Author Topic: Penggolongan Kekristenan berdasarkan Yakin/Kurang Yakin masuk Surga  (Read 1149 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 17, 2018, 01:47:37 PM
Reply #10
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 298
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Gereja orang tua saya yg kalvinis yg juga gereja kalvinis terbesar di Indonesia, pendeta dan penatuanya ga yakin masuk surga. Ada gereja kalvinis yg mengajarkan harus bertahan agar selamat dari Matius 24:13. Jadi mereka ga begitu yakin.
wah kalo kayak gini dia uda melenceng dari kalvinis yg murni om...
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
May 17, 2018, 01:55:26 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
dirangkum aja semua, semuanya adalah kebenaran kok
jangan cuma "berat sebelah" ke satu sisi ayat aja :)
semuanya harus diterima sebagai kebenaran

keselamatan adalah anugrah oleh iman
Lalu percayalah Abraham kepada Tuhan, dan Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran
iman tanpa perbuatan adalah mati
kalau cuma percaya doang dikatakan iblis juga percaya
manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman.

gak perlu ada ketakutan untuk memberitakan apa adanya :)
« Last Edit: May 17, 2018, 01:58:24 PM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 17, 2018, 02:23:55 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Orang yg menulis kalimat berikut:
"Tetapi kalau ada orang yang tidak bekerja, namun percaya kepada Dia yang membenarkan orang durhaka, imannya diperhitungkan menjadi kebenaran."
"Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan."


Adalah orang yg sama dgn yg menulis kalimat berikut:
"Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api."


Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
May 17, 2018, 03:13:02 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
dirangkum aja semua, semuanya adalah kebenaran kok
jangan cuma "berat sebelah" ke satu sisi ayat aja :)
semuanya harus diterima sebagai kebenaran

keselamatan adalah anugrah oleh iman
Lalu percayalah Abraham kepada Tuhan, dan Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran
iman tanpa perbuatan adalah mati
kalau cuma percaya doang dikatakan iblis juga percaya
manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman.

gak perlu ada ketakutan untuk memberitakan apa adanya :)
Percayanya iblis itu tidak sama dengan percayanya Abraham.
Iblis cuma percaya ada satu Tuhan. Abraham percaya Allah yang membenarkan orang durhaka.

Harus beritakan apa adanya sesuai dengan yang dikatakan alkitab. Termasuk urutannya.
Bagian manusia itu adalah BERIMAN/PERCAYA. Lalu iman ini akan menghasilkan perbuatan.

Jangan dibikin-bikin sendiri bilang "kalau percaya doang iblis juga percaya". Lalu dibilang "berat sebelah". Lalu dibikin ajaran harus berbuat baik pake ayat :

"manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman."

Padahal ada tertulis:

Sebab jikalau Abraham dibenarkan karena perbuatannya, maka ia beroleh dasar untuk bermegah, tetapi tidak di hadapan Allah.

Beritakan apa adanya sesuai konteks. Jangan dirangkai-rangkai sendiri.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
May 17, 2018, 03:16:45 PM
Reply #14
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 185
  • Gender: Male
  • King James Bible, Fundamentalis, Militan
    • Baptis Militan
  • Denominasi: Baptis Independen (Anabaptis)
wah kalo kayak gini dia uda melenceng dari kalvinis yg murni om...
Bagaimanapun juga organisasi gereja kalvinis tsbt sudah menyeleksi dan mempercayakan posisi pendeta kepada dia.  Apa dia mesti dipecat krn melenceng atau organisasi gerejanya yg melenceng atau osas memang bukan yg diajarkan kalvin.
Syarat agar selamat hanya percaya. Bukan dibaptis, tobat dari dosa, rajin ibadah, makan roti minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Ini kabar baiknya: mudah masuk surga.

Pelajari doktrin Alkitab secara mendalam di sini:
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
May 17, 2018, 03:20:48 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
"Allah yang membenarkan orang durhaka" itulah yg dipercaya sebagai Allah oleh setan2 yg ga ada perbuatan baiknya

Dan nas yang mengatakan: "Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." menjadi genap setelah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah

Jadi dapat dilihat bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.


Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
May 17, 2018, 04:05:56 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
"Allah yang membenarkan orang durhaka" itulah yg dipercaya sebagai Allah oleh setan2 yg ga ada perbuatan baiknya

Dan nas yang mengatakan: "Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." menjadi genap setelah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah

Jadi dapat dilihat bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.
Nah, bener kan apa yang saya katakan di awal.
Banyak sekali yang susah percaya apa adanya yang tertulis di alkitab.
Sudah sangat amat jelas sekali ditulis manusia dibenarkan oleh iman, bukan perbuatan, tapi masih aja dipaksain harus ada perbuatan.

Sampe bilang yang percaya "Allah yang membenarkan orang durhaka" itu kayak setan. Padahal alkitab menulis yang percaya itu adalah Abraham.

Ini ayatnya:
4:2 Sebab jikalau Abraham dibenarkan karena perbuatannya, maka ia beroleh dasar untuk bermegah, tetapi tidak di hadapan Allah.
4:3 Sebab apakah dikatakan nas Kitab Suci? "Lalu percayalah Abraham kepada Tuhan, dan Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran."
4:4 Kalau ada orang yang bekerja, upahnya tidak diperhitungkan sebagai hadiah, tetapi sebagai haknya.
4:5 Tetapi kalau ada orang yang tidak bekerja, namun percaya kepada Dia yang membenarkan orang durhaka, imannya diperhitungkan menjadi kebenaran.
4:6 Seperti juga Daud menyebut berbahagia orang yang dibenarkan Allah bukan berdasarkan perbuatannya:
4:7 "Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya;
4:8 berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya."


Memang pada akhirnya ketika iman itu menghasilkan perbuatan baik, dikatakan iman itu menjadi sempurna. Tapi Abraham dibenarkan jauh sebelum ia menghasilkan perbuatan baik. Dan bahkan jelas tertulis dengan sangat tegas, perbuatan itu sama sekali BUKAN dasar dari pembenaran oleh Allah. 'Berbahagia orang yang dibenarkan Allah bukan berdasarkan perbuatannya'

Tapi orang yang gak percaya akan terus maksa menjadikan perbuatan sebagai syarat.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
May 17, 2018, 04:26:06 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
sy cuman copas ayat doang kok ;D

ada yang meradang ya? lagi ah

Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.
Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman.

;D ;D ;D
« Last Edit: May 17, 2018, 04:28:21 PM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 17, 2018, 04:35:13 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
sy cuman copas ayat doang kok ;D

ada yang meradang ya? lagi ah
Elu kopas, cuplik sana-sini terus dirangkai supaya sesuai dengan pengertian elu.
Saya komentarin kok dibilang meradang...
Kebiasaan elu emang kalau ketauan ngawurnya lalu ngomongin orangnya, dibilang meradang lah, nati nuduh orang klonengan dlsb.
Quote

Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.
Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman.

;D ;D ;D
Sebab jikalau Abraham dibenarkan karena perbuatannya, maka ia beroleh dasar untuk bermegah, tetapi tidak di hadapan Allah.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
May 17, 2018, 04:43:53 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Kes Abraham, ada dua event dibenarkan:
1. dibenarkan bukan karena adanya perbuatan terlebih dahulu; melainkan karena percaya kepada Dia yang membenarkan orang durhaka
2. dibenarkan karena perbuatan2nya ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah; yg dengan demikian nas 'lalu percayalah Abraham..' menjadi genap

contoh lain dari poin 1; kisah pemungut cukai yg dibenarkan bukan krn adanya perbuatan yg mendahuluinya

hal itu juga menjadi doktrin Katolik dan Orthodox.

nah yg dipersoalkan yakni ttg poin 2.. yakni setelah event poin 1 terjadi.

apa kira2 alasan Yakobus menegur dan menyingung soal 'iman tanpa perbuatan' ?


Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)