Author Topic: Mohon Dibantu Pencerahannya Sisbro, Apakah Sola Scriptura itu Alkitabiah?  (Read 9625 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 18, 2018, 02:16:31 PM
Reply #320
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2228
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Ternyata modalmu hanya ngeyelan doang dan semakin hari semakin parah tidak becus berdiskusi sama sekali
Kalau nalarmu mentok, bukan urusan orang lain. Kau sendiri yang perlu mengasah nalarmu.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
July 20, 2018, 12:03:21 PM
Reply #321
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10519
Jadi kamu tidak percaya ALkitab itu Firman Tuhan ?

kalo kamu sendiri gimana?

apa dasarnya kok kamu mau-maunya percaya bahwa 66 buku itu adalah Firman Tuhan yang paling asli?
kamu uji pakai apa, sehingga kamu mau percaya bahwa Tuhan berfirman: "jumlah firman-Ku hanya 66 buku"?
December 03, 2018, 09:44:53 PM
Reply #322
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2566
kalo kamu sendiri gimana?

apa dasarnya kok kamu mau-maunya percaya bahwa 66 buku itu adalah Firman Tuhan yang paling asli?
kamu uji pakai apa, sehingga kamu mau percaya bahwa Tuhan berfirman: "jumlah firman-Ku hanya 66 buku"?

Aku mau percaya Alkitab apa urusanmu ?

December 04, 2018, 11:31:20 AM
Reply #323
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10519
Aku mau percaya Alkitab apa urusanmu ?

ini jadi urusan gw sejak elo juga sok-sok ngurusin & sok-sok ikut nyalah-nyalahin orang lain yang percaya ada Firman Tuhan yang belum tertulis..

padahal Tuhan sendiri aja enggak pernah bilang berapa banyak jumlah firman Nya..

Kalo elo tetep yakin bahwa Tuhan berfirman bahwa firmanNya CUMA BERJUMLAH 66 buku..
itu sih urusan elo..
yang pasti artinya: elo MEMBERHALAKAN 66 BUKU dan MENAMBAH-NAMBAHI AJARAN TUHAN, karena Tuhan sendiri TIDAK PERNAH BERFIRMAN jumlah omongannya 66, tapi elo MAKSA bahwa TUHAN CUMA BOLEH BERFIRMAN 66 buku..
December 04, 2018, 02:30:35 PM
Reply #324
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2228
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Sampai posting #323 ini, belum ada penganut Sola Scriptura yang menuliskan alkitabiahnya Sola Scriptura.
Sola Scriptura memag tidak alkitabiah. Betapa malang ujung hidup penganut Sola Scriptura. Miris. Aneh, sudah mengetahui bahwa Sola Scriptura tidak alkitabiah, namun masih mengeraskan hati menganut Sola Scriptura.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
December 04, 2018, 03:13:43 PM
Reply #325
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 348
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Sampai posting #323 ini, belum ada penganut Sola Scriptura yang menuliskan alkitabiahnya Sola Scriptura.
Sola Scriptura memag tidak alkitabiah. Betapa malang ujung hidup penganut Sola Scriptura. Miris. Aneh, sudah mengetahui bahwa Sola Scriptura tidak alkitabiah, namun masih mengeraskan hati menganut Sola Scriptura.

Salam damai.

Salam saudara.. Saya protestan, gereja Calvin, kresten banget lah (nampaknya).
Saya sendiri sih lebih setuju ke Prima Scriptura seperti yang ditawarkan para teolog Katolik. menegaskan bahwa Alkitab sungguh menjadi sumber normatif yang utama (prima), namun bukan dengan mencampakkan sumber-sumber lain.

Sayangnya teman-teman Protestan kebanyakan menjadi solo scriptura bukan sola scriptura. Semangat sola scriptura (yang sekarang) juga tidak sesuai dengan semangat para reformator. Pada saat itu mereka sadar bahwa Scriptura numquam sola. Sebab bagi mereka sola scriptura, scriptura numquam sola, hanya Alkitab, namun Alkitab tidak pernah sendiri.
December 04, 2018, 04:07:55 PM
Reply #326
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2228
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Salam saudara.. Saya protestan, gereja Calvin, kresten banget lah (nampaknya).
Saya sendiri sih lebih setuju ke Prima Scriptura seperti yang ditawarkan para teolog Katolik. menegaskan bahwa Alkitab sungguh menjadi sumber normatif yang utama (prima), namun bukan dengan mencampakkan sumber-sumber lain.

Sayangnya teman-teman Protestan kebanyakan menjadi solo scriptura bukan sola scriptura. Semangat sola scriptura (yang sekarang) juga tidak sesuai dengan semangat para reformator. Pada saat itu mereka sadar bahwa Scriptura numquam sola. Sebab bagi mereka sola scriptura, scriptura numquam sola, hanya Alkitab, namun Alkitab tidak pernah sendiri.
Jadi, menurut pendapat Anda, Sola Scriptura itu tidak alkitabiah, bukan?

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
December 04, 2018, 08:02:55 PM
Reply #327
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 348
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Jadi, menurut pendapat Anda, Sola Scriptura itu tidak alkitabiah, bukan?

Salam damai.

Kalau yang dimaksud dengan alkitabiah adalah mengacu dari ayat Alkitab, saya belum bisa menemukan ayat yang secara langsung menunjukan hal ini. Mungkin teman-teman yang lain ada ayatnya?

Menurut pandangan saudara, norma utama yang sebaiknya dipakai oleh orang Kristen apa?

Saya pribadi yakin bahwa Alkitab adalah firman Allah yang menjadi norma utama (norma normans non normata) , tapi tentu ada sumber lain dalam kita berteologi. Tradisi, akal budi, dan penyataan (wahyu) juga menjadi sumber kita untuk berteologi (saya setuju dengan teman-teman Katolik). Tentunya ketiga hal itu sesuai dengan Alkitab (sebagai norma utama; bukan berarti harus tertulis di Alkitab, tetapi sejalan, searah, setujuan).

Semangatnya bagus, semua kembali ke Alkitab. Tapi yang saya sayangkan, pemahaman "sola scriptura" ini agaknya menjadi-jadi, apalagi di kaum protestan konservatif. Muncullah istilah ineransi Alkitab (Walaupun dalam pengakuan iman orang Kresten, sebagian besar tidak memasukan Alkitab di dalamnya; tanya kenapa?).

Saya coba kutip tulisan dari James D. G Dunn.
Quote
Dengan menegaskan Alkitab memiliki otoritas yang tak bercacat, mereka mempertautkan padanya sebuah otoritas yang hanya layak diberikan kepada Allah Bapa, Anak, dan ROH KUDUS. Jika mereka berkata para penulis Alkitab menulis tanpa kesalahan, kita mempertautkan pada tulisan mereka apa yang seharusnya diakui sebagai benar hanya bagi Kristus … Kita tidak dapat berargumen demi sebuah analogi yang persis antara yang ilahi dan yang insani di dalam Kristus (yang berarti ketidakberdosaan) dan yang ilahi dan yang insani di dalam Alkitab (yang berarti ineransi) tanpa membuat Alkitab memiliki nilai yang sama luhurnya dengan Kristus—dan hal ini adalah bibliolatri.
James D. G. Dunn, The Living Word, 2nd ed (Minneapolis: Fortress Press, 2009), 106.

Saya siap-siap diserang orang kresten.wkwkwkwwkwk

Salam!
December 05, 2018, 09:58:03 AM
Reply #328
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9109
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Kalau yang dimaksud dengan alkitabiah adalah mengacu dari ayat Alkitab, saya belum bisa menemukan ayat yang secara langsung menunjukan hal ini. Mungkin teman-teman yang lain ada ayatnya?

jangan jawab belum

jawab aja GAK ADA

karena emang gak ada
cuma ada yang gak mau terima kenyataan ini aja ;D
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
December 05, 2018, 10:13:07 AM
Reply #329
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2228
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
...
Menurut pandangan saudara, norma utama yang sebaiknya dipakai oleh orang Kristen apa?
...
Saya sangat sepakat dengan Gereja yang menempatkan Tradisi Suci, Kitab Suci, dan Magisterium sebagai pilar utama kehidupan menggereja. Ketiganya sekaligus. Tidak ada yang utama dari ketiganya. Bersinergi melayani Tuhan dan melayani jemaat.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)