Author Topic: Penggolongan Kekristenan berdasarkan Yakin/Kurang Yakin masuk Surga  (Read 1231 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 18, 2018, 10:19:45 AM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 561
  • There is none like You
Perbuatan manusia memang turut andil dalam keselamatan namun harus diartikan sebagai buah dari iman.

sedangkan iman dalam Kristus itu yang dikenal sebagai anugrah adalah sesuatu yang datangnya dari inisiatif Allah secara cuma-cuma menjadi kutuk atas dosa manusia.

format keselamatan dalam Kekristenan itu ya cuman satu..
karena percaya ! titik..

jika sebagian pihak ngotot bahwa perbuatan manusia turut andil dalam keselamatan yang diartikan (iman+perbuatan) maka secara tanpa sadar dan tidak langsung telah menciderai essensi karya Yesus dikayu salib sebagai suatu karya yang belum sempurna.

silahkan dipakai nalar sehatnya..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
May 18, 2018, 11:28:33 AM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10523
Bukannya ayatnya sudah jelas? Kenapa bikin istilah lagi KORELASI?
Coba jelasin lebih detail dong.

enggak bikin istilah kok..
itu terminologi yg umum aja kok..

nurut elo:
1. Iman SAJA DOANG menentukan keselamatan
2. Perbuatan TIDAK menentukan keselamatan
3. Perbuaatan adalah BUAH dari Iman

pertanyaan gw:
nurut elo: Perbuatan itu BERKORELASI dengan Keselamatan gak?

gitu aja mosok elo bilang bikin istilah baru?
ahaha...
barang gampang elo bikin susah.. wkwk

entar elo tanya lagi..
ini korelasi atau relasi?
kalo korelasi ada koefisiennya?
gimana ngitungnya?
ahahahaha....
May 18, 2018, 11:29:41 AM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10523
Perbuatan manusia memang turut andil dalam keselamatan namun harus diartikan sebagai buah dari iman.

sedangkan iman dalam Kristus itu yang dikenal sebagai anugrah adalah sesuatu yang datangnya dari inisiatif Allah secara cuma-cuma menjadi kutuk atas dosa manusia.

format keselamatan dalam Kekristenan itu ya cuman satu..
karena percaya ! titik..

jika sebagian pihak ngotot bahwa perbuatan manusia turut andil dalam keselamatan yang diartikan (iman+perbuatan) maka secara tanpa sadar dan tidak langsung telah menciderai essensi karya Yesus dikayu salib sebagai suatu karya yang belum sempurna.

silahkan dipakai nalar sehatnya..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

jadi nurut elo:
apakah Perbuatan berKORELASI dengan keselamatan atau enggak?
June 08, 2018, 07:34:52 AM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2228
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Sekarang aku mengerti bahwa didasarkan kepada yakin/kurang yakinnya masuk Surga Kekristenan dapat digolongkan ke dalam tiga bagian..
1. Yang paling yakin masuk Surga (prosentase 99,99% (atau 100%  :D), unsur perbuatan 0%) --> Gereja Reformed aka Kalvinis. Ada juga yg menyebut fundamentalis, kayak GKY dll.
2. Yakin (tapi bla bla bla, prosentase keyakinan 95%, perbuatan 5%) --> Gereja Arminianis kayak Methodist, Kharismatik, dll
3. Yakin tidak yakin (prosentase keyakinan 60%, karena ada unsur perbuatan 40% yg juga ditekankan) --> Katolik

Apakah aku salah dalam hal urutannya? Apa pendapat anda?
Pendapatku, Anda seorang yang peragu. Yang merah menunjukkan keyakinan Anda, sementara dimentahkan oleh yang biru.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 08, 2018, 08:23:16 AM
Reply #34
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 340
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Pendapatku, Anda seorang yang peragu. Yang merah menunjukkan keyakinan Anda, sementara dimentahkan oleh yang biru.
itu kalimat pancingan aja om.. supaya ada yg diskusi. kata2 pembuka dan penutup asal tulis aja sebenarnya. tapi intinya yah tiga poin itu lah.
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
June 08, 2018, 08:37:18 AM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2228
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
itu kalimat pancingan aja om.. supaya ada yg diskusi. kata2 pembuka dan penutup asal tulis aja sebenarnya. tapi intinya yah tiga poin itu lah.
O begitu.
Semoga ada partisipan yang terpancing.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 08, 2018, 05:42:30 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12238
    • fossil coral cantik
Teologi Arminian gak spt itu Bro,
Yg di atas itu ajaran Semi-Pelagian. Itu ajaran yg salah.

Namun memang ada bbrp pendeta yg berkotbah sdmikian rupa shg terdengar spt di atas.

Arminius itu dibesarkan dalam lingkungan Calvinism. Dia jg kenal ajaran Agustinian.
Jadi teologinya tidak jauh-jauh beda amat dari Calvin dan Agustine.

Kira-kira koreksinya spt ini (saya modif dikit kalimat Bro):

perbuatan memilih Yesus adalah kemampuan/kehendak bebas manusia utk memilih selamat. Jadi walaupun berdosa, manusia masih tidak terlalu jauh dari kesempurnaan yg di awal tidak mampu Manusia masih mampu secara sadar memilih yg benar. Maka Allah memberikan 'pervenient grace' pd manusia. Pervenient grace tsb memampukan manusia memiliki freewill utk menerima/menolak Injil. Tanpa pervenient grace manusia tidak akan mampu memilih kebenaran. Namun manusia yg selamat itu "beresiko" juga menjadi tidak selamat. Kemungkinan untuk lalai menjaga keselamatan itu sangat2 kecil namun ada kemungkinan tersebut. Perbuatannya yang sangat lalai dan buruk beresiko menyebabkan kondisi dari selamat menjadi tidak selamat. Ini dikarenakan sejak manusia diberikan pervenient grace, ia tidak lagi kehilangan freewill-nya.

Jadi memang teologi arminian itu melibatkan interaksi antara 'freewill' dan 'pervenient grace'.
Siip, saya mau tau lebih jauh mengenai Prevenient Grace.

Di pov saya, Prevenient Grace itu "default" manusia,
termasuk sejak Adam s/d para manusia lain till the end of time.
(Dengan kata lain, PG di pov saya adalah semacem "tool kerohanian" yg ada pada setiap manusia)

Nah yang saya mau tau, definisi PG ini di span-waktu tertentu kah ?
Maksud saya, event PG ini baru AKAN diadakan setelah keberadaan Yesus di bumi dan s/d seterusnya dan spesifik di perihal Yesus kah ?


Pertanyaan ini timbul karena kalimat bold di quote atas.

Sementara kalo secara versi PG saya, it's more about something like this :
"pabila Adam tidak makan buah ---> ini karena dia mendengarkan perkataan Allah. Kemampuannya mendengarkan perkataan Allah itu karena PG"

idem dengan sbb :
"pabila Kain tidak membunuh Habil ---> ini karena dia mendengarkan perkataan Allah. Kemampuannya mendengarkan perkataan Allah itu karena PG"

idem dgn jaman now pada mr.X yg nonK ada di timbuktu :
"pabila mr.X akhirnya tidak mencuri ---> ini karena dia mendengarkan perkataan Allah. Kemampuannya mendengarkan perkataan Allah itu karena PG"

So... PG di pov versi saya terkait erat dengan human will yg nggak ada keterkaitannya dengan Yesus historis, melainkan Word of God


June 08, 2018, 05:55:50 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12238
    • fossil coral cantik
Sekarang aku mengerti bahwa didasarkan kepada yakin/kurang yakinnya masuk Surga Kekristenan dapat digolongkan ke dalam tiga bagian..
1. Yang paling yakin masuk Surga (prosentase 99,99% (atau 100%  :D), unsur perbuatan 0%) --> Gereja Reformed aka Kalvinis. Ada juga yg menyebut fundamentalis, kayak GKY dll.
2. Yakin (tapi bla bla bla, prosentase keyakinan 95%, perbuatan 5%) --> Gereja Arminianis kayak Methodist, Kharismatik, dll
3. Yakin tidak yakin (prosentase keyakinan 60%, karena ada unsur perbuatan 40% yg juga ditekankan) --> Katolik
Kalo menurut saya, semua Gereja yakin masuk sorga.

Perbedaannya (imo) :

selain yang nomor-1 (berkondisi),
yakin masuk sorga IF taat pada keinginan2 Tuhan, mengandalkan Tuhan, hidup didalam Tuhan.

Yang nomor-1 (tidak berkondisi),
yakin masuk sorga karena yakin dirinya yang dipilih SBJ. So... tidak ada "IF" disini.

Menurut saya demikian.
« Last Edit: June 08, 2018, 05:57:54 PM by odading »
June 10, 2018, 08:17:27 AM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10523
Sekarang aku mengerti bahwa didasarkan kepada yakin/kurang yakinnya masuk Surga Kekristenan dapat digolongkan ke dalam tiga bagian..
1. Yang paling yakin masuk Surga (prosentase 99,99% (atau 100%  :D), unsur perbuatan 0%) --> Gereja Reformed aka Kalvinis. Ada juga yg menyebut fundamentalis, kayak GKY dll.
2. Yakin (tapi bla bla bla, prosentase keyakinan 95%, perbuatan 5%) --> Gereja Arminianis kayak Methodist, Kharismatik, dll
3. Yakin tidak yakin (prosentase keyakinan 60%, karena ada unsur perbuatan 40% yg juga ditekankan) --> Katolik

Apakah aku salah dalam hal urutannya? Apa pendapat anda?

ya mungkin ada benernya juga sih pendapat elo..

walaupun judgement terakhir itu tetap di tangan Tuhan sendiri kan ya?

artinya..
Yakin / Kurang Yakin-nya itu TIDAK ADA HUBUNGAN-nya atau TIDAK BISA MEMPENGARUHI TUHAN dalam memutuskan Judgment-Nya terhadap nasib orang tsb.

iya kan?
June 10, 2018, 07:47:20 PM
Reply #39
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 62
  • Gender: Male
Sekarang aku mengerti bahwa didasarkan kepada yakin/kurang yakinnya masuk Surga Kekristenan dapat digolongkan ke dalam tiga bagian..
1. Yang paling yakin masuk Surga (prosentase 99,99% (atau 100%  :D), unsur perbuatan 0%) --> Gereja Reformed aka Kalvinis. Ada juga yg menyebut fundamentalis, kayak GKY dll.
2. Yakin (tapi bla bla bla, prosentase keyakinan 95%, perbuatan 5%) --> Gereja Arminianis kayak Methodist, Kharismatik, dll
3. Yakin tidak yakin (prosentase keyakinan 60%, karena ada unsur perbuatan 40% yg juga ditekankan) --> Katolik

Apakah aku salah dalam hal urutannya? Apa pendapat anda?

Jika kita sudah memperoleh keselamatan itu, maka keyakinan itu harus ada. Rom 8:16 "Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah." Kepastian ini penting sekali karena ini akan mempengaruhi relasi kita dengan Tuhan. Jika anda memasuki suatu relasi, sudah tentu anda menghendaki suatu kepastian. Jika tidak maka relasi itu tidak akan bisa kuat. Ketidak pastian akan menghasilkan keragu-raguan. Jika kita tidak pasti bahwa kita adalah anak2 Allah (sudah diselamatkan), maka kita juga pasti ada keraguan terhadap Allah. Misalnya jika kita mau menikah, atau pacaran saja. Kita pasti menuntut kepastian dari pasangan kita. Harus ada komitmen. Jika tidak, relasi kita pasti tidak mungkin bisa dalam/serius. Pasti ada keraguan, ketidak percayaan, dsb. Tetapi kepastian (assurance) ini tidak dapat didapatkan secara langsung pada waktu bertobat. Melalui pertumbuhan iman kita maka kesaksian dari Roh itu menjadi lebih kuat sampai membawa kepada suatu kepastian.

Anugerah dan perbuatan selalu menjadi topik yang selalu diperdebatkan banyak orang. Tetapi saya tetap perlu tekankan disini bahwa keselamatan itu adalah murni 100% anugerah, tidak ada unsur perbuatan sama sekali. Lihat Ef 2:8-9. Tidak perlu kita menekankan kepada perbuatan manusia. Yak 2 sebenarnya hanya membahas tanda dari iman yang sejati. Tidak pernah diajarkan di Alkitab iman+perbuatan=keselamatan.

GBU.
« Last Edit: June 10, 2018, 07:54:42 PM by ossan »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)