Author Topic: Maksud Sebenarnya Yohanes 21:25  (Read 3095 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 03, 2018, 05:24:18 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
  • Denominasi: Kristen
:mad0261: :mad0261: :coolsmiley:
Universal = Denominasi ?????????????
Ajaran Tuhan yang ESA = Denominasi ?????????????
Tuhan ingin umatnya tercerai berai menjadi ribuan denominasi ????????????
Dulu pas pelajaran Logika kemana aja Bro ??????

Met Hari Minggu Bro...
Tuhan memberkati...
Alkitab hanya menyebut pengikut Kristus itu sbg Kristen:

Kisah Para Rasul 11:26 (TB)  Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

June 03, 2018, 07:54:41 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2070
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Para rasul sudah tidak ada lagi. Dan Rasul Yohanes adalah Rasul terakhir yang meninggal baik diantara rasul-rasul yang dipilih Yesus maupun diantara rasul-rasul yang diangkat oleh rasul yang dipilih Yesus.
Jadi tidak ada lagi orang yang berotoritas yang diinspirasi ROH KUDUS yang bisa menuliskan wahyu yang baru.

Kalau ada orang yang berani mengklaim sebagai rasul, maka bisa dipastikan orang tersebut rasul palsu atau nabi palsu yang menyesatkan.
Jika mengacu ke ayat ini:
Yoh 16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu(-mu=rasul), tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
@Sotardugur Parreva menangkap, masih banyak yang harus dikatakan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada rasul. @Wiltu80 setuju?
Hal yang belum dikatakan Tuhan Yesus Kristus itu, HARUS DIKATAKAN KEPADA RASUL. @Wiltu80 setuju?
Tidak ada ayat di Alkitab yang menyatakan bahwa hal yang harus dikatakan namun belum dikatakan itu, sudah dikatakan kepada rasul. @Wiltu80 setuju?
Jika @Wiltu80 setuju pada ketiga pernyataan di atas, mengingat Tuhan Yesus Kristus mengatakan "harus", artinya, "tidak boleh tidak dikatakan". Begitu bukan?
Jika hal-hal yang belum dikatakan itu harus dikatakan kepada rasul, sementara semua rasul sudah meninggal, berarti, tidak jadi dikatakan dong? @Wiltu80 setuju?
Jika Tuhan Yesus Kristus mengatakan "HARUS KUKATAKAN", mungkinkah "TIDAK JADI atau BATAL DIKATAKAN"? Menurut pendapatku, mustahil Tuhan Yesus kristus mempertaruhkan kredibilitasNya, di satu sisi mengatakan "HARUS KUKATAKAN", tetapi di lain sisi, "TIDAK JADI atau BATAL MENGATAKAN".

Jika kondisinya seperti itu, bahwa hal yang harus dikatakan itu harus dikatakan kepada rasul, sementara semua rasul sudah meninggal, bagaimana caranya untuk mengatakan hal yang harus dikatakan kepada rasul itu? Apakah menjadi batal dikatakan kepada rasul?

Menurut pendapatku, yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus kepada rasul itu, dikatakan kepada penerus rasul. Itu dimungkinkan, karena ada ayat yang menyatakan bahwa Tuhan Yesus Kristus menyertai rasul senantiasa sampai kepada akhir zaman. Maka, walaupun rasul sudah meninggal, tugas kerasulan diteruskan kepada penerus rasul, demikian seterusnya sampai kepada akhir zaman. Jadi, hal-hal yang harus dikatakan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada rasul, dikatakan kepada penerus rasul.

Konotasinya, walaupun semua rasul yang dipilih langsung oleh Tuhan Yesus Kristus sudah meninggal, penerus rasul mengemban tugas yang sama dengan rasul, mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus. Jadi, hal-hal yang harus dikatakan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada rasul itu, dikatakan kepada penerus rasul untuk disampaikan kepada jemaat. Artimya, penerima wahyu Tuhan Yesus Kristus tetap ada sampai kepada akhir zaman. Wahyu belum berhenti. Tuhan masih senantiasa mewahyukan diri melalui penerus rasul.

Salam damai. 
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 03, 2018, 08:07:44 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1141
Jika mengacu ke ayat ini:
Yoh 16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu(-mu=rasul), tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
@Sotardugur Parreva menangkap, masih banyak yang harus dikatakan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada rasul. @Wiltu80 setuju?
Hal yang belum dikatakan Tuhan Yesus Kristus itu, HARUS DIKATAKAN KEPADA RASUL. @Wiltu80 setuju?
Tidak ada ayat di Alkitab yang menyatakan bahwa hal yang harus dikatakan namun belum dikatakan itu, sudah dikatakan kepada rasul. @Wiltu80 setuju?
Jika @Wiltu80 setuju pada ketiga pernyataan di atas, mengingat Tuhan Yesus Kristus mengatakan "harus", artinya, "tidak boleh tidak dikatakan". Begitu bukan?
Jika hal-hal yang belum dikatakan itu harus dikatakan kepada rasul, sementara semua rasul sudah meninggal, berarti, tidak jadi dikatakan dong? @Wiltu80 setuju?
Jika Tuhan Yesus Kristus mengatakan "HARUS KUKATAKAN", mungkinkah "TIDAK JADI atau BATAL DIKATAKAN"? Menurut pendapatku, mustahil Tuhan Yesus kristus mempertaruhkan kredibilitasNya, di satu sisi mengatakan "HARUS KUKATAKAN", tetapi di lain sisi, "TIDAK JADI atau BATAL MENGATAKAN".

Jika kondisinya seperti itu, bahwa hal yang harus dikatakan itu harus dikatakan kepada rasul, sementara semua rasul sudah meninggal, bagaimana caranya untuk mengatakan hal yang harus dikatakan kepada rasul itu? Apakah menjadi batal dikatakan kepada rasul?

Menurut pendapatku, yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus kepada rasul itu, dikatakan kepada penerus rasul. Itu dimungkinkan, karena ada ayat yang menyatakan bahwa Tuhan Yesus Kristus menyertai rasul senantiasa sampai kepada akhir zaman. Maka, walaupun rasul sudah meninggal, tugas kerasulan diteruskan kepada penerus rasul, demikian seterusnya sampai kepada akhir zaman. Jadi, hal-hal yang harus dikatakan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada rasul, dikatakan kepada penerus rasul.

Konotasinya, walaupun semua rasul yang dipilih langsung oleh Tuhan Yesus Kristus sudah meninggal, penerus rasul mengemban tugas yang sama dengan rasul, mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus. Jadi, hal-hal yang harus dikatakan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada rasul itu, dikatakan kepada penerus rasul untuk disampaikan kepada jemaat. Artimya, penerima wahyu Tuhan Yesus Kristus tetap ada sampai kepada akhir zaman. Wahyu belum berhenti. Tuhan masih senantiasa mewahyukan diri melalui penerus rasul.

Salam damai.
Bro Sotar....yang saya tangkap dari reply Bro Wiltu80...maksud Rasul Palsu adalah Rasul yang tidak ada di Alkitab kita bro..Bro tentu pernah baca Kitab Suci lain yang ada Rasulnya juga (Abad ke 6-7)...Mengenai para Penerus Rasul yang tetap menuliskan wahyu dari ROH KUDUS sampai sekarang (tentang penafsiran Alkitab...TS, Magisterium, KGK) saya rasa Bro Wiltu setuju. Kalau ga setuju...dia ga akan nulis agamanya Katolik khan bro...

Salam Damai Bro Sotar...
Tuhan memberkati...
June 03, 2018, 08:53:12 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2070
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Bro Sotar....yang saya tangkap dari reply Bro Wiltu80...maksud Rasul Palsu adalah Rasul yang tidak ada di Alkitab kita bro..Bro tentu pernah baca Kitab Suci lain yang ada Rasulnya juga (Abad ke 6-7)...Mengenai para Penerus Rasul yang tetap menuliskan wahyu dari ROH KUDUS sampai sekarang (tentang penafsiran Alkitab...TS, Magisterium, KGK) saya rasa Bro Wiltu setuju. Kalau ga setuju...dia ga akan nulis agamanya Katolik khan bro...

Salam Damai Bro Sotar...
Tuhan memberkati...
O begitu. Terima kasih.

Betul, pun kalo hal-hal yang harus dikatakan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada rasul, dan faktanya rasul pilihan Tuhan Yesus Kristus semua sudah meninggal, maka hal-hal termaksud dikatakan kepada penerus rasul, bukan lagi kepada rasul.

Sebenarnya, yang menarik perhatian @Sotardugur Parreva pada tulisan @Wiltu80 ialah Jadi tidak ada lagi orang yang berotoritas yang diinspirasi ROH KUDUS yang bisa menuliskan wahyu yang baru. Tulisan itu benar. Namun, dengan pikiran yang dangkal, itu dapat disalahartikan bahwa wahyu Tuhan sudah berhenti. Padahal, dari janji Tuhan Yesus Kristus kepada para rasul bahwa rasul akan senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman, dan belum mengatakan hal yang belum dapat ditanggung rasul, menurut pemahamanku, mengindikasikan bahwa wahyu akan diberikan tahap demi tahap jika rasul sudah sanggup menanggung, durasi waktunya sampai kepada akhir zaman.

Salam damai @ronny_het.
Damai sejahtera menyertaimu dan orang yang kau kasihi.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 03, 2018, 10:36:10 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 771
  • Denominasi: Protestan
Alkitab hanya menyebut pengikut Kristus itu sbg Kristen:

Kisah Para Rasul 11:26 (TB)  Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Duh, itu argumen lama yang sudah ada counter-nya, bray :

Acts of the Apostles 9:31
31 So the church throughout all Judea and Galilee and Samaria had peace and was built up; and walking in the fear of the Lord and in the comfort of the Holy Spirit it was multiplied.

Kisah Para Rasul 9:31
Selama beberapa waktu Gereja di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Gereja itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan ROH KUDUS. (catatan: terjemahan 'jemaat' aku ganti 'Gereja' karena terjemahan tersebut sangat salah kaparah. Kata aslinya adalah 'ekklesia' yang di Alkitab Inggris, Jerman, Perancis, Belanda etc selalu diterjemahkan 'Gereja')

Kis 9:31
μεν ουν εκκλησια καθ ολης της ιουδαιας και γαλιλαιας και σαμαρειας ειχεν ειρηνην οικοδομουμενη και πορευομενη τω φοβω του κυριου, και τη παρακλησει του αγιου πνευματος επληθυνοντο.

Kis 9:31
ai men oun ekklhsiai kaq olhV thV ioudaiaV kai galilaiaV kai samareiaV eicon eirhnhn oikodomoumenai kai poreuomenai tw fobw tou kuriou kai th paraklhsei tou agiou pneumatoV eplhqunonto


Jadi, kata-kata tersebut kira-kira berbunyi "Ekklesia Katha Holos" yang diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi "the church throughout all," dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi "Gereja di seluruh."

"Ekklesia" adalah "Gereja"

"Katha Holos" adalah asal dari kata "Katolik"

"Ekklesia Katha Holos" = "Gereja Katolik"



Penjelasan lebih lanjut :

1. Klik entry "Catholic" di wikipedia. Akan terbaca bahwa bahasa Yunani dari kata "Katolik" adalah "καθολικός" lalu bandingkan dengan yang di Kis 9:31, "καθ ολης". Tentu saja gak sama persis karena masalah gramatikal.


2. Klik definisi "catholic" di dictionary.com.

Salah satu definisinya adalah:
[Middle English catholik, universally accepted, from Old French catholique, from Latin catholicus, universal, from Greek katholikos, from katholou, in general : kat-, kata-, down, along, according to; see cata- + holou(from neuter genitive of holos, whole. See sol- in Indo-European Roots).]

Lihat yang digarisbawahi. Terbaca dari kata Yunani "katholikos", yang berasal dari kata "katholou" dan kata ini berasal dari "kata" + "holou".

3. Penggunaan "kata" dan "holou" bisa terbaca di KJV Strong juga

Acts 9:31
Then had the churches rest throughout all Judaea and Galilee and Samaria, and were edified; and walking in the fear of the Lord, and in the comfort of the Holy Ghost, were multiplied.

Silahkan klik kata "throughout" dan pasti ketemu "Katav". Silahkan klik kata "all" dan pasti ketemu "holos".


Of course, in the end, the main problem adalah elo mau terima apa kagak dengan argumen di atas.
Tapi entah kenapa, gue ngerasa elo dari awal sebenarnya udah tau sih cuma pura-pura ngetes aza.
« Last Edit: June 03, 2018, 11:16:11 PM by viruskasih »
June 04, 2018, 06:37:44 AM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
  • Denominasi: Kristen

Of course, in the end, the main problem adalah elo mau terima apa kagak dengan argumen di atas.
Tapi entah kenapa, gue ngerasa elo dari awal sebenarnya udah tau sih cuma pura-pura ngetes aza.
Ada banyak kata : Throughout all dlm PB, artinya meliputi seluruh.

Matthew 4:24
And his fame went throughout all Syria: and they brought unto him all sick people that were taken with divers diseases and torments, and those which were possessed with devils, and those which were lunatick, and those that had the palsy; and he healed them.

Mark 1:28
And immediately his fame spread abroad throughout all the region round about Galilee.

Mark 1:39
And he preached in their synagogues throughout all Galilee, and cast out devils.

Mark 14:9
Verily I say unto you, Wheresoever this gospel shall be preached throughout the whole world, this also that she hath done shall be spoken of for a memorial of her.

Luke 1:65
And fear came on all that dwelt round about them: and all these sayings were noised abroad throughout all the hill country of Judaea.

Luke 4:25
But I tell you of a truth, many widows were in Israel in the days of Elias, when the heaven was shut up three years and six months, when great famine was throughout all the land;

Luke 7:17
And this rumour of him went forth throughout all Judaea, and throughout all the region round about.

Luke 8:1
And it came to pass afterward, that he went throughout every city and village, preaching and shewing the glad tidings of the kingdom of God: and the twelve were with him,

Luke 8:39
Return to thine own house, and shew how great things God hath done unto thee. And he went his way, and published throughout the whole city how great things Jesus had done unto him.

Luke 23:5
And they were the more fierce, saying, He stirreth up the people, teaching throughout all Jewry, beginning from Galilee to this place.

John 19:23
Then the soldiers, when they had crucified Jesus, took his garments, and made four parts, to every soldier a part; and also his coat: now the coat was without seam, woven from the top throughout.

Acts 8:1
And Saul was consenting unto his death. And at that time there was a great persecution against the church which was at Jerusalem; and they were all scattered abroad throughout the regions of Judaea and Samaria, except the apostles.

Acts 9:31
Then had the churches rest throughout all Judaea and Galilee and Samaria, and were edified; and walking in the fear of the Lord, and in the comfort of the Holy Ghost, were multiplied.

Acts 9:32
And it came to pass, as Peter passed throughout all quarters, he came down also to the saints which dwelt at Lydda.

Acts 9:42
And it was known throughout all Joppa; and many believed in the Lord.

Acts 10:37
That word, I say, ye know, which was published throughout all Judaea, and began from Galilee, after the baptism which John preached;

Acts 11:28
And there stood up one of them named Agabus, and signified by the Spirit that there should be great dearth throughout all the world: which came to pass in the days of Claudius Caesar.

Acts 13:49
And the word of the Lord was published throughout all the region.

Acts 14:24
And after they had passed throughout Pisidia, they came to Pamphylia.

Acts 16:6
Now when they had gone throughout Phrygia and the region of Galatia, and were forbidden of the Holy Ghost to preach the word in Asia,

Acts 19:26
Moreover ye see and hear, that not alone at Ephesus, but almost throughout all Asia, this Paul hath persuaded and turned away much people, saying that they be no gods, which are made with hands:

Acts 24:5
For we have found this man a pestilent fellow, and a mover of sedition among all the Jews throughout the world, and a ringleader of the sect of the Nazarenes:

Acts 26:20
But shewed first unto them of Damascus, and at Jerusalem, and throughout all the coasts of Judaea, and then to the Gentiles, that they should repent and turn to God, and do works meet for repentance.

Romans 1:8
First, I thank my God through Jesus Christ for you all, that your faith is spoken of throughout the whole world.

Romans 9:17
For the scripture saith unto Pharaoh, Even for this same purpose have I raised thee up, that I might shew my power in thee, and that my name might be declared throughout all the earth.

2 Corinthians 8:18
And we have sent with him the brother, whose praise is in the gospel throughout all the churches;

Ephesians 3:21
Unto him be glory in the church by Christ Jesus throughout all ages, world without end. Amen.

1 Peter 1:1
Peter, an apostle of Jesus Christ, to the strangers scattered throughout Pontus, Galatia, Cappadocia, Asia, and Bithynia,

June 04, 2018, 05:55:25 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10149
Of course, in the end, the main problem adalah elo mau terima apa kagak dengan argumen di atas.
Tapi entah kenapa, gue ngerasa elo dari awal sebenarnya udah tau sih cuma pura-pura ngetes aza.

haha... tebakan anda sungguh tepat..

model-model mas bigbee ini kan cuma NGIKUT FIRMAN PENDETONG terus manggut-manggut...

lagaknya aja sok ngutip ayat dan sok menguji sendiri...
padahal mah.. itu brainwash-nya pendetong dijejelin, terus manggut-manggut, dikira Firman Tuhan..

kita semua bisa menyaksikan dengan gamblang..
1. pertanyaannya kemanaaa... jawabnya hobi ngutip ayat, copas sana copas sini
2. kalo ditanya: ngeles: karena harus berdasar alkitab... ahaha... dikiranya: berdasar alkitab = hobi ngutip
3. katanya pendetongnya tidak infallible, tapi tidak pernah mampu menunjukkan kesalahan pendetongnya...

kenapa demikian..
karena semua jawabannya adalah hasil suapan dijejelin sang pendetong...
haha..
salam
June 05, 2018, 01:06:25 AM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1090
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Quote
Hagelberg

Yoh 21:25Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Apa yang dikatakan dalam pasal 20:30-31 diperluas dalam ayat ini. Dalam pasal 20:30 kita membaca mengenai "masih banyak tanda lain", sedangkan dalam ayat ini masih banyak hal-hal lain dibahas, suatu ungkapan yang tidak dibatasi pada tanda saja. Demikian juga kita membaca dalam pasal 20:31 bahwa tanda-tanda itu "tidak tercatat dalam kitab ini", sedangkan dalam ayat ini dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu kalau seandainya semuanya itu ditulis.

Mungkin Yohanes menulis secara berlebih-lebihan, karena dunia ini memang cukup besar, tetapi jika kita mengingat bahwa Tuhan Yesus adalah "Firman Allah yang bersama-sama dengan Allah" sejak kekekalan, perkataan Yohanes ini bukan merupakan pernyataan yang berlebihan, melainkan pujian yang layak dan benar. Jika segala perbuatan Dia yang adalah Firman Allah ditulis, dunia ini merupakan perpustakaan yang terlalu kecil.

Setelah dia menarik perhatian pada tulisannya sendiri dan juga pada dirinya, Yohanes cepat berbalik pada topik yang jauh lebih menarik bagi dia, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Tulisan ini, yaitu Injil Yohanes, memang benar, sesuai dengan ayat 24, tetapi tulisan ini pun kecil dibandingkan dengan apa yang ditulis, seandainya semua yang diperbuat oleh Yesus jadi dituliskan satu per satu. Dengan kata terakhir, Yohanes yang rendah hati mempermuliakan Tuhan Yesus.

Melalui Injil Yohanes, kita dapat membaca bagaimana Tuhan Yesus menyatakan Allah yang tidak terlihat melalui perkataan, melalui tanda, dan juga melalui kematian dan kebangkitan-Nya. Kita juga dapat mulai memahami bagaimana Dia mengasihi kita, dan bagaimana seharusnya kita menanggapi kasih yang mulia itu.


Keagungan Yesus (21:25)
Injil Yohanes berakhir dengan suatu pernyataan yang mengaku keterbatasan Injil Yohanes, dan juga mengakui kemuliaan Tuhan Yesus.


V. BAGIAN PENUTUP DARI KITAB (21:1-25)

Beberapa sarjana yang tidak menerima Alkitab sebagai Firman Tuhan berkata bahwa pasal 21 merupakan suatu tambahan pada Injil ke empat, yang ditulis lama sesudah pasal 1-20 ditulis. Di antara sarjana itu ada yang berkata bahwa Yohanes sendiri penulis pasal 21 ketika dia berusia lanjut, tetapi sarjana lain berkata bahwa pasal 21 tidak ditulis oleh penulis pasal 1-20. Mereka berkata bahwa kosakata pasal 21 berbeda dari kosakata pasal 1-20, dan bahwa pasal 20:30-31 merupakan puncak dan akhir Injil Yohanes yang asli.

Dari segi kosakata, memang benar ada 28 kata yang dipakai dalam pasal 21 tetapi tidak dipakai dalam pasal 1-20. Beberapa kata dari daftar 28 kata itu, misalnya "ikan", "jala", "tidak berpakaian", "gembalakanlah", dan "mengenakan" terkait erat dengan pokok yang diceritakan oleh Yohanes, sehingga tidak menjadi bukti yang kuat. Kata-kata itu dipakai dalam pasal 21 karena perlu dipakai untuk menceritakan kisah yang harus diceritakan, dan tidak dipakai dalam pasal 1-20 karena tidak diperlukan di situ. Namun beberapa kata yang muncul dalam pasal 21 tidak biasa dipakai oleh Yohanes (misalnya kata yang diterjemahkan "bertanya"1443 dalam ayat 12, dan kata benda "anak-anak"1444 dalam ayat 5). Sarjana yang mengajukan pendapat itu, bahwa pasal 20 merupakan akhir Injil Yohanes yang asli, juga mengaku bahwa masalah kosakata tidak merupakan bukti yang cukup kuat. Barangkali setiap pasal dalam Injil Yohanes mempunyai perbedaan-perbedaan (atau ciri khas) seperti itu.

Selain masalah kosakata, mereka juga meremehkan isi pasal 21, dan berkata bahwa Injil ini sudah utuh dan tidak perlu dilanjutkan setelah pasal 20:31. Namun kita akan mengamati bahwa pasal 21 sangat penting dalam susunan Injil Yohanes. Antara lain, seandainya tidak ada pasal 21, maka tidak ada rekonsiliasi antara Tuhan Yesus dan Petrus.

Perlu juga dikatakan bahwa antara ribuan naskah Perjanjian Baru yang telah ditemukan, tidak ada satu pun yang mengandung suatu Injil Yohanes yang berakhir dengan pasal 20.


baca lengkap di sumber : http://alkitab.sabda.org/commentary.php?book=43&chapter=21&verse=25


June 05, 2018, 01:27:21 AM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1090
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Ada banyak kata : Throughout all dlm PB, artinya meliputi seluruh.

Matthew 4:24
And his fame went throughout all Syria: and they brought unto him all sick people that were taken with divers diseases and torments, and those which were possessed with devils, and those which were lunatick, and those that had the palsy; and he healed them.

Mark 1:28
And immediately his fame spread abroad throughout all the region round about Galilee.

Mark 1:39
And he preached in their synagogues throughout all Galilee, and cast out devils.

Mark 14:9
Verily I say unto you, Wheresoever this gospel shall be preached throughout the whole world, this also that she hath done shall be spoken of for a memorial of her.

Luke 1:65
And fear came on all that dwelt round about them: and all these sayings were noised abroad throughout all the hill country of Judaea.

Luke 4:25
But I tell you of a truth, many widows were in Israel in the days of Elias, when the heaven was shut up three years and six months, when great famine was throughout all the land;

Luke 7:17
And this rumour of him went forth throughout all Judaea, and throughout all the region round about.

Luke 8:1
And it came to pass afterward, that he went throughout every city and village, preaching and shewing the glad tidings of the kingdom of God: and the twelve were with him,

Luke 8:39
Return to thine own house, and shew how great things God hath done unto thee. And he went his way, and published throughout the whole city how great things Jesus had done unto him.

Luke 23:5
And they were the more fierce, saying, He stirreth up the people, teaching throughout all Jewry, beginning from Galilee to this place.

John 19:23
Then the soldiers, when they had crucified Jesus, took his garments, and made four parts, to every soldier a part; and also his coat: now the coat was without seam, woven from the top throughout.

Acts 8:1
And Saul was consenting unto his death. And at that time there was a great persecution against the church which was at Jerusalem; and they were all scattered abroad throughout the regions of Judaea and Samaria, except the apostles.

Acts 9:31
Then had the churches rest throughout all Judaea and Galilee and Samaria, and were edified; and walking in the fear of the Lord, and in the comfort of the Holy Ghost, were multiplied.

Acts 9:32
And it came to pass, as Peter passed throughout all quarters, he came down also to the saints which dwelt at Lydda.

Acts 9:42
And it was known throughout all Joppa; and many believed in the Lord.

Acts 10:37
That word, I say, ye know, which was published throughout all Judaea, and began from Galilee, after the baptism which John preached;

Acts 11:28
And there stood up one of them named Agabus, and signified by the Spirit that there should be great dearth throughout all the world: which came to pass in the days of Claudius Caesar.

Acts 13:49
And the word of the Lord was published throughout all the region.

Acts 14:24
And after they had passed throughout Pisidia, they came to Pamphylia.

Acts 16:6
Now when they had gone throughout Phrygia and the region of Galatia, and were forbidden of the Holy Ghost to preach the word in Asia,

Acts 19:26
Moreover ye see and hear, that not alone at Ephesus, but almost throughout all Asia, this Paul hath persuaded and turned away much people, saying that they be no gods, which are made with hands:

Acts 24:5
For we have found this man a pestilent fellow, and a mover of sedition among all the Jews throughout the world, and a ringleader of the sect of the Nazarenes:

Acts 26:20
But shewed first unto them of Damascus, and at Jerusalem, and throughout all the coasts of Judaea, and then to the Gentiles, that they should repent and turn to God, and do works meet for repentance.

Romans 1:8
First, I thank my God through Jesus Christ for you all, that your faith is spoken of throughout the whole world.

Romans 9:17
For the scripture saith unto Pharaoh, Even for this same purpose have I raised thee up, that I might shew my power in thee, and that my name might be declared throughout all the earth.

2 Corinthians 8:18
And we have sent with him the brother, whose praise is in the gospel throughout all the churches;

Ephesians 3:21
Unto him be glory in the church by Christ Jesus throughout all ages, world without end. Amen.

1 Peter 1:1
Peter, an apostle of Jesus Christ, to the strangers scattered throughout Pontus, Galatia, Cappadocia, Asia, and Bithynia,
tidak perlu SAYA/anda persoalkan
ekumenis gereja itu "harus" menurut pandangan saya, krn Yesus Kristus sendiri mendoakannya sebagaimana dicatat dlm Yohanes 17:20-21
June 05, 2018, 05:48:21 AM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
  • Denominasi: Kristen
tidak perlu SAYA/anda persoalkan
ekumenis gereja itu "harus" menurut pandangan saya, krn Yesus Kristus sendiri mendoakannya sebagaimana dicatat dlm Yohanes 17:20-21
Maksudnya bgmana ini masbro?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)