Author Topic: Sebetulnya Tuhan Yesus pengen gembala model Paus atau model Pendeta?  (Read 1284 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 31, 2018, 11:49:39 AM
Reply #10
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 244
  • Denominasi: Katolik
Petrus mempunyai otoritas diantara para rasul untuk menetapkan rasul baru pengganti Yudas

Kisah Para Rasul  1:12-26
1:12. Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.
1:13 Setelah mereka tiba di kota, naiklah mereka ke ruang atas, tempat mereka menumpang. Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus.
1:14 Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.
1:15. Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata:
1:16 "Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan ROH KUDUS dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.
1:17 Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini."
1:18 --Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.
1:19 Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri "Hakal-Dama", artinya Tanah Darah--.
1:20 "Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.
1:21 Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami,
1:22 yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya."
1:23 Lalu mereka mengusulkan dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan yang juga bernama Yustus, dan Matias.
1:24 Mereka semua berdoa dan berkata: "Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini,
1:25 untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya."
1:26 Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian


Disini terlihat jelas bahwa Petrus menetapkan kebijakan untuk menggantikan posisi Yudas yaitu seorang yang senantiasa datang berkumpul dengan para rasul mulai sejak pewartaan Tuhan Yesus bersama-sama dengan para rasul mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga. Jadi rasul yang baru ini berasal dari murid Yesus sejak awal mula mengikuti Yesus mulai dari baptisan Yohanes hanya tidak termasuk 12 rasul.
Hal ini tidak diajarkan Yesus tetapi berdasarkan pernyataan Yesus kepada Petrus bahwa Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. maka keputusan ini sah.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
May 31, 2018, 11:51:54 AM
Reply #11
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 244
  • Denominasi: Katolik
Petrus mewakili para rasul berkotbah kepada orang Yahudi dan orang yang tinggal di Yerusalem yang ada di tempat tersebut yang belum mengenal Yesus untuk dibabtis dan mengikuti Yesus

Kisah Para Rasul 2:14-36
2:14. Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini.
2:15 Orang-orang ini tidak mabuk seperti yang kamu sangka, karena hari baru pukul sembilan,
2:16 tetapi itulah yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi Yoel:
2:17 Akan terjadi pada hari-hari terakhir--demikianlah firman Allah--bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.
2:18 Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat.
2:19 Dan Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di atas, di langit dan tanda-tanda di bawah, di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap.
2:20 Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu.
2:21 Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.
2:22 Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu.
2:23 Dia yang diserahkan Allah menurut maksud dan rencana-Nya, telah kamu salibkan dan kamu bunuh oleh tangan bangsa-bangsa durhaka.
2:24 Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu.
2:25 Sebab Daud berkata tentang Dia: Aku senantiasa memandang kepada Tuhan, karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.
2:26 Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram,
2:27 sebab Engkau tidak menyerahkan aku kepada dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.
2:28 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita di hadapan-Mu.
2:29 Saudara-saudara, aku boleh berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang Daud, bapa bangsa kita. Ia telah mati dan dikubur, dan kuburannya masih ada pada kita sampai hari ini.
2:30 Tetapi ia adalah seorang nabi dan ia tahu, bahwa Allah telah berjanji kepadanya dengan mengangkat sumpah, bahwa Ia akan mendudukkan seorang dari keturunan Daud sendiri di atas takhtanya.
2:31 Karena itu ia telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan, bahwa Dia tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati, dan bahwa daging-Nya tidak mengalami kebinasaan.
2:32 Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi.
2:33 Dan sesudah Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah dan menerima ROH KUDUS yang dijanjikan itu, maka dicurahkan-Nya apa yang kamu lihat dan dengar di sini.
2:34 Sebab bukan Daud yang naik ke sorga, malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku:
2:35 Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu.
2:36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
May 31, 2018, 11:52:52 AM
Reply #12
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 244
  • Denominasi: Katolik
Petrus dan para rasul menetapkan bahwa orang percaya non Yahudi tidak perlu disunat
Kisah Para Rasul 15:6-21
15:6. Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu.
15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.
15:8 Dan Allah, yang mengenal hati manusia, telah menyatakan kehendak-Nya untuk menerima mereka, sebab Ia mengaruniakan ROH KUDUS juga kepada mereka sama seperti kepada kita,
15:9 dan Ia sama sekali tidak mengadakan perbedaan antara kita dengan mereka, sesudah Ia menyucikan hati mereka oleh iman.
15:10 Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?
15:11 Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga."
15:12 Maka diamlah seluruh umat itu, lalu mereka mendengarkan Paulus dan Barnabas menceriterakan segala tanda dan mujizat yang dilakukan Allah dengan perantaraan mereka di tengah-tengah bangsa-bangsa lain.
15:13 Setelah Paulus dan Barnabas selesai berbicara, berkatalah Yakobus: "Hai saudara-saudara, dengarkanlah aku:
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.
15:15 Hal itu sesuai dengan ucapan-ucapan para nabi seperti yang tertulis:
15:16 Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan,
15:17 supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah Firman Tuhan yang melakukan semuanya ini,
15:18 yang telah diketahui dari sejak semula.
15:19 Sebab itu aku berpendapat, bahwa kita tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi mereka dari bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah,
15:20 tetapi kita harus menulis surat kepada mereka, supaya mereka menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah.
15:21 Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."


Disini Petrus menyatakan posisinya sebagai pemimpin dari para rasul dan menetapkan keputusan hasil musyawarah para rasul bahwa orang non Yahudi yang percaya Yesus tidak perlu disunat, tetapi harus menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
May 31, 2018, 11:56:06 AM
Reply #13
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 244
  • Denominasi: Katolik
Para rasul menetapkan penatua dengan perantaraan Barnabas dan Saulus.

Kisah Para Rasul 14:23 Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka.

1 Timotius 5:17-19
5:17. Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut dihormati dua kali lipat, terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar.
5:18 Bukankah Kitab Suci berkata: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang sedang mengirik," dan lagi "seorang pekerja patut mendapat upahnya."
5:19 Janganlah engkau menerima tuduhan atas seorang penatua kecuali kalau didukung dua atau tiga orang saksi.

1 Titus 1:1-9
1:1. Dari Paulus, hamba Allah dan rasul Yesus Kristus untuk memelihara iman orang-orang pilihan Allah dan pengetahuan akan kebenaran seperti yang nampak dalam ibadah kita,
1:2 dan berdasarkan pengharapan akan hidup yang kekal yang sebelum permulaan zaman sudah dijanjikan oleh Allah yang tidak berdusta,
1:3 dan yang pada waktu yang dikehendaki-Nya telah menyatakan firman-Nya dalam pemberitaan Injil yang telah dipercayakan kepadaku sesuai dengan perintah Allah, Juruselamat kita.
1:4 Kepada Titus, anakku yang sah menurut iman kita bersama: kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Juruselamat kita, menyertai engkau.
1:5. Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu,
1:6. yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib.
1:7 Sebab sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah,
1:8 melainkan suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri
1:9 dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.

1 Petrus 5:1-4
5:1. Aku menasihatkan para penatua di antara kamu, aku sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak.
5:2 Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.
5:3 Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.
5:4 Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.


Disini terlihat jelas bahwa para penatua tidak berdiri sendiri tetapi terhubung dengan gereja di Yerusalem sebagai pusat. Petrus mempunyai otoritas lebih dari penatua.

II Yohanes 1:1 --> Yohanes menjadi penatua
Dari penatua kepada Ibu yang terpilih dan anak-anaknya yang benar-benar aku kasihi. Bukan aku saja yang mengasihi kamu, tetapi juga semua orang yang telah mengenal kebenaran,

III Yohanes 1:1 --> Yohanes menjadi penatua
Dari penatua kepada Gayus yang kekasih, yang kukasihi dalam kebenaran.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
May 31, 2018, 11:59:55 AM
Reply #14
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 244
  • Denominasi: Katolik
Penilik jemaat dan diaken
1 Timotius 3:1-13
3:1. Benarlah perkataan ini: "Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah."
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,
3:3 bukan peminum, bukan pemarah melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang,
3:4 seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya.
3:5 Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah?
3:6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis.
3:7 Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat, agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.
3:8. Demikian juga diaken-diaken haruslah orang terhormat, jangan bercabang lidah, jangan penggemar anggur, jangan serakah,
3:9 melainkan orang yang memelihara rahasia iman dalam hati nurani yang suci.
3:10 Mereka juga harus diuji dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak bercacat.
3:11 Demikian pula isteri-isteri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah, hendaklah dapat menahan diri dan dapat dipercayai dalam segala hal.
3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.
3:13 Karena mereka yang melayani dengan baik beroleh kedudukan yang baik sehingga dalam iman kepada Kristus Yesus mereka dapat bersaksi dengan leluasa.


Penilik jemaat dan diaken tidak dipilih para rasul tetapi melalui perantaraan Paulus dan Barnabas diserahkan kepada penatua untuk menetapkannya.

Disini terlihat jelas bahwa hanya gereja Katolik dan Orthodox yang mempertahankan model kepemimpinan seperti yang ditetapkan oleh Yesus dan para rasul, dimana terdapat gembala universal / mewakili semua jemaat seperti jabatan Petrus (sekarang disebut Paus/ Patriakh). Jabatan penatua (uskup), penilik jemaat (pastur/imam) dan diaken (diakon). Dan gereja yang dikelola para penatua bukanlah gereja yang berdiri sendiri, melainkan terhubung dengan gereja Yerusalem sebagai pusat.
Karena hal inilah, maka gereja Katolik dan Orthodox disebut gereja rasuliah/apostolik.

Hal ini sesuai juga dengan Syahadat Para Rasul dan Doa Syahadat Nicea

Syahadat Para Rasul
Aku percaya akan Allah,
Bapa yang mahakuasa,
pencipta langit dan bumi;
dan akan Yesus Kristus,
Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita,
yang dikandung dari ROH KUDUS,
dilahirkan oleh Perawan Maria;
yang menderita sengsara
dalam pemerintahan Pontius Pilatus
disalibkan, wafat, dan dimakamkan;
yang turun ke tempat penantian
pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati;
yang naik ke surga,
duduk di sebelah kanan Allah Bapa
yang mahakuasa;
dari situ Ia akan datang
mengadili orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya akan ROH KUDUS,
Gereja katolikĀ² yang kudus,
persekutuan para kudus,
pengampunan dosa,
kebangkitan badan,
kehidupan kekal.
Amin.


Doa Syahadat Nicea
Aku percaya akan satu Allah,
Bapa yang mahakuasa,
pencipta langit dan bumi,
dan segala sesuatu yang kelihatan
dan tak kelihatan;
dan akan satu Tuhan Yesus Kristus,
Putra Allah yang tunggal.
Ia lahir dari Bapa sebelum segala abad,
Allah dari Allah,
Terang dari Terang,
Allah benar dari Allah benar.
Ia dilahirkan, bukan dijadikan,
sehakikat dengan Bapa;
segala sesuatu dijadikan oleh-Nya.
Ia turun dari surga untuk kita manusia
dan untuk keselamatan kita.
Ia dikandung dari ROH KUDUS,
Dilahirkan oleh Perawan Maria, dan menjadi manusia.
Ia pun disalibkan untuk kita, waktu Pontius Pilatus;
Ia menderita sampai wafat dan dimakamkan.
Pada hari ketiga Ia bangkit menurut Kitab Suci.
Ia naik ke surga, duduk di sisi Bapa.
Ia akan kembali dengan mulia,
mengadili orang yang hidup dan yang mati;
kerajaan-Nya takkan berakhir.
Aku percaya akan ROH KUDUS,
Ia Tuhan yang menghidupkan;
Ia berasal dari Bapa dan Putra,
yang serta Bapa dan Putra,
disembah dan dimuliakan;
Ia bersabda dengan perantaraan para nabi.
Aku percaya akan Gereja
yang satu, kudus, katolik dan apostolik.

Aku mengakui satu pembaptisan
Akan penghapusan dosa.
Aku menantikan kebangkitan orang mati
dan hidup di akhirat.
Amin.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
May 31, 2018, 01:13:20 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8766
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Model kepemimpinan Protestan juga sama aja kek begitu :)

cuma bedanya gembala Protestan itu mewakili jemaat yang ada di dalam denominasinya aja ;D
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 31, 2018, 02:52:44 PM
Reply #16
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6238
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Dalam Kitab Perjanjian Baru sbnrnya bisa dilihat model kepemimpinan Gereja.

Pimpinan tertinggi Gereja adalah konsili yg mrupakan persekutuan dari para penatua di seluruh dunia Kekristenan, dari semua kota dan wilayah. ROH KUDUS bekerja diantara kesatuan para pimpinan.
Contohnya adalah Konsili Pertama di Yerusalem yg membahas baptisan ROH KUDUS atas Kornelius dan peran Taurat Musa thd petobat dari gentiles.

Di luar konsili adalah para penatua.
Penatua itu adalah penatua kota sampai penatua utk wilayah yg lebih kecil.
Di bawahnya adalah penilik jemaat utk skala yg lebih kecil dari wilayah penatua.

Masing-masing penatua bertanggung jawab atas daerahnya yg khas, bila ada masalah maka dibawa ke sidang konsili.

Sistem ini berjalan sejak masa Gereja purba hingga kira-kira abad ke 11.

Gereja hingga abad ke-11 mengenali otoritas dari Konsili 5 Pusat Gereja (Patriakh) yaitu Patriakh Roma, Patriakh Alexandria, Patriakh Anthiokia, Patriakh Konstantinopel dan Patriakh Yerusalem. Ke-5 Patriakh itu berkedudukan setara dg Patriakh Roma sbg yang lebih dituakan (primus inter pares).

Di luar konsili, semua Patriakh dipimpin uskup/penatua yg bertanggung jawab atas wilayahnya masing-masing. Di bawah penatua adalah para penilik jemaat yg menggembalakan wilayah lebih kecil. Tidak terjadi saling intervensi dalam hal ritual maupun pengaturan yg khas utk wilayah masing-masing.

Sayang skali terjadi skisma di abad 11 hingga jadilah 1 Patriakh Roma berseberangan dg 4 Patriakh lainnya.
Kedua kubu tsb berdiri sendiri-sendiri dan mengklaim sbg otoritas tertinggi dunia Kekristenan.

Saat ini tidak ada lagi yg bisa disebut Konsili dunia Kristen yg sama spt Konsili gereja purba.
Masing-masing denominasi mengadakan konsilinya sendiri-sendiri.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
May 31, 2018, 03:55:13 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
jawaban pastinya yg tau ya Tuhan Yesus sendiri, adapun menurut wa:
Model Paus adalah gembala kumpulan besar. Model pendeta adalah gembala2 kecil dengan scope lokal. Mana sebenarnya yg dimaui oleh Tuhan Yesus?
kedua model tsb dimaui oleh Tuhan Yesus, masing2 punya peran sendiri..
adapun Paus disamping aktif menggembalakan umat Katolik, Paus juga aktif dalam misi perdamaian dunia yg melibatkan lintas agama dan dipandang sbg 'representatif umat kristian' termasuk soal upaya penyelesaian konflik2 seperti konflik timur tengah, konflik rohingya, dsb


Apakah maksud Tuhan Yesus dia pengen Petrus sebagai pendeta pertama atau sebagai seorang pemimpin seperti Paus?
Tuhan Yesus mengucapkan perkataan yg sama 3x kepada Rasul Petrus: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

Yg penting; menjadi gembala sekaligus pelayan, menggembalakan kawanan domba Allah yang ada pada pada tiap2 gembala dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri, menjadi teladan bagi kawanan domba itu.


Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
May 31, 2018, 07:02:22 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10146
Model Paus adalah gembala kumpulan besar. Model pendeta adalah gembala2 kecil dengan scope lokal. Mana sebenarnya yg dimaui oleh Tuhan Yesus? Apakah maksud Tuhan Yesus dia pengen Petrus sebagai pendeta pertama atau sebagai seorang pemimpin seperti Paus?

ya bisa aja model dua-dua-nya atau malah model lain yg lebih dari dua model..

mosok yesus jadi bintang iklan & sponsornya salah satu sih?
emang berani bayar Yesus berapa?

jadi jangan mau lah dikadalin seolah-olah "aliran guwe lah yang SATU-SATU-nya di endorse oleh Yesus"
kecuali elo udah nemu instagram officialnya Yesus yang verified, dan ada post Yesus ngomong gitu.

tapi kalo elo pengen jadi downline & belajar jadi salesman ayat dan jualann Yesus, ya elo PERLU BANGET untuk fanatik kepada jualan elo... kalo enggak elo susah dapet customer..

gitu aja.
clear dan straightforward kan sebenernya..
May 31, 2018, 11:02:15 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 524
apapun modelnya yang penting tidak menyimpang ajarannya
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)