Author Topic: Yoh 6:50-56, literal makan, literal daging - literal minum, literal darah ?  (Read 2858 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 31, 2017, 07:45:45 PM
Reply #50
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 171
  • Denominasi: Nasrani
(33) Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia

(34) Maka kata mereka kepada-Nya: "Tuhan, berikanlah kami roti itu senantiasa."

(35) Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup;
X. barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan
Y. barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi

(50) Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati.

(51) Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga.
Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya,
dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.

(52) Orang-orang Yahudi bertengkar antara sesama mereka dan berkata: "Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan."




memang ada pengajaran Kristus yang menggunakan Perumpamaan dan juga literal, namun setiap kali Ia menggunakan perumpamaan selalu Ia jelaskan Maknanya/ arti yang dimaksudkan itu mislnya tetang Pokok Anggur yg tertulis dalam Yoh 15:1-8. diakhir ayat yang menjelaskan arti Tentang pokok Anggur bisa dilihat pada Ayat 15:8 yaitu Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan,  yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.. Tuhan tidak akan membiarkan murid2 nya tidak mengerti akan pengajarannya itu...
tapi lain cerita ketika membahas pada tentang perjamuan kudus yang diajarkan pada Yohanes 6...
ketika pengikutnya tidak mengerti Bagaimana Ia memberikan tubuhnya untuk dimakan..
YOH 6 :52   
Orang-orang Yahudi  bertengkar antara sesama mereka dan berkata: "Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan."

lalu lihat ayat berikutnya ketika Tuhan menjelaskan pada Ayat YOH 6 : 53-58...

setelah itu Pengikutnya sulit menerima tentang Roti perjamuan kudus itu lalu pergi meninggalkan dia tertulis pada ayat berikutnya yaitu Yoh 6 : 60"Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: "Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?"

murid2 Yesus juga sempat ragu tentang itu Yoh 6:61 "Yesus yang di dalam hati-Nya tahu, bahwa murid-murid-Nya bersungut-sungut tentang hal itu, berkata kepada mereka: "Adakah perkataan itu menggoncangkan imanmu?"
lalu Ia jelaskan kembali pada Ayat YOH 6:63"Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup."
yang Tuhan Maksudkan adalah RohNya lah Yang hadir dan hidup didalam roti perjamuan Suci sehingga Roti perjamuan kudus tidak bisa dikatakan simbol tapi benar2 hadir secara nyata..tapi bukan yang dia maksud Daging manusianya yang sudah hidup 2000 tahun
 Lalu, memakan roti dariNya yang akan membuatmu Hidup kekal seperti yang diajarkan pada YOH 6 : 51,53,54,57.. sehingga pengajarNya ini sangat literal secara keseluruhan.
 Dan ini menjadi Ujian bagi Imanmu, Apakah kamu percaya bahwa ia disalibkan sebagai domba kudus atau disalibkan sebagai penjahat?

Jika kamu percaya dia domba kudus, maka kamu akan memakannya dengan benar dan memperlakukannya dengan baik seperti berlutut ketika menerima dan memakannya...
1 Korintus 11:28 (TB)  Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu.

Selanjutnya
 
Yoh 6 : 64- 66 "Tetapi di antaramu ada yang tidak percaya." Sebab Yesus tahu dari semula , siapa yang tidak percaya dan siapa yang akan menyerahkan Dia.
(65) Lalu Ia berkata: "Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorangpun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya  kepadanya."
(66) Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya  mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia..

pada saat itu banyak yang tidak percaya bahwa yang Ia katakan Bahwa ia akan hadir ke dalam Roti tersebut, sehingga Ia mengatakan bahwa Hanya karunia dari Bapa Yaitu Iman barulah seseorang tersebut bisa percaya Kepada Yesus Kristus Sang Juru selamat itu..
lalu banyak pengikutnya meninggalkan  dan tidak mengikuti Yesus lagi,  dan Yesus tidak lagi menjelaskan perjamuan kudus, karena Yesus sudah tau Apa yang mereka Pahami dan membiarkan mereka pergi...

Dan sampai di akhir ayat itu
Yohanes 6:70 (TB)  Jawab Yesus kepada mereka: "Bukankah Aku sendiri yang telah memilih kamu yang dua belas ini? Namun seorang di antaramu adalah Iblis."

Kenapa diayat terakhir dan Yoh 6:64
 Tuhan menyinggung salah 1 dari 12 adalah iblis..
Ini lah yg berkenaan dengan apa yang saya katakan Apakah kamu menganggap kristus disalibkan sebagai domba kudus atau penjahat?
Sama seperti yudas memperlakukan Tuhan Yesus sebagai penjahat..
« Last Edit: August 01, 2017, 01:23:16 AM by civasnice »
July 31, 2017, 07:52:31 PM
Reply #51
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 171
  • Denominasi: Nasrani
Itu sebabnya Paulus mengatakan (1 korintus 11:27) Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum  cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.

sudah sangat jelas rasul Paulus mengatakan Cara bukan soal pemahaman, yang tidak layak..

maka diakhir 1 korintus 11:34 rasul Paulus berpesan

1 korintus 11:34
Kalau ada orang yang lapar, baiklah ia makan dahulu di rumahnya,  supaya jangan kamu berkumpul untuk dihukum. Hal-hal yang lain akan kuatur, kalau aku datang..

rasul paulus berbicara soal cara bkn pemahaman tentang perjamuan kudus..

Itu sebabnya saudaraku bukan maksudku ingin berdebat tapi ingin memberita Firman Tuhan secara Nyata,
Mana yang Harus kita bela Firman Tuhan Atau Ajaran Gereja Yg Tidak Alkitabiah dengan memotong2 ayat saja..?


Andy - Sahabatmu
« Last Edit: July 31, 2017, 07:59:27 PM by civasnice »
August 01, 2017, 01:58:14 AM
Reply #52
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik

Quote
event Perjamuan Kudus punya pengertian secara two-fold,
dimana para pengikut Kristus :
1. memperingati penyaliban Yesus ---sekaligus--- memberitakan kematian Yesus
2. menandai bahwa diri mereka bersekutu dengan Yesus.

Wkwk.. :D
Untuk no 2 bukan begitu oda..
Saya yang nomor-2 itu ngambil kesimpulan dari kalimat reformasi sbb : dan dimakan-minum sebagai tanda persekutuan manusia dengan-Nya.

So, kalo kesimpulan dari ungu bukan seperti nomor-2 .... jadi apa maksud refor pada kalimat ungu ya ?

Quote
So, Darah dan daging yang literal itu harus dan untuk mati dikayu salib oda bukan buat dimakan.dan diminum
Lah iya emang begitu kok yang saya pendapati.

Quote
jadi apa itu "sebagai tanda persekutuan manusia dengan Yesus"..?
Secara pandangan pribadi saya menjawab..
Mengingat misi Allah dan konsep penebusan dosa manusia, maka orang percaya dapat dikatakan telah terkoneksi/terhubung/diperdamaikan dengan Allah. Oleh sebab itu saya pribadi mengatakan event perjamuan adalah sebagai tanda persekutuan dengan Allah.
Lah iya itu... itu kan ada point-2, ref  :D

So, secara pov pelaksana Perjamuan sbb :
kami telah terkoneksi/terhubung/diperdamaikan dengan Allah/Yesus ...
untuk menandai bahwa kami oranye, kami makan/minum roti/anggur di Perjamuan Kudus.
Oranye kami sebut bold ungu.

Begitu kan maksud refor  :happy0062:
August 01, 2017, 03:21:22 AM
Reply #53
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik

memang ada pengajaran Kristus yang menggunakan Perumpamaan dan juga literal, namun setiap kali Ia menggunakan perumpamaan selalu Ia jelaskan Maknanya/ arti yang dimaksudkan itu mislnya tetang Pokok Anggur yg tertulis dalam Yoh 15:1-8. diakhir ayat yang menjelaskan arti Tentang pokok Anggur bisa dilihat pada Ayat 15:8 yaitu Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan,  yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku..

Tuhan tidak akan membiarkan murid2 nya tidak mengerti akan pengajarannya itu...
Ya... dan contoh misal yang ungu diatas, ada di waktu yang sama. Kronologika bold ungu, tidak melibatkan time-frame spesifik.

Quote
tapi lain cerita ketika membahas pada tentang perjamuan kudus yang diajarkan pada Yohanes 6...
ketika pengikutnya tidak mengerti Bagaimana Ia memberikan tubuhnya untuk dimakan..
YOH 6 :52   
Orang-orang Yahudi  bertengkar antara sesama mereka dan berkata: "Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan."
Selain pengikut Yesus, juga ada orang2 lain yang bukan pengikut Yesus. Dan apabila itu dipendapati spt merah, ya jadinya "wajar" apabila tidak ada seorangpun yang nggak mengerti karena Perjamuan Kudus nya itu kan ada di future time.

Dengan kata lain, para murid baru mengerti maksud perkataan Yesus tsb blakangan, yakni di event PK.
Setelah mendapat pengetahuan dari perkataan Yesus di event PK, barulah "oooo... jadi nyang waktu dulu Guru ngomong perihal [makan/minum daging/darah] itu maksudnya ini toh".

Quote
setelah itu Pengikutnya sulit menerima tentang Roti perjamuan kudus itu lalu pergi meninggalkan dia tertulis pada ayat berikutnya yaitu Yoh 6 : 60
IMO, bukannya sulit - tetapi impossible donk, civas. Impossible mereka bisa tau bhw yang barusan Guru mereka ngomong, itu maksudnya ada di future time.

Quote
lalu Ia jelaskan kembali pada Ayat YOH 6:63 "Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup."
Penangkepan saya thdp kalimat ayat diatas :
[Perkataan2 yang Yesus katakan] adalah roh dan hidup
Roh memberi hidup
Dengan demikian [Perkataan2 yang Yesus katakan] memberi hidup.

Quote
yang Tuhan Maksudkan adalah RohNya lah Yang hadir dan hidup didalam roti perjamuan Suci sehingga Roti perjamuan kudus tidak bisa dikatakan simbol tapi benar2 hadir secara nyata.
Nah itu. Saya berpendapat impossible para pengikutnya di time-frame Yohanes 6 tsb nyampe ke kesimpulan spt oranye, civas.

Quote
Lalu, memakan roti dariNya yang akan membuatmu Hidup kekal seperti yang diajarkan pada YOH 6 : 51,53,54,57..
Ayat 51 dibuka dengan kalimat Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga.

Versi pendapat saya :
kosakata [roti] tidak literal sebuah makanan roti, karena segera di-ikuti dgn kosakata [hidup].
So, [roti hidup] ---> literally Yesus, namun pengertiannya nggak literal ---> Sebut saja ini X.

bersambung
« Last Edit: August 01, 2017, 03:27:55 AM by odading »
August 01, 2017, 03:21:33 AM
Reply #54
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya

Versi pendapat saya :
1. Jika X terpenuhi, ia akan hidup selama-lamanya.
2. tidak terkait frame-waktu spesifik.
3. Dengan demikian, pada asumsi ada murid Yesus yang keburu mati sebelon event Perjamuan Kudus - dimana murid ini mati didalam state X terpenuhi, maka murid ini "hidup selama-lamanya".

Oleh karena itulah saya kesulitan untuk nerima bahwa maksud dari kalimat ayat diatas aplikasinya di future time. Karena konsekwensi dari [aplikasinya ada di future time] maka pada asumsi ada murid Yesus yang keburu mati sebelon event Perjamuan Kudus - impossible state X terpenuhi pada diri si murid ini, dengan demikian impossible murid ini "hidup selama-lamanya".

Quote
Jika kamu percaya dia domba kudus, maka kamu akan memakannya dengan benar dan memperlakukannya dengan baik seperti berlutut ketika menerima dan memakannya...
1 Korintus 11:28 (TB)  Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu.
Ya... saya nggak cerewet di perihal ini kok.  :D

Quote
Selanjutnya
 
Yoh 6 :
(64) "Tetapi di antaramu ada yang tidak percaya." Sebab Yesus tahu dari semula , siapa yang tidak percaya dan siapa yang akan menyerahkan Dia.
(65) Lalu Ia berkata: "Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorangpun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya  kepadanya."
(66) Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya  mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia..

pada saat itu banyak yang tidak percaya bahwa yang Ia katakan Bahwa ia akan hadir ke dalam Roti tersebut,
versi pengertian saya thdp kalimat oranye, itu bukan nggak percaya diperihal merah.
Alesan saya, ya itu dah... impossible para murid bisa tau bahwa kosakata [roti] yang mereka denger itu aplikasi dari maksudnya ada di future time.

Quote
lalu banyak pengikutnya meninggalkan  dan tidak mengikuti Yesus lagi,  dan Yesus tidak lagi menjelaskan perjamuan kudus
Bisa civas kasih kalimat2 Yesus yg di Yohanes 6 yang sehingga bisa membuat para murid saat itu tau bahwa yang Yesus lagi omongin tsb adalah mengenai Perjamuan Kudus di future time ?

Sebagai ilustrasi, saya bikin dua frame waktu....
1. Tgl 1 Jan 2000 (Yohanes 6)
2. Tgl 1 Feb 2000 (event Perjamuan)
civas adalah murid Yesus yang sedang ada di tgl 1 Jan 2000 dan sedang ngedengerin kalimat2 dari Yesus.

Nah pertanyaannya :
diketika mendengar kalimat ucapan Yesus yang mana (di ayat Yoh 6) - maka disaat itulah civas nangkep bahwa kalimat Yesus tsb maksudnya adalah :
1. Roti adalah roti yang akan ada di event Perjamuan
2. Yesus akan hadir ke dalam roti yang ada di event Perjamuan tsb.
3. Rohnya Yesus akan hadir ke dalam roti yang ada di each next event Perjamuan.

:)
salam.
« Last Edit: August 01, 2017, 03:31:06 AM by odading »
August 01, 2017, 11:43:00 AM
Reply #55
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 171
  • Denominasi: Nasrani
Saudara yang dikasihi Tuhan..



Dengan kata lain, para murid baru mengerti maksud perkataan Yesus tsb blakangan, yakni di event PK.
Setelah mendapat pengetahuan dari perkataan Yesus di event PK, barulah "oooo... jadi nyang waktu dulu Guru ngomong perihal [makan/minum daging/darah] itu maksudnya ini toh".

saya pakai istilah Perjamuan kudus dalam penjelasan saya sebelumnya agar semua Paham bahwa itu memang mengacu pada perjamuan kudus
Murid Yesus mengerti bahwa bahwa ini adalah literal.

Justru Murid Yesus mengerti yang dimaksudkan Tubuh Kristus itu literal, Itu sebabnya Iman mereka terguncang
lalu Tuhan berkata lagi YOH 6:62 Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya  berada? YOH 6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup..

Tuhan tidak mengatakan Pemikiran literal mereka salah, malah menjelaskan Bagaimana Literal ini berkerja
 

literal Yang Tuhan Maksudkan adalah ROH bukan daging manusianya yang sudah Hidup 2000 tahun..
Roh lah yang memberi Hidup kepada Roti itu karena Konteks bicaranya adalah Roti
dilanjutkan dengan kata "daging sama sekali tidak berguna"

kalau pemahaman anda :

Quote
Penangkepan saya thdp kalimat ayat diatas :
[Perkataan2 yang Yesus katakan] adalah roh dan hidup
Roh memberi hidup
Dengan demikian [Perkataan2 yang Yesus katakan] memberi hidup.

ini tidak nyambung dengan ayat sebelumnya yaitu YOH 6: 62 Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?
kalau Tuhan sudah kembali pada Asalnya di Surga Bagaimana ia memberikan rotinya itu....

Sehingga tiba saatnya Perjamuan Kudus..

Yesus mengambil roti, memberkati dan memecah-mecahkannya, dan berkata, “Inilah tubuhKu”. Dengan cara yang sama, ia mengambil anggur, mengucap syukur, dan berkata, “Inilah darahKu” (Mat 26:26-28, Mar 14:22-24, Luk 22:19-20, dan 1 Kor 11:21-25)
Ini menekankan bahwa Yesus tidak mengatakan “Ini mewakili tubuh dan darahKu,” atau ” Ini adalah lambang tubuh dan darahKu” .

itu sebabnya kenapa rasul paulus memperingati jemaat korintus dengan keras
mengutip ayat itu.. karena rasul paulus menyakini ini literal..

1 korintus 11:
11:26   Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.
11:27   Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.
11:28   Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu.
11:29   Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.
11:30   Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.
11:31   Kalau kita menguji diri kita sendiri, hukuman tidak menimpa kita.
11:32   Tetapi kalau kita menerima hukuman dari Tuhan, kita dididik, supaya kita tidak akan dihukum bersama-sama dengan dunia.
11:33   Karena itu, saudara-saudaraku, jika kamu berkumpul untuk makan, nantikanlah olehmu seorang akan yang lain.
11:34   Kalau ada orang yang lapar, baiklah ia makan dahulu di rumahnya, supaya jangan kamu berkumpul untuk dihukum. Hal-hal yang lain akan kuatur, kalau aku datang.


lalu Apakah anda juga mengatakan bahwa paham Anda  lebih Benar daripada para rasul??



Regards

Andy - sahabatmu
« Last Edit: August 01, 2017, 11:46:59 AM by civasnice »
August 01, 2017, 11:54:26 AM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 699
Wkwk.. :D
Untuk no 2 bukan begitu oda.. Saya yang nomor-2 itu ngambil kesimpulan dari kalimat reformasi sbb : dan dimakan-minum sebagai tanda persekutuan manusia dengan-Nya.

So, kalo kesimpulan dari ungu bukan seperti nomor-2 .... jadi apa maksud refor pada kalimat ungu ya ?
 Lah iya emang begitu kok yang saya pendapati.
 Lah iya itu... itu kan ada point-2, ref  :D

So, secara pov pelaksana Perjamuan sbb :
kami telah terkoneksi/terhubung/diperdamaikan dengan Allah/Yesus ...
untuk menandai bahwa kami oranye, kami makan/minum roti/anggur di Perjamuan Kudus.
Oranye kami sebut bold ungu.

Begitu kan maksud refor  :happy0062:
Betul oda.. haha ;D

Maka saat kamu tanya..
 "bersekutu dengan literal daging dan literal darahNya" (???).

saya jawab bukan.. :D
August 01, 2017, 12:09:04 PM
Reply #57
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Betul oda.. haha ;D

Maka saat kamu tanya..
"bersekutu dengan literal daging dan literal darahNya" (???).

saya jawab bukan.. :D
Ya... saya yang salah.
Setelah saya tulis ungu, seharusnya saya menaruh kalimat "kalo menurut versi pengertian saya sih tentu tidak" agar bisa diketahui bahwa ungu itu pertanyaan retorikal.
August 01, 2017, 12:26:48 PM
Reply #58
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Itu sebabnya Paulus mengatakan (1 korintus 11:27) Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum  cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.

sudah sangat jelas rasul Paulus mengatakan Cara bukan soal pemahaman, yang tidak layak..

maka diakhir 1 korintus 11:34 rasul Paulus berpesan

1 korintus 11:34
Kalau ada orang yang lapar, baiklah ia makan dahulu di rumahnya,  supaya jangan kamu berkumpul untuk dihukum. Hal-hal yang lain akan kuatur, kalau aku datang..

rasul paulus berbicara soal cara bkn pemahaman tentang perjamuan kudus..

Itu sebabnya saudaraku bukan maksudku ingin berdebat tapi ingin memberita Firman Tuhan secara Nyata,
Mana yang Harus kita bela Firman Tuhan Atau Ajaran Gereja Yg Tidak Alkitabiah dengan memotong2 ayat saja..?


Andy - Sahabatmu

ini logika aja ya bro

perlu bro ketahui sy ngga setuju sm transubstansi tp sy juga ngga bilang itu salah
buat saya kerajaan sorga itu ngga seputar roti, dan doktrin ini ngga prinsipil
tapi saya ngga tertutup untuk segala pebahan apabila memang sy salah memahami

tapi kalo bro bilang yang tertulis itu adalah cara dan bukan pemahaman?
dan memang tertulis demikian, sampai sini saya setuju

nah masalahnya, apakah transubstansi itu termasuk cara atau pemahaman?
saya bilang sih termasuk pemahaman loh :)
emang kalo bro bilang transubstansi itu adalah cara, coba jelaskan bagaimana caranya kita memperlakukan roti supaya transubstansi itu benar bisa "terjadi"? apakah ada cara khusus? setahu saya ngga ada
apakah kalo caranya benar tapi pemahamannya salah itu bisa dibenarkan? :)
saya pikir sih nggak
makanya saya bilang itu adalah ranah pemahaman

-----

nah kalo bro mau konsisten sebut itu adalah cara
maka menyambung apa yang Paulus jelaskan berikutnya
lebih masuk akal kalau cara yang dimaksud Paulus itu adalah "cara makan" jemaat yang saat itu dalam pemahaman sy mungkin terkesan terlalu rakus dalam mengambil makanan yang ada, dan terlalu "rakus" dalam mengambil makanan padahal jemaat yang datang belumlah lengkap
makanya "cara makan" itulah yang diperbaiki oleh Paulus dengan cara "kamu ini tolong makan dulu dirumah sebelum datang kesini, dan tungguin sodaramu dulu"
klop jadinya

begitu bro
August 01, 2017, 12:28:37 PM
Reply #59
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 699
Ya... saya yang salah.
Setelah saya tulis ungu, seharusnya saya menaruh kalimat "kalo menurut versi pengertian saya sih tentu tidak" agar bisa diketahui bahwa ungu itu pertanyaan retorikal.
Klik oda.. :afro:

berangkatnya harus dari "Konsep penebusan dosa" dan "misi Allah menjadi manusia".

 :D
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)