Author Topic: konsep trinitas  (Read 2481 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 20, 2018, 12:33:33 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1138
Saya akan coba menerangkan dengan akal budi. Kenapa Bapa sampai mau berinkarnasi menjadi manusia...Kata Non Kristen...emang Bapa ga ada kerjaan ya...sampai mau merendahkan hakikatnya menjadi manusia (yang diciptakan-Nya).
Pertama-tama, jangan samakan Bapa seperti dirimu, yang ogah melayani, merendah, yang memakai logikamu (sangat cetek dimata-Nya) sehingga mampu bisa membatasi sifat ke Ilahian-Nya. Waktu berinkarnasi, secara fisik dan lain-lain sama dengan manusia, kecuali dalam hal Hikmat dan Dosa (Karena DIA adalah ROH KUDUS dan pasti Kudus/tidak berdosa).
Kenapa harus capek" jadi manusia ? Justru karena Kasih-Nya, maka DIA rela menjadi manusia dengan tujuan untuk menjelaskan secara detail tentang Hukum" yang telah diturunkan (Taurat/10 Perintah Allah), memberi teladan nyata, dan terakhir ditutup dengan Penebusan di kayu Salib untuk menebus dosa manusia (Bukan Dosa-Nya lho). Bayangkan seandainya Bapa tidak berinkarnasi jadi manusia, dan memberitahu langsung lewat suara dari langit...bisa bisa kita semua pada lari ketakutan dan bisa berasumsi itu suara dari dewa mana nih ? Dewa Petir ? Juga bagaimana DIA bisa memberikan teladan nyata, kalau tidak berinkarnasi menjadi manusia ?
Mudah"an sedikit penjelasan ini bisa mengurangi tafsiran/dugaan yang simpang siur mengenai Inkarnasi Bapa.
Cukup sekali saja Yesus disalib oleh orang" Yahudi yang tidak mengakuinya  sebagai Tuhan....Semoga...

Salam Damai...
Tuhan memberkati...
May 20, 2018, 12:54:13 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 524
@ronny_het

anda: Waktu berinkarnasi, secara fisik dan lain-lain sama dengan manusia, kecuali dalam hal Hikmat dan Dosa
saya: jika secara hikmat Putra berbeda dengan manusia lalu mengapa pengetahuan tentang hari kiamat Putra sama seperti manusia? sama-sama tidak tahu
May 20, 2018, 01:21:54 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1138
@ronny_het

anda: Waktu berinkarnasi, secara fisik dan lain-lain sama dengan manusia, kecuali dalam hal Hikmat dan Dosa
saya: jika secara hikmat Putra berbeda dengan manusia lalu mengapa pengetahuan tentang hari kiamat Putra sama seperti manusia? sama-sama tidak tahu
Anakpun tidak = kamu mengartikannya DIA tidak tahu ? Sebagai manusia memang tidak tahu, tetapi sebagai Tuhan DIA pasti tahu. Waktu itu Yesus bicara di dunia khan...Lihat aja deh nanti...pas hari akhir DIA akan datang/turun  sebagai Hakim Yang Agung (di Alquran ada ditulis khan bro)...
Bro...daripada panjang lebar kita debat...bro cari aja di Alkitab...Ada Ayat : Aku di dalam Bapa..dan Bapa di dalam Aku...artinya apa tuh bro....

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
May 20, 2018, 10:28:05 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 524
@bro tarigan

anda: Dan inilah hal2 sinting ente percayai dan ga perlu mengelak lagi, karena ente bilang ente percaya jika hal ini ditulis di kitab suci ente.
saya: kan sudah saya katakan jika anda menuduh tanpa bukti otomatis tuduhan anda gugur sendiri. jadi apa yang mau dibantah jika memang tidak ada buktinya? apa yang mau dipercaya atau tidak dipercaya jika memang tidak ada ayatnya?

ibaratnya: anda hanya menyebutkan nama makanan kepada si A tanpa si A pernah mencicipi makanan tersebut. kemudian anda bertanya kepada si A "apakah makanan tersebut enak?" tentu saja si A tidak bisa mejawab karena makanannya saja tidak pernah dia cicipi

anda: Tulisan di Alkitab saja sudah ga dipercaya.
saya: saya mungkin tidak percaya tapi saya hanya ingin memahami, bagi saya paham dulu baru percaya bukan percaya dulu baru paham. jika menurut anda percaya dulu baru paham juga tidak apa-apa
« Last Edit: May 20, 2018, 04:19:42 PM by rama noor »
May 20, 2018, 12:06:27 PM
Reply #24
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 143
  • Gender: Male
  • King James Bible, Fundamentalis, Militan
    • Pejuang Kristus
  • Denominasi: Baptis Independen (Anabaptis)
anda: Tulisan di Alkitab saja sudah ga dipercaya.
saya: saya mungkin tidak percaya tapi saya hanya ingin memahami, bagi saya paham dulu baru percaya bukan percaya dulu baru paham. jika menurut anda percaya dulu baru paham juga tidak apa-apa
Lalu apakah skrg ente sudah memahami trinitas?
Syarat agar selamat hanya percaya. Bukan dibaptis, tobat dari dosa, rajin ibadah, makan roti minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Ini kabar baiknya: mudah masuk surga.

Pelajari doktrin Alkitab secara mendalam di sini:
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
May 20, 2018, 12:09:46 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
konsep tentang Allah Tritunggal:
Person Bapa berbeda dgn Person Putera berbeda dgn Person ROH KUDUS
substansi Bapa sama dgn substansi Putera sama dgn substansi ROH KUDUS
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
May 20, 2018, 12:12:22 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 524
@bro tarigan

anda: Lalu apakah skrg ente sudah memahami trinitas?
saya: sependek saya bertukar pikiran di forum ini sepertinya semua member punya pemahamannya sendiri tentang trinitas begitu juga saya dan itu tidak bisa dipaksakan satu sama lain. mungkin ada beberapa member yang memiiki pemahaman trinitas yang sama mungkin juga ada beberapa member yang memiliki pemahaman trinitas yang berbeda
May 20, 2018, 12:23:35 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1138
@bro tarigan

anda: Lalu apakah skrg ente sudah memahami trinitas?
saya: sependek saya bertukar pikiran di forum ini sepertinya semua member punya pemahamannya sendiri tentang trinitas begitu juga saya dan itu tidak bisa dipaksakan satu sama lain. mungkin ada beberapa member yang memiiki pemahaman trinitas yang sama mungkin juga ada beberapa member yang memiliki pemahaman trinitas yang berbeda
Salam kenal Bro Rama...Thx udah mau main di Forum Kristen ya....
Begini bro, walaupun sesama Kristen, bisa terjadi berbeda pemahaman tentang isi Alkitab. Kenapa hal itu bisa terjadi bro ? yang bikin beda itu adalah karena Kehendak pribadi (individu masing")..artinya ada kepentingan sendiri" yang tersembunyi dalam menafsirkan Firman Allah. Kalau kita mengikuti kehendak Allah saja (Yang satu/Esa), maka logisnya cuma ada "Satu" kebenaran/pemahaman saja. Untuk mau mengetahui Kebenaran yang cuma "Satu" itu kita perlu meminta dituntun oleh ROH KUDUS(Allah sendiri). Mudah"an Bro bisa paham...

Salam Damai...
Tuhan memberkati...
May 20, 2018, 12:26:37 PM
Reply #28
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 143
  • Gender: Male
  • King James Bible, Fundamentalis, Militan
    • Pejuang Kristus
  • Denominasi: Baptis Independen (Anabaptis)
semua member punya pemahamannya sendiri tentang trinitas begitu juga saya
Jelaskanlah trinitas menurut pemahaman ente
Syarat agar selamat hanya percaya. Bukan dibaptis, tobat dari dosa, rajin ibadah, makan roti minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Ini kabar baiknya: mudah masuk surga.

Pelajari doktrin Alkitab secara mendalam di sini:
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
May 20, 2018, 12:31:52 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 524
@ronny_het

anda: Salam kenal Bro Rama...Thx udah mau main di Forum Kristen ya....
saya: sama-sama saya bertukar pikiran di forum ini agar kita bisa saling menghormati dan menghargai sesama bangsa. jika hanya mengikuti penafsiran sendiri bisa salah tafsir bukan? maka dari itu saya melakukan diskusi di forum ini untuk mengetahui pandangan dari teman-teman Kristen seperti apa. terlepas apakah nantinya sepakat atau tidak sepakat itu tidak masalah selama kita saling menghormati dan menghargai

anda: Kalau kita mengikuti kehendak Allah saja (Yang satu/Esa), maka logisnya cuma ada "Satu" kebenaran/pemahaman saja.
saya: masalahnya jika ada 2 orang yang mengaku telah mendapat bimbingan Allah tapi tetap saja berbeda pemahamannya. pertanyaannya: bagaiman kita tahu bahwa itu pemahaman si A benar-benar telah mendapat bimbingan Allah dan pemahaman si B hanya ngaku-ngaku telah mendapat bimbingan Allah?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)