Author Topic: Mohon Dibantu Pencerahannya Sisbro, Apakah Sola Scriptura itu Alkitabiah?  (Read 6689 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 11, 2017, 12:04:45 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2051
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Dari suatu diskusi di forum terhormat ini, muncul pertanyaan: Di bagian mana dari Alkitab berisikan ajaran Sola Scriptura? Dalam diskusi itu, Sola Scriptura diartikan sebagai: Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Lalu untuk menjawab pertanyaan tersebut, penganut Sola Scriptura seperti diartikan di atas memberikan Kis 17:11 Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Setelah mengadakan penelitian kecil-kecilan pada ayat tersebut, tidak kutemukan pengertian Sola Scriptura ialah Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Ayat tersebut berada pada perikop Paulus dan Silas di Berea (Kis 17:10-15). Ayat 10, Paulus dan Silas tiba di Berea dan mereka ke rumah ibadat. Ayat 11, seperti yang dikutip biru di atas. Ayat 12, banyak yang menjadi percaya. Ayat 13, Orang Tessalonika datang ke Berea dan menghasut orang Berea. Ayat 14, Paulus disuruh segera ke pantai laut, tetapi Silas dan Timotius masih tinggal. Ayat 15, Dari Atena Paulus berpesan agar Silas dan Timotius selekas mungkin bergabung ke Atena. Penelitian kecil-kecilan yang kulakukan itu, justru menguatkan pemahamanku, bahwa Sola Scriptura (seperti diartikan itu) adalah “Sola Tegar Tengkuk”.

Nah, dari antara Sisbro sekalian yang dikasihi Tuhan, adakah yang berkenan memberi pencerahan, mengapa disimpulkan bahwa Kis 17:11 memuat pengertian Sola Scriptura ialah Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Atau, adakah pengertian Sola Scriptura selain dari situ? Atau, saya menelitinya secara kurang cermat? Atau, ada ayat atau rangkaian ayat lain di Alkitab yang mengartikan Sola Scriptura. Pun jika Sisbro mengetahui ada trit forum ini yang berisi penjelasan mengenai kealkitabiahan Sola Scriptura, akan sangan menggembirakan, dan patut kuterima kasih.

Demikian, salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
October 11, 2017, 09:54:13 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4605
  • Gender: Male
Dari suatu diskusi di forum terhormat ini, muncul pertanyaan: Di bagian mana dari Alkitab berisikan ajaran Sola Scriptura? Dalam diskusi itu, Sola Scriptura diartikan sebagai: Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Lalu untuk menjawab pertanyaan tersebut, penganut Sola Scriptura seperti diartikan di atas memberikan Kis 17:11 Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Setelah mengadakan penelitian kecil-kecilan pada ayat tersebut, tidak kutemukan pengertian Sola Scriptura ialah Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Ayat tersebut berada pada perikop Paulus dan Silas di Berea (Kis 17:10-15). Ayat 10, Paulus dan Silas tiba di Berea dan mereka ke rumah ibadat. Ayat 11, seperti yang dikutip biru di atas. Ayat 12, banyak yang menjadi percaya. Ayat 13, Orang Tessalonika datang ke Berea dan menghasut orang Berea. Ayat 14, Paulus disuruh segera ke pantai laut, tetapi Silas dan Timotius masih tinggal. Ayat 15, Dari Atena Paulus berpesan agar Silas dan Timotius selekas mungkin bergabung ke Atena. Penelitian kecil-kecilan yang kulakukan itu, justru menguatkan pemahamanku, bahwa Sola Scriptura (seperti diartikan itu) adalah “Sola Tegar Tengkuk”.

Nah, dari antara Sisbro sekalian yang dikasihi Tuhan, adakah yang berkenan memberi pencerahan, mengapa disimpulkan bahwa Kis 17:11 memuat pengertian Sola Scriptura ialah Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Atau, adakah pengertian Sola Scriptura selain dari situ? Atau, saya menelitinya secara kurang cermat? Atau, ada ayat atau rangkaian ayat lain di Alkitab yang mengartikan Sola Scriptura. Pun jika Sisbro mengetahui ada trit forum ini yang berisi penjelasan mengenai kealkitabiahan Sola Scriptura, akan sangan menggembirakan, dan patut kuterima kasih.

Demikian, salam damai.


Baca https://en.wikipedia.org/wiki/Sola_scriptura supaya tidak menafsirkan sendiri artinya dan mengajak orang berdiskusi tentang hal yang tidak pada pengertian sebenarnya.

October 11, 2017, 10:01:31 AM
Reply #2
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6238
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Fair-fair-an aja lah,
Ada salah fokus dari 2 belah pihak saat menggunakan 'sola scriptura'.

Di satu pihak, sola-scriptura berarti doktrin Katolik pasti salah krn ngga ada di Alkitab,
Di pihak lain, sola-scriptura berarti anti-Katolik krn menentang segala doktrin Katolik.

Itulah sebabnya topik ini muncul.

----------

May I remind you all kl forum ini walaupun bernafaskan protestan, namun bersifat interdenominasi dan oikumene.

Artinya,
Ada suatu titik dimana semua member akan menjumpai (fakta) perbedaan doktrin/dogma dan semua member harus lapang dada siap menerima adanya perbedaan tsb tanpa harus setuju.

Ini bukan forum GKI atau forum GBI atau forum gereja A atau gereja B, dimana anggota gereja akan terus mengkotbahi pengunjung lain gereja bdsk doktrin-doktrin gerejanya dan memberi cap 'sesat' jika tidak selaras.

Kl ini situs gereja A, maka wajar kl pendapat di luar gereja A akan dibantai abis-abisan dan dicap sesat.
Namun ini situs yg membuka diri pada interdenominasi, so please be friendly.

Kl mau debat kusir dan sesat-sesatan, buatlah situs sendiri yg punya misi gerejanya sendiri.

-----------

Persoalan sola-scriptura ini sudah ada dalam ragam topik yg berbeda dan semua topik tsb pd akhirnya kembali pd 2 prasangka yg ditulis di atas. Urusan ini tidak pernah beres krn memang beda pendekatan antara Katolik dan Protestan thd Scriptura.
« Last Edit: October 11, 2017, 10:04:26 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
October 11, 2017, 10:08:40 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2051
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Baca https://en.wikipedia.org/wiki/Sola_scriptura supaya tidak menafsirkan sendiri artinya dan mengajak orang berdiskusi tentang hal yang tidak pada pengertian sebenarnya.
Terima kasih.
Nanti kubaca.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
October 11, 2017, 10:34:42 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8766
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
iniloh bro sis skalian, kalau mau dipikir dengan baik sebenernya ngga ada pertentangan koq

kamu lihat aja, yang bikin ada pertentangan itu kan oknumnya itu2 aja, ganti2 ID doang, yang sya heran model kek gitu ngga diban IPnya skalian sama moderator, malas ngliatnya juga

Sola Scriptura Alkitabiah? so pasti, prinsipnya ada, Yesus pun sering mengutip ayat2 yang ada di scriptura pada masaNya

https://en.wikipedia.org/wiki/Sola_scriptura

perhatikan pengertian ini :

Sola scriptura (Latin: by Scripture alone) is a Christian theological doctrine which holds that the Christian Scriptures are the sole infallible rule of faith and practice.

apakah hal ini bertentangan dengan doktrin Katolik? nggak kan?

Katolik melabeli Alkitab itu "innerant", literally ga ada salahnya, ya ini benernya sola scriptura kok, dalam bahasa yang lain saja

http://www.katolisitas.org/apakah-itu-bible-inerrancy/

‘Bible inerrancy‘ artinya adalah Kitab Suci, sebagai Sabda Tuhan, sepenuhnya bebas dari kesalahan. Dengan kata lain, apa yang dituliskan di dalam Kitab Suci adalah suatu kebenaran dan tidak bertentangan dengan fakta.

harus dipandang sebagai pernyataan ROH KUDUS, maka harus diakui, bahwa kitab-kitab dalam Kitab Suci mengajarkan dengan teguh dan setia serta tanpa kekeliruan kebenaran, yang oleh Allah dikehendaki supaya dicantumkan dalam kitab-kitab suci demi keselamatan kita.


apa sih yang mau diributkan? wong bahasanya sama2 aja

Katolik ngga mungkin melakukan sesuatu yang sifatnya bertentangan dengan Alkitab, karena mereka sendiri sudah mengakui kalau Alkitab ngga ada salahnya

walaupun mereka bilang ada 3 yang jadi acuan : magisterium, Alkitab, dan tradisi suci
yang mereka cuma berani kasih label ga ada salahnya cuma satu loh : Alkitab
magisterium jelas dalam sejarahnya pernah salah
tradisi juga demikian

kalo mau mikir apa adanya kan emang begitu faktanya

Protestan ada karena ada masa dimana apa yang dilakukan Katolik sudah sedemikian buruknya, makanya mereka mengkoreksinya dengan Alkitab yang memang saat itu juga sudah dipercaya tak ada salahnya

Katolik nanya2 ke Protestan, sola scriptura ada di Alkitab gak? ngapain nanya? itu doktrin juga kamu yang bikin kok awalnya, Protestan cuma ngejalanin ajai, sambil ganti namanya, karena ya cuma itu panduannya, ngga ada yang lain, surat2 yang lain itu ngga ada yang labelnya "innerant"

smoga bisa lebih dimengerti
soal oknum2 yang rese ngga usah diladenin bung
model gitu cuma ada 1-2 orang aja di forum ini
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 11, 2017, 10:36:45 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4332
numpang mantau aja buat belajar
no comment ttg sola2an karena bukan keyakinan saya
semoga kondusif diskusinya





October 11, 2017, 10:49:23 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10149
iniloh bro sis skalian, kalau mau dipikir dengan baik sebenernya ngga ada pertentangan koq

kamu lihat aja, yang bikin ada pertentangan itu kan oknumnya itu2 aja, ganti2 ID doang, yang sya heran model kek gitu ngga diban IPnya skalian sama moderator, malas ngliatnya juga

Sola Scriptura Alkitabiah? so pasti, prinsipnya ada, Yesus pun sering mengutip ayat2 yang ada di scriptura pada masaNya

https://en.wikipedia.org/wiki/Sola_scriptura

perhatikan pengertian ini :

Sola scriptura (Latin: by Scripture alone) is a Christian theological doctrine which holds that the Christian Scriptures are the sole infallible rule of faith and practice.

apakah hal ini bertentangan dengan doktrin Katolik? nggak kan?

Katolik melabeli Alkitab itu "innerant", literally ga ada salahnya, ya ini benernya sola scriptura kok, dalam bahasa yang lain saja

http://www.katolisitas.org/apakah-itu-bible-inerrancy/

‘Bible inerrancy‘ artinya adalah Kitab Suci, sebagai Sabda Tuhan, sepenuhnya bebas dari kesalahan. Dengan kata lain, apa yang dituliskan di dalam Kitab Suci adalah suatu kebenaran dan tidak bertentangan dengan fakta.

harus dipandang sebagai pernyataan ROH KUDUS, maka harus diakui, bahwa kitab-kitab dalam Kitab Suci mengajarkan dengan teguh dan setia serta tanpa kekeliruan kebenaran, yang oleh Allah dikehendaki supaya dicantumkan dalam kitab-kitab suci demi keselamatan kita.


apa sih yang mau diributkan? wong bahasanya sama2 aja

Katolik ngga mungkin melakukan sesuatu yang sifatnya bertentangan dengan Alkitab, karena mereka sendiri sudah mengakui kalau Alkitab ngga ada salahnya

walaupun mereka bilang ada 3 yang jadi acuan : magisterium, Alkitab, dan tradisi suci
yang mereka cuma berani kasih label ga ada salahnya cuma satu loh : Alkitab
magisterium jelas dalam sejarahnya pernah salah
tradisi juga demikian

kalo mau mikir apa adanya kan emang begitu faktanya

Protestan ada karena ada masa dimana apa yang dilakukan Katolik sudah sedemikian buruknya, makanya mereka mengkoreksinya dengan Alkitab yang memang saat itu juga sudah dipercaya tak ada salahnya

Katolik nanya2 ke Protestan, sola scriptura ada di Alkitab gak? ngapain nanya? itu doktrin juga kamu yang bikin kok awalnya, Protestan cuma ngejalanin ajai, sambil ganti namanya, karena ya cuma itu panduannya, ngga ada yang lain, surat2 yang lain itu ngga ada yang labelnya "innerant"

smoga bisa lebih dimengerti
soal oknum2 yang rese ngga usah diladenin bung
model gitu cuma ada 1-2 orang aja di forum ini


sesekali perlu lah mas dijawabin...
for two reasons:

1. biar forumnya rame (this might be one of the reasons engga ban permanen IPnya?)

2. ya siapa tahu ada temen2-nya oknum ini yang selama ini bahaya laten ter-brainwash oleh kacamatakuda versi oknum2 ini (alias bahaya kesandung batu iman-nya), semoga engga jadi kesandung..

haha..
October 11, 2017, 10:53:12 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10149
Dari suatu diskusi di forum terhormat ini, muncul pertanyaan: Di bagian mana dari Alkitab berisikan ajaran Sola Scriptura? Dalam diskusi itu, Sola Scriptura diartikan sebagai: Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Lalu untuk menjawab pertanyaan tersebut, penganut Sola Scriptura seperti diartikan di atas memberikan Kis 17:11 Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Setelah mengadakan penelitian kecil-kecilan pada ayat tersebut, tidak kutemukan pengertian Sola Scriptura ialah Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Ayat tersebut berada pada perikop Paulus dan Silas di Berea (Kis 17:10-15). Ayat 10, Paulus dan Silas tiba di Berea dan mereka ke rumah ibadat. Ayat 11, seperti yang dikutip biru di atas. Ayat 12, banyak yang menjadi percaya. Ayat 13, Orang Tessalonika datang ke Berea dan menghasut orang Berea. Ayat 14, Paulus disuruh segera ke pantai laut, tetapi Silas dan Timotius masih tinggal. Ayat 15, Dari Atena Paulus berpesan agar Silas dan Timotius selekas mungkin bergabung ke Atena. Penelitian kecil-kecilan yang kulakukan itu, justru menguatkan pemahamanku, bahwa Sola Scriptura (seperti diartikan itu) adalah “Sola Tegar Tengkuk”.

Nah, dari antara Sisbro sekalian yang dikasihi Tuhan, adakah yang berkenan memberi pencerahan, mengapa disimpulkan bahwa Kis 17:11 memuat pengertian Sola Scriptura ialah Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Atau, adakah pengertian Sola Scriptura selain dari situ? Atau, saya menelitinya secara kurang cermat? Atau, ada ayat atau rangkaian ayat lain di Alkitab yang mengartikan Sola Scriptura. Pun jika Sisbro mengetahui ada trit forum ini yang berisi penjelasan mengenai kealkitabiahan Sola Scriptura, akan sangan menggembirakan, dan patut kuterima kasih.

Demikian, salam damai.

mas sotar,

kalo nurut pendapat saya,
pertanyaan ini perlu ditanyakan kepada orang2 yg menanyakan hal sejenis gini kepada praksis imannya golongan lain untuk tujuan "sok mengkoreksi atau apalah yang gitu-gitu.."
haha...

mas siip & hen kayaknya sudah sangat menjelaskan bahwa pandangan mainstream penganut protestantism (major denominations) thd konsep sola scriptura engga gitu kok...
(ini mungkin bisa disebut: common interpretation of solascriptura)


yg model2 kayak di atas itu cuma segelintir dua gelintir pengacau yg berisik...
tapi... bikin meriah forumnya sih..
hahaha....
October 11, 2017, 02:00:04 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2051
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Baca https://en.wikipedia.org/wiki/Sola_scriptura supaya tidak menafsirkan sendiri artinya dan mengajak orang berdiskusi tentang hal yang tidak pada pengertian sebenarnya.
Terima kasih.
Nanti kubaca.
Setelah membaca situs dimaksud, begini pokok pikiran yang kutangkap di sana pada posisi Rabu, 11-10-2017:

Sola Scriptura (bahasa Latin: oleh Kitab Suci saja) adalah doktrin teologis Kristen yang berpendapat bahwa Kitab Suci Kristen adalah satu-satunya aturan mutlak iman dan praktik.

Sola Scriptura menolak otoritas asli yang tidak dapat salah selain Alkitab.

Sola Scriptura adalah prinsip doktrin dasar Reformasi Protestan yang mengajarkan bahwa otentikasi Kitab Suci diatur oleh keunggulan teks yang dapat dipahami serta kesaksian pribadi ROH KUDUS ke dalam hati setiap manusia. Kitab Suci mengautentikasi diri sendiri, dan menjadi otoritas terakhir dari Doktrin Kristen

Komuni Anglikan dan Gereja Metodis, menjunjung tinggi doktrin prima scriptura.

Gereja Orthodok Timur menyatakan menerima kitab-kitab kanon juga menerima otoritas tradisi gereja yang dipimpin Roh, yang mengakui, menafsirkan, memuja, dan mengoreksi dirinya sendiri oleh saksi Kitab Suci".

Gereja Katolik menganggap tulisan Apostolik sama besarnya karena keduanya berasal dari para Rasul.

Gereja Katolik menggambarkan ini sebagai "satu sumber yang sama ... dengan dua cara transmisi yang berbeda", sementara beberapa penulis Protestan menyebutnya "sumber wahyu ganda".


Dengan demikian, kutangkap bahwa Sola Scriptura diartikan berbeda oleh komunitas berbeda, dan memang pengertian atau pemaknaan atau pemahaman serta Sola Scriptura itu sendiri tidak terdapat dalam Alkitab.

Selain itu, sependek yang dapat kutangkap, Komuni Anglikan, Gereja Metodis, Gereja Orthodok Timur,
dan Gereja Katolik, memaknai berbeda dengan pemaknaan   

Maka, bila menerima pemaknaan-pemaknaan oleh Komuni Anglikan, Gereja Metodis, Gereja Orthodok Timur, dan Gereja Katolik, arti dari Sola Scriptura adalah doktrin teologis Kristen yang berpendapat bahwa Kitab Suci Kristen adalah satu-satunya aturan mutlak iman dan praktik, menjadi tidak tepat. Yang namanya mutlak, tidak punya varian-varian, tidak berupa-rupa, apalagi berpura-pura. Sementara pemaknaan oleh Komuni Anglikan, Gereja Metodis, Gereja Orthodok Timur, dan Gereja Katolik merupakan varian-varian atau berbeda dari makna Sola Scriptura menurut doktrin teologi Kristen.

Konsekuensi logisnya, maka pernyataan @Krispus: supaya tidak menafsirkan sendiri artinya dan mengajak orang berdiskusi tentang hal yang tidak pada pengertian sebenarnya sulit dituruti. Sebab, manusia yang memiliki rasa ingin tahu, akan senantiasa mempertanyakan, mengapa ada perbedaan-perbedaan pemaknaan? Mengapa satu kelompok berbeda pemaknaan dengan kelompk lain?
 
Kupikir, hal itu pula yang menunjukkan bahwa Sola Scriptura itu sendiri adalah konsep buatan manusia tanpa arahan ROH KUDUS, sehingga diinterpretasi semau sendiri oleh manusia lain.

Ada partisipan forum yang berkenan mengkoreksi?

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
October 11, 2017, 02:18:52 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2051
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Fair-fair-an aja lah,
Ada salah fokus dari 2 belah pihak saat menggunakan 'sola scriptura'.

Di satu pihak, sola-scriptura berarti doktrin Katolik pasti salah krn ngga ada di Alkitab,
Di pihak lain, sola-scriptura berarti anti-Katolik krn menentang segala doktrin Katolik.

Itulah sebabnya topik ini muncul.
Masuk akal.

----------

Quote
May I remind you all kl forum ini walaupun bernafaskan protestan, namun bersifat interdenominasi dan oikumene.

Artinya,
Ada suatu titik dimana semua member akan menjumpai (fakta) perbedaan doktrin/dogma dan semua member harus lapang dada siap menerima adanya perbedaan tsb tanpa harus setuju.
Pikiran cemerlang. :afro:

Quote
Ini bukan forum GKI atau forum GBI atau forum gereja A atau gereja B, dimana anggota gereja akan terus mengkotbahi pengunjung lain gereja bdsk doktrin-doktrin gerejanya dan memberi cap 'sesat' jika tidak selaras.

Kl ini situs gereja A, maka wajar kl pendapat di luar gereja A akan dibantai abis-abisan dan dicap sesat.
Namun ini situs yg membuka diri pada interdenominasi, so please be friendly.
Menyejukkan. Andaikan tiap partisipan dengan tulus hati menerapkannya, Indonesia akan lekas maju.
Namun demikian, betapa jengkelnya kalo disesat-sesatkan, atau digoblog-goblogkan tanpa ditunjukkan dasar pernyataan sesat atai goblog itu.

Quote
Kl mau debat kusir dan sesat-sesatan, buatlah situs sendiri yg punya misi gerejanya sendiri.
Ooopsss... emang ada partisipan forum yang berprofesi kusir?

-----------

Quote
Persoalan sola-scriptura ini sudah ada dalam ragam topik yg berbeda dan semua topik tsb pd akhirnya kembali pd 2 prasangka yg ditulis di atas. Urusan ini tidak pernah beres krn memang beda pendekatan antara Katolik dan Protestan thd Scriptura.
Nah, kupikir, perlu penting mencermati mengapa sampai terbentuk perbedaan pendekatan?
Kalo dikaitkan dengan "perceraian", menurut pendapatku, perbedaan pendekatan itu terjadi karena kekerasan hati para pihak yang terlibat pada saat terjadinya perpisahan kelompok, eh, lebih tepat pemisahan diri, deh.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)