Author Topic: Masalah dipelayanan sekolah minggu  (Read 1681 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 02, 2017, 07:40:46 AM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 4
  • Denominasi: Baptis
Ada teman sepelayanan dalam mengajar sekolah minggu, beberapa teman guru yang lain memberi masukan kepada saya, bahwa guru A dan B ini pasif kalau mengajar, masuk kelas duduk ngajar selesai pulang gitu aja, nggak pernah pernah untuk berkreasi atau hal yang lain supaya murid2 tertarik, dan bahkan murid yang akan naik kelas ke kelasnya guru A dan B ini, udah bilang males.  Gimana yah supaya saya mensupport dia nya , dianya nggak tersinggung dan bisa menerimanya. Harapan saya dia bisa mengubah gaya dan cara mengajarnya supaya murid-2 tidak undur dari sekolah minggu, sebab anak-anak itu aset bagi gereja kelak kemudian hari untuk menjadi pelayan-pelayan Tuhan yang setia.
October 18, 2017, 01:19:36 PM
Reply #1
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 18
  • Gender: Female
  • Denominasi: Kristen Protestan
Shalom! mau menanggapi aja sih, krn kebetulan aku guru sklh minggu jg  :D
kalo boleh tau,  itu d gereja apa ya?
aku bergereja di GPIB, utk guru sekolah minggu, pastinya dr pengurus sekolah minggu (ketua, wakil, sekretaris dan bendahara) akan rapat, memilih, dan melakukan pendekatan dg calon guru sklh minggu. seperti aku, aku br jd guru sklh minggu selama kurleb 2th ini, dulu aku didekati dg salah satu majelis yg jg sbg guru sklh minggu. awalnya cm skdr ikut2 sklh minggu doang, biar tau apa aja "tradisi" di sklh minggunya.
dan kami para pelayan sklh minggu sblm menyampaikan firman di tiap2 kelas sekolah minggu, di hari kamis sblmnya kami ada pembekalan dr pendeta ato majelis ttg materi yg akan disampaikan kpd adek2, ada buku panduannya. d dlm buku tsb jg ada cara mengajar, tahapan mengajar, dan ada kreatifitasnya, jadi kami tdk perlu susah2 berpikir kreatifitas apa yg bs adek2 lakukan.
jd menurut sy, pemilihan pelayan ato guru sklh minggu mmg tdk boleh sembarangan, gereja hrs bnr2 memikirkan sapa yg pantas utk jd guru sklh minggu.
mgkn bs, dr pihak guru sklh minggu meminta gereja utk mengadakan pelatihan2 bgmn cara mengajar anak kecil, memberikan kreatifitas dll. itu bbrp cara yg bs merubah cr mengajar pasif tsb, selebihnya bergantung pada pribadi guru tsb, maukah dia diubahkan demi pelayanannya atokah ttp dg passion dy yg "hambar" seperti ini. sy rasa seorang guru sklh minggu hrsnya bs berubah jd lbh baik lagi, krn scr usia pasti mereka bukanlah seorang anank labil lagi  :)
« Last Edit: October 18, 2017, 01:22:13 PM by ayun6696 »
October 24, 2017, 08:32:24 AM
Reply #2
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 4
  • Denominasi: Baptis
saya dari GBI (Gereja Baptis Indonesia) terima kasih masukkannya ...selamat melayani Tuhan  :afro: :)
November 18, 2017, 05:39:30 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4605
  • Gender: Male
Ada teman sepelayanan dalam mengajar sekolah minggu, beberapa teman guru yang lain memberi masukan kepada saya, bahwa guru A dan B ini pasif kalau mengajar, masuk kelas duduk ngajar selesai pulang gitu aja, nggak pernah pernah untuk berkreasi atau hal yang lain supaya murid2 tertarik, dan bahkan murid yang akan naik kelas ke kelasnya guru A dan B ini, udah bilang males.  Gimana yah supaya saya mensupport dia nya , dianya nggak tersinggung dan bisa menerimanya. Harapan saya dia bisa mengubah gaya dan cara mengajarnya supaya murid-2 tidak undur dari sekolah minggu, sebab anak-anak itu aset bagi gereja kelak kemudian hari untuk menjadi pelayan-pelayan Tuhan yang setia.

Ditempat saya sebelum menjadi guru sekolah minggu, ada pelatihan. Pelatihannya mencakup teori dan simulasi dan ujian praktek. Tujuannya agar yang benar-benar terbeban melayani anak-anak benar-benar dibekali dengan baik sehingga layak dan pantas menyandang gelar "guru" yang mengacu kepada pemahaman "guru" dalam jawatan yang dijelaskan Alkitab.

Bagi saya lebih baik berperang bersama seekor singa dari pada berperang bersama seratus pasukan domba. Karena hasilnya akan lebih berdampak dari pada dengan pasukan domba yang belum perang sudah kacau di dalam.

 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)