Author Topic: Sejarah Ringkas Alkitab Protestan dan Alkitab Modern  (Read 5640 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 10, 2018, 01:59:07 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 982
  • BIBLE IS TRUTH
apakah anda punya ayat pendukung bahwa panggilan bintang timur itu kepada iblis atau itu hanya opini saja ?

karena jelas satu-satunya yg dipanggil bintang timur hanyalah Yesus di Wahyu.

atau apakah semua orang Indonesia membaca Alkitab dengan beropini dalam menafsirkan ayat?

Tidak ada membaca Alkitab tanpa penafsiran.
Kitab Yesaya versi KJV memang menyebut Lucifer 'SON OF MORNING'

January 10, 2018, 01:59:49 PM
Reply #11
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Coba bela dulu TB LAI di Yesaya 14:12 tanpa pake opini atau artikel2 hanya pake Alkitab. Bisa ga?

Wahyu 22 (TB LAI)
16"Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, BINTANG TIMUR yang gilang-gemilang."

Wahyu 22 (KJV)
I Jesus have sent mine angel to testify unto you these things in the churches. I am the root and the offspring of David, and the bright and MORNING STAR.

Yesus Kristus memanggil dirinya bintang timur (morning star)

Yesaya 14 (TB LAI)
12 "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai BINTANG TIMUR, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

Yesaya 14 (KJV)
12 How art thou fallen from heaven, O LUCIFER, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations!

Yesaya 14 ILT-3




Lusifer (Heylel ben-Sakhar) adalah putra fajar (son of the morning)
Kebanyakan orang tahu kalau Lusifer adalah nama iblis.

Bedanya adalah KJV dan ILT yang memakai TR sama-sama memasukkan Lusifer di Yesaya 14 tapi TB LAI dan Alkitab lain yg pakai CT sama-sama memasukkan bintang timur yaitu Yesus. Yesus dan Lusifer itu tokoh yang beda jauh dan ga ada dikatakan di Alkitab bahwa Lusifer itu bintang timur. Ini namanya ulah iblis masukin panggilan Yesus di Yesaya 14 dia jatuh dari surga.
Ane tidak punya konsep sesat tuh. Yesus benar2 manggil dirinya bintang timur dan TB LAI masukin bintang timur di Yesaya 14. Ane jelas bandingin ayat2 tanpa opini sendiri. Orang2 yg menyangkal Yesus adalah bintang timur lah yang sesat pake opini sendiri.

Masih banyak lagi ketidaksesuaian ayat di KJV dan ILT dengan TB LAI tuh.

Lucifer (lucem-ferrer) adalah istilah yg merujuk pd Bintang Timur (planet venus).

Variasinya, KJV dan ILT pd saat diterjemahkan ke bahasa indonesia, mreka tidak menerjemahkan ke bintang timur mlainkan langsung menggunakan kata tsb, padahal arti kata dari Lucifer ya merujuk pd bintang timur.

Kl kalian baca Alkitab dlm bahasa Yunani Latin, maka mereka akan langsung mengartikan itu sbg bintang timur.

Jd masalah kalian adalah pd penerjemahan ke bahasa Indonesia,
Bukan soal TR vs Critical Text.

Kl kamu membaca dlm bahasa yunani Latin, itu sama ajahhhh.
« Last Edit: January 11, 2018, 01:56:07 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 10, 2018, 02:44:22 PM
Reply #12
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Gender: Male
  • KJV only, Fundamental, Militant, Anti-Catholicism
    • Kristen Fundamental
  • Denominasi: Baptist Independen
Salah Brother.
Textus Receptus itu baru ada pada abad 17 di Spanyol.
Lho sejarah mana yg anda pelajari?

Ini dari wikipedia sendiri
Textus Receptus (Latin: "received text") is the name given to the succession of printed Greek texts of the New Testament. The term Textus Receptus may also apply to other ancient texts in other languages, traditionally copied and passed down by scribes. (sudah disalin secara turun temurun bukan muncul pada abad 17)

The biblical Textus Receptus constituted the translation-base for the original German Luther Bible, the translation of the New Testament into English by William Tyndale, the King James Version, the Spanish Reina-Valera translation, the Russian Synodal Bible and most Reformation-era New Testament translations throughout Western and Central Europe. (naskah TR sudah dipake sejak masa reformasi sebelum abad 17)

The series originated with the first printed Greek New Testament, published in 1516—a work undertaken in Basel by the Dutch Catholic scholar, priest and humanist Desiderius Erasmus. This edition of the New Testament represents the tradition of manuscripts of the New Testament as the one that the Orthodox Church has received and used without interruption since the 4th century(sudah ada sejak abad ke-4).They are also the text type used in most Protestant denominations consistently throughout history before the 19th century adoption of the Alexandrian priority position within mainstream Biblical scholarship.

Manuscripts of the Byzantine family represent the vast majority of the 5700 manuscripts that have currently been found and collated; no two of its manuscripts are identical.
Bukan dari vatikan.
Kl Mesir emang benar, yaitu disimpan oleh gereja-gereja timur.
Bukan dari penggalian juga.
Ini dari wikipedia juga
The Codex Vaticanus (The Vatican, Bibl. Vat., Vat. gr. 1209; no. B or 03 Gregory-Aland, δ 1 von Soden) is one of the oldest extant manuscripts of the Greek Bible (Old and New Testament), one of the four great uncial codices.The Codex is named after its place of conservation in the Vatican Library, where it has been kept since at least the 15th century(dijaga di vatikan sejak abad 15 makanya namanya vaticanus).It is written on 759 leaves of vellum in uncial letters and has been dated palaeographically to the 4th century

Most current scholars consider the Codex Vaticanus to be one of the best Greek texts of the New Testament,[3] with the Codex Sinaiticus as its only competitor. Until the discovery by Tischendorf of the Sinaiticus text, the Codex was unrivaled. (bagaimana mungkin naskahnya bukan berasal dari penggalian sedangkan naskahnya saja ditemukan seseorang?)

Di sini kuncinya:
This changed in the 19th century when transcriptions of the full codex were completed.It was at that point that scholars realised the text differed significantly from the Textus Receptus.(Ilmuwan menyadari bahwa teks di Vaticanus dan TR sangat berbeda)

Asal mula Sinaiticus berasal dari 1844:
Lobegott Friedrich Constantin (von) Tischendorf (18 January 1815 – 7 December 1874) was a world leading biblical scholar in his time. In 1844 he discovered the world's oldest and most complete disputed Bible dating from 325, with the complete New Testament not discovered before. This Bible is called Codex Sinaiticus, after the St. Catherine's Monastery at Mt. Sinai, where Tischendorf discovered it.

Makanya asumsi utk mempertentangkan textus receptus (TR) dan critical text itu mostly tidak berdasar.
Ane tanya:
Jadi TR dan CT kok ga bisa dipertentangkan karena ilmuwan sendiri mengakui bahwa isi teks kedua naskah itu berbeda?

Anda belajar dari sejarah mana?
« Last Edit: January 10, 2018, 02:49:13 PM by Bro Tarigan »
Syarat untuk selamat hanya percaya saja. Bukan dibaptis, bertobat dari dosa, rajin beribadah, makan roti & minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Inilah kabar baiknya: mudah masuk surga.

Kuasai Doktrin Alkitab di sini
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
January 10, 2018, 02:51:08 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4732
  • Gender: Male
Coba bela dulu TB LAI di Yesaya 14:12 tanpa pake opini atau artikel2 hanya pake Alkitab. Bisa ga?

Wahyu 22 (TB LAI)
16"Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, BINTANG TIMUR yang gilang-gemilang."

Wahyu 22 (KJV)
I Jesus have sent mine angel to testify unto you these things in the churches. I am the root and the offspring of David, and the bright and MORNING STAR.

Yesus Kristus memanggil dirinya bintang timur (morning star)

Yesaya 14 (TB LAI)
12 "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai BINTANG TIMUR, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

Yesaya 14 (KJV)
12 How art thou fallen from heaven, O LUCIFER, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations!

cut

Akhirnya muncul lagi ekstrimis disini yang mengaku "KJV only, Fundamental, Militant, Anti-Catholicism"

Boleh saya bilang kalau hati dan pikiran sudah rusak, maka apa saja yang diungkapkan akan rusak. Dari depat pada masa lampau terhadap terjemahan KJV vs NIV saya dapati ternyata motoronya adalah kaum LGBT yang hendak menempatkan NIV dan sejenisnya adalah palsu, karangan, sesat. Karena di dalamnya memuat hal yang jelas terhadap status LGBT sebagai dosa.

Kembali kepada Bintang Timur atau Lusifer. Sebenarnya ini pertanyaan anak Sekolah Minggu, dan bila sudah lulus Sekolah Minggu kebanyakan sudah paham apa yang dimaksudkan dengan Bintang Timur atau Lusifer.

Wahyu 2:26-28 dikatakan,
"Dan barangsiapa menang dan melakukan pekerjaan-Ku sampai kesudahannya, kepadanya akan Kukaruniakan kuasa atas bangsa-bangsa; dan ia akan memerintah mereka dengan tongkat besi; mereka akan diremukkan seperti tembikar tukang periuk  —  sama seperti yang Kuterima dari Bapa-Ku  — dan kepadanya akan Kukaruniakan bintang timur."

"Bintang Timur" atau "Bintang Pagi Hari" jika diterjemahkan kaku adalah merujuk pada bintang yang terbit pada pagi hari. Dalam literatur astornomi ada tiga benda langit yang muncul saat pagi hari yaitu planet Venus yang paling umum, bintang Sirius dan planet Markurius. Karena posisinya di sebelah timur tempat matahari terbit, maka dari itu disebut juga dengan istilah bintang timur atau bintang pagi jika diterjemahkan kaku.

Bintang Timur adalah sebuah gelar, bukan nama diri. Ular Tua di Taman Eden juga bergelar Bintang Timur berdasarkan nubuat kitab Yesaya, dan Yesus Kristus juga memiliki gelar Bintang Timur dalam tulisan rasul Yohanes. Kita juga yang dipilih-Nya akan menerima gelar Bintang Timur juga dalam nubuat rasul Yohanes. Jadi gelar itu tidak hanya merujuk pada Ular Tua di Taman Eden saja yaitu Iblis, tetapi itu adalah gelar yang diberikan kepada mereka yang berdiri disamping penguasa. Yesus menerima gelar Bintang Timur karena Ia berdiri disamping kanan Allah Bapa dan kita menerima gelar Bintang Timur karena kita berdiri disamping Kristus saat memerintah dunia. Ular Tua di Taman Eden berdiri disamping Adam sebagai mahluk yang paling cerdik yang membantunya memerintah di Taman Eden.

Memahami bahwa Bintang Timur disamatkan pada banyak orang, menunjukan bahwa itu bukanlah nama diri dari Ular Tua. Menyadari kalau Bintang Timur bukanlah sebuah nama tetapi gelar, maka kebodohan pertanyaan diatas seharusnya tidak perlu dilontarkan.

Lucifer adalah bahasa Latin dari terjemahan kata 'helel' (Ibrani) yang artinya "pembawa terang" ditulis pertama kali dalam terjemahan Alkitab bahasa Latin pertama yaitu Vulgata yang dibuat oleh Gereja Katolik abad ke-4. Kemudian diadopsi oleh KJV seakan sebagai nama diri saat menterjemahkan dalam bahasa Inggris tanpa diterjemahkan berkaitan dengan sumber Perjanjian Lama yang dipakai KJV. Sedangkan dalam bahasa Yunani kata yang sama "pembawa terang" adalah kata 'phosphoros' dipakai dalam surat rasul Petrus kedua, 2 Petrus 1:19 sebagai berikut, "Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu." Kata Yunani "bintang timur" disana berbeda dengan yang dipakai rasul Yohanes dalam kitab Wahyu.

2 Korintus 11:14, "Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang." Iblis dulunya adalah pembawa terang (Lucifer, Bintang Timur) namun sekarang bukan lagi Bintang Timur. Gelar itu bukan lagi milik Ular Tua namun ia tetap menyamar sebagai utusan pembawa terang (malaikat terang) untuk memperdaya dunia. Ada juga yang berpendapat nabi seberang salah satunya yang diperdaya sehingga menimbulkan kerusakan di dunia.

« Last Edit: January 10, 2018, 03:26:58 PM by Krispus »
January 10, 2018, 02:53:50 PM
Reply #14
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Gender: Male
  • KJV only, Fundamental, Militant, Anti-Catholicism
    • Kristen Fundamental
  • Denominasi: Baptist Independen
Lucifer (lucem-ferrer) adalah istilah yg merujuk pd Bintang Timur (planet venus).

Variasinya, KJV dan ILT pd saat diterjemahkan ke bahasa indonesia, mreka tidak menerjemahkan ke bintang timur mlainkan langsung menggunakan kata tsb, padahal arti kata dari Lucifer ya merujuk pd bintang timur.

Kl kalian baca Alkitab dlm bahasa Yunani, maka mereka akan langsung mengartikan itu sbg bintang timur.

Jd masalah kalian adalah pd penerjemahan ke bahasa Indonesia,
Bukan soal TR vs Critical Text.

Kl kamu orang yunani membaca dlm bahasa yunani, itu sama ajahhhh.
Ane tanya:
Di Tb Lai kata lucifer tidak ditemukan sama sekali
dan orang2 ga tau siapa itu bintang timur kalau ga baca wahyu 22.

Di wahyu 22 Yesus memanggil dirinya bintang timur,
jadi anda setuju di Yesaya 14 kalau yg dimaksud di sana adalah Yesus yg ingin menjadi Maha Tinggi?
Syarat untuk selamat hanya percaya saja. Bukan dibaptis, bertobat dari dosa, rajin beribadah, makan roti & minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Inilah kabar baiknya: mudah masuk surga.

Kuasai Doktrin Alkitab di sini
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
January 10, 2018, 03:29:04 PM
Reply #15
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Lho sejarah mana yg anda pelajari?

Ini dari wikipedia sendiri
Textus Receptus (Latin: "received text") is the name given to the succession of printed Greek texts of the New Testament.

Jikalau mau coba baca-baca sejarahnya, maka Bro akan temukan bhw istilah Textus Receptus dituliskan diberikan pd buku Alkitab bahasa Yunani yg dicetak di Spanyol pada abad 17.

Mengapa disebut textus receptus?
Krn buku Alkitab bahasa Yunani tsb telah diterima dan beredar di gereja eropa (gereja barat) dari abad 15 sd abad 17 (sesudah mengalami beberapa revisi redaksional).

Buku Alkitab berbahasa Yunani tsb diambil dari salinan manuskrip bahasa Yunani yg dapat ditemukan oleh Erasmus.
Manuskrip-manuskrip tsb berasal dari salinan abad 12.

Jadi Textus Receptus itu didasarkan atas salinan manuskrip bahasa Yunani dari abad 12 yg beredar di gereja-gereja barat.
Namun bgitu, salinan ini sangat banyak krn Kekristenan berkembang sangat pesat di gereja barat (makanya TR mirip dg majority text namun tidak serupa).

-------

Di sisi lain,
Krn ada kritik thd penerjemahan TR (seiring berjalannya waktu), maka orang-orang mulai mencari manuskrip yg lebih tua daripada text abad 12, Maka digunakanlah codex vaticanus dan codex sinaiticus yg berasal dari salinan manuskrip bahasa yunani abad 4.
Codex tersebut ditemukan di wilayah gereja-gereja timur lalu disimpan di vatikan (bukan ditemukan di vatikan).

Pd masa lalu Erasmus tidak memiliki akses ke vatikan shg ia tidak menggunakan salinan codex tsb.

Kelebihan codex tsb antara lain penulisannya mendekati masa gereja awal shg memperkuat klaim kedekatannya dg tulisan asli, tp kelemahannya dia lebih sedikit salinannya krn ditemukan pd wilayah dimana Kekristenan kurang berkembang.

Kmudian diterjemahkanlah codex tsb dan dikenallah sbg critical text atau lebih populer disebut naskah Wescott-Hort.

Sejak penerbitannya, naskah WH lebih banyak digunakan daripada naskah TR krn prinsip textual criticism.

Di Indonesia,
LAI menerjemahkan Alkitab ke bahasa Indonesia dengan berdasar pada naskah TR dan WH.
Apa yg ada di naskah TR yg tidak ada di naskah WH diberikan tanda kurung.

--------

Tentu saja ada golongan fanatik TR dan golongan fanatik WH yg masing-masing menjunjung tinggi produknya sendiri-sendiri.

Sementara itu di sisi lain, lebih banyak lagi umat Kristen yg mempelajari Alkitab dg membandingkan kedua naskah beriringan dan tidak saling mempertentangkan.

Demikian ya Bro Tarigan.
Semoga bisa memberkati.
Sekian dari saya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 10, 2018, 11:06:44 PM
Reply #16
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Gender: Male
  • KJV only, Fundamental, Militant, Anti-Catholicism
    • Kristen Fundamental
  • Denominasi: Baptist Independen
Akhirnya muncul lagi ekstrimis disini yang mengaku "KJV only, Fundamental, Militant, Anti-Catholicism"
Boleh saya bilang kalau hati dan pikiran sudah rusak, maka apa saja yang diungkapkan akan rusak. Dari depat pada masa lampau terhadap terjemahan KJV vs NIV saya dapati ternyata motoronya adalah kaum LGBT yang hendak menempatkan NIV dan sejenisnya adalah palsu, karangan, sesat. Karena di dalamnya memuat hal yang jelas terhadap status LGBT sebagai dosa.
Orang fundamental dibilang ekstrimis segala emang kalau orang2 bukan liberal itu mau neror atau bunuh orang apa. Atau ente benci orang fundamental ?
Ya emang kaum LGBT itu masuk neraka semua siapa bilang mereka selamat. Lucunya baru kali ini ane dengar kalau pembela KJV adalah orang LGBT. Apa ente nuduh penerjemah2 alkitab di masa reformasi itu kaum LGBT semua ?
Apa ga kebalik tuh, justru gereja baptist independen yg kjv only melarang LGBT beribadah di gerejanya. Ane ga ngarang liat aja faithful word baptist church, stedfast baptist church, verity baptist church, word of truth baptist church.
Jangan ngasal, gw juga bisa asal ngetik kalau gereja ente dipenuhi kaum maho trus sama pastornya dibiarin aja mereka berkeliaran. Fokus sama topik bukan pake basa basi nuduh segala.
Bintang Timur adalah sebuah gelar, bukan nama diri.
Kalau di wahyu 22 jelas adalah gelar. Hanya Yesus yang punya gelar bintang timur. Di Yesaya 14:12 yg gelar itu putra fajar bukan bintang timur bos! Masa udah disebut bintang timur (gelar) disebut gelar lagi (putra fajar). Yang ada itu nama, gelar bukan gelar, gelar.

Tapi liat di Wahyu 22 b dan t huruf kecil. Pernah terlintas ga dipikiranmu kenapa di Yesaya 14:12 memakai B dan T huruf besar? Kenapa penerjemah tb lai ga make huruf kecil ?

Jawaban:

Karena di Yesaya 14:12 bintang timur yang dimaksud bukanlah gelar tapi nama dewa venus di dalam bhs Ibraninya bernama Helel ben-Shahar. Ane ga ngarang. Ini dari Wikipedia sendiri:

Shahar is the god of dawn in the pantheon of Ugarit. Shahar is described as a child of El along a twin, Shalim, the god of dusk. Both are gods of the planet Venus, and were considered by some to be a twinned avatar of the god Athtar. As the markers of dawn and dusk, Shahar and Shalim also represented the temporal structure of the day.

Di barat sendiri sudah ada dewa Venus dan planet Venus itu dinamakan Lucifer. Wikipedia:

Lucifer is a name that, according to dictionaries of the English language, refers to the Devil or to the planet Venus when appearing as the morning star.
As a name for the morning star, "Lucifer" is a proper name and is capitalized in English. In the Greco-Roman civilization the morning star was also personified and considered a pagan god.


Jelas Yesaya 14:12 kalau BT bukanlah gelar tapi nama.
Karena alasan inilah maka penerjemah ILT tidak menerjemahkan Helel ben-Shahar ke dalam bhs Indonesia. Tapi di Indonesia sepertinya belum ada nama dewa untuk planet Venus malah penerjemah TB LAI menerjemahan secara literal ke dalam bhs Indonesia yaitu bintang timur. Hal ini membuat orang2 awam mengira yg dimaksud Yesaya 14:12 adalah Yesus sendiri. Mereka mesti diberi penjelasan lebih dalam tentang subyek ini. Tapi jika TB LAI tetap memakai nama Helel ben-Shahar maka masalah ini ga akan terjadi dan orang2 akan lebih mudah memahami ayatnya.
« Last Edit: January 10, 2018, 11:27:13 PM by Bro Tarigan »
Syarat untuk selamat hanya percaya saja. Bukan dibaptis, bertobat dari dosa, rajin beribadah, makan roti & minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Inilah kabar baiknya: mudah masuk surga.

Kuasai Doktrin Alkitab di sini
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
January 10, 2018, 11:11:40 PM
Reply #17
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Gender: Male
  • KJV only, Fundamental, Militant, Anti-Catholicism
    • Kristen Fundamental
  • Denominasi: Baptist Independen
Ular Tua di Taman Eden juga bergelar Bintang Timur berdasarkan nubuat kitab Yesaya, dan Yesus Kristus juga memiliki gelar Bintang Timur dalam tulisan rasul Yohanes. Kita juga yang dipilih-Nya akan menerima gelar Bintang Timur juga dalam nubuat rasul Yohanes. Jadi gelar itu tidak hanya merujuk pada Ular Tua di Taman Eden saja yaitu Iblis, tetapi itu adalah gelar yang diberikan kepada mereka yang berdiri disamping penguasa. Yesus menerima gelar Bintang Timur karena Ia berdiri disamping kanan Allah Bapa dan kita menerima gelar Bintang Timur karena kita berdiri disamping Kristus saat memerintah dunia. Ular Tua di Taman Eden berdiri disamping Adam sebagai mahluk yang paling cerdik yang membantunya memerintah di Taman Eden.

Bos, orang2 fundamental paling ga bisa terima pendapat tanpa bukti kuat.

1. Di mana di sepanjang Yesaya 14 ada kata2 ular tua, taman eden, ular tuanya bergelar bintang timur?
2. Saya tidak nemu kata bintang timur di kitab kejadian dan kata2 ular tua taman eden pun tidak ada di
    Yesaya 14 di Alkitab manapun.
3. Masyarakat umum ketahui bahwa konteks Yesaya adalah nubuatan tentang malaikat yg jatuh dari surga
    atau bisa jadi nubuatan Raja Nebukadnezar bukan ular taman eden bos!
4. Yang ada bahwa Yesus menerima tongkat besi bukannya gelar. Ayatnya mana Yesus menerima gelar karena
    berdiri di samping kanan Bapa ?
5. Di Yesaya cuman ada kata ular kok. emang ular di dunia cuma 1 biji doang ya ular taman eden?
    kenapa ya ular taman eden suka dikait-kaitkan sama ular di Yesaya tanpa bukti kuat.

Memahami bahwa Bintang Timur disamatkan pada banyak orang, menunjukan bahwa itu bukanlah nama diri dari Ular Tua. Menyadari kalau Bintang Timur bukanlah sebuah nama tetapi gelar, maka kebodohan pertanyaan diatas seharusnya tidak perlu dilontarkan.

Ya kalau orang2 yg suka mendikte orang lain pasti bilang itu pertanyaan bodoh. Saya lebih berpihak Geneva bible, ILT, KJV yg diterjemahkan 54 ahli dengan memasukkan nama Lucifer di situ.
Karena Luficer itu nama kan ? sejak kapan Luficer itu gelar ? Di Wikipedia aja Lucifer itu nama kok.
Kok ga sekalian aja para penerjemah alkitab2 reformasi  atau ILT bikin kata Lucifer (gelar) pada gelar Yesus di Wahyu 22 bos ? Ayatnya menjadi "Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, lucifer yang gilang-gemilang."

2 Korintus 11:14, "Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang." Iblis dulunya adalah pembawa terang (Lucifer, Bintang Timur) namun sekarang bukan lagi Bintang Timur. Gelar itu bukan lagi milik Ular Tua namun ia tetap menyamar sebagai utusan pembawa terang (malaikat terang) untuk memperdaya dunia. Ada juga yang berpendapat nabi seberang salah satunya yang diperdaya sehingga menimbulkan kerusakan di dunia.

Saya tidak nemu di Alkitab manapun di mana ayat yg mengatakan iblis dicopot gelarnya sebagai bintang timur. Kalau pencopotan itu ketika pas BT jatuh dari surga di Yesaya 14, anda itu berfantasi sekali.

Kembali kepada Bintang Timur atau Lusifer. Sebenarnya ini pertanyaan anak Sekolah Minggu, dan bila sudah lulus Sekolah Minggu kebanyakan sudah paham apa yang dimaksudkan dengan Bintang Timur atau Lusifer.

Ini bukan pertanyaan anak sekolah Minggu bos.
Ane mah dulu sekolah minggu ga mikirin belajar agama yg penting main ama temen.
Mau gurunya ngajarin apa aja ditelen semua. Namanya aja bocah2 SD.
Ini pertanyaan cocoknya ditanyakan di tingkat kampus yg orang2nya emang pengen belajar dan kritis.
Anda kalau ngjarin anak2 bahwa manusia berasal dari monyet pun mereka akan telen.

Itu semua udah ane kasih pembahasan Yesaya 14:12. Terserah kalau anda masih ga mau nerima BT adalah nama, ga masalah buat ane bos dan jaga tu jari jangan main tuduh.
« Last Edit: January 10, 2018, 11:22:25 PM by Bro Tarigan »
Syarat untuk selamat hanya percaya saja. Bukan dibaptis, bertobat dari dosa, rajin beribadah, makan roti & minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Inilah kabar baiknya: mudah masuk surga.

Kuasai Doktrin Alkitab di sini
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
January 10, 2018, 11:16:17 PM
Reply #18
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Gender: Male
  • KJV only, Fundamental, Militant, Anti-Catholicism
    • Kristen Fundamental
  • Denominasi: Baptist Independen
Di sisi lain,
Krn ada kritik thd penerjemahan TR (seiring berjalannya waktu), maka orang-orang mulai mencari manuskrip yg lebih tua daripada text abad 12, Maka digunakanlah codex vaticanus dan codex sinaiticus yg berasal dari salinan manuskrip bahasa yunani abad 4.
Codex tersebut ditemukan di wilayah gereja-gereja timur lalu disimpan di vatikan (bukan ditemukan di vatikan).

Ralat bahwa Codex Sinaiticus baru ditemukan di Mesir tahun 1844 oleh Tischendorf (lho kok firman Allah yg bener adanya baru tahun 1844?)
Sekali lagi bahwa Allah itu Maha Penyayang, dia ingin umat2nya dari generasi ke generasi mendapat firman yg bener bukannya disimpan sama orang2 Vatikan.
Pastinya jika Codex Vaticanus itu firman Allah yg bener, Allah akan memunculkannya ke masyarakat sejak dulu kala.

Pd masa lalu Erasmus tidak memiliki akses ke vatikan shg ia tidak menggunakan salinan codex tsb.

Saya rasa salinan Majority Text yg bejibun sudah cukup.

Kelebihan codex tsb antara lain penulisannya mendekati masa gereja awal shg memperkuat klaim kedekatannya dg tulisan asli,

Ya kalau mau dijual ke museum itu adalah kelebihan tapi bagi orang2 percaya doktrin pemeliharaan firman Allah, usia naskah ga penting, yg penting apakah sudah beredar luas naskahnya atau tidak ?

tp kelemahannya dia lebih sedikit salinannya krn ditemukan pd wilayah dimana Kekristenan kurang berkembang.

Mungkin salinannya sedikit karena Allah ga perduli sama naskah ini ?
Syarat untuk selamat hanya percaya saja. Bukan dibaptis, bertobat dari dosa, rajin beribadah, makan roti & minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Inilah kabar baiknya: mudah masuk surga.

Kuasai Doktrin Alkitab di sini
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
January 10, 2018, 11:18:10 PM
Reply #19
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Gender: Male
  • KJV only, Fundamental, Militant, Anti-Catholicism
    • Kristen Fundamental
  • Denominasi: Baptist Independen
Kmudian diterjemahkanlah codex tsb dan dikenallah sbg critical text atau lebih populer disebut naskah Wescott-Hort.
Sejak penerbitannya, naskah WH lebih banyak digunakan daripada naskah TR krn prinsip textual criticism.

Puji Tuhan kita lahir di masa ini di mana firman Allah yg bener baru beres ditemukan! Begitukah?
Ntar ditemukan naskah Alkitab yg lebih tua lagi di Senegal trus TB LAI bakal ganti Alkitab kah?

Di Indonesia,
LAI menerjemahkan Alkitab ke bahasa Indonesia dengan berdasar pada naskah TR dan WH.
Apa yg ada di naskah TR yg tidak ada di naskah WH diberikan tanda kurung.

TB LAI lebih ke WH tapi ILT lebih ke TR.

Tentu saja ada golongan fanatik TR dan golongan fanatik WH yg masing-masing menjunjung tinggi produknya sendiri-sendiri.

Kaum TR mementingkan peredaran naskah.
Kaum WH mementingkan usia naskah.

Sementara itu di sisi lain, lebih banyak lagi umat Kristen yg mempelajari Alkitab dg membandingkan kedua naskah beriringan dan tidak saling mempertentangkan.

Ntar ane bikin thread judulnya list perbedaan kata di KJV & ILT vs TB LAI

Demikian ya Bro Tarigan.
Semoga bisa memberkati.
Sekian dari saya.
Sip. Thank you  :D
Syarat untuk selamat hanya percaya saja. Bukan dibaptis, bertobat dari dosa, rajin beribadah, makan roti & minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Inilah kabar baiknya: mudah masuk surga.

Kuasai Doktrin Alkitab di sini
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)