Author Topic: MAKNA DARI MUKJIZAT PERTAMA YESUS DI KANA  (Read 21692 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 27, 2020, 08:42:07 PM
Reply #530
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4385
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Menurut pendapatku, memahami mujizat Yesus di Kana sedalam apapun tidak akan mengubah fakta bahwa mujizat di Kana itu adalah pelayanan pertama secara publik oleh Tuhan Yesus. Mujizat di Kana itu terjadi walaupun kepada Maria ibuNya, Yesus sudah mengatakan "Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba."

Dengan logika manusia, mencermati perkataan Yesus itu menandakan bahwa Dia belum saatNya untuk melayani publik, dalam hal yang diharapkan Maria agar Yesus 'menyediakan anggur'. Tetapi, walaupun Yesus mengatakan belum saatNya, Yesus ternyata mengubah air menjadi anggur.

Kenapa bisa?

Patut diduga, karena para pelayan pesta mengikuti perkataan Maria, "Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!". Dalam hal itu, mujizat terjadi bukan karena mustajabnya perkataan Maria, melainkan karena mereka melakukan apa yang diperintah Yesus. Menurut pendapatku, dalam peristiwa mujizat Kana itu, bukan perkataan Maria yang mujarab, melainkan kuasa Tuhan Yesuslah yang ajaib penuh kasih.

Jadi, kupandang, Maria mengerti bahwa mematuhi Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, maka segala sesuatu akan menjadi indah. Faktor kemengertian Maria itu pula yang secara tidak langsung diberitahukan kepada pelayan pesta, dan pelayan pesta mengikutinya, mereka melakukan apa yang dikatakan (diperintahkan) Yesus, maka mujizat air menjadi anggur terlaksana.

Dengan demikian, mau mujizat yang terjadi karena permintaan Maria didalami lebih dalam, ato hanya membiarkannya berlalu, tidak akan mengubah Ketuhanan Yesus. Jadi, mau mengikuti perkataan Yesus ketika di salib yang mengatakan bahwa Maria adalah ibu dari murid yang dikasihiNya, atau memandang Maria hanya perempuan biasa, bebas-bebas saja.

Damai selalu tanpa pentung.
Amalkan Pancasila.
Kita adil, bangsa sejahtera.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)