Author Topic: Maria tidak ada minta anaknya bikin mujizat  (Read 7331 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 02, 2018, 01:16:40 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1297
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Ikut ...!

Sorry nanya2 dulu, nih, Brodad!

Di pesa jamuan kawin itu tak ada Yusuf, apakah Maria telah janda?
Artinya, Yesus pernah bertanggung jawab sbg Bapak kampung di Nazaret
Segala persoalan tetek-bengek hidup rumah tangga kerap diatasi-Nya dgn baik.
Yesus sbg anak tertua, 30 thn, Maria kira2 45 thn, adik2 dan murid Yesus ada di situ

Salam Damai!
« Last Edit: February 02, 2018, 02:02:47 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
February 02, 2018, 05:01:19 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12649
    • fossil coral cantik
Ikut ...!

Sorry nanya2 dulu, nih, Brodad!

Di pesta jamuan kawin itu tak ada Yusuf, apakah Maria telah janda?
Karena kemungkinan2nya bisa cem-macem dgn tidak adanya info Yusuf hadir pada pesta di Kana tsb, maap - saya nggak bisa ngambil "most-likely"-nya apakah Maria telah janda ato belon saat di pesta Kana tsb, maren  :D.

Quote
Artinya, Yesus pernah bertanggung jawab sbg Bapak kampung di Nazaret
Pada asumsi logika sbb :

1. Tidak terbaca Yusuf hadir di pesta Kana
2. Karena tidak terbaca, itu artinya = Yusuf tidak hadir di pesta Kana tsb. Ketidak hadiran Yusuf di pesta Kana tsb, itu artinya Yusuf telah modar.
3. So, dari keluarga malang tsb, hanya janda Maria dan anaknya saja yang hadir di pesta Kana.

Tetep aja gak bisa nyampe ke logika selanjutnya yang berupa ungu, maren.
Tidak ada info yang bisa menuntun ke kesimpulan bhw keluarga malang tsb adalah keluarga RT/RW/"Bapak" dari sebuah kampung di Nazaret  :D

Probabilitasnya shg "most likely Maria adalah janda saat pesta di Kana" secara logika saya ?
tidak bisa saya ambil, karena secara peristiwa nyata - saya nggak bisa memutuskan diketika saya punya temen yg 5 taon yang lalu saya tau dia udah nikah punyai suami satu - 5 tahun kemudian ketemu dia sendirian pada suatu pesta - saya nggak bisa memutuskan "most likely suaminya udah modar - sekarang dia janda" hanya dengan argumen [suami-nya nggak ada di pesta bersama dia].



However,
Dengan demikian, artinya Yesus pernah bertanggung jawab sbg "ketua", tulang punggung di keluarga malang tsb

Setelah ber-asumsi spt ketiga point diatas ...  kalo logika selanjutnya berupa oranye diatas, ya masih bisa keterima. Logikanya begitu, diketika suatu keluarga udah nggak ada lagi suami/ayah - maka anak tertua (bukan balita yah) turut peran serta dalam urusan tetek-bengek hidup rumah tangga.

Quote
Segala persoalan tetek-bengek hidup rumah tangga kerap diatasi-Nya dgn baik.
Ya... kalo yang ini possible, pada asumsi ketiga point diatas ketika pesta di Kana tsb.

Quote
Yesus sbg anak tertua, 30 thn, Maria kira2 45 thn, adik2 dan murid Yesus ada di situ
1. Berdasarkan kisah di Kana - tidak bisa diketahui apakah saat pesta di Kana tsb Yesus sudah punya adik2 kandung atopun adik2 tiri atopun adik2 pungut atopun "adik2" dimana saya manggil sodara bukan kandung saya juga "adik".

2. Pada asumsi bhw ketika pesta di Kana tsb Yesus sudah punya adik2 atopun "adik2" --- namun tetep aja dari kisah di Kana itu sendiri, tidak pula bisa diketahui apakah mereka hadir di pesta Kana.

3. So, taroh kata kita ambil asumsi di nomor-1 bahwa ijo - maka adik2 atopun "adik2" Yesus juga hadir di pesta Kana mungkin2 aja.

Sementara, kalo yang murid2 ... ya ada infonya mereka hadir disitu  :happy0062:
« Last Edit: February 02, 2018, 05:05:22 PM by odading »
February 02, 2018, 06:30:21 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12649
    • fossil coral cantik
Nah, di situ juga pemahaman kita berbeda.
Kupikir, Maria bukan ngotot.
Itu ngotot KALO ngambil versi pengertian "My time" itu = saat gue untuk bikin mujizat, cinta.

Maria dikasih tau oleh penciptanya :
"hey Maria ciptaanKu, hari ini bukan saatnya gue bikin mujizat, TAU !"

Dan respond Maria selanjutnya :
eh para pelayan, do whatever he tells you.

Ya itu ngotot donk....
Dan berangkat dari yg kayak diatas, adalah "BENER" apabila Katolik memakai ayat tsb untuk menunjukkan kesaktian Maria.  :happy0062:

Yang nggak ngotot itu, respond Maria kayak gini :
oh begitu ya PenciptaKu ? oke deh ga usah penciptaKu bikin mujizat saat ini.

Quote
Maria percaya bahwa karena kasih Yesus, baik kepada tuan pesta maupun kepada tamu pesta, maka Yesus pasti mengubah air menjadi anggur.
Well... mao kayak apapun itu percayanya Maria, lah kalo udah dikasi tau oleh penciptanya bahwa saat itu bukan waktunya si pencipta Maria bikin mujizat, seyogyanya Maria nurut dan ngerti-in donk.

Quote
Karena itu, dengan yakin Maria bilang kepada pelayan pesta, "Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!"
Nope. Dengan berkatanya Maria spt demikian di ayat 5, ini menunjukkan bahwa Maria TIDAK YAKIN bhw [saat itu bukan saatnya pencipta dirinya tsb mengadakan mujizat] sesuai yang dikatakan ke ciptaanNya tsb di ayat 4.

Iya kan, cin ?

Quote
Dan jika dicermati pada tiap mujizat, pasti karena yang beroleh keberuntungan atas mujizat tersebut melakukan perbuatan
Ya iya itu. Perbuatan ngotot Maria ayat 5 yang tidak percaya perkataan penciptanya ayat 4 bhw [hari itu belon tiba saatnya pencipta dirinya melakukan mujizat], namun di ayat 6 ternyata penciptanya akhirnya ngalah ---> ini menunjukkan bahwa Maria sakti  :afro: :happy0062:.

Quote
Bukan. Bukan karena Maria ngotot, melainkan karena Maria percaya, maka Maria menyuruh pelayan pesta melakukan apa saja yang diperintah Yesus
Apabila Maria percaya perkataan penciptanya bhw [hari itu belon tiba saatnya pencipta dirinya melakukan mujizat], Maria tidak akan berbuat spt di ayat 5, cin.

Quote
Kita masih beda pemahaman di sana, dan kutangkap ada getar-getar @odading tidak mencoba melihat dari sudut pandang @Sotardugur Parreva.
Justru udah donk. Dan secara logika, KALO ngambil pengertiannya demikian - ya bener ayat terkait itu bisa dipakai untuk menunjukkan bahwa Maria sakti, cin.  :happy0062:

Dengan ketidak-percayaannya Maria thdp perkataan penciptanya di ayat 4 tsb, setelah tindakan Maria di ayat 5, Maria mampu membuat penciptanya menjadwal ulang, reschedule the time to do a miracle.

Sementara dilain sisi,
versi pengertian saya itu nggak bisa dipakai utk menunjukkan bahwa Maria sakti, karena versi saya thdp "My time" tidak ngambil pengertian yang didalam situasi kontradiksi. Setelah Maria bilang "anggurnya abis", respond Yesus mengenai "My time" itu TIDAK didalam pengertian [saat gue melakukan mujizat], melainkan [saat gue dimuliakan]---> dan tentunya ini NOT in a sense [saat gue mati dibunuh]  :D.

Quote
Tentang kepercayaan Maria, kupikir, bukan belakangan yang @odading maksudkan Maria percaya baru di ayat 5. Bukan.
Kan kita ngitungnya lewat perbuatan, cin. Versi saya udah saya ajukan di awal thread, itu ada di ayat 3. Ayat 5 itu mah ya cuma tindakan selanjutnya, follow up dari Maria.

bersambung.
February 02, 2018, 06:30:30 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12649
    • fossil coral cantik
Menurut @odading, sepenangkapanku, karena Maria ngotot. Menurut pemahamanku, karena Maria percaya, dan Maria mencoba menularkan kepercayaan itu kepada pelayan pesta.
Maria TIDAK PERCAYA dengan apa kata penciptanya dia, SP.

Penciptanya bilang (ayat 4):
saat gue melakukan keajaiban belon tiba, ciptaanKu

tindakan Maria yg terbaca di ayat 5 menunjukkan Maria TIDAK PERCAYA perkataan penciptanya di ayat 4 tsb.

Quote
Bukan.
Di atas sudah kukemukakan, kepercayaan Maria pada Yesus sudah dimulai sejak malaikat Gabriel
Ya... dan realitanya, tidak selalu Maria percaya apa kata penciptanya setelahnya itu.  :D

Quote
Sepenangkapanku, yang A. Kalimat Yesus di ayat 4 itu bukan penolakan
Mao itu dipendapati penolakan atopun kagak, tetep itu adalah kalimat informasi ... bahwa [hari ini BUKAN saatnya gue melakukan mujizat], SP. Apabila Maria percaya perkataan penciptanya tsb, maka Maria tidak akan bertindak spt di ayat 5.  :happy0062:

Quote
Kupikir, pada peristiwa pengubahan air menjadi anggur pada perkawinan di Kana itu, bukan semata-mata karena Maria adalah ibu Yesus
Saya tidak mengerti. Coba baca ini tulisan clay :
Dan terjadilah bahwa meski waktunya belum tiba bagi TUHAN untuk berkarya tetapi TUHAN YESUS  tidak kuasa menolak permintaan bundaNya

Q :
Ayat terkait dipakai sebagai topik tersendiri itu jadinya maksudnya untuk apa ?

oda, berdasarkan masukkan SP :
Untuk menunjukkan Maria adalah seorang perempuan beriman IDEM dgn perempuan2 lainnya ---> yang dimana KALO perempuan2 lainnya itu juga beriman, maka Yesus juga tidak kuasa menolak permintaan perempuan2 laen tsb.

BUT,
berdasarkan tulisan clay diatas ... I don't think so demikian spt biru yang clay maksudkan sehingga dia bikin thread khusus mengenai ayat ini. Yang clay tuliskan di thread tsb is NOT in the sense spt biru.

[Tidak kuasa menolak] di tulisan clay sehubungan dgn ayat pesta di Kana ---> it's in a sense :
HARUSnya begini, namun karena tidak kuasa menolak - JADInya begono.

[Tidak kuasa menolak] di tulisan clay sehubungan dgn ayat pesta di Kana ---> it's NOT in a sense :
Karena Maria adalah orang beriman

It's in a sense :
KALO ada perempuan2 lain yang beriman, ini masih bisa kemungkinan ditolak oleh Yesus ... namun tidak demikian itu akan terjadi pada diri Maria.

Kalimat "MESKI waktunya belum tiba", pada kosakata [meski] ---> ini sudah sedang menunjukkan kontra situasi.

So tulisan clay in a sense :
KALO itu BUKAN ibunya melainkan perempuan2 lainnya yang juga beriman, maka melakukan keajaiban tsb tidak akan Yesus lakukan, KARENA waktunya belon tiba. Namun karena ini ibunya, maka MESKI waktunya belon tiba, Yesus tidak kuasa menolak utk ngerubah jadwal waktunya to do a miracle.

Sementara versi cinta laen lagi...
versi cinta menuntun ke pengertian :
mao itu ibunya kek, perempuan laen kek ... selama itu orang beriman yang bilang spt di ayat 3 tsb - Yesus pasti tidak kuasa menolak utk ngerubah jadwal waktunya to do a miracle KARENA itu adalah permintaan orang beriman.

Quote
Ya, itulah yang kutangkap, kupahami, dan kuimani
Kok berbeda dengan clay yah ?
hehehe...  :char11:

:)
salam.
« Last Edit: February 02, 2018, 06:38:42 PM by odading »
February 04, 2018, 03:14:50 AM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2458
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Baklah. Kupikir, sudah cukup kuberikan pemahaman dan pengimananku.
Namun, untuk yang ini, ingin kutambahkan.
...
Sementara versi cinta laen lagi...
versi cinta menuntun ke pengertian :
mao itu ibunya kek, perempuan laen kek ... selama itu orang beriman yang bilang spt di ayat 3 tsb - Yesus pasti tidak kuasa menolak utk ngerubah jadwal waktunya to do a miracle KARENA itu adalah permintaan orang beriman.
Betul.
Siapa saja yang beriman, minta kepada Yesus, menurut keyakinanku, pasti dikabulkan.
Hanya saja, mungkin saja orang merasa dirinya sudah beriman penuh, tapi Tuhan lebih mengetahui orang itu daripada orang itu sendiri.

Kembali ke Maria.
Karena Marialah orang yang memelihara Firman Allah yang jadi manusia itu, mulai dari janin sampai pada peristiwa pesta kawin di Kana itu, maka Maria percaya bahwa kasih Tuhan kepada manusia begitu besarnya, melebihi dari apapun. Menurut pemahamanku, faktor orang pertama percaya itulah yang menjadi keunggulan Maria, ditambah dengan ketekunannya melakoni perkataannya, "Aku ini adalah hamba Tuhan, terjadilah padaku seperti perkataanmu itu," ketika dia menjawab Malaikat Gabriel.
Sementara orang-orang lain, mereka percaya kepada Yesus setelah Yesus mengadakan mujizat. Sebelum Yesus mengadakan mujizat, bahkan murid-Nya sendiri belum percaya sepenuhnya kepada Yesus Kristus. Bahkan setelah berulang kali mengadakan mujizat, ketika Yesus mengatakan bahwa Dialah roti hidup yang turun dari sorga, banyak yang tadinya sudah terhitung murid, pergi meninggalkan-Nya.
Nah, Maria tidak pernah meninggalkan Yesus. Maksudku, hati Maria tidak pernah meninggalkan Yesus. Sejak Yesus masih janin, sampai menghantar ke pemakaman, sampai menyaksikan Yesus terangkat ke sorga, Maria setia melakoni, "Aku ini adalah hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu itu." Itulah keutamaan Maria menurut pendapatku. Memang, selain karena faktor percaya itu, Marialah yang dipilih untuk melahirkan Yesus. Namun, pada poin mujizat di pesta kawin di Kana itu, Maria memperlihatkan bahwa dialah orang pertama yang percaya Yesus adalah Kristus. Orang-orang lain, percaya kemudian setelah itu. Kisah pesta perkawinan di Kana itu diakhiri dengan frasa, "..., dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya".

Quote
Kok berbeda dengan clay yah ?
hehehe...  :char11:
Manusiawi.

Quote
:)
salam.
Salam damai.
« Last Edit: February 04, 2018, 09:37:21 PM by Sotardugur Parreva »
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
February 04, 2018, 01:38:40 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 982
  • BIBLE IS TRUTH
Siapa saja yang beriman, minta kepada Yesus, menurut keyakinanku, pasti dikabulkan.

Siapa bilang begitu
Yesus dan Paulus saja pernah permintaannya ditolak Allah kok.
February 04, 2018, 09:37:42 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12649
    • fossil coral cantik
pada poin mujizat di pesta kawin di Kana itu, Maria memperlihatkan bahwa dialah orang pertama yang percaya Yesus adalah Kristus
Peristiwa di Kana, menunjukkan Maria tidak percaya apa kata penciptanya, SP.

Penciptanya bilang ke Maria "saat ini bukan saatnya saya bikin mujizat, belon".
Maria nggak percaya perkataan penciptanya tsb.


« Last Edit: February 04, 2018, 09:40:34 PM by odading »
February 04, 2018, 09:53:33 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2458
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Quote from: Sotardugur Parreva
Siapa saja yang beriman, minta kepada Yesus, menurut keyakinanku, pasti dikabulkan.
Siapa bilang begitu
Yesus dan Paulus saja pernah permintaannya ditolak Allah kok.
Lhoh, apakah @debat sudah rabun?
Atau, sudah tidak dapat membaca?
Mosok Yesus minta kepada Yesus? Konyol kamu @debat. ;D

Yang menulis begitu itu, yang @debat quote itu, ya tulisan @Sotardugur Parreva. ;D  :ashamed0004:

Mungkin di benak @debat yang konyol itu, menyimpulkan bahwa Yesus pernah meminta kepada Allah, dan ditolak, karena @debat membedakan Yesus dengan Allah, ya? Tapi itu sudah topik berbeda. Maksud @debat, tentang cawan penderitaan itu?

Memang konyol kau @debat. Yesus Kristus bilang, "Kehendak-Mulah yang terjadi".
Apa arti dari perkataan itu di nalarmu?
Itu artinya, Apapun yang terjadi, itulah kehendak Bapa, dan Bapa dengan Yesus adalah satu.

Salam damai.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
February 05, 2018, 03:22:22 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1297
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
kemungkinan2nya bisa cem-macem dgn tidak adanya info Yusuf hadir pada pesta di Kana tsb,
maap - saya nggak bisa ngambil "most-likely"-nya apakah Maria telah janda ato belon saat di pesta Kana tsb, maren  :D.

1. Berdasarkan kisah di Kana - tidak bisa diketahui apakah saat pesta di Kana tsb
Yesus sudah punya adik2 kandung atopun adik2 tiri atopun adik2 pungut atopun "adik2"
dimana saya manggil sodara bukan kandung saya juga "adik".


 :wink:
Info saudara Yesus hadir di Kana ada di ay.12, Bro,
Usia Maria sudah 30+15 = 45 thn, kira2-nya saat itu.
Kurasa adik2 Yesus sudah pd lahir pd usia spt itu, kan?

Mengenai Yusuf, kita sama2 bebas meraba2 di mana dia
Yg pasti undangan itu hrs kpd Yusuf, sbg kepala rumah tangga, diwakili Maria
Dan Yusuf tak mungkin sakit keras di Nazaret, jika semua anak2-nya ada di Kana
Dan setelah itu mereka malah nginep2 di Kapernaum, kota bisnis paling ramai di Utara.

Satu lagi yg pasti, bw tiga thn kemudian Maria memang janda,
Sebab Yesus menitipkan Maria kpd murid2-Nya saat di Gogota
Dan mungkin oleh sebab itu juga kuburan Maria jadi ada dua :

Yg satu ada kuburan Maria di Yerusalem, Yudea, tanah pusakanya
Yg ke dua ada di Epesus, sebab ia dibawa murid2 ke tanah penginjilan-nya
http://forumkristen.com/index.php?topic=62334.msg1220694#msg1220694

Dr kontradiksi itu difokuskan secara intensif, tubuhnya di angkat ke surga
Dan secara official hal itu dideklarasikan oleh Pius XII pd thn 1950,
Maka tubuh Maria resmi ada di surga diangkat sejak saat itu.

Salam Damai!
« Last Edit: February 01, 2019, 06:06:57 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
February 06, 2018, 12:30:02 AM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12649
    • fossil coral cantik
:wink:
Info saudara Yesus hadir di Kana ada di ay.12, Bro
Ya, di ayat 12 terbaca demikian. Dan tetep aja tidak bisa diketahui apakah saudara2nya tsb ada ato kagak di pesta, maren.

Begimana pula itu maren bisa memastikan bhw segera setelah bikin mujizat, rombongan Yesus tsb segeral CAO meninggalkan pesta menuju Kapernaum ?

Salah satu contoh bahwa "sesudah itu" tidak bisa dipastikan segera setelah event sebelumnya terjadi, menyusul event selanjutnya.

Malem2 Yesus didatengin Nikodemus.
Kalimat terakhir Yesus kepada Nikodemus adalah sbb : (21) tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah.

ayat 22 tulis :
(22) Sesudah itu Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke tanah Yudea dan Ia diam di sana bersama-sama mereka dan membaptis.

Nah... apa maren bisa memastikan bahwa segera setelah berkata di ayat 21, Yesus + rombongan langsung cao meninggalkan Nikodemus ?

Mungkinkah demikian ?
Iya... mungkin.
Tapi mungkin juga diantara ayat 21 dan 22 itu terdapat jeda waktu yang tidak bisa diketahui brapa lama.
Mungkin ada event Nikodemus pulang, ada event tidur/istirahat, ada event Yesus kencing, dlsb .... sesudah itu barulah Yesus+rombongan ke tanah Yudea.

Contoh laen.
Yesus menyembuhkan anak pegawai istana, hari Senin jam 1 siang Yesus berkata ke pegawai tsb : (50) Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, anakmu hidup!"

Orang itu percaya akan perkataan yang dikatakan Yesus kepadanya, lalu pergi.

(51) Ketika ia masih di tengah jalan hamba-hambanya telah datang kepadanya dengan kabar, bahwa anaknya hidup.

(52) Ia bertanya kepada mereka pukul berapa anak itu mulai sembuh. Jawab mereka: "Kemarin siang pukul satu demamnya hilang."

(53) Maka teringatlah ayah itu, bahwa pada saat itulah Yesus berkata kepadanya: "Anakmu hidup." Lalu iapun percaya, ia dan seluruh keluarganya.

(54) Dan itulah tanda kedua yang dibuat Yesus ketika Ia pulang dari Yudea ke Galilea.


(1) Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem.


Nah... apakah maren bisa memastikan bahwa segera setelah Yesus berkata ke si pegawai hari Senin jam 1 siang tsb, segera itu pula Yesus langsung berangkat ke Yerusalem ?


Mungkinkah demikian ?
Iya... mungkin.
Tapi mungkin juga setelah Yesus berkata ke si pegawai hari Senin jam 1 siang tsb, masih terdapat jeda waktu lagi yang gak bisa dipastikan. Mungkin terjadi event Yesus tidur, Yesus mandi, Yesus pulang dulu ke rumah ngaso, dlsb .... barulah sesudah itu Yesus berangkat ke Yerusalem yang mungkin2 saja lokasi keberangkatan-nya itu sudah berbeda dengan lokasi diketika Yesus berkata ke si pegawai jam 1 siang tsb. Bahkan mungkin juga harinya sudah berbeda.

Kalo masih kurang, tak lanjut....
Setelah tiba di Yerusalem, Yesus menyembuhkan orang di hari Sabat.
Kalimat Yesus yg terbaca sbb : (47) Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?"

Pada asumsi Yohanes 5:47 itu masih di hari yang sama (hari Sabat) dan di tempat yang sama (yakni Bait Allah tempat Yesus bertemu dgn orang yg disembuhkan) , Yoh 6:1 nya tulis begini :
Sesudah itu Yesus berangkat ke seberang danau Galilea, yaitu danau Tiberias.

Nah, apakah maren bisa memastikan bhw segera setelah dari Bait Allah - setelah Yesus berkata di ayat 47..... bertolak dari Bait Allah, Yesus segera langsung CAO ke Tiberias ?

Mungkinkah demikian ?
Iya... mungkin.
Tapi mungkin juga setelah Yesus berkata pada hari Sabat di Bait Allah tsb, masih terdapat jeda waktu lagi yang gak bisa dipastikan. Mungkin terjadi event Yesus tidur, Yesus mandi, Yesus pulang dulu ke rumah ngaso, dlsb .... barulah sesudah itu Yesus berangkat ke Tiberias yang mungkin2 saja titik tolak-nya bukan dari Bait Allah.

bersambung
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)