Author Topic: Mohon Dibantu Pencerahannya Sisbro, Apakah Sola Scriptura itu Alkitabiah?  (Read 7498 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 16, 2017, 10:09:27 AM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Dari Wikipedia, gue dapet ini :

Biblical inerrancy, as formulated in the "Chicago Statement on Biblical Inerrancy", is the doctrine that the Protestant Bible "is without error or fault in all its teaching";[1] or, at least, that "Scripture in the original manuscripts does not affirm anything that is contrary to fact".[2]

Jadi, menurut gue, kalo HANYA berdasarkan doktrin ini, Alkitab Katolik dipandang MUNGKIN "mengandung kesalahan".

CMIIW.



Betewe, indulgensi adalah :

Katekismus Gereja Katolik 1471
“Ajaran mengenai indulgensi [penghapusan siksa dosa] dan penggunaannya di dalam Gereja terkait erat sekali dengan daya guna Sakramen Pengampunan. Indulgensi adalah penghapusan siksa-siksa temporal di depan Allah untuk dosa-dosa yang sudah diampuni. Warga beriman Kristen yang benar-benar siap menerimanya, di bawah persyaratan yang ditetapkan dengan jelas, memperolehnya dengan bantuan Gereja, yang sebagai pelayan penebusan membagi-bagikan dan memperuntukkan kekayaan pemulihan Kristus dan para kudus secara otoritatif.”

Atau :

An indulgence is the extra-sacramental remission of the temporal punishment due, in God's justice, to sin that has been forgiven, which remission is granted by the Church in the exercise of the power of the keys, through the application of the superabundant merits of Christ and of the saints, and for some just and reasonable motive.

So, memang agak kurang tepat jika indulgensi diterjemahkan menjadi "pengampunan dosa".

Again, CMIIW.

Jadi nurut katolik, alkitab mungkin bisa salah?
Magristerium dan Tradisi Suci itu sejajar dengan alkitab jadi mungkin juga bisa salah?

Jadi secara keseluruhan ajaran katolik bisa saja mungkin salah?

 :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015:
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
October 16, 2017, 10:20:47 AM
Reply #41
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Kita bolehlah ragu dan tidak percaya terhadap sebuah  janji dari seorang manusia.
Tetapi sebagai Pengikut Kristus, masihkah kita menyangsikan Janji Tuhan yang berjanji akan menyertai Rasul dan Gereja-Nya sampai akhir zaman ? Tuhan yang mengatur kita atau kita yang mengatur Tuhan ? Yang percaya janji-Nya pasti mau diatur oleh Tuhan. Yang mau mengatur Tuhan percaya janji-Nya ga ya ? Introspeksi diri masing2 aja deh...

Salam Damai...

Tuhan memberkati...

Bro Ronny adalah salah satu kawan (Katolik Roma) yg beriman dg tulus hati.

Sbg anggota gereja Katolik Roma, statement Bro harus dipegang teguh erat-erat scr internal di dalam hatimu.
Dg kata lain, statement ini sangat benar bagi dirimu yg menjunjung gerejamu.

---------

Namun dalam diskusi interdenominasi,
Pertanyaannya adalah 'gereja yg mana'?

Apakah organisasi Gereja Katolik Roma?
Pd saat Kristus mengucapkan firman tsb, Organisasi Gereja Katolik Roma belum ada.
Semua Rasul berada di Yerusalem, cikal bakal Partriakh Yerusalem.

Apakah janji ini hanya berlaku bagi Gereja Katolik Roma namun tidak berlaku bagi Gereja Orthodox Timur yg usianya sama tuanya dg Gereja Katolik Roma?

Ataukah rohaniwan masa lalu dari Gereja Katolik Roma-lah yg mengajarkan itu kpd jemaatnya sendiri dg mengabaikan Gereja Orthodox Timur (krn pristiwa skisma)?

Jika seorang berdiskusi interdenominasi, kadang ia perlu keluar sebentar dari ajaran bersifat eksklusif (spt doktrin gereja saya-lah yg paling benar, gereja saya-lah yg asal muasal mulanya gereja, gereja saya-lah yg mengembalikan kebenaran spt masa lalu, dst).

Keluar sbentar saja utk melihat sejarah, melihat konteks dan rangkaian peristiwa.
Dg bgitu kita bisa sama-sama belajar sejenak.

Kl sudah belajar, silakan kembali ke gereja masing-masing dg iman yg polos, yg myakini 100% ajaran gerejanya.

Sama spt Protestan jg tidak bisa klaim sepihak bhw hanya gereja protestan sajalah yg Tuhan sertai dan lindungi shg tidak mungkin salah (dalam diskusi interdenominasi).
« Last Edit: October 16, 2017, 11:44:20 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
October 16, 2017, 11:06:11 AM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
yesssss
itulah
sudah jelas kalo magisterium itu memang dinamis dan keputusannya juga bisa merubah keputusan magisterium terdahulu (hal ini terjadi juga di gereja saya kok)
tradisi pun sudah sangat terbukti ada dirubah atau ada yang tidak dijalankan lagi sampai sekarang kok, inkuisisi misalnya :)
satu2nya yang ngga ada salahnya dan ngga pernah berubah dari sejak ditetapkan sampe sekarang adalah : Alkitab
itu udah fakta man, terjadi baik di protestan maupun Katolik, kalo ga mau terima fakta ya udah ;D
kalo memang infaliable kenapa berubah? gitu aja kok repot
cm memang jgn disalahgunakan sy stuju
pada akhirnya meskipun penafsiran magisterium gereja masing2 itu bisa aja dirubah2 lagi tetep kita yang ada didalamnya harus tunduk
-----
to : CB
sry sy ngga tanggapi lagi
apa yang saya kasih udah ckup jelas :)
Hendak @HenHen tanggapi atau tidak, itu urusan @HenHen. :coolsmiley:

Dinamis bukan harus menganulir yang sudah disampaikan terdahulu. :)
Hal yang sudah disampaikan terdahulu selanjutnya tidak pernah diaplikasikan lagi, itu bukan menganulir. :)
Hal-hal yang harus dikatakan Yesus Kristus namun belum disampaikan kepada para rasul karena para rasul belum sanggup menanggungnya, akan disampaikan kepada penerus rasul yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman. :happy0062:

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
October 16, 2017, 11:20:54 AM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Jadi nurut katolik, alkitab mungkin bisa salah?
Magristerium dan Tradisi Suci itu sejajar dengan alkitab jadi mungkin juga bisa salah?

Jadi secara keseluruhan ajaran katolik bisa saja mungkin salah?

 :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015:

jiah
makanya kalo baca tulisan orang itu dikaji dulu baru dijawab mas
Chicago Statement on Biblical Inerrancy <---- ini linknya
https://en.wikipedia.org/wiki/Chicago_Statement_on_Biblical_Inerrancy
itu pandangan protestan loch
kok malah menurut pandangan katolik sich
gak nyambung dong

kalo pandangan katolik ambil dari sini
https://en.wikipedia.org/wiki/Dei_verbum

Hence there exists a close connection and communication between sacred Tradition and sacred Scripture. For both of them, flowing from the same divine wellspring, in a certain way merge into a unity and tend toward the same end. For Sacred Scripture is the word of God inasmuch as it is consigned to writing under the inspiration of the divine Spirit, while sacred tradition takes the word of God entrusted by Christ the Lord and the Holy Spirit to the Apostles, and hands it on to their successors in its full purity, so that led by the light of the Spirit of truth, they may in proclaiming it preserve this word of God faithfully, explain it, and make it more widely known. Consequently it is not from Sacred Scripture alone that the Church draws her certainty about everything which has been revealed. Therefore both sacred tradition and Sacred Scripture are to be accepted and venerated with the same sense of loyalty and reverence

makanya penjelasan orang dibaca dengan benar dl
baru bantah kalo gak sepakat, jangan bantah dl tanpa di baca dengan benar
karena tidak pernah ada ajaran katolik yang mengatakan alkitab dapat salah
yang saya bold itu yang dibahas sama @sotar bahwa Sacred Tradition dan Magisterium tidak dapat salah
paham???
gak yakin sih
wkwkwk

October 16, 2017, 11:34:25 AM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Dari Wikipedia, gue dapet ini :

Biblical inerrancy, as formulated in the "Chicago Statement on Biblical Inerrancy", is the doctrine that the Protestant Bible "is without error or fault in all its teaching";[1] or, at least, that "Scripture in the original manuscripts does not affirm anything that is contrary to fact".[2]

Jadi, menurut gue, kalo HANYA berdasarkan doktrin ini, Alkitab Katolik dipandang MUNGKIN "mengandung kesalahan".

CMIIW.

Betewe, indulgensi adalah :

Katekismus Gereja Katolik 1471
“Ajaran mengenai indulgensi [penghapusan siksa dosa] dan penggunaannya di dalam Gereja terkait erat sekali dengan daya guna Sakramen Pengampunan. Indulgensi adalah penghapusan siksa-siksa temporal di depan Allah untuk dosa-dosa yang sudah diampuni. Warga beriman Kristen yang benar-benar siap menerimanya, di bawah persyaratan yang ditetapkan dengan jelas, memperolehnya dengan bantuan Gereja, yang sebagai pelayan penebusan membagi-bagikan dan memperuntukkan kekayaan pemulihan Kristus dan para kudus secara otoritatif.”

Atau :

An indulgence is the extra-sacramental remission of the temporal punishment due, in God's justice, to sin that has been forgiven, which remission is granted by the Church in the exercise of the power of the keys, through the application of the superabundant merits of Christ and of the saints, and for some just and reasonable motive.

So, memang agak kurang tepat jika indulgensi diterjemahkan menjadi "pengampunan dosa".

Again, CMIIW.
Jadi nurut katolik, alkitab mungkin bisa salah?
Magristerium dan Tradisi Suci itu sejajar dengan alkitab jadi mungkin juga bisa salah?

Jadi secara keseluruhan ajaran katolik bisa saja mungkin salah?

 :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015: :scared0015:
Nurut Katolik?

@alephtav suka hoaks, ya?

Kalau sungguh berdasarkan pos dari @viruskasih, dikatakannya, simpulan seperti itu ditariknya dari mencermati Wikipedia. Dan lagi, @viruskasih menuliskan "CMIIW".

Wikipedia yang disalin oleh @viruskasih itu begini: Biblical inerrancy, as formulated in the "Chicago Statement on Biblical Inerrancy", is the doctrine that the Protestant Bible "is without error or fault in all its teaching";
Kuduga, @viruskasih menyatakan Alkitab Katolik dipandang MUNGKIN "mengandung kesalahan", karena @viruskasih membaca the doctrine that the Protestant Bible "is without error or fault in all its teaching";
Protestant Bible terdiri dari 66 kitab, sementara Alkitab Katolik terdiri dari 73 kitab.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
October 16, 2017, 12:14:24 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
https://en.wikipedia.org/wiki/Dei_verbum

Those divinely revealed realities which are contained and presented in Sacred Scripture have been committed to writing under the inspiration of the Holy Spirit. For holy mother Church, relying on the belief of the Apostles (cf. John 20:31; 2 Tim. 3:16; 2 Peter 1:19–20, 3:15–16), holds that the books of both the Old and New Testaments in their entirety, with all their parts, are sacred and canonical because written under the inspiration of the Holy Spirit, they have God as their author and have been handed on as such to the Church herself.
In composing the sacred books, God chose men and while employed by Him
they made use of their powers and abilities, so that with Him acting in them and through them,
they, as true authors, consigned to writing everything and only those things which He wanted
Therefore, since everything asserted by the inspired authors or sacred writers must be held to be asserted by the Holy Spirit, it follows that the books of Scripture must be acknowledged as teaching solidly, faithfully and without error that truth which God wanted put into sacred writings


infalibility or inerrancy?

https://en.wikipedia.org/wiki/Biblical_infallibility

The Catholic Church speaks not about infallibility of Scripture but about its freedom from error, holding "the doctrine of the inerrancy of Scripture".[9] The Second Vatican Council, citing earlier declarations, stated: "Since everything asserted by the inspired authors or sacred writers must be held to be asserted by the Holy Spirit, it follows that the books of Scripture must be acknowledged as teaching solidly, faithfully and without error that truth which God wanted put into sacred writings for the sake of salvation".[10] It added: "Since God speaks in Sacred Scripture through men in human fashion, the interpreter of Sacred Scripture, in order to see clearly what God wanted to communicate to us, should carefully investigate what meaning the sacred writers really intended, and what God wanted to manifest by means of their words.

-----

https://en.wikipedia.org/wiki/Dei_verbum

In Chapter II under the heading "Handing On Divine Revelation" the Constitution states among other points:

Hence there exists a close connection and communication between sacred Tradition and sacred Scripture. For both of them, flowing from the same divine wellspring, in a certain way merge into a unity and tend toward the same end. For Sacred Scripture is the word of God inasmuch as it is consigned to writing under the inspiration of the divine Spirit, while sacred tradition takes the word of God entrusted by Christ the Lord and the Holy Spirit to the Apostles, and hands it on to their successors in its full purity, so that led by the light of the Spirit of truth, they may in proclaiming it preserve this word of God faithfully, explain it, and make it more widely known. Consequently it is not from Sacred Scripture alone that the Church draws her certainty about everything which has been revealed. Therefore both sacred tradition and Sacred Scripture are to be accepted and venerated with the same sense of loyalty and reverence.[2]

The Word of God is transmitted both through the canonical texts of Sacred Scripture, and through Sacred Tradition, which includes various forms such as liturgy, prayers, and the teachings of the Apostles and their successors. The Church looks to Tradition as a protection against errors that could arise from private interpretation


sedangkan sacred scripture itu inerrant
jd bisalah dipikirkan sendiri kalo ada katanya tradisi tp jelas2 bertentangan dengan Alkitab (misalnya membunuh) secara prinsip mana yang harus dilakukan :)

tradisi yang ngga bertentangan itu bisa jadi "penjaga" dari kesalahan interpertasi dimasa datang
« Last Edit: October 16, 2017, 12:33:36 PM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 16, 2017, 12:18:58 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
October 16, 2017, 12:39:55 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Bro Ronny adalah salah satu kawan (Katolik Roma) yg beriman dg tulus hati.

Sbg anggota gereja Katolik Roma, statement Bro harus dipegang teguh erat-erat scr internal di dalam hatimu.
Dg kata lain, statement ini sangat benar bagi dirimu yg menjunjung gerejamu.

---------

Namun dalam diskusi interdenominasi,
Pertanyaannya adalah 'gereja yg mana'?

Apakah organisasi Gereja Katolik Roma?
Pd saat Kristus mengucapkan firman tsb, Organisasi Gereja Katolik Roma belum ada.
Semua Rasul berada di Yerusalem, cikal bakal Partriakh Yerusalem.

Apakah janji ini hanya berlaku bagi Gereja Katolik Roma namun tidak berlaku bagi Gereja Orthodox Timur yg usianya sama tuanya dg Gereja Katolik Roma?

Ataukah rohaniwan masa lalu dari Gereja Katolik Roma-lah yg mengajarkan itu kpd jemaatnya sendiri dg mengabaikan Gereja Orthodox Timur (krn pristiwa skisma)?

Jika seorang berdiskusi interdenominasi, kadang ia perlu keluar sebentar dari ajaran bersifat eksklusif (spt doktrin gereja saya-lah yg paling benar, gereja saya-lah yg asal muasal mulanya gereja, gereja saya-lah yg mengembalikan kebenaran spt masa lalu, dst).

Keluar sbentar saja utk melihat sejarah, melihat konteks dan rangkaian peristiwa.
Dg bgitu kita bisa sama-sama belajar sejenak.

Kl sudah belajar, silakan kembali ke gereja masing-masing dg iman yg polos, yg myakini 100% ajaran gerejanya.

Sama spt Protestan jg tidak bisa klaim sepihak bhw hanya gereja protestan sajalah yg Tuhan sertai dan lindungi shg tidak mungkin salah (dalam diskusi interdenominasi).

tapi...... tapi kan.....

katanya kita harus memegang teguh apa yang kita yakini benar dan tidak boleh mengkompromikan kebenaran sama sekali....


*kaburrrr.........
*target 120 pages...
October 16, 2017, 01:01:53 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
tapi...... tapi kan.....

katanya kita harus memegang teguh apa yang kita yakini benar dan tidak boleh mengkompromikan kebenaran sama sekali....


*kaburrrr.........
*target 120 pages...

hahaha, cukup thread sebelah lah
 ;D ;D ;D
October 16, 2017, 01:45:03 PM
Reply #49
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
tapi...... tapi kan.....

katanya kita harus memegang teguh apa yang kita yakini benar dan tidak boleh mengkompromikan kebenaran sama sekali....


*kaburrrr.........
*target 120 pages...

Benarrrrr,

Silakan kemukakan segala kebenaran pas tetangga lg ngumpul shalat jumat.

yuuuuukkkk
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)