Author Topic: Apakah Alkitab tidak sempurna dan tidak cukup bagi keselamatan ?  (Read 1930 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 13, 2017, 12:11:09 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10968
inget ini aja dulu deh : "sola scriptura" itu emang salah secara kata2
itu aja dulu diterima tar baru bisa lanjut dengan baik

wah... ckckckck... mas hen...

elo sudah berani-berani menyalahkan "solascriptura" yang padahal menurut mereka "derajat kebenarannya sudah infallible setara dengan Firman Tuhan itu sendiri" lho...
wkwkwkwkwkw....


bener gak mas aleph atau mas jamfor?
« Last Edit: November 13, 2017, 12:34:17 PM by cadangdata »
November 13, 2017, 12:24:45 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3806
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
...
udah jelas di Katolik itu yang terbukti dari sejak berdirinya gereja Katolik sampai sekarang yang ngga pernah salah dan ngga pernah diubah ato direvisi sedikitpun adalah : Alkitab
tradisi dan magisterium? udah jelas pernah salah dan pernah diubah, wong udah sampe minta maaf segala ;D
kl ngga ada salahnya ngga ada critanya itu Paus minta maaf secara terbuka soal inquisisi dan lahirnya Protestan
...
Kutangkap, justru @HenHen yang seperti @reformasi dkk yang mengulang lagi, mengulang lagi apa yang @HenHen sampaikan. Benar bahwa @HenHen sudah pernah menuliskan bahwa menurut @HenHen, Scriptura-lah yang tidak pernah salah, sementara Magisterium dan Tradisi Suci pernah salah. Kepernahan salah Magisterium ditandai dengan pernahnya menyampaikan permintaan maafnya Paus.

Hal itu sudah dimintakan kepada @HenHen agar: Jika menurut @HenHen pernah ada kesalahan Magisterium dan Tradisi Suci, kemukakan, namun @HenHen tidak menanggapi secara tuntas. @HenHen mengemukakan bahwa bukti adanya kesalahan Magisterium, maka untuk kesalahan itu Paus meminta maaf. Itu sudah ditanggapi agar @HenHen mencermati dasar permintaan maafnya Paus. Bahwa, Paus meminta maaf untuk perlakuan-perlakuan para penggiat Gereja yang mungkin salah, sampai menyakiti bahkan membunuh pihak lain. Namun untuk Magisterium, sependek pengetahuanku, belum pernah salah, dan tidak akan pernah salah, sebab, Tuhan Yesus Kristus sendiri yang memberi jaminan, akan senantiasa menyertai para rasul yang mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Yesus Kristus sampai kepada akhir zaman. Contoh lain untuk kesalahan Magisterium, @HenHen belum pernah menyajikan barang satu. Juga, untuk Tradisi Suci, kelihatannya, @HenHen tidak pernah mengemukakan kesalahannya sehingga @HenHen tidak mengemukakan contoh kesalahannya.
Sayangnya, @HenHen yang seperti @reformasi yang suka mengulang lagi, dan mengulang lagi hal yang sudah pernah @HenHen sampaikan dan sudah ditanggapi bahwa simpulan @HenHen ada mis-nya, namun @HenHen justru menuding @Sotardugur Parreva yang suka mengulang lagi, mengulang lagi.

Kujelaskan lagi, sampai sekarang, belum ada Sola Scripturist yang mampu memperlihatkan di bagian mananya Alkitab tertulis tentang konsepsi Sola Scriptura. @HenHen sendiri mengakui bahwa Sola Scriptura memang suatu faham yang absurd, terbukti dari tulisan @HenHen ini: prakteknya ngga ada juga protestan yang bener2 100% "sola scriptura" kok. Nah, jika Sola Scriptura itu tidak applicable karena memang landasan Kekristenan bukan hanya Scriptura, kenapa @HenHen berkeberatan jika @Sotardugur Parreva senantiasa mengulang menyampaikannya? Itu kuulang menyampaikannya karena sepenangkapanku, para penganut Sola Scriptura masih menganggap bahwa faham, atau konsep, atau doktrin Sola Scriptura benar-benar tercatat dalam Alkitab.

Semoga dapat ditangkap.

Salam damai.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
November 13, 2017, 01:25:41 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
ya, saya sudah pernah tulis juga kalo "sola scriptura" itu emang ngga tepat secara kata2

prakteknya ngga ada juga protestan yang bener2 100% "sola scriptura" kok

kenapa kata2nya "sola"? karena ya emang dulu semangatnya begitu, dan dulu itu emang satu2nya yang bisa mengkoreksi dan dianggap ngga salah itu ya hanya scriptura, jadi benernya prinsip sola scriptura itu juga cuma nyomot dari doktrin Katolik kok, dimodif2 dikit aja

nah ini udah dijelasin berulang2 koq, oleh saya, oleh siip, oleh sarapanpagi

tetep aja si bang Sotar kl diskusi lagi ngomongin lagi soal sola scriptura versi dia ;D ;D
sama aja kayak si refor udah dikasih tau berkali2 doa ngga ke Maria tetap aja diulang2 trus

makaya sy bilang mereka berdua sama
udh dijelasin berkali2 tetep aja ngomongnya begitu

udah jelas di Katolik itu yang terbukti dari sejak berdirinya gereja Katolik sampai sekarang yang ngga pernah salah dan ngga pernah diubah ato direvisi sedikitpun adalah : Alkitab
tradisi dan magisterium? udah jelas pernah salah dan pernah diubah, wong udah sampe minta maaf segala ;D
kl ngga ada salahnya ngga ada critanya itu Paus minta maaf secara terbuka soal inquisisi dan lahirnya Protestan

inget ini aja dulu deh : "sola scriptura" itu emang salah secara kata2
itu aja dulu diterima tar baru bisa lanjut dengan baik
Enggak tepat secara kata-kata itu maksudnya gimana mas Henhen...
kalau ente cuma ambil dua kata ini sola scriptura yaitu hanya alkitab, terus diartiin sendiri dan disalah-salahin sendiri, ya jelas salah.

Kalau mau belajar beneran ya dicari tahu konteks dan larat belakangnya.
Gereja protestan sekarang masih banyak yang sola scriptura.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
November 13, 2017, 01:49:57 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12880
    • fossil coral cantik
ya, saya sudah pernah tulis juga kalo "sola scriptura" itu emang ngga tepat secara kata2

prakteknya ngga ada juga protestan yang bener2 100% "sola scriptura" kok

kenapa kata2nya "sola"? karena ya emang dulu semangatnya begitu, dan dulu itu emang satu2nya yang bisa mengkoreksi dan dianggap ngga salah itu ya hanya scriptura, jadi benernya prinsip sola scriptura itu juga cuma nyomot dari doktrin Katolik kok, dimodif2 dikit aja
Ya itu yang maksudnya saya.

sebelum
BUKAN [hanya Scriptura] saja - melainkan juga tradisi oral.

sesudah :
blakangan ada orang kepingin yang [hanya Scriptura] saja, yang tradisi oral di-nihilkan.


Namun kenyataannya, seperti yang henhen bilang ungu diatas.

Quote
tetep aja si bang Sotar kl diskusi lagi ngomongin lagi soal sola scriptura versi dia ;D ;D
Mungkin maksudnya si sotar itu, dia lagi ngomongin SS versi si refor/jamu.

Quote
inget ini aja dulu deh : "sola scriptura" itu emang salah secara kata2
itu aja dulu diterima tar baru bisa lanjut dengan baik
Selama thread SS saya berjalan, udah saya sampaikan ---> ada dua model ....

apabila pengertian SS itu maksudnya berlatar belakang kronologi oranye, maka kalimat [sola scriptura] nggak ada salahnya secara kata2.

Ilustrasi resep kue :
gunakan susu bubuk dan juga susu cair.

Meylan menceritakan dirinya bikin kue berdasarkan resep tsb, sbb kalimatnya :
kalo saya cuma pakai susu bubuk SAJA... udah cukup enak kok hasil kuenya walo tanpa susu cair


Nah... berdasarkan ilustrasi diatas, nggak ada kesalahan kata2 disitu.

Namun diketika blakangan jadinya spt sbb :
kue HARUS hanya pakai susu bubuk saja ... demikianlah maksudnya kalimat [susu bubuk saja]

maka barulah disini terjadi kesalahan pengertian.


Begitulah kirakira menurut saya.
November 13, 2017, 01:57:09 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3806
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Pendapat @odading pada poin ini sangat berterima di pemahaman @Sotardugur Parreva.

Salam damai.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
November 13, 2017, 03:34:20 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10968
Enggak tepat secara kata-kata itu maksudnya gimana mas Henhen...
kalau ente cuma ambil dua kata ini sola scriptura yaitu hanya alkitab, terus diartiin sendiri dan disalah-salahin sendiri, ya jelas salah.

Kalau mau belajar beneran ya dicari tahu konteks dan larat belakangnya.
Gereja protestan sekarang masih banyak yang sola scriptura.

halah...
ngomong lagi soal SS yang "bener"-an...

beneran menurut siapa mas???
menurut elo kan?

kenapa yang SS versi elo itu HARUS elo anggap "versi yg beneran"?
siapa yang berhak dan kompeten menilai versi siapa yang disebut "beneran"??

coba kalo mau ikut ke forum diskusi,
mental salesman dibuang dulu ke laut ya saayy....
November 13, 2017, 03:40:40 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Ya itu yang maksudnya saya.

sebelum
BUKAN [hanya Scriptura] saja - melainkan juga tradisi oral.

sesudah :
blakangan ada orang kepingin yang [hanya Scriptura] saja, yang tradisi oral di-nihilkan.


Namun kenyataannya, seperti yang henhen bilang ungu diatas.
 Mungkin maksudnya si sotar itu, dia lagi ngomongin SS versi si refor/jamu.
 Selama thread SS saya berjalan, udah saya sampaikan ---> ada dua model ....

apabila pengertian SS itu maksudnya berlatar belakang kronologi oranye, maka kalimat [sola scriptura] nggak ada salahnya secara kata2.

Ilustrasi resep kue :
gunakan susu bubuk dan juga susu cair.

Meylan menceritakan dirinya bikin kue berdasarkan resep tsb, sbb kalimatnya :
kalo saya cuma pakai susu bubuk SAJA... udah cukup enak kok hasil kuenya walo tanpa susu cair


Nah... berdasarkan ilustrasi diatas, nggak ada kesalahan kata2 disitu.

Namun diketika blakangan jadinya spt sbb :
kue HARUS hanya pakai susu bubuk saja ... demikianlah maksudnya kalimat [susu bubuk saja]

maka barulah disini terjadi kesalahan pengertian.


Begitulah kirakira menurut saya.
Ilustrasi ente salah.
Ente mengira perubahannya pada bahan membuat kue saja.

GIni lho,

Awal kekritenan Rasul mengabarkan injil, barang siapa percaya percaya Kristus akan selamat.
Kemudian rasul-rasul juga mengajarkan siapa Kristus itu melalui tulisan dan lisan.
Setelah beratus tahun kemudian ajaran-ajaran ini dikanon menjadi alkitab.

Kemudian terjadi penyelewengan, Kekristenan menjadi:
Keselamatan adalah melalui gereja.
Hanya gereja yang berwengang menafsir alkitab dan membuat peraturan.
Untuk selamat harus tunduk kepada ajaran gereja yaitu tertulis yaitu alkitab.

Makanya timbul reformasi, yaitu mengembalikan:
Keselamatan hanyalah oleh iman kepada Kristus.
Segalanya tentang iman kepada Kristus hanya didapat melalui alkitab (karena rasul-rasul sudah tidak ada, jadi tidak ada ajaran lisan lagi).

Itulah sudut pandang Protestan.
Ente kagak ngerti-ngerti karena cuma bisa mikir: dulu lisan plus tulisan, sekarang tulisan saja. Terus ngamuk-ngamuk minta bukti.

Semoga kali ini ngerti.


If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
November 13, 2017, 03:42:36 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
halah...
ngomong lagi soal SS yang "bener"-an...

beneran menurut siapa mas???
menurut elo kan?

kenapa yang SS versi elo itu HARUS elo anggap "versi yg beneran"?
siapa yang berhak dan kompeten menilai versi siapa yang disebut "beneran"??

coba kalo mau ikut ke forum diskusi,
mental salesman dibuang dulu ke laut ya saayy....
beneran itu maksudnya sungguh-sungguh belajar. Cari data dan informasi yang lengkap tentang reformasi waktu itu. Bukan cuma dari dua kata lalu diartiin seenak perut.

Ngerti gak?
Ini forum diskusi, bukan forum asal njeplak.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
November 13, 2017, 04:23:22 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10968
beneran itu maksudnya sungguh-sungguh belajar. Cari data dan informasi yang lengkap tentang reformasi waktu itu. Bukan cuma dari dua kata lalu diartiin seenak perut.

Ngerti gak?
Ini forum diskusi, bukan forum asal njeplak.

lha... sumber gw kayaknya lebih bervariasi daripada sumber elo yang cuma "atas petunjuk pendetong" doang deh...

mau contoh??

elo setuju gak kalau "reformasi" itu adalah "revolusi sosial"?

haha... pasti elo ngebet engga tahan disuruh pendetong elo cepet-cepet diserempetin ke surga neraka dan ayat-ayat kan??
wkwkwkwk
November 13, 2017, 04:26:28 PM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
lha... sumber gw kayaknya lebih bervariasi daripada sumber elo yang cuma "atas petunjuk pendetong" doang deh...

mau contoh??

elo setuju gak kalau "reformasi" itu adalah "revolusi sosial"?

haha... pasti elo ngebet engga tahan disuruh pendetong elo cepet-cepet diserempetin ke surga neraka dan ayat-ayat kan??
wkwkwkwk
Bukan cuma revolusi sosial tau juga perubahan dalam bergereja.
Kalau pengertian anda revolusi sosial itu bagaimana? Bisa dijelaskan?
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)