Author Topic: Allah yang jatuh cinta kepada materi  (Read 932 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 11, 2018, 03:40:11 PM
Reply #10
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 57
  • Denominasi: Protestan
Berkaitan dengan topik dari bro Clay tentang solidaritas, dan juga pertanyaan saya yang sebenarnya sudah lama ada, maka saya coba merumuskan pertanyaan-pertanyaan saya ini.

1. Apakah benar bahwa Allah (sepertinya) jatuh cinta (atau katakanlah mencintai) materi yang berwujud?

Allah dipahami sebagai roh, dan roh tentu saja tidak berwujud, sekalipun terkadang dapat mewujud. Dalam Alkitab, Allah menyatakan dirinya sebagai "Aku ada" kepada Musa, dan akhirnya mengambil wujud sebagai Manusia melalui Yesus Kristus. Dari kata "solider" yang berkaitan dengan makna "padat" atau "solid", sangat tampak bahwa Sesuatu yang bersifat immaterial ini (sepertinya) ingin "memadat" dalam wujud materi.


2. Mengapa kira-kira Allah (sepertinya) jatuh cinta (atau katakanlah mencintai) materi yang berwujud?

Tentu saja ini pertanyaan yang mustahil dijawab karena siapakah yang dapat memahami Allah selain Roh-Nya sendiri? Namun sebagai manusia, paling tidak saya berusaha menduga-duga, mengapa demikian. Apakah yang begitu menarik pada materi yang berwujud sehingga Allah harus "memadatkan" diri-Nya? 

Silakan.

ALLAH JATUH CINTA PADA MATERI

SAYA SAMASEKALI TIDAK MELIHAT ALLAH DALAM ALKITAB JATUH CINTA KEPADA MATERI HANYA KARENA DI DALAM KRISTUS YESUS IA MENJADI MANUSIA, KARENA TUJUANNYA SBB:

Kej 1:27  Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Kej 3:7  Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.
Kej 3:8  Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.
Kej 3:9  Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: "Di manakah engkau?"
Kej 3:10  Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi."
PADA SAAT ITU MANUSIA TIDAK LAGI BISA BERKOMUNIKASI LANGSUNG DENGAN ALLAH KARENA ROHNYA MATI SEHINGGA MEREKA DIUSIR DARI TAMAN EDEN

Kej 3:15  Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."
Kej 3:16  Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."
Kej 3:17  Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:
Kej 3:18  semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;
Kej 3:19  dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."

Yoh 3:16  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
INILAH ALASANNYA MENGAPA YESUS DATANG KE DUNIA YAITU UNTUK MEMULIHKAN HUBUNGAN ANTARA ALLAH DENGAN MANUSIA DENGAN MENGHIDUPKAN KEMBALI ROHNYA SEBAGAIMANA YANG YESUS NYATAKAN DALAM Yoh.3:5-7
Joh 3:3  Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."
Joh 3:4  Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"
Joh 3:5  Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
Joh 3:6  Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.
Joh 3:7  Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.






May 12, 2018, 07:13:58 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8870
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
Thanks bro-bro atas masukannya. Pertanyaan saya berkaitan dengan topik ini, jika benar bahwa Allah jatuh cinta kepada materi, atau bahwa dunia materi adalah perwujudan kasih Allah, apakah dapat dikatakan bahwa Allah sebenarnya membutuhkan dunia materi?
Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.
May 13, 2018, 11:47:53 AM
Reply #12
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6290
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Thanks bro-bro atas masukannya. Pertanyaan saya berkaitan dengan topik ini, jika benar bahwa Allah jatuh cinta kepada materi, atau bahwa dunia materi adalah perwujudan kasih Allah, apakah dapat dikatakan bahwa Allah sebenarnya membutuhkan dunia materi?

Mgkn ptanyaan ini muncul krn kita sbg manusia fana sjak lahir sudah mwarisi kondisi Adam, kita hanya bisa mbedakan yg materi dg non-materi, atau lebih tepatnya: bagi kita materi harus beda dg spiritual.

Makanya kalimat di atas muncul: apakah Allah mbutuhkan dunia materi.
Logikanya, jika kita myakini dunia materi ini diciptakan Allah, dan jika Allah dg mudah bisa bekerja melampaui/merekayasa hukum materi, maka bagi Allah tidak ada yg namanya materi dan spiritual. Smua baginya adalah sama dalam dimensiNya.

Kita sajalah yg hanya tau dunia materi, tdk paham dunia spiritual, apalagi dimensi Tuhan yg transenden, beyond comprehension.

Tuhan memerlukan kita manusia sbg subyek kasihNya.
Pd saat kita manusia sudah jadi mahluk spiritual di sorga nanti, kasih Tuhan pd kita tidak akan berubah.

« Last Edit: May 15, 2018, 08:53:19 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
May 14, 2018, 11:18:18 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8932
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
ini nih, pertanyaan yang saya pikir top list yang akan saya tanyakan kalo dapat kesempatan ketemu Yesus kelak :)

"Apakah Allah butuh manusia"

yang bilang butuh ada dasarnya
yang bilang ga butuh juga ada dasarnya

so saya pribadi ga bisa jawab pertanyaan ini secara pasti sih

cuma yang saya bisa yakin menjawab adalah :
Allah udah jelas mau bergaul dengan manusia, Dia ga cuma ngomong tapi udah jelas menunjukkan perbuatan nyataNya
manusianya mau gak?

:) :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 18, 2018, 09:13:21 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8870
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
Mgkn ptanyaan ini muncul krn kita sbg manusia fana sjak lahir sudah mwarisi kondisi Adam, kita hanya bisa mbedakan yg materi dg non-materi, atau lebih tepatnya: bagi kita materi harus beda dg spiritual.

Makanya kalimat di atas muncul: apakah Allah mbutuhkan dunia materi.
Logikanya, jika kita myakini dunia materi ini diciptakan Allah, dan jika Allah dg mudah bisa bekerja melampaui/merekayasa hukum materi, maka bagi Allah tidak ada yg namanya materi dan spiritual. Smua baginya adalah sama dalam dimensiNya.
Saya mencoba memahami masukan anda.
Jika bagi Allah materi dan spiritual adalah sama saja, mengapa dalam iman Kristen ada kebangkitan tubuh?
Saya asumsikan bahwa kerangka berpikir ini masih berada dalam pemahaman iman Kristen yang percaya akan kebangkitan tubuh. Tubuh yang baru ini sepertinya bukan berwujud roh, karena dalam Kitab Suci dijelaskan tentang segala sesuatu yang baru, mulai dari tubuh yang baru, sampai ke langit dan bumi baru. Dan sepenangkapan saya, itu semua tentunya bukan spiritual tapi memiliki wujud. Wujud ini yang saya maksud dengan materi.


Kita sajalah yg hanya tau dunia materi, tdk paham dunia spiritual, apalagi dimensi Tuhan yg transenden, beyond comprehension.
Dan akhirnya yang tersisa adalah pertanyaan ;D

Tuhan memerlukan kita manusia sbg subyek kasihNya.
Pd saat kita manusia sudah jadi mahluk spiritual di sorga nanti, kasih Tuhan pd kita tidak akan berubah.
Saya jadi inget Superman II saat Zod berkata tentang Superman,

General Zod: This Superman is nothing of the kind. You see, I've discovered his weakness. He cares. He actually cares for these Earth people.

Ursa: Like pets?

General Zod: I suppose so.

https://www.quotes.net/mquote/93640

Kadang menakutkan juga bagi saya bahwa kepedulian (atau katakanlah kasih) mengimplikasikan (juga)  kelemahan..

Bagaimana menurut anda bro?
Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.
May 18, 2018, 09:16:39 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8870
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
ini nih, pertanyaan yang saya pikir top list yang akan saya tanyakan kalo dapat kesempatan ketemu Yesus kelak :)

"Apakah Allah butuh manusia"

yang bilang butuh ada dasarnya
yang bilang ga butuh juga ada dasarnya

so saya pribadi ga bisa jawab pertanyaan ini secara pasti sih
Batu karang dan pasir sama-sama bisa dijadikan dasar. Jika dibangun rumah diatasnya, tinggal tunggu mana yang rubuh duluan kan?
 ;D

cuma yang saya bisa yakin menjawab adalah :
Allah udah jelas mau bergaul dengan manusia, Dia ga cuma ngomong tapi udah jelas menunjukkan perbuatan nyataNya
manusianya mau gak?

:) :)
Eh, tapi manusia juga banyak loh yang sudah menunjukkan perbuatan nyata mereka.
Ambil contoh Henokh dan Elia. Bukankah mereka sudah menyatakan perbuatan mereka?
Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.
May 19, 2018, 09:43:41 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8932
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Batu karang dan pasir sama-sama bisa dijadikan dasar. Jika dibangun rumah diatasnya, tinggal tunggu mana yang rubuh duluan kan?
 ;D

tinggal yang mana karang yang mana pasir kan :)
mau mastiin 100% juga agak syusyah
biasanya masing2 percaya dirinya sendiri diatas karang ;D

bisa juga karena usia rohani masing2
karena itu orang yang kuat imannya disuruh menerima yang lemah imannya tanpa mempercakapkan pendapatnya :)

Eh, tapi manusia juga banyak loh yang sudah menunjukkan perbuatan nyata mereka.
Ambil contoh Henokh dan Elia. Bukankah mereka sudah menyatakan perbuatan mereka?

banyakan yang mati di padang gurun dan air bah broh :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 19, 2018, 01:22:37 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8870
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
banyakan yang mati di padang gurun dan air bah broh :)
Kalo menurut Kitab Suci banyak broh...

Ibr 12:1  Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

saksi disitu kata dasarnya adalah μάρτυς

https://www.blueletterbible.org/lang/lexicon/lexicon.cfm?t=kjv&strongs=g3144

Itu saja di abad pertama. Kalo dihitung sampai abad 21 bisa jadi awan badai bro...
Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.
May 22, 2018, 01:47:38 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2213
Berkaitan dengan topik dari bro Clay tentang solidaritas, dan juga pertanyaan saya yang sebenarnya sudah lama ada, maka saya coba merumuskan pertanyaan-pertanyaan saya ini.

1. Apakah benar bahwa Allah (sepertinya) jatuh cinta (atau katakanlah mencintai) materi yang berwujud?

Allah dipahami sebagai roh, dan roh tentu saja tidak berwujud, sekalipun terkadang dapat mewujud. Dalam Alkitab, Allah menyatakan dirinya sebagai "Aku ada" kepada Musa, dan akhirnya mengambil wujud sebagai Manusia melalui Yesus Kristus. Dari kata "solider" yang berkaitan dengan makna "padat" atau "solid", sangat tampak bahwa Sesuatu yang bersifat immaterial ini (sepertinya) ingin "memadat" dalam wujud materi.


2. Mengapa kira-kira Allah (sepertinya) jatuh cinta (atau katakanlah mencintai) materi yang berwujud?

Tentu saja ini pertanyaan yang mustahil dijawab karena siapakah yang dapat memahami Allah selain Roh-Nya sendiri? Namun sebagai manusia, paling tidak saya berusaha menduga-duga, mengapa demikian. Apakah yang begitu menarik pada materi yang berwujud sehingga Allah harus "memadatkan" diri-Nya? 

Silakan.

Tidak ada istilah memadatkan didalam Alkitab melainkan Allah inkarnasi menjadi manusia.

Roh tetaplah Roh tidak bisa menjadi padat bung !
May 22, 2018, 04:30:17 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10323
Tidak ada istilah memadatkan didalam Alkitab melainkan Allah inkarnasi menjadi manusia.

Roh tetaplah Roh tidak bisa menjadi padat bung !

sok tau lo...

di alkitab aja tidak ada istilah "solascriptura".. tapi elo tetep maksa katanya itu Firman Tuhan...
ahahaha....
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)