Author Topic: "terimalah berkat Allah ..... " (???)  (Read 3422 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 13, 2017, 04:14:03 PM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12804
    • fossil coral cantik
"doa berkat" yang ada di setelah kebaktian itu adalah tradisi Protestan

saya pikir 90% kebaktian protestan di Indonesia (ato nggak di dunia) kayak bgitu ya (butuh konfirmasi lg mengenai ini)

bisa nggak minta berkat langsung ke Tuhan? jelas bisa
tapi ngga ada salahnya juga saling mendoakan atau minta didoakan gembala mengenai hal ini
lagian udah ada orang yang mau ngedoain berkat ya terima aja sih :)

ini sama aja kayak prinsip yang dianut Katolik koq
bisa ngga doa langsung ke Tuhan? ya bisa aja
cuma ngga ada salahnya juga berdoa bersama para kudus di sorga, atau menjadikan mereka sebagai "pengantara" berkat dari Tuhan, toh mereka udah jelas2 ada di sorga dan hidup, secara logika memang ada benarnya lebih baik berdoa dengan para kudus di sorga daripada yang ad di bumi

(ujung2nya Oda mau sambungin kesini nih keknya) :)

Katolik dan Protestan itu prinsipnya mirip2 sih
Bold.... henhen emang cepet nangkep  :afro: :happy0062: :D
November 13, 2017, 04:19:38 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
elu maunya nyamain?
Gak pede sama ajaran sendiri?

gak perlu pede atau gak pede...

sesuai kenyataan aja...

selama mesin waktu belum ditemukan, maka kronologis aja..
bereskan?
ahaha....

engga perlu NGOTOT HARUS KELIATAN BEDA karena masih baru...
ngotot beda spy bikin recognition identitas baru kan?

hahaha....
itu ciri-ciri MINDER alias GAK PEDE...
POKOKNYA BEDA titik..
wkwkw
November 13, 2017, 04:27:32 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
gak perlu pede atau gak pede...

sesuai kenyataan aja...

selama mesin waktu belum ditemukan, maka kronologis aja..
bereskan?
ahaha....

engga perlu NGOTOT HARUS KELIATAN BEDA karena masih baru...
ngotot beda spy bikin recognition identitas baru kan?

hahaha....
itu ciri-ciri MINDER alias GAK PEDE...
POKOKNYA BEDA titik..
wkwkw
Sudah saya jelasin perbedaannya. Kok elu ngotot maunya sama?
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
November 13, 2017, 04:28:31 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12804
    • fossil coral cantik
Prinsip ini berbeda dengan katolik yang meminta didoakan oleh orang kudus yang sudah fall asleep atau Maria.
Mereka tidak bisa menyampaikan apa-apa, cuma dipercaya doa mereka lebih manjur aja.
Justru sepengetahuan gue, yang di pov Katolik itu :
arwah orang Kudus bisa menyampaikan doa2 manusia ke Allah.

Sebaliknya, di pov non-Katolik :
arwah orang Kudus nggak bisa menyampaikan doa2 manusia ke Allah

dengan alesan :
KARENA orang yang udah mati - ya udah mereka gak tau apa apa lagi mengenai sikon di bumi.


Thdp oranye, kalo gue tanggepi secara vulgar-nya - maka :
oke ... dengan demikian pas orang tsb mati, elu buang ke tong sampah mayatnya juga gak apa apa kok.

kalo ada non-Katolik yang sanggah :
oh ya nggak juga demikian, kita mesti ngubur dia dengan layak

maka gue :
buat apa ? wong menurut lu orang, elo elo udah gak ada koneksi sama sekali dengan pihak2 yang udah pada metong kooook.
« Last Edit: November 13, 2017, 04:31:00 PM by odading »
November 13, 2017, 04:30:54 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923

Thdp oranye, kalo gue tanggepi secara vulgar-nya - maka :
oke ... dengan demikian pas orang tsb mati, elu buang ke tong sampah mayatnya juga gak apa apa kok.


kalo ada non-Katolik yang sanggah :
oh ya nggak juga demikian, kita mesti ngubur dia dengan layak

maka gue :
buat apa ? wong menurut lu orang, elo elo udah gak ada koneksi sama sekali dengan pihak2 yang udah pata metong kooook.
lho memang kok mas...

model2 si jamu refor aleph dan spesies sejenisnya itu...

kalo keluarganya mati, ya udah, mirip ketika kucingnya mati...

yang engga gitu, yang diperingati secara mendalam itu, kalo Pendetongnya yg mati..
hahahaha....
November 13, 2017, 04:32:42 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Justru sepengetahuan gue, yang di pov Katolik itu :
arwah orang Kudus bisa menyampaikan doa2 manusia ke Allah.

Sebaliknya, di pov non-Katolik :
arwah orang Kudus nggak bisa menyampaikan doa2 manusia ke Allah

dengan alesan :
KARENA orang yang udah mati - ya udah mereka gak tau apa apa lagi mengenai sikon di bumi.


Thdp oranye, kalo gue tanggepi secara vulgar-nya - maka :
oke ... dengan demikian pas orang tsb mati, elu buang ke tong sampah mayatnya juga gak apa apa kok.

kalo ada non-Katolik yang sanggah :
oh ya nggak juga demikian, kita mesti ngubur dia dengan layak

maka gue :
buat apa ? wong menurut lu orang, elo elo udah gak ada koneksi sama sekali dengan pihak2 yang udah pada metong kooook.
maksud saya menyampaikan apa-apa kepada yang minta didoakan.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
November 13, 2017, 04:36:15 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12804
    • fossil coral cantik
lho memang kok mas...

model2 si jamu refor aleph dan spesies sejenisnya itu...
kalo keluarganya mati, ya udah, mirip ketika kucingnya mati...
ke konsistenannya begitu  :happy0062:.

Dengan kata lain, mao mayatnya dikubur atopun dibuang ke tong sampah it doesn't matter.





November 13, 2017, 04:52:13 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12804
    • fossil coral cantik
maksud saya menyampaikan apa-apa kepada yang minta didoakan.
Makanya tak ambil kisah Saul-Samuel.

Pabila berangkatnya udah bisa sama, yakni yang bicara itu emang arwah Samuel --- maka KENAPA impossible disuatu ketika arwah bisa menyampaikan apa apa kepada yang minta didoakan ?


Harap diketahui, saya tidak sedang mendukung atopun encourage ... karena saya sendiri berpendapat WALOPUN it's possible but there is another possibility yang menganga, yakni : yang menyampaikan itu BUKAN si arwah melainkan iblis.

KALO itu bunyi penyampaiannya busuk dan keburu bisa diketahui sehingga selanjutnya bisa diketahui bahwa yang nyampaikan itu iblis yang menyamar arwah orang Kudus, ya gapapa....

TAPI...  (disinilah perihal "berbahaya"nya) :
Lah.... kalo orang nggak nyadar bahwa isi penyampaiannya itu busuk KARENA yang ada duluan di pov orang ybs "oh ini kan yang nyampaikan arwah orang Kudus - dgn demikian nggak mungkin isi penyampaiannya dia itu busuk" , gimana ?

contoh ilustrasi :
suatu sosok berkata "bunuh aja si anu, itu emang ganjaran dia koook" (mao itu disertai penampakan atopun nggak ada penampakan, it doesn't matter) the point is : di pov pendengar  si pembawa berita tsb adalah arwah orang Kudus.

Nah... kalo kebetulan si pendengar keburu nyadar bahwa berita ijo itu busuk, maka dia akan tau bhw itu setan yang lagi menyamar dimana TADINYA si pendengar mengira itu adalah arwah orang Kudus.

Lah... kalo di pov si pendengar thdp kalimat ijo itu - si pendengar manggut manggut ?
So... disinilah yang menurut gue "posibilitas lain menganga".
November 13, 2017, 05:40:56 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9583
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
beberapa denom Protestan menganut doktrin "jiwa yang tidur", salah satunya yang sy tahu itu adventist
jadi orang yang mati itu ya lagi "tidur", ntar menunggu waktunya kebangkitan (CMIIW ya)

nah walaupun ada Protestan yang percaya kalau tokoh2 di Alkitab itu masih tetap hidup sampai saat ini disorga, simply karena mereka ngga pernah diajarkan untuk berdoa secara demikian (berdoa bersama para kudus di sorga), maka ya konsep ini adalah bener2 konsep yang "alien" bagi mereka, kenapa ngga pernah diajarkan demikian? ya tradisinya terputus sih, dan di Alkitab saat ini (yg 66 buku), ngga ada contoh satupun yang berdoa secara demikian (balik lagi ke prinsip sola Scriptura, tp abaikan "sola"nya ;D ), makanya mungkin itu dianggap sebagai salah satu tradisi yang ngga penting dilakukan karena ngga ada dukungan ayat kitab sucinya, makanya perlahan2 hilang deh

saya pribadi walaupun ngga setuju (banget) sama berdoa para kudus yang Katolik lakukan, cuma jujur aja, cuma pake bekal Alkitab sekarang ini ngga bisa dipersalahkan juga prinsipnya :)

so biarkanlah masing2 menjalankan tradisinya masing2
saya yakin juga banyak denom lain disini yang ngga setuju dengan berdoa pake bahasa roh yang biasa dilakukan oleh kharismatik ;D
sama aja benernya, ketika kita melihat suatu praktek yang kita sendiri ngga pernah diajarkan, maka itu jadi "asing" buat kita, ujung2nya mikir macem2, ujung2nya mikir sesat ;D ;D

mau dibilang orang kudus di Katolik itu ngga bisa menyampaikan apa2 ke yang berdoa? itu benar lah, yang menyampaikan dan mengabulkan doanya itu kan Tuhan sendiri ;D
kalo mau ngerti tentang prinsip "doa bersama orang kudus" ini baca kisah Maria yang "membuat" Yesus melakukan mujizat sebelum waktuNya, jadi jemaat berdoa bersama Maria, lalu Yesus lah yang mengabulkannya dan yang melakukannya, bukannya Maria ;D

apa bedanya dengan Protestan? emangnya pendeta Protestan itu bisa menyampaikan apa ke yang berdoa? ketika seorang pendeta itu menumpangkan tangan ngasih berkat yang ngasih berkat itu siapa emangnya? Pendetanya? ya Tuhan laaaaaaah ;D ;D

ada gitu pendeta yang ngaku2 berkat yang dia doakan itu datang dari dirinya sendiri? kwkwwkk

kalo mau dipikir jernih sama aja benernya prinsipnya, bedanya Katolik berdoa bersama para kudus di sorga, Protestan berdoa bersama pemimpin di bumi, bisa langsung gak? ya bisa aja, cuma kalo keroyokan kan lebih afdol ;D ;D
November 13, 2017, 07:27:57 PM
Reply #29
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 105
  • Denominasi: Protestan
Nah itu. Minta aja langsung itu berkat, kan bisa ya gocap  :D.
 Jadi maksudnya sewaktu yang berdiri didepan bilang "terimalah berkat Allah..." ---> maksudnya berkat ini diperuntukan buat orang2 yang spt ungu yang sedang ada duduk disitu.  :happy0062:

Berguna untuk semua dong, terutama untuk yang ungu.






Cuma saya rada aneh, orang yang nggak pernah berdoa atopun lagi jato dalam dosa kok dikasih berkat ?
 Lah ya itu maksud saya, gocap. Disaat iman orang lagi gak kuat, dia kan bisa minta langsung ke Allah untuk dikuatin.

Dengan demikian tidak diperlukan orang minta orang lain berdoa untuknya.
Lah ya itu.  Kenapa "maka"nya itu nggak berupa [maka kita bisa minta sendiri kepada Allah utk dikuatin dan dibangunin]
 Pendeta bisa berdoa sendiri langsung kepada Allah .... kok orang lain jadi mediator dia ya ?  :rolleye0014:

Lagian, bener sotar .... saya juga tadinya nggak berpikir bahwa "terimalah berkat Allah..." itu = berdoa. Cuma ya karena gocap ngerujuknya ke semacem perihal doa, ya saya ikutin aja dulu  :D

:)
salam.

Gak aneh koq pak..
Pak Oda kan bisa kerja nyari duit, tetapi kalau ditreaktir teman mau gak ? Gua punya duit tetapi kalo ditraktir teman (dapat berkat dari orang lain) mau juga. Demikian juga gua bisa doa sendiri dan jika didoakan orang lain gue gak nolak juga.


GBU
« Last Edit: November 13, 2017, 10:48:25 PM by Gocap »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)