Author Topic: Penggolongan Kekristenan berdasarkan Yakin/Kurang Yakin masuk Surga  (Read 1143 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 17, 2018, 10:54:07 AM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 298
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Sekarang aku mengerti bahwa didasarkan kepada yakin/kurang yakinnya masuk Surga Kekristenan dapat digolongkan ke dalam tiga bagian..
1. Yang paling yakin masuk Surga (prosentase 99,99% (atau 100%  :D), unsur perbuatan 0%) --> Gereja Reformed aka Kalvinis. Ada juga yg menyebut fundamentalis, kayak GKY dll.
2. Yakin (tapi bla bla bla, prosentase keyakinan 95%, perbuatan 5%) --> Gereja Arminianis kayak Methodist, Kharismatik, dll
3. Yakin tidak yakin (prosentase keyakinan 60%, karena ada unsur perbuatan 40% yg juga ditekankan) --> Katolik

Apakah aku salah dalam hal urutannya? Apa pendapat anda?
« Last Edit: May 17, 2018, 11:02:39 AM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
May 17, 2018, 11:26:25 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9061
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
wkwkwkwk, ga gitu2 amat lah

soal yakin semua Kristen baik Protestan ataupun Katolik pada dasarnya yakin apapun denominasinya

hanya ada beberapa yang lebih menekankan ke iman
ada yang lebih seimbang dalam iman dan perbuatan
ada yang kelihatannya lebih menekankan perbuatan

pada dasarnya iman dan perbuatan itu kalo menurut saya adalah satu

iman tanpa perbuatan = sia2
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 17, 2018, 11:51:44 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 543
  • There is none like You
prinsipnya Kekristenan itu sederhana,

kita diselamatkan karena iman.
nah dengan iman itu akan menghasilkan buah2 perbuatan.
jadi non sense iman tanpa perbuatan.
makanya pada surat yakobus dikatakan iman tanpa perbuatan sama dengan mati.

nah yang kadang menjadi kekeliruan adalah menjadi penggeseran makna keselamatan seolah-olah iman+perbuatan.

atau lebih parah lagi ada argument begini..
lho bila selamat karena iman, berarti setelah percaya berbuat aja semaunya.

nah ini namanya begoo..alias oon..

huahahahaha...

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
May 17, 2018, 12:11:15 PM
Reply #3
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 185
  • Gender: Male
  • King James Bible, Fundamentalis, Militan
    • Baptis Militan
  • Denominasi: Baptis Independen (Anabaptis)
Gereja orang tua saya yg kalvinis yg juga gereja kalvinis terbesar di Indonesia, pendeta dan penatuanya ga yakin masuk surga. Ada gereja kalvinis yg mengajarkan harus bertahan agar selamat dari Matius 24:13. Jadi mereka ga begitu yakin.
Syarat agar selamat hanya percaya. Bukan dibaptis, tobat dari dosa, rajin ibadah, makan roti minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Ini kabar baiknya: mudah masuk surga.

Pelajari doktrin Alkitab secara mendalam di sini:
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
May 17, 2018, 01:04:49 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 790
  • Denominasi: Protestan
Kalo ada yang 100% yakin oleh karena iman, telah diselamatkan,
trus pada akhirnya berbuat bunuh diri karena yakin setelah mati masuk surga,

Atau lebih parah lagi, meyakini setiap orang berbuat bunuh diri yang "seiman" dengannya,
setelah mati masuk ke surga maka,

Udah sangat jelas lebih-lebih dari begooo alias oonnn alias goblognya ga ketulungan.


Wkwkwkwkwkwkwk.
May 17, 2018, 01:11:31 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9061
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Yesus mengorbankan diri sendiri supaya banyak orang masuk sorga
Teroris mengorbankan banyak orang supaya diri sendiri masuk sorga

be like Jesus :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 17, 2018, 01:15:53 PM
Reply #6
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6335
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Itu personal org per org pasti bervariasi jwbannya,
Ada yg yakin, ada yg ngga, ada yg fifty fifty, ada yg gak mau jawab, ada yg gak ngerti, ada jg yg ga peduli.

Tp kl spanjang doktrin resmi, smua akan sepakat sudah selamat krn keselamatan bukan krn perbuatan.

Cuma bgmn cara doktrin itu disampaikan, lagi-lagi tgantung individu tiap org
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
May 17, 2018, 01:17:47 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Susah kalau dibikin presentase antara iman dan perbuatan.
Semua orang Kristen kalau ditanya pasti bilang keselamatan itu adalah anugerah melalui iman. Jadi 100% karena anugerah oleh iman. Karena itu tertulis jelas di alkitab.

Seharusnya gak ada masalah kalau semua mau berpegang pada kebenaran ini.
Cuman karena ketakutan 'Kalau keselamatan hanya oleh iman, maka nanti pada berbuat semaunya gak mau berbuat baik' maka munculah pengertian-pengertian yang mencoba melengkapi apa yang dinyatakan alkitab.
Seperti misalnya:
- Kalau gak ada perbuatan berarti imannya palsu. Jadi gak selamat.
- Kalau gak ada perbuatan maka gak selamat, maka jadilah iman+perbuatan.
- Keselamatan hanya oleh iman, tapi harus dipertahankan dengan perbuatan baik. Kalau tidak maka bisa hilang.
dan berbagai-bagai pengertian lain yang mencoba melengkapi hal yang sudah dinyatakan di alkitab.


bersambung....
« Last Edit: May 17, 2018, 01:45:37 PM by alephtav »
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
May 17, 2018, 01:24:26 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Yg jelas, pada akhirnya bukan setiap orang yang berseru kepada Yesus: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa yang di sorga.

Dan

Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.

Jadi terserah, mau yakin kek mau ge-er kek... nantinya itulah yg akan terjadi

Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
May 17, 2018, 01:45:41 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Sambungan...

Nah, biasanya untuk membenarkan pandangannya, dipakailah ayat-ayat misalnya di Yakobus "Iman tanpa perbuatan adalah mati". Padahal ada ayat lain yang berkata "Tetapi kalau ada orang yang tidak bekerja, namun percaya kepada Dia yang membenarkan orang durhaka, imannya diperhitungkan menjadi kebenaran."

Atau ayat, "bukan setiap orang yang berseru kepada Yesus: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga" Padahal ada ayat juga "Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan."

Jadi gak bisa cuma cuplik ayat keluar dari konteks.
Jadinya muncul ajaran yang plin-plan, "Keselamatan tidak tergantung perbuatan, tapi kalau gak ada perbuatan tidak akan selamat"

If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)