Author Topic: Dari manakah asal keberanian Daud menghadapi Goliat?  (Read 447 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 11, 2018, 12:42:28 PM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 480
  • Denominasi: Protestan
http://www.gracedepth.com/dari-manakah-asal-keberanian-daud-menghadapi-goliat/

Pada suatu hari, ada seorang prajurit bertubuh raksasa dari Filistin bernama Goliat yang menantang Bangsa Israel untuk sebuah pertarungan satu lawan satu dimana pemenang mendapatkan segalanya. Namun, tidak ada satu pun yang berani maju berperang melawan Goliat oleh karena perbedaan tubuh mereka dengan Goliat—mereka takut dengan Goliat yang memiliki tubuh yang jauh lebih besar dari mereka.

Singkat cerita, ada seorang bernama Daud yang diperintahkan oleh ayahnya untuk membawa bekal bagi saudara-saudaranya yang berada di kemah peperangan. Ketika Daud sedang mangantar bekal untuk saudara-saudaranya, dia mendengar seruan Goliat yang meremehkan Bangsa Israel dan Tuhan, dan hal ini membuat Daud sangat kesal.

Daud lalu menghadap Goliat dan menerima tantangan dari Goliat. Daud bukanlah seorang bertubuh besar dan dia juga bukan seorang prajurit; dia hanyalah seorang gembala domba yang bertubuh kecil. Tetapi pada akhirnya, Daud berhasil mengalahkan Goliat menggunakan ketapel dan lima buah batu.

 

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa cerita ini mengajarkan kita untuk bisa menjadi seorang yang berani seperti Daud; namun sesungguhnya, cerita ini bukanlah tentang Daud dengan keberaniannya. Keberanian Daud ini bukanlah berasal dari keyakinan Daud atas kekuatan fisiknya atau kemampuannya dalam berperang. Ada hal lain yang memberikan Daud keberanian dalam melawan raksasa bernama Goliat ini, yaitu: Iman kepada Tuhan.

Alasan Bangsa Israel tidak berani melawan Goliat adalah karena mereka tidak memiliki iman yang besar kepada Tuhan mereka, sedangkan alasan David berani melawan Goliat adalah karena ia memiliki iman yang besar kepada Tuhan. Ketika Daud maju berperang, dia tidak berpikir bahwa kemampuan dia akan cukup untuk mengalahkan Goliat, melainkan dia berpikir bahwa Tuhan yang bersamanya lah yang akan membantu dia mendapatkan kemenangan itu.

“Kisah dari Daud bukanlah kisah tentang keberanian Daud, melainkan kisah tentang kekuatan dan kesetiaan Tuhan. Daud tidaklah self-confident, melainkan God-confident.”

baca selengkapnya di:
http://www.gracedepth.com/dari-manakah-asal-keberanian-daud-menghadapi-goliat/

Add line atau instagram kami untuk mendapatkan notifikasi update renungan terbaru dari website kami.
Official Line: @pkx3578b (pakai @)
Instagram: @gracedepth
Instagram penulis: @revyhalim

Semoga renungan-renungan kami bisa menjadi berkat.God Bless! :D
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)