Author Topic: Mohon Dibantu Pencerahannya Sisbro, Apakah Sola Scriptura itu Alkitabiah?  (Read 18502 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 20, 2017, 02:43:15 PM
Reply #70
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
Gini dulu deh, nurut ente, "ente itu manusia" itu adalah  Firman Tuhan / Ajaran Tuhan / Kebenaran Tuhan or whatever atau bukan sih?

kalo ditanya jawab dulu..
baru nanti gw jawab pertanyaan elo...

gitu kan diskusi yang sehat maju berbobot?
hahaha
October 20, 2017, 02:47:05 PM
Reply #71
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3548
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Oala.
Hal yang tidak nyambung @alephtav maksudkan sebagai jawaban pertanyaan?

@Sotardugur Parreva: Pengampunan dosa adalah alkitabiah karena pengampunan dosa tercatat dalam Alkitab sebagai diperintahkan Tuhan Yesus Kristus kepada rasul-Nya.
@alephtav: Sola Scriptura juga alkitabiah karena Alkitab menyatakan pernyataan Tuhan adalah melalui nabi dan AnakNya -- > Tidak nyambung antara Sola Scriptura dengan pernyataan Alkitab mengenai pernyataan Tuhan dilakukan melalui tulisan nabi dan rasul.

Coba istirahat @alephtav.

Salam damai.
nurut ente, alkitabiah itu contohnya:
Tercatat di alkitab Yesus berkata kepada Yesus gembalakan domba-dombaKu.
Ente menafsirkan Yesus memerintahkan Petrus sebagai wakil Kristus di dunia dengan jabatan Paus kemudian diturunkan kepada penerus Petrus sebagai Paus ke 2, 3, dst.

Tercatat di alkitab, Yesus berkata kepada muridNya, "Kepadamu diberikan kuasa untuk mengampuni dosa".
Ente menafsirkan hanya para rasul yang diberi wewenang mengampuni dosa, lalu diteruskan kepada hanya penerus rasul.

Jadi kalau menurut definisi ente, alkitabiah itu berarti ada dasar ayatnya kemudian dari ayat itu keluar sebuah tafsiran maka Sola Scriptura bisa dibilang alkitabiah. Karena ada dasar ayatnya.

Ngerti?
Iya. Alkitabiah berarti ada dasar Alkitabnya.
Tapi, @Sotardugur Parreva tidak menyimpulkan seperti yang kugaris bawahi dari posmu di atas. @Alephtavlah yang menyimpulkan seperti itu.

Sola Scriptura belum kutangkap ada dasar Alkitabnya. Karena itu pula maka trit ini kukemukakan, dengan tujuan, kalau ada partisipan yang mau menunjukkan, di bagian mananya Alkitab tercatat dasar Sola Scriptura. Kemudian, jika memang tidak ada ayat yang persis sebagai dasar Sola Scriptura, mungkin berupa tafsiran yang nyambung. Bukan dengan loncatan logika tak nyambung.

Kalo karena Tuhan Yesus Kristus mengatakan, "Ada tertulis...", itu belum menunjukkan ke-sola-an. Sebab, jika dikatakan, "Ada tertulis...", tentu saja di sisi lain, "Ada yang tidak tertulis bahwa ..."

Bisa ditangkap?

Salam damai.
« Last Edit: October 20, 2017, 03:36:56 PM by Sotardugur Parreva »
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
October 20, 2017, 03:31:54 PM
Reply #72
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3548
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
sudah dijelaskan juga bahwa "sola" itu dipakai karena semangatnya saat itu emang seperti itu
saat itu smua dianggap salah, magisterium salah, tradisi salah, maka untuk meluruskannya hanya bisa dipegang "sciptura"
Benarkah karena dulu itu tradisi dan Magisterium itu dianggap salah?
Jangan mengada-ada, ah.
Magisterium dianggap salah karena diartikan bukan sebagaimana arti sebenarnya. Itu pula penyebab maka di suatu pos di depan, @Sotardugur Parreva sudah menanyakan @HenHen, menurut @HenHen, apa Magisterium? Magisterium itu ialah kewenangan mengajar. Mosok kewenangan mengajar dianggap salah?
Lalu Tradisi Gerja berupa berkumpul beribadat bersama, sama-sama merenungkan Kitab Suci, mengunjungi orang sakit, dll. Siapa menganggap salah pada kegiatan kebiasaan begitu itu?

Quote
saya juga sudah pernah menjelaskan memang secara textual kata2 "sola scriptura" itu kurang tepat
karena pada prakteknya setiap gereja Protestan manapun ngga pernah sola, ada aja tradisi bawaannya
Kalo kurang tepat kenapa dipertahankan, ya?

Quote
juga sudah dijelaskan bahwa doktrin scriptura itu asalnya jg dari doktrin "inerrant" punya Katolik
Yang untuk menjelaskan inerrant itu @HenHen gunakan Bible inerrancy? Mirip sih antara inerrant dengan inerrancy, ya?

Quote
terakhir jg sudah dijelaskan dasar Alkitabiahnya bahwa Yesus pun mencontohkan mengutip dr kitab suci sebagai dasar penjelasan :)
Kupikir, kalo Tuhan Yesus mengutip Perjanjian Lama, bukan mengartikan Sola Scriptura. Yesus menunjuk yang tertulis, bukan menyatakan bahwa tidak ada yang tidak tertulis.

Quote
so sy pikir udah lengkap broh
Kalo memang itu batas kemampuan, mau apa lagi?

Quote
tinggal broh dan rekan2 yang membaca mencerna sendiri ajah, sy udah lebih dr cukup menjelaskan :)
Dengan penjelasan @HenHen itu, belum kutangkap, dari bagian mananya Alkitab ditarik Sola Scriptura.

------

Quote
ada juga broh blom kasih sy bukti ato referensi bahwa memang magisterium/tradisi dari sejak adanya ngga pernah salah ;D sejarah membuktikan itu pernah salah, dan satu2nya yang dilabeli ga ada salahnya hanya "scriptura", sy sih yakin suatu saat misalnya pemimpin Katolik mengeluarkan perintah untuk membunuh misalnya, ujung2nya yang bisa mengkoreksinya adalah scriptura juga :)
Di pos depan seingat @Sotardugur Parreva sudah kuposkan penjelasan yang tercatat di Katekismus, bahwa sumber ajaran Katolik itu ialah Alkitab, Magisterium, dan Tradisi Suci/Gereja. Sebagai sumber, ketiganya tidak boleh salah, karena bila sumbernya mungkin salah, maka ajaran yang diajarkan dari sana sangat mungkin salah bin busuk bin dosa.
Hanya saja, mungkin keterbatasan kemampuan @HenHen membuat gagal paham, entahlah.

Quote
jadi kita boleh sepakat untuk tidak sepakat dan percuma diskusi tentang ini diteruskan kalau sana ngga pernah kasih referensi yang valid
Kalau @HenHen tidak mendiskusikannya, itu hak @HenHen. @Sotardugur Parreva masih berharap ada partisipan yang mampu menunjukkan di bagian mananya Alkitab dasar Sola Scriptura.

Quote
(apalagi masih berkutat dengan terjemahan "inerrant" pake google translate) ;D ;D ;D
Di Bible Inerrancy yang @HenHen kutip itu, tidak kutemukan inerrant, innerant, innerrant.

-----

Quote
at the end kalo kita mau sama2 jernih berpikir, sama2 merenung dengan baik soal beginian

sbenernya prinsip "sola scriptura" yang dipegang Protestan ngga ada bedanya dengan prinsip "inerrant" yang ada di Katolik (secara prinsip dan praktek pelaksanaannya ya, bukan secara arti harafiah kata2nya)

so apa yang mau diributkan lagi? cuma permasalahan redaksionalnya? ;D

semakin kita mau belajar sebenarnya prinsip yang dianut Katolik dan Protestan itu kurang lebih mirip2, Protestan kebanyakan ngopy aja bisanya kok

salam
Inerrant yang coba dijelaskan dari Bible inerrancy itu?
Masalah redaksional? Dampaknya sangat besar, lhoh. Katolik menyatakan dasar atau sumber ajarannya ialah Alkitab, Magisterium, dan Tradisi Suci/Gereja. Protestan mengkoreksi, bahwa dasar atau sumber ajaran Protestan hanya Alkitab saja (Sola Scriptura), namun nyatanya, Protestan juga membentuk Magisterium dengan rupa yang berbeda, Protestan juga melaksanakan Tradisi Gereja.

Salam damai.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
October 21, 2017, 06:51:00 AM
Reply #73
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
Dari suatu diskusi di forum terhormat ini, muncul pertanyaan: Di bagian mana dari Alkitab berisikan ajaran Sola Scriptura? Dalam diskusi itu, Sola Scriptura diartikan sebagai: Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Lalu untuk menjawab pertanyaan tersebut, penganut Sola Scriptura seperti diartikan di atas memberikan Kis 17:11 Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Setelah mengadakan penelitian kecil-kecilan pada ayat tersebut, tidak kutemukan pengertian Sola Scriptura ialah Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Ayat tersebut berada pada perikop Paulus dan Silas di Berea (Kis 17:10-15). Ayat 10, Paulus dan Silas tiba di Berea dan mereka ke rumah ibadat. Ayat 11, seperti yang dikutip biru di atas. Ayat 12, banyak yang menjadi percaya. Ayat 13, Orang Tessalonika datang ke Berea dan menghasut orang Berea. Ayat 14, Paulus disuruh segera ke pantai laut, tetapi Silas dan Timotius masih tinggal. Ayat 15, Dari Atena Paulus berpesan agar Silas dan Timotius selekas mungkin bergabung ke Atena. Penelitian kecil-kecilan yang kulakukan itu, justru menguatkan pemahamanku, bahwa Sola Scriptura (seperti diartikan itu) adalah “Sola Tegar Tengkuk”.

Nah, dari antara Sisbro sekalian yang dikasihi Tuhan, adakah yang berkenan memberi pencerahan, mengapa disimpulkan bahwa Kis 17:11 memuat pengertian Sola Scriptura ialah Alkitab digunakan sebagai alat uji segala ajaran. Atau, adakah pengertian Sola Scriptura selain dari situ? Atau, saya menelitinya secara kurang cermat? Atau, ada ayat atau rangkaian ayat lain di Alkitab yang mengartikan Sola Scriptura. Pun jika Sisbro mengetahui ada trit forum ini yang berisi penjelasan mengenai kealkitabiahan Sola Scriptura, akan sangan menggembirakan, dan patut kuterima kasih.

Demikian, salam damai.

Apakah anda tidak perlu menguji ajaran gereja anda atau hanya ditelan bulat bulat saja ?

Kalau mau menguji pakai apa anda menguji kebenaran ajaran gereja anda ?

October 21, 2017, 07:49:25 AM
Reply #74
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
kalo ditanya jawab dulu..
baru nanti gw jawab pertanyaan elo...

gitu kan diskusi yang sehat maju berbobot?
hahaha
Kalau ente ngerti yang ente tanyain tentunya bisa dengan baik ngejawab pertanyaan balik untuk memperjelas yang ente tanyai.

Terbukti pertanyaan ente itu tollol dan gak bermutu.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
October 21, 2017, 08:22:23 AM
Reply #75
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
numpang mantau aja buat belajar
no comment ttg sola2an karena bukan keyakinan saya
semoga kondusif diskusinya

Apakah sola magisterium tidak ada yaitu hanya magisterium saja yang boleh menafsirkan Alkitab ?

Sola = hanya

« Last Edit: October 21, 2017, 08:26:24 AM by jamu »
October 21, 2017, 08:25:34 AM
Reply #76
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
Dengan demikian, kutangkap bahwa Sola Scriptura diartikan berbeda oleh komunitas berbeda, dan memang pengertian atau pemaknaan atau pemahaman serta Sola Scriptura itu sendiri tidak terdapat dalam Alkitab.

Kalau ajaran istilahnya tidak ada di Alkitab maka menurut anda tidak boleh dipercaya ?

Menjadikan Alkitab sebagai sumber kebenaran ajaran gereja apakah salah ?

« Last Edit: October 21, 2017, 08:27:41 AM by jamu »
October 21, 2017, 08:47:53 AM
Reply #77
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
Kalau ente ngerti yang ente tanyain tentunya bisa dengan baik ngejawab pertanyaan balik untuk memperjelas yang ente tanyai.

Terbukti pertanyaan ente itu tollol dan gak bermutu.

jelas bisa mas...
nanti gw elaborasi lebih detail dgn proses synaptik neurologis-nya juga deh...

tapi elo dulu dong yang jawab dengan jujur...
giliran...

itu kalo elo berani jujur dan mampu tegas jawab yang engga plintat plintut...
wkwkw
October 21, 2017, 10:22:38 AM
Reply #78
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4716
Apakah sola magisterium tidak ada yaitu hanya magisterium saja yang boleh menafsirkan Alkitab ?

Sola = hanya

tidak ada
ajaran gereja loe ye??
pantes kelakuan loe kaya bapa loe si iblis
 ;D ;D ;D

ajaran gereja loe kan gitu??
sola tafsiran pendeta loe
sola gereja loe
sola tafsiran loe
bahkan Tuhan kalah dari sola2 yang ada di gereja loe
begitu kan gereja loe??
hahaha
hebat bet, makanya semua ajaran lain salah, cuma gereja loe yang bener kan?? cuma tafsiran loe yang bener, semua be** kan??
wkwkwk
October 21, 2017, 11:10:44 AM
Reply #79
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
tidak ada
ajaran gereja loe ye??
pantes kelakuan loe kaya bapa loe si iblis
 ;D ;D ;D

ajaran gereja loe kan gitu??
sola tafsiran pendeta loe
sola gereja loe
sola tafsiran loe
bahkan Tuhan kalah dari sola2 yang ada di gereja loe
begitu kan gereja loe??
hahaha
hebat bet, makanya semua ajaran lain salah, cuma gereja loe yang bener kan?? cuma tafsiran loe yang bener, semua be** kan??
wkwkwk

Nggak bisa bantah rupanya !

Sola Magisterium itupun tidak ada dasar Akitabnya,karena siapapun tidak pernah dilarang menafsirkan Alkitab.

 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)