mengambil rupa "seorang hamba".. pernahkan anda merenungkan dalam ayat ini, dan terutama perkataan"Seorang hamba"?

Saudara ku .. jika Tuhan menetapkan "Dasar Keselematan" berdasarkan "kesempurnaan pemahaman manusia akan Diri-Nya", maka tidak ada satu manusia pun yang dapat diselamatkan. Tetapi karena Tuhan mendasarkan Keselamatan pada "Kasih-Nya", maka akan banyak manusia yang dapat diselamatkan, yaitu : Karena Begitu Besar Kasih Allah kepada manusia, sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang Tunggal, SUPAYA  SETIAP ORANG YANG PERCAYA PADA NYA TIDAK BINASA, MELAINKAN  MEMPEROLEH HIDUP YANG KEKAL.

Nah .. apakah percaya yang dimaksutkan diatas, adalah "Percaya bahwa Yesus adalah sungguh-sungguh Allah yang benar, baru seseorang itu dapat masuk kedalam Surga?. Saya pikir tidak !!!  Mengapa ? Sebab jika yang dapat masuk kedalam surga, adalah orang-orang yang dapat memahami bahwa Yesus adalah sungguh-sungguh Allah yang benar, maka sudah pasti "IBLIS" pasti masuk surga, mengapa ? sebab Kepercayaan dan pemahaman iblis terhadap "Ke-Ilahian" pasti jauh diatas manusia, Kemudian .. Penyamun disisi Yesus juga tidak akan masuk Surga, sebab adalah mustahil dalam waktu yang singkat dan tanpa pengajaran, maka penyamun disisi Yesus dapat memahami bahwa Yesus adalah Allah yang sesungguhnya (manusia yang sudah belajar bertahun2 tentang alkitab, masih banyak yang tidak dapat memahami Ke-Allahan Yesus dengan sempurna).

Lalu Pertanyaannya adalah : Percaya yang bagaimana yang dimaksutkan oleh FT diatas ? Percaya pada Yesus dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya, serta MELAKSANAKAN perintah-Nya, yaitu .. Kasihilah Tuha Allahmu dan sesama manusia., artinya adalah : Setiap orang yang percaya pada Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya, tetapi TIDAK  MENGASIHI  SESAMANYA, maka orang tersebut tidak akan pernah sampai ke Rumah Bapa, walaupun seberapa tinggi pengetahuan yang dimilikinya tentang Firman Allah.

Saya banyak melihat .. para pengikut SSY dalam keadaan bersosial di masyarakat, mereka banyak sekali berbuat kasih, dan perbuatan kasih mereka jauh diatas orang-orang yang telah mengaku memahami Ke-Allahan Yesus dengan benar, menurut saya .. orang-orang seperti SSY inilah yang akan menjadi perwaris Kerajaan Surga.


Sala ..
July 22, 2017, 10:52:53 AM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
Kalau Yesus bukan Tuhan dan Allah maka dosa anda tidak mungkin tertebus karena ciptaan tidak mungkin menebus ciptaan brur.

Akibatnya bisa anda bayangkan sendiri kelak karena Yesus inilah yang akan menjadi hakim manusia.
Saudara ku .. saya sudah berkali-kali menjelaskan kepada anda, setiap orang yang mengaku Yesus adalah Kristus, maka artinya .. orang tersebut dalam iman percayanya, telah memahami .. bahwa Yesus itu adalah Allah yang sejati, Allah yang Kekal dan BUKAN  CIPTAAN, karena itulah Alkitab mengatakan .. Hanya karena dorongan ROH KUDUS yang ada pada manusia itu, maka manusia itu dapat mengatakan Yesus adalah Kristus.

Nah .. silahkan anda tanya para jemaat SSY apakah mereka mengakui, bahwa Yesus adalah Kristus ?

Nah, tidak ada satupun dari jemaat SSY yang tidak mengakui, bahwa Yesus adalah Kristus, artinya adalah .. pada dasarnya, semua jemaat SSY itu telah mengakui bahwa Yesus adalah Allah yang kekal dan bukan ciptaan, tetapi seperti penjelasan saya kepada anda dalam topik-topik yang berbeda, saya menjelaskan .. keterbatasan akal yang dimiliki oleh manusia, tidak dapat memahami Ke-Allahan itu dengan benar dan sempurna, sehingga dengan segala keterbatasan tersebut .. maka Jemaat SSY "BARU" memahami "Ke-Allahan" Yesus itu sampai tahap 90%, artinya .. kalau anda memahami Ke-Allahan Yesus itu 100%, maka mereka masih dalam tahap 90%.

Saudara ku .. Pemahaman Iblis dan Yudas Iskariot tentang Yesus, PASTI  Jauh diatas kita semua, tetapi pertanyaannya adalah .. mengapa mereka tidak selamat ? ==> Coba anda renungkan pertanyaan ini sebelum memberikan jawaban kepada saya.

Salam ..
July 22, 2017, 02:19:45 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
Saudara ku .. saya sudah berkali-kali menjelaskan kepada anda, setiap orang yang mengaku Yesus adalah Kristus, maka artinya .. orang tersebut dalam iman percayanya, telah memahami .. bahwa Yesus itu adalah Allah yang sejati, Allah yang Kekal dan BUKAN  CIPTAAN, karena itulah Alkitab mengatakan .. Hanya karena dorongan ROH KUDUS yang ada pada manusia itu, maka manusia itu dapat mengatakan Yesus adalah Kristus.


Cobalah anda tanya teman anda SSY tsb apakah dia percaya Yesus adalah Tuhan dan Allah pencipta alam semesta ini ?

Saya pastikan dia akan menolak pengakuan tersebut karena sama saja dengan mengkhianati ajaran organisasinya dan dia bisa dikucilkan atau dikeluarkan dari organisasi Menara Pengawal.

Roma  10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Quote
Nah, tidak ada satupun dari jemaat SSY yang tidak mengakui, bahwa Yesus adalah Kristus, artinya adalah .. pada dasarnya, semua jemaat SSY itu telah mengakui bahwa Yesus adalah Allah yang kekal dan bukan ciptaan, tetapi seperti penjelasan saya kepada anda dalam topik-topik yang berbeda, saya menjelaskan .. keterbatasan akal yang dimiliki oleh manusia, tidak dapat memahami Ke-Allahan itu dengan benar dan sempurna, sehingga dengan segala keterbatasan tersebut .. maka Jemaat SSY "BARU" memahami "Ke-Allahan" Yesus itu sampai tahap 90%, artinya .. kalau anda memahami Ke-Allahan Yesus itu 100%, maka mereka masih dalam tahap 90%.


Kristus itu artinya yang diurapi sedangkan manusia biasa seperti Nabi juga diurapi tetapi Yesus adalah dirinya Tuhan dan Allah tidak identik dengan manusia yang diurapi.

Kalau hanya sekedar diurapi tidak mungkin Dia bisa menyelamatkan manusia melainkan hanya substansi ilahi saja yang bisa menebus dosa manusia,karena semua manusia juga sudah berdosa tidak terkecuali.


Quote
Saudara ku .. Pemahaman Iblis dan Yudas Iskariot tentang Yesus, PASTI  Jauh diatas kita semua, tetapi pertanyaannya adalah .. mengapa mereka tidak selamat ? ==> Coba anda renungkan pertanyaan ini sebelum memberikan jawaban kepada saya.

Mereka tidak selamat karena :

1.   Tidak ada didalam rencana pilihan Bapa didalam kekekalan

2.   Tidak dikuduskan oleh ROH KUDUS

3.   Tidak menerima percikan darah Yesus (karena tidak percaya Yesus adalah Allah dan Tuhan)


1 Petrus 1:1,2 Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia,yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

Itulah ajaran Alkitab brur yang tidak mungkin salah,karena dasar jawaban saya selalu Alkitabiah.

July 22, 2017, 03:13:58 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Saudara ku .. saya sudah berkali-kali menjelaskan kepada anda, setiap orang yang mengaku Yesus adalah Kristus, maka artinya .. orang tersebut dalam iman percayanya, telah memahami .. bahwa Yesus itu adalah Allah yang sejati, Allah yang Kekal dan BUKAN  CIPTAAN
Sepanjang pengetahuan saya ... yang SSY "pegang" itu [Yesus adalah ciptaan], jes. Yesus adalah yang pertama kali Allah ciptakan, menurut versi SSY.

Sebenernya dari kalimat ungu itu sendiri udah menimbulkan problem, berangkat dari pov SSY itu sendiri yang berupa : Jehovah and his firstborn Son enjoyed close association for billions of years—long before the starry heavens and the earth were created. How they must have loved each other! https://www.jw.org/en/publications/books/bible-teach/who-is-jesus-christ/

Ada CELAH utk dipertanyakan :
Lalu, kenapa Yehovah NUNGGU ?
dimana just "only" after [billion years before the creation] Yesus Dia ciptakan ?

Makanya spt yang sempet saya post-kan (lupa di thread mana) buat jes...
(imo) yang paling gampang itu adalah berpendapat :

A. [Allah itu ada tiga, literally tiga].
Tiga-tiganya kekal. Saling bercinta, threesome di Kekekalan, SBJ.

ataupun

B. [Allah itu satu], kekal.
Masuk kedalam waktu, secara dari pov observer, di span-waktu tertentu akhirnya ada 3 Persona.

 :D,
salam.
« Last Edit: July 22, 2017, 03:16:06 PM by odading »
July 23, 2017, 10:02:52 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Saudara ku .. saya sudah berkali-kali menjelaskan kepada anda, setiap orang yang mengaku Yesus adalah Kristus, maka artinya .. orang tersebut dalam iman percayanya, telah memahami .. bahwa Yesus itu adalah Allah yang sejati, Allah yang Kekal dan BUKAN  CIPTAAN, karena itulah Alkitab mengatakan .. Hanya karena dorongan ROH KUDUS yang ada pada manusia itu, maka manusia itu dapat mengatakan Yesus adalah Kristus.

Nah .. silahkan anda tanya para jemaat SSY apakah mereka mengakui, bahwa Yesus adalah Kristus ?

Nah, tidak ada satupun dari jemaat SSY yang tidak mengakui, bahwa Yesus adalah Kristus, artinya adalah .. pada dasarnya, semua jemaat SSY itu telah mengakui bahwa Yesus adalah Allah yang kekal dan bukan ciptaan, tetapi seperti penjelasan saya kepada anda dalam topik-topik yang berbeda, saya menjelaskan .. keterbatasan akal yang dimiliki oleh manusia, tidak dapat memahami Ke-Allahan itu dengan benar dan sempurna, sehingga dengan segala keterbatasan tersebut .. maka Jemaat SSY "BARU" memahami "Ke-Allahan" Yesus itu sampai tahap 90%, artinya .. kalau anda memahami Ke-Allahan Yesus itu 100%, maka mereka masih dalam tahap 90%.

Saudara ku .. Pemahaman Iblis dan Yudas Iskariot tentang Yesus, PASTI  Jauh diatas kita semua, tetapi pertanyaannya adalah .. mengapa mereka tidak selamat ? ==> Coba anda renungkan pertanyaan ini sebelum memberikan jawaban kepada saya.

Salam ..

seriously, anda sangat salah dalam memahami doktrin SSY

Yesus itu hanya malaikat, bukan Tuhan, tapi adalah ciptaan Tuhan yang pertama
tau darimana sy? dari mereka sendri yang dateng ke rumah2

Yesus itu (bagi SSY) :
sy kutip ini dari web resmi mereka :
https://www.jw.org/en/publications/books/bible-teach/who-is-jesus-christ/

1. Ciptaan

11. How does the Bible show that Jesus is Jehovah’s most precious Son?
11 Jesus is Jehovah’s most precious Son—and for good reason. He is called “the firstborn of all creation,” for he was God’s first creation. * (Colossians 1:15) There is something else that makes this Son special. He is the “only-begotten Son.” (John 3:16) This means that Jesus is the only one directly created by God. Jesus is also the only one whom God used when He created all other things. (Colossians 1:16) Then, too, Jesus is called “the Word.” (John 1:14) This tells us that he spoke for God, no doubt delivering messages and instructions to the Father’s other sons, both spirit and human.


2. ngga setara dengan Tuhan

12. How do we know that the firstborn Son is not equal to God?
12 Is the firstborn Son equal to God, as some believe? That is not what the Bible teaches. As we noted in the preceding paragraph, the Son was created. Obviously, then, he had a beginning, whereas Jehovah God has no beginning or end. (Psalm 90:2) The only-begotten Son  never even considered trying to be equal to his Father. The Bible clearly teaches that the Father is greater than the Son. (Read John 14:28; 1 Corinthians 11:3) Jehovah alone is “God Almighty.” (Genesis 17:1) Therefore, he has no equal. *


yang namanya ciptaan ya ngga setara dengan pencipta
yang artinya Yesus itu lebih rendah dari Tuhan atau ngga setara dengan Tuhan itu sendiri

3. Yesus bukan buat disembah

udah jelas kan? ngapain nyembah manusia yang bukan Tuhan?
https://www.jw.org/en/publications/magazines/wp20090401/is-jesus-god/

So we do not worship Jesus, as we do not believe that he is Almighty God.

ini semua didukung dengan yang sy tanyakan langsung dengan penganut saksi yehova :
jadi apakah Yesus Tuhan? mereka jawab dengan tegas : bukan

so cek and ricek lagi apa yang anda dapatkan
« Last Edit: July 24, 2017, 07:47:38 AM by HenHen »
July 23, 2017, 10:07:12 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Tuhan tidak perlu dilindungi saudara ku, dan siapakah debu yang sanggub melindungi kemuliaan-Nya ?

bukannya perlu dilindungi my bro

kita mengatakan apa adanya, dan honestly ya itulah dasar dari semua Kekristenan
dokrin silahkan deh mau apa juga, yang ini satu ngga boleh dilanggar
semua dasar gereja, Alkitab, dan ajaran rasuli cuma ngacu ke satu ini koq utamanya

dari sejak dulu injil diberitakan itu utamanya mengandung Yesus adalah Tuhan, itu yang selalu sama apapun perbedaan doktrinnya

kenapa kok orang dari dulu rela diejek Kristen? yang artinya pengikut Kristus (Yesus)?
karena mereka rela mengikuti Tuhan kemanapun mereka pergi, dan mengabarkan ajaranNya
ngapain juga ngikutin manusia yang bukan Tuhan, ngga ada bedanya sama agama sebelah

kalo Yesus bukan Tuhan, ngapain juga anda menyembahNya? emang mau nyembah manusia? dilarang Alkitab loh :)
July 23, 2017, 10:26:07 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543

Cobalah anda tanya teman anda SSY tsb apakah dia percaya Yesus adalah Tuhan dan Allah pencipta alam semesta ini ?[\quote]
Saudara ku, maah .. saya jadi ketawa, kenapa ? saya sudah jelaskan panjang lebar kepada anda, tidak ada seorang pun manusia yg dapat "mengaku" Yesus adalah Kristus, kecuali karena doringan ROH KUDUS, paham kah anda ?? Beranikah anda menyangkal penjelasan alkitab tersebut ? Saudara ku .. SSY itu MENGAKU Yesus adalah Kristus, Pengakuan mereka itu, JANGAN anda tafsirkan macem-macem, karena itu "sangat berbahaya" bagi keselamatan anda sendiri. Mengapa ? Sebab penentangan anda terhadap orang-orang yang "mengaku Yesus adalah Kristus", adalah sama artinya: anda menentang ROH KUDUS, jadi hati2 saudara ku.

Quote from:
Roma  10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.[\quote]
SSY mengaku Yesus adalah Tuhan dan lebih lagi, SSY mengaku Yesus adalah Kristus, dan mereka "Sangat Percaya", bahwa Allah telah membangkitkan Yesus dari kematian.


Quote from:
Kristus itu artinya yang diurapi sedangkan manusia biasa seperti Nabi juga diurapi tetapi Yesus adalah dirinya Tuhan dan Allah tidak identik dengan manusia yang diurapi.

Kalau hanya sekedar diurapi tidak mungkin Dia bisa menyelamatkan manusia melainkan hanya substansi ilahi saja yang bisa menebus dosa manusia,karena semua manusia juga sudah berdosa tidak terkecuali.[\quote]
Dari penjelasan anda ini, ternyata anda BELUM memahami arti Kristus, silahkan baca ulang penjelasan saya sebelumnya.

(..cut dan bersambung..)

July 23, 2017, 10:50:08 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
Quote from:
Mereka tidak selamat karena :

1.   Tidak ada didalam rencana pilihan Bapa didalam kekekalan[\quote]
Saudara ku, maaf .. bukan bermaksut mendiskreditkan anda, jika anda katakan .. SSY tidak masuk dalam Rencana Keselamatan bapa dalam kekekalan, saya pikir pemahaman anda itu sangat dangkal sekali dalam memahami alkitab, sebab semua manusia, tanpa terkecuali masuk dalam kerangka rencana keselamatan yg telah ditetapkan bapa dalam kekekalan, karena itu Yesus katakan .. Allah tidak menginginkan kebinasaan orang fasik, melainkan pertobatannya. Permasalahannya adalah: Allah tidak dapat memaksakan kehendaknya pada manusia, agar manusia memilih mengikuti rencana Allah atau tidak, sebab manusia diberikan Allah kebebasan akal, untuk memutuskan pilihannya sendiri. Allah juga tidak dapat memaksa manusia, untuk memahami dirinya dengan benar atau tidak, sebab Allah tahu dgn pasti, bahwa manusia itu adalah debu yg memiliki banyak keterbatasan. Silahkan anda baca pernyataan Paus Fransiscus, bahwa Islam termasuk juga dalam rencana kerangka keselamatan yg telah ditetapkan Allah, apalagi SSY..

Quote from:
2.   Tidak dikuduskan oleh ROH KUDUS[\quote]
Bagaimana mungkin, SSY yg mengaku Yesus adalah Kristus, lalu anda katakan tidak dikuduskan oleh ROH KUDUS.. Luar biasa penghakiman anda terhadap ROH KUDUS, hati-hatilah saudara ku, pemahaman anda ini "sangat berbahaya bagi keselamatan anda sendiri".

Quote from:
3.   Tidak menerima percikan darah Yesus (karena tidak percaya Yesus adalah Allah dan Tuhan)[\quote]
Dimana ayat yg mendukung pemikiran anda tersebut, bahwa hanya orang yg mengaku Yesus adalah Allah, barulah mereka mendapatkan percikan darah yesus. Alkitab mengajarkan .. Setiap orang yg dibabtis dan melakukan perjamuan kudus, maka mereka sudah mendapatkan bagian dalam tubuh dan darah Kristus.

Quote from:
..cut..Itulah ajaran Alkitab brur yang tidak mungkin salah,karena dasar jawaban saya selalu Alkitabiah.
Alkitab tidak salah, namun manusialah yg telah keliru dalam memahaminya.

Saudara ku .. tidak baik, anda mengutip ayat-ayat alkitab dgn sepenggal, kemudian memaksakan ayat tersebut, untuk mendakwa SSY sebagai sesat.


Salam ..
July 23, 2017, 11:23:16 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
Quote from:
.. cut .. Pemahaman yg keliru tentang SSY ..[\quote]
Oda .. SSY itu jemaatnya besar dan seperti denom Kristen lainnya, mereka terdiri dari berbagai lapisan manusia yg memiliki banyak keterbatasan, karena tidak semuanya memahami theologia.

SSY mengakui bahwa Yesus adalah yg pertama dilahirkan dan permulaan dari segala ciptaan.

Nah .. pengakuan ini akan berbeda maknanya, jika dikatakan Yesus itu adalah Ciptaan Pertama dari segala yg diciptakan..

Mengapa ?

Jika ssy mengakui, bahwa yesus itu adalah ciptaan pertama dari segala yg diciptakan, maka berati ada penciptaan, sebelum alam semesta di ciptakan.

Nah, pertanyaannya adalah: Apakah pendiri SSY begitu bodoh, untuk tidak memahami.. bahwa proses penciptaan itu, hanya seperti yg dituliskan pada kitab kejadian.

Namun, oleh banyak para pengikut ssy dan dengan segala keterbatasannya, telah keliru dalam memahami ajaran mereka sendiri, sehingga .. ketidak mampuan mereka, untuk menjelaskan doktrinya, dipahami oleh banyak orang-orang Kristen di indonesia, bahwa SSY itu mengakui Yesus adalah Ciptaan Pertama dari segala yg diciptakan.

Tetapi terlepas dari itu semua.. banyak kalangan Kristen telah keliru dalam memahami ajaran keselamatan, dimana Ajaran keselamatan yg didasarkan pada "penerimaan" akan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, telah "digeser" kepada pemahaman "harus memahami Ke-Ilahian Yesus dengan benar dan sempurna".

Nah, kedua hal tersebut diatas, yaitu: menerima yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat dan memahami dengan benar Ke-Ilahian Yesus, adalah 2 hal yg berbeda, dimana jika ajaran keselamatan itu, didasarkan pada "pemahaman yg benar dan sempurna, tentang Ke-Ilahian Yesus, maka hanya iblis yg dapat selamat, sebab mustahil ada manusia yg dapat memahami Ke-Ilahian Yesus itu dengan benar dan sempurna".

Mengapa pemahaman Ajaran Keselamatan itu digeser ?

(..bersambung..)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)