Author Topic: Amsal 25:20 Orang yang menyanyikan nyanyian untuk hati yang sedih adalah seperti  (Read 1100 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 30, 2018, 05:59:53 PM
Reply #10
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 290
  • Denominasi: Katolik
Tetapi bila kita lihat terjemahan New Living Translation dan Versi Mudah Dibaca 2006, dimana disana dikatakan nyanyian sukacita atau Singing cheerful songs, maka ayat ini bermakna tunggal untuk orang lain yang justru kebalikan dari makna yang tertulis diatas, bahwa kita harus peka, memiliki empati, jangan menyanyikan lagu gembira pada orang yang sedang bersedih seperti yang dikatakan Hen-hen, Big Bee berdasarkan Roma  12:15.

Jadi ayat ini lebih condong bermakna tunggal, ditujukan bagi orang lain dan membahas lagu gembira yang ditujukan pada orang yang sedang bersedih

Demikianlah pendapat saya. Semoga membantu.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
May 31, 2018, 12:27:21 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1365
Amsal 25:20 terjemahan resmi LAI
25:20. Orang yang menyanyikan nyanyian untuk hati yang sedih adalah seperti orang yang menanggalkan baju di musim dingin, dan seperti cuka pada luka.

Mengenai terjemahan yang bisa mempunyai pengertian yang berbeda, mau tidak mau kita harus membaca ayat dalam bahasa aslinya



New American Standard Bible.
Like one who takes off a garment on a cold day, or like vinegar on soda, Is he who sings songs to a troubled heart.

King James Bible
As he that taketh away a garment in cold weather, and as vinegar upon nitre, so is he that singeth songs to an heavy heart.

Christian Standard Bible
Singing songs to a troubled heart is like taking off clothing on a cold day or like pouring vinegar on soda.


Terjemahan bahasa Inggris dengan analogi yang lebih mudah dipahami orang awam
New International Version
Like one who takes away a garment on a cold day, or like vinegar poured on a wound, is one who sings songs to a heavy heart.

New Living Translation
Singing cheerful songs to a person with a heavy heart is like taking someone's coat in cold weather or pouring vinegar in a wound.

Disini terlihat jelas bahwa terjemahan yang lebih sesuai dengan bahasa aslinya adalah terjemahan dari New American Standard Bible, King James Bible dan Christian Standard Bible.
Sedangkan terjemahan dengan analogi yang lebih mudah dipahami orang awam adalah New International Version, New Living Translation dimana kata vinegar upon nitre/ vinegar on soda (cuka dengan nitrat /soda) diganti dengan vinegar in a wound (cuka pada luka) yang lebih mudah dipahami oleh orang awam karena tidak banyak orang mengetahui reaksi cuka dengan nitrat /soda dibandingkan efek cuka pada luka yang sudah umum diketahui banyak orang.

Dan terjemahan LAI termasuk terjemahan dengan analogi yang lebih mudah dipahami oleh orang awam seperti terjemahan New Living Translation, dimana kata seperti cuka dengan nitrat /soda diganti dengan kata seperti cuka pada luka yang sudah banyak diketahui efeknya dibandingkan efek cuka dengan nitrat /soda.

Tetapi terjemahan LAI ini jika dibandingkan dengan terjemahan Bahasa Indonesia Sehari Hari 1985 dan Versi Mudah Dibaca 2006, maka terjemahan LAI lebih sesuai dengan bahasa aslinya. Hanya kata cuka dengan nitrat /soda diganti dengan kata  cuka pada luka yang lebih mudah dipahami analoginya.

Memang Amsal 25:20 mempunyai makna yang ganda, yaitu :
- Jika ditujukan pada diri sendiri
Artinya ketika hati kita sedang sedih/ ada masalah, janganlah menyanyikan lagu yang sedih/ menyayat hati termasuk meratap yang tidak akan menyelesaikan masalah/kesedihan kita tetapi malah memperburuk keadaan kita. Kita semakin sedih dan putus asa yang bisa menyeret kita kepada permasalahan yang semakin dalam, berlarut- larut tanpa jalan keluar. Hal ini menyiratkan bahwa kita tidak ikhlas dan sabar ketika sedih/ menghadapi masalah.
Tetapi bila kita sedih/ menghadapi masalah. sebaiknya kita berdoa kepada Tuhan dan meminta bantuan kepada sesama kita.

- Jika ditujukan pada orang lain
Artinya kita harus peka dengan kesedihan/ masalah yang dihadapi orang lain, bukan memperburuknya dengan menyanyikan lagu yang sedih, ikut meratap dan menimbulkan suasana sedih lainnya yang bisa membuat orang tersebut putus asa walaupun kita tidak berniat melukai hatinya.
Tetapi sebaliknya kita harus mendoakan dia, membantu dia mengatasi kesedihan dan permasalahannya serta menyemangati dia untuk segera keluar dari kesedihan dan permasalahan yang dihadapinya.
Yup Bro...bukan multi tafsir tapi bisa bermakna ganda...semua ajaran Tuhan yang ESA ga ada tuh Multi tafsir. Intinya untuk diri kita sendiri harus selalu bersyukur dan tidak perlu sedih (kalau sudah percaya dan selalu mengandalkan Tuhan). Kalau ada sesama kita yang masih bersedih (belum mengandalkan Tuhan seluruhnya)..kita harus membagi berkat Rohani...memberi semangat dan kekuatan  kepadanya agar dia percaya bahwa Tuhan tetap menjaga dan membantunya dalam segala keadaan (Rancangan-Nya akhirnya pasti indah).

Salam Damai...
Tuhan memberkati...
May 31, 2018, 08:34:52 AM
Reply #12
May 31, 2018, 09:42:13 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Hebatnya Firman Tuhan toh

5 orang baca, bisa dapat 5 pengertian berbeda, dan semuanya bisa saling melengkapi :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
June 01, 2018, 06:40:22 PM
Reply #14
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 290
  • Denominasi: Katolik
Fakta Science dari Amsal 25:20

Bila kita lihat Amsal 25:20 dari bahasa aslinya, maka kita akan menemukan kata- kata [and as] vinegar on niter / ḥō·meṣ ‘al-nā·ṯer;(חֹ֣מֶץ עַל־ נָ֑תֶר) dalam bahasa Ibrani yang berarti cuka dengan nitrat /soda



Komentar Niter pada Amsal 25:20

Quote
Dictionaries  Easton's Bible Dictionary Nitre
Nitre
( Proverbs 25:20 ; RSV marg., "soda"), properly "natron," a substance so called because, rising from the bottom of the Lake Natron in Egypt, it becomes dry and hard in the sun, and is the soda which effervesces when vinegar is poured on it. It is a carbonate of soda, not saltpetre, which the word generally denotes ( Jeremiah 2:22 ; RSV "lye").

These dictionary topics are from
M.G. Easton M.A., D.D., Illustrated Bible Dictionary, Third Edition,
published by Thomas Nelson, 1897. Public Domain, copy freely.

Easton, Matthew George. "Entry for Nitre". "Easton's Bible Dictionary". .


Dictionaries - King James Dictionary  Nitre
Nitre
A mineral; carbonate of soda.
As he that taketh away a garment in cold weather, and as vinegar upon NITRE, so is he that singeth songs to an heavy heart. ( Proverbs 25:20 )

Source: A King James Dictionary. (Used with permission. Copyright © Philip P. Kapusta)
Bibliography Information
"Entry for 'Nitre'". A King James Dictionary.

Dictionaries - Smith's Bible Dictionary  Nitre
Nitre.
Mention of this substance is made in ( Proverbs 25:20 ) "and as vinegar upon nitre"and in ( Jeremiah 2:26 ) The article denoted is not that which we now understand by the term nitre i.e. nitrate of Potassa "saltpetre" -but the nitrum of the Latins and the natron or native carbonate of soda of modern chemistry. Natron was and still is used by the Egyptians for washing linen. The value of soda in this respect is well known. This explains the passage in Jeremiah. Natron is found In great abundance in the well-known soda lakes of Egypt.

Smith, William, Dr. "Entry for 'Nitre'". "Smith's Bible Dictionary". . 1901.

Encyclopedias International Standard Bible Encyclopedia Nitre
NITRE

ni'-ter (nether; nitron):

Nitre as used in the King James Version does not correspond to the present use of that term. Nitre or niter is now applied to sodium or potassium nitrate. The writer has in his collection a specimen of sodium carbonate, called in Arabic naTrun, which was taken from the extensive deposits in Lower Egypt where it is found as a deposit underneath a layer of common salt. Similar deposits are found in Syria and Asia Minor. This is probably the "nitre" of the Bible. the American Standard Revised Version has rendered niter "lye" in Jeremiah 2:22, and "soda" in Proverbs 25:20. Soda or lye has been used as a cleansing agent from earliest times. It effervesces energetically, when treated with an acid; hence, the comparison in Proverbs 25:20 of the heavy-hearted man roiled by the sound of singing to the sizzling of soda on which vinegar has been poured.

See VINEGAR.

James A. Patch
Sumber : https://www.biblestudytools.com/dictionary/nitre/

Disini para ahli menyebut kata niter dengan sebutan "natron," yang diartikan sebagai carbonate of soda/ sodium bicarbonate/ Natrium biKarbonat (NaHCO3) yang dikenal dengan nama baking soda.
Bukan pottasium nitrate / kalium nitrat (KNO3) berdasarkan pengertian modern.

Natron is a naturally occurring mixture of sodium carbonate decahydrate (Na2CO3·10H2O, a kind of soda ash) and around 17% sodium bicarbonate (also called baking soda, NaHCO3) along with small quantities of sodium chloride and sodium sulfate
https://en.wikipedia.org/wiki/Natron

Mengapa campuran cuka dengan baking soda(Natrium biKarbonat) menjadi bahan perbandingan ?
Karena percampuran baking soda dengan cuka bisa menimbulkan reaksi kimia, ledakan walaupun tidak seperti bom.

Jadi berkenaan dengan penggunaan perbandingan ini dalam Amsal 25:20 yaitu bisa memicu ledakan emosi, marah dan jengkel. Artinya ayat ini ditujukan untuk orang lain bukan diri sendiri.

Amsal 25:20 terjemahan resmi LAI
25:20. Orang yang menyanyikan nyanyian untuk hati yang sedih adalah seperti orang yang menanggalkan baju di musim dingin, dan seperti cuka pada luka.

Bila kita menerjemahkan secara literal, maka didapat :
Amsal 25:20. Orang yang menyanyikan nyanyian untuk hati yang sedih adalah seperti orang yang menanggalkan baju di musim dingin, dan seperti cuka pada baking soda.
« Last Edit: June 01, 2018, 08:46:15 PM by Wiltu80 »
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
June 01, 2018, 06:44:48 PM
Reply #15
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 290
  • Denominasi: Katolik
Mengenai nyanyian

Nyanyian bagaimana yang bisa membuat orang jengkel/ emosi ?
Nyanyian yang seolah-olah mengolok orang yang sedih tersebut. Seperti nyanyian yang seolah-olah menertawakan orang tersebut / gembira atas kemalangan orang tersebut. Jadi nyanyian yang dimaksud adalah nyanyian yang gembira.

Jadi terjemahan yang paling mendekati Amsal 25:20 adalah :
"Menyanyikan nyanyian sukacita terhadap orang sedih seperti menelanjanginya dalam kedinginan cuaca dan mencampur cuka dengan baking soda."

Terjemahan ini adalah kombinasi antara  terjemahan Bahasa Indonesia Sehari Hari 1985, Versi Mudah Dibaca 2006, terjemahan secara literal dan makna dibalik kata vinegar upon nitre (cuka dengan baking soda).
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
June 01, 2018, 07:09:03 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
dulu waktu masih smu dan kuliah, kalo wa atau teman wa sedih.. malah karaokean bareng
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 01, 2018, 08:32:43 PM
Reply #17
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 290
  • Denominasi: Katolik
Reaksi kimia antara cuka dan baking soda

Seperti yang pernah dikatakan saya pada 2 tulisan diatas bahwa campuran antara baking soda dan cuka akan menimbulkan reaksi kimia yang memicu ledakan.

Bagaimana reaksi kimia yang terjadi ?
Sebelumnya kita perlu mengetahui rumus kimia cuka dan baking soda
Cuka = asam asetat   ( CH3COOH)
Baking soda = sodium bicarbonate/ Natrium Bikarbonat (NaHCO3)

Reaksi kimia:
NaHCO3 + CH3COOH → CH3COONa + H2O + CO2
Cuka + baking soda = Natrium asetat + air + karbon dioksida

Mengapa campuran ini bisa menimbulkan ledakan ?
Karena pada reaksi tersebut menimbulkan CO2 berbentuk gas yang memiliki tekanan yang bisa meledak bila reaksi terjadi di tempat tertutup.
Gas karbon dioksida yang dihasilkan dari percobaan ini sering dimanfaatkan dalam eksperiment ilmiah seperti meniup balon, efek simulasi lava, memadamkan api, dst.


Untuk membuktikannya. Silahkan klik link video berikut

Eksperimen meniup balon & ledakan berdasarkan reaksi NaHCO3 + CH3COOH → CH3COONa + H2O + CO2
https://www.youtube.com/watch?v=nvQnQ2OjmRU

Eksperimen memadamkan lilin berdasarkan reaksi NaHCO3 + CH3COOH → CH3COONa + H2O + CO2
https://www.youtube.com/watch?v=voHUdSDuylA

Eksperimen simulasi lava berdasarkan reaksi NaHCO3 + CH3COOH → CH3COONa + H2O + CO2
https://www.youtube.com/watch?v=Uw8bkc-nR9U

Selanjutnya kegunaan zat- zat tersebut :
1. Cuka /asam asetat : untuk produksi monomer vinil asetat (VAM) yang dapat dipolimerisasi menjadi polivinil asetat atau polimer lain yang merupakan komponen dalam cat dan perekat, memproduksi Ester  yang biasanya digunakan sebagai pelarut untuk tinta, cat dan pelapis, membuat Anhidrida asetat yang bisa diolah menjadi  selulosa asetat, tekstil sintetis yang juga digunakan untuk film fotografi, sebagai pelarut pada rekristalisasi untuk memurnikan senyawa organik,  terapi fisik menggunakan iontoforesis,  sebagai bumbu, dan dalam pengawetan sayuran dan makanan lain.

2. Baking soda/ Natrium Bikarbonat : Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti "mengembang", digunakan sebagai obat antasid (penyakit maag atau tukak lambung), menurunkan kadar asam urat.

3. Natrium asetat : Untuk Produksi Ester, Untuk Menetralkan Asam Sulfat dari Limbah, Sebagai Buffer, sebagai Bahan Pengawet

4. Karbon dioksida : digunakan dalam proses pembuatan makanan, karbonisasi minuman, mencegah terjadinya kebakaran, gas pelindung dalam proses pengelasan, membuat es kering atau dry ice, pengisi pada pelampung-pelampung, perahu karet, menganalisa gas lain,.

Sumber:
https://chemiday.com/en/reaction/3-1-0-13355
https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_asetat
https://id.wikipedia.org/wiki/Natrium_bikarbonat
https://manfaat.co.id/manfaat-natrium-asetat
https://manfaat.co.id/9-manfaat-karbon-dioksida-co2-dalam-kehidupan-sehari-hari
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
August 19, 2018, 04:54:39 PM
Reply #18
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 99
Reaksi kimia antara cuka dan baking soda

Seperti yang pernah dikatakan saya pada 2 tulisan diatas bahwa campuran antara baking soda dan cuka akan menimbulkan reaksi kimia yang memicu ledakan.

Bagaimana reaksi kimia yang terjadi ?
Sebelumnya kita perlu mengetahui rumus kimia cuka dan baking soda
Cuka = asam asetat   ( CH3COOH)
Baking soda = sodium bicarbonate/ Natrium Bikarbonat (NaHCO3)

Reaksi kimia:
NaHCO3 + CH3COOH → CH3COONa + H2O + CO2
Cuka + baking soda = Natrium asetat + air + karbon dioksida

Mengapa campuran ini bisa menimbulkan ledakan ?
Karena pada reaksi tersebut menimbulkan CO2 berbentuk gas yang memiliki tekanan yang bisa meledak bila reaksi terjadi di tempat tertutup.
Gas karbon dioksida yang dihasilkan dari percobaan ini sering dimanfaatkan dalam eksperiment ilmiah seperti meniup balon, efek simulasi lava, memadamkan api, dst.


Untuk membuktikannya. Silahkan klik link video berikut

Eksperimen meniup balon & ledakan berdasarkan reaksi NaHCO3 + CH3COOH → CH3COONa + H2O + CO2
https://www.youtube.com/watch?v=nvQnQ2OjmRU

Eksperimen memadamkan lilin berdasarkan reaksi NaHCO3 + CH3COOH → CH3COONa + H2O + CO2
https://www.youtube.com/watch?v=voHUdSDuylA

Eksperimen simulasi lava berdasarkan reaksi NaHCO3 + CH3COOH → CH3COONa + H2O + CO2
https://www.youtube.com/watch?v=Uw8bkc-nR9U

Selanjutnya kegunaan zat- zat tersebut :
1. Cuka /asam asetat : untuk produksi monomer vinil asetat (VAM) yang dapat dipolimerisasi menjadi polivinil asetat atau polimer lain yang merupakan komponen dalam cat dan perekat, memproduksi Ester  yang biasanya digunakan sebagai pelarut untuk tinta, cat dan pelapis, membuat Anhidrida asetat yang bisa diolah menjadi  selulosa asetat, tekstil sintetis yang juga digunakan untuk film fotografi, sebagai pelarut pada rekristalisasi untuk memurnikan senyawa organik,  terapi fisik menggunakan iontoforesis,  sebagai bumbu, dan dalam pengawetan sayuran dan makanan lain.

2. Baking soda/ Natrium Bikarbonat : Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti "mengembang", digunakan sebagai obat antasid (penyakit maag atau tukak lambung), menurunkan kadar asam urat.

3. Natrium asetat : Untuk Produksi Ester, Untuk Menetralkan Asam Sulfat dari Limbah, Sebagai Buffer, sebagai Bahan Pengawet

4. Karbon dioksida : digunakan dalam proses pembuatan makanan, karbonisasi minuman, mencegah terjadinya kebakaran, gas pelindung dalam proses pengelasan, membuat es kering atau dry ice, pengisi pada pelampung-pelampung, perahu karet, menganalisa gas lain,.

Sumber:
https://chemiday.com/en/reaction/3-1-0-13355
https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_asetat
https://id.wikipedia.org/wiki/Natrium_bikarbonat
https://manfaat.co.id/manfaat-natrium-asetat
https://manfaat.co.id/9-manfaat-karbon-dioksida-co2-dalam-kehidupan-sehari-hari


Bro,...... kan cuka pada luka.....
kalo cuka dan baking soda...... hmm
August 19, 2018, 04:56:41 PM
Reply #19
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 99
dulu waktu masih smu dan kuliah, kalo wa atau teman wa sedih.. malah karaokean bareng

Setelah karaoke bagaimana? Apakah merasa lebih baik?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)