Author Topic: Simbolisme Kekristenan di balik "The Lord of The Rings"  (Read 334 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 29, 2018, 01:32:45 PM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 480
  • Denominasi: Protestan
http://www.gracedepth.com/simbolisme-Kekristenan-di-balik-lord-rings/

Saya yakin kebanyakan dari kita tau The Lord of The Rings—beberapa sudah menonton trilogynya dan beberapa bahkan sudah membaca ketiga bukunya. Namun saya yakin, kebanyakan dari kita tidak sadar akan simbol-simbol Kekristenan yang terletak di dalam karya bikinan J.R.R.Tolkien ini. Tolkien adalah seorang percaya yang pada awalnya tidak bermaksud untuk mengabarkan Injil melalui ceritanya. Tetapi dia mengatakan bahwa di dalam proses pembuatan The Lord of The Rings, dia tersadar bahwa karakter dan alur cerita yang dia bikin sangatlah dipengaruhi oleh nilai-nilai Alkitab yang dia percayai. Berikut adalah beberapa simbol Kekristenan dalam Lord of The Ring yang dijelaskan oleh Peter Kreeft:

Gandalf Sang Penolong dan Pengarah
Di dalam kisah The Lord of The Rings, kita menemukan sebuah karakter yang sangat bijak dan kuat bernama Gandalf. Di tengah-tengah cerita ini, kita menemukan Gandalf melakukan peperangan besar dengan makhluk mengerikan bernama Balrog. Pada akhirnya, Gandalf mengorbankan nyawanya sehingga teman-temannya dapat melarikan diri dari cengkraman Balrog. Adegan ini menggambarkan Yesus Kristus yang menyerahkan dirinya untuk menyelematkan sahabat-sahabatnya (diriku dan dirimu) dari cengkraman maut.

Setelah adegan ini, kita melihat Aragorn dan para hobit terlihat sangatlah sedih—mereka kehilangan sahabat mereka dan juga harapan mereka. Tetapi, kita menemukan Gandalf bangkit kembali dari kematian. Dan Gandalf bangkit dengan kekuatan dan kemuliaan yang jauh lebih besar dari sebelumnya— ini menggambarkan kebangkitan Yesus Kristus yang bangkita dalam kemuliaan. Kita menemukan bahwa kebangkitan Gandalf ini menjadi sebuah dorongan besar untuk melanjutkan misi yang tadinya terlihat sudah kehilangan harapan—sama seperti bagaimana kebangkitan Yesus mendorong murid-muridNya untuk melanjutkan misi mereka dalam memberitakan Injil.


Tidak ada yang terjadi secara kebetulan di Middle Earth
“So do all who live to see such times. But that is not for them to decide. All we have to decide is what to do with the time that is given to us. There are other forces at work in this world Frodo, besides the will of evil. Bilbo was meant to find the Ring. In which case, you were also meant to have it. And that is an encouraging thought.” – Gandalf

Baca selengkapnya di:
http://www.gracedepth.com/simbolisme-Kekristenan-di-balik-lord-rings/

Add line atau instagram kami untuk mendapatkan notifikasi update renungan terbaru dari website kami.
Official Line: @pkx3578b (pakai @)
Instagram: @gracedepth
Instagram penulis: @revyhalim

Semoga renungan-renungan kami bisa menjadi berkat.God Bless! :D
January 29, 2018, 04:02:30 PM
Reply #1
January 30, 2018, 12:20:45 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
nyang beginian banyak loh.... ga cuma satu film itu aja....

komik One Piece juga ada simbolisasi Yesus :)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)