Author Topic: Single Predestinasi ---VS--- Double Predestinasi  (Read 1773 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 01, 2018, 02:01:54 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1090
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
ditawarkan secara gratis :
a. hidup kekal
b. mati kekal
pilihan ada ditanganmu ...
maumu kek macam bagimana ??
June 01, 2018, 02:07:58 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1090
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Dari link yang henhen kasih, saya dapatkan definisi SinglePredestination :
 Definisi mengenai SinglePredestination di point-X buat saya masih nggak gitu jelas

Berikut definisi Reformed thdp SinglePredestination non-Reformed
So, mengapa thdp definisi SinglePredestination di point-X saya katakan masih nggak gitu jelas ?
Karena masih bisa menimbulkan pertanyaan : what about to the rest ?
Sementara dari kalimat bold oranye, tidak akan menimbulkan pertanyaan spt diatas.

Anyway,
SinglePredestination versi saya lebih jauh lagi dr kalimat oranye bold tsb, yakni berupa :
He has not predestined the rest of humanity either masuk sorga or masuk neraka.
Dengan kata lain, to the rest - sikonnya masih netral.


Terhadap SinglePredestination yang oranye, artikel nembak-nya kayak gini (ada di "THEN" nya).
lha konteksnya tetap sama "bebas milih"
kek adam hawa diberi perintah dan pilihan :
a. jangan makan buah terlarang ... edop kekal
b. makan buah terlarang ... matek



June 01, 2018, 02:17:05 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11987
    • fossil coral cantik
Quote
ditawarkan secara gratis :
a. hidup kekal
b. mati kekal
pilihan ada ditanganmu ...
maumu kek macam bagimana ??

lha konteksnya tetap sama "bebas milih"
kek adam hawa diberi perintah dan pilihan :
a. jangan makan buah terlarang ... edop kekal
b. makan buah terlarang ... matek
Sekali lagi :
DIRIMU INI LAGI NGOMONGIN VERSI APA, HAH ?!!

June 01, 2018, 02:19:19 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 771
  • Denominasi: Protestan
Dari link yang henhen kasih, saya dapatkan definisi SinglePredestination :
Definisi mengenai SinglePredestination di point-X buat saya masih nggak gitu jelas

Berikut definisi Reformed thdp SinglePredestination non-Reformed :
So, mengapa thdp definisi SinglePredestination di point-X saya katakan masih nggak gitu jelas ?
Karena masih bisa menimbulkan pertanyaan : what about to the rest ?
Sementara dari kalimat bold oranye, tidak akan menimbulkan pertanyaan spt diatas.

Anyway,
SinglePredestination versi saya lebih jauh lagi dr kalimat oranye bold tsb, yakni berupa :
He has not predestined the rest of humanity either masuk sorga or masuk neraka.
Dengan kata lain, to the rest - sikonnya masih netral.


Terhadap SinglePredestination yang oranye, artikel nembak-nya kayak gini (ada di "THEN" nya).

Mungkin ini bisa menjelaskan, bray :

Predestinasi itu ada, bahwa ada orang-orang yang dipredestinasi "pasti selamat" karena dia memang diciptakan untuk suatu misi tertentu, saya sudah memberi contoh Musa, Samuel, Yohanes Pembaptis, dan barangkali pula Rasul Paulus... dll

dan ada pula orang-orang yang selamat karena mendengar berita Injil, dan mereka dalam iman menjadi percaya.

2 macam golongan orang-orang percaya ini saya yakini memang ada.

Kita tidak dapat secara naif meng-klaim bahwa perempuan yang menjamah jubah Yesus itu pasti udah "dipredestinasi" demikian.
Juga penjahat di sebelah Yesus ketika disalib, kita tidak dapat "terlalu naif" menganggap orang itu "sudah dipredestinasi."

Bahwa ada iman yang lahir karena berita-berita Injil, dari kesaksian-kesaksian Tuhan Yesus sendiri, para rasul dan semua hamba-hambanya kegiatan ini terus-menerus ada dan terjadi hingga sat ini.

Ya, orang-orang yang dipredestinasi, mereka tetap memiliki "free-will"-nya. Rasul Paulus dalam tulisannya menulis dalam ilham ROH KUDUS menyatakan demikian. 

Rasul Paulus dapat kita anggap dia "dipredestinasi" namun dia pun tetap harus mempertahankan keimanannya, karena free-will-nya.
Pikiran tentang "OSAS" ataupun pemahaman "TIDAK MUNGKIN MURTAD LAGI" itu sangat jauh dari benak Rasul Paulus, wejangan "JANGAN MURTAD LAGI" itupun juga ditujukan kepada dirinya sendiri:

* 1 Korintus 9:27   
Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.


Rasul Paulus sendiri berharap dan berusaha supaya dia jangan ditolak maka pemikiran akan "OSAS" tentunya jauh dari benak sang rasul. (lihat penjelasan bagian akhir pada artikel di http://www.sarapanpagi.org/paulus-vt274.html#p21838 )

Kata "ditolak" dalam 1 Korintus 9:27 adalah suatu "batalnya keselamatan".
Coba kaji ayat ini yang menulis ada suatu keadaan di penghakiman nanti, dimana Tuhan Yesus menolak orang-orang yang sebelumnya menjadi pelayan-pelayan-Nya di dunia ini, namun karena mereka melakukan kejahatan-kejahatan mereka itu "ditolak":

* Matius 7:21-23
7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"


Ditolak Tuhan Yesus itu adalah sanksi terberat, "Enyahlah dari pada-Ku" itu adalah batalnya keselamatan!

Rasul Paulus tentu tahu tentang apa yang pernah diucapkan Tuhan Yesus ini. Dan perkataan ini ditujukan kepada orang-orang yang justru sudah menjadi Kristen. Peringatan dari Tuhan Yesus ini ia terapkan kedalam kehidupan pelayanan pribadinya, dan ia bertekat dalam perbuatan yang dia lakukan sampai akhir-hayatnya:
"aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

June 01, 2018, 02:23:04 AM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1090
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Dirimu cuma tereak sepotong tanpa menjelaskan  :D.

bisa koq contohnya ini  http://forumkristen.com/index.php?topic=63095.120, pages : #12 #13
krn saya gk mau berbusa BASI kek anda
June 01, 2018, 02:30:06 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1090
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Sekali lagi :
DIRIMU INI LAGI NGOMONGIN VERSI APA, HAH ?!!

VERSI ini lho ... http://forumkristen.com/index.php?topic=63394.0 ... hal 1 #5
PEMILIHAN DAN PREDESTINASI
http://alkitab.sabda.org/article.php?id=8463

yg udah kau qoute postingan selanjutnya hubungannya dgn tsb di atas... mosok anda linglung ???
June 01, 2018, 02:41:21 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11987
    • fossil coral cantik
Mungkin ini bisa menjelaskan, bray :
Makasih viruskasih atas penjelasan lebih jauhnya mengenai SinglePredestination.

Pertanyaannya :
Jadi antara SP versus DP itu ...
A. Predestinasi model Reformed itu ya emang IDEM dengan Predestinasi non-Reformed
B. Predestinasi model Reformed itu ya emang BEDA dgn Predestinasi non-Reformed
C. Terjadi misunderstanding dari non-Reformed thdp Predestinasi model Reformed (seperti yang artikel bilang), akibatnya jadi keliatan "BEDA".

IMO, jawabannya yang B.
Tidak ada terjadi "misunderstanding".
DoublePredestination menihilkan Freewill, walopun artikel terkait telah mengajukan spt sbb :
Quote
Predestination is not the doctrine that God has “forced” those who He is not saving to turn away. Nor is it the notion that God has “programmed” us to act a certain way like a computer programmer would script software so that we simply react to the Gospel favorably or unfavorably because that is what God has scripted us to do.

So... sebelum yang merah, kayaknya itu maksudnya Reformed mengenai "DoublePredestination tidak menihilkan Freewill". Oda : itu LARI. Sementara padahal yang saya tulis ungu itu justru ada di yang merah.

Selanjutnya :
Quote
In addition, Reformed theology does not teach that God “makes us sin,”

Padahal "Law"Nya Allah itu sendiri menurut Reformed sbb :
KALO Adam makan buah
MAKA seluruh keturunannya masuk neraka


So... ketika "IF"nya terpenuhi
saya bilang, 1000 masuk neraka telah predestined by Law.

Kembali lagi, saya milih yang B itu adalah versi saya sendiri.
Saya nggak tau yang A/B/C kah yg jawaban dari versi Kekristenan non-Reformed.

:)
salam.
« Last Edit: June 01, 2018, 02:51:32 AM by odading »
June 01, 2018, 02:42:42 AM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1090
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
@odading ... gk usah diambil hati bro/sista (soelene statusmu gk ada jeskel)
gw cuman sebatas/kapasitas membela keimanan saya
tidak dlm kapasitas membuat anda sepaham/sepakat dgn saya

kata pepatah
jika ada yg salah jangan disimpan dalam hati
June 01, 2018, 02:45:55 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1090
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Makasih viruskasih atas penjelasan lebih jauhnya mengenai SinglePredestination.

Pertanyaannya :
Jadi antara SP versus DP itu ...
A. Predestinasi model Reformed itu ya emang IDEM dengan Predestinasi non-Reformed
B. Predestinasi model Reformed itu ya emang BEDA dgn Predestinasi non-Reformed
C. Terjadi misunderstanding dari non-Reformed thdp Predestinasi model Reformed, akibatnya jadi keliatan "BEDA".

IMO, jawabannya yang B.
Tidak ada terjadi "misunderstanding".
DoublePredestination menihilkan Freewill, walopun artikel terkait telah mengajukan spt sbb :
So... sebelum yang merah, kayaknya itu maksudnya Reformed mengenai "DoublePredestination tidak menihilkan Freewill". Oda : itu LARI. Sementara padahal yang saya tulis ungu itu justru ada di yang merah.

Selanjutnya :
Padahal "Law"Nya Allah itu sendiri menurut Reformed sbb :
KALO Adam makan buah
MAKA seluruh keturunannya masuk neraka


So... ketika "IF"nya terpenuhi
saya bilang, 1000 masuk neraka telah predestined by Law.

Kembali lagi, saya milih yang B itu adalah versi saya sendiri.
Saya nggak tau yang A/B/C kah yg jawaban dari versi Kekristenan non-Reformed.

:)
salam.
makanya sedari awal saya udah kasih umpan bola versi alkitab yg simpel/sederhana
June 01, 2018, 02:47:37 AM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11987
    • fossil coral cantik
VERSI ini lho ... http://forumkristen.com/index.php?topic=63394.0 ... hal 1 #5yg udah kau qoute postingan selanjutnya hubungannya dgn tsb di atas... mosok anda linglung ???
Saya sama sekali tidak gubris post-mu karena topik ini sedang membicarakan dua model Predestinasi, DP versus SP. Sementara dirimu yg sudah selalu menjadi kebiasaan burukmu mengajukan perihal yang tidak jelas - terbaca dari judul yg dirimu tulis :

Quote
PEMILIHAN DAN PREDESTINASI
http://alkitab.sabda.org/article.php?id=8463
Dirimu selalu nyamber gak karuan.
Orang lagi ngomongin air laut, dirimu nyamber dengan ngomongin perihal air comberan.

Topik ini lagi ngomongin dua model Predestinasi, dgn embel2 Single VS Double
Dirimu nyamber dengan ngomongin Predestinasi yang tanpa embel2.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)