Author Topic: Adakah Rasul-rasul Sekarang?  (Read 2130 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 03, 2018, 10:11:24 AM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 588
@cadangdata

anda: jadi ketika ada revelation akan adanya suatu wahyu tuhan, maka juga artinya enggak harus dijadikan bentuk tertulis di alkitab, atau revisi alkitab..

saya: jika tidak tertulis di alkitab maka masalah yang mungkin timbul adalah seperti yang saya katakan kepada @sotardugurparreva di komen #24

masalahnya adalah: jika ada dua rasul, sebut saja rasul A dan rasul B mempunyai tafsiran yang berbeda 180 derajat tentang suatu ayat dan dua-duanya mengaku mendapat wahyu dari tuhan.

pertanyaannya: bagaimana kita dapat menentukan mana yang benar dan mana yang salah? mana yang beneran mendapat wahyu dan mana yang cuma ngaku-ngaku?
jika jawabannya adalah: melalui konsili
maka pertanyaan selanjutnya adalah: berapa tahun sekali diadakan konsili untuk menentukan wahyu dari Tuhan?
kemudian, bagaimana caranya mengumumkan kepada orang-orang sedunia bahwa ada wahyu dari Tuhan jika tidak dicatatkan dalam alkitab?
June 03, 2018, 12:58:38 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
@cadangdata

anda: jadi ketika ada revelation akan adanya suatu wahyu tuhan, maka juga artinya enggak harus dijadikan bentuk tertulis di alkitab, atau revisi alkitab..

saya: jika tidak tertulis di alkitab maka masalah yang mungkin timbul adalah seperti yang saya katakan kepada @sotardugurparreva di komen #24

masalahnya adalah: jika ada dua rasul, sebut saja rasul A dan rasul B mempunyai tafsiran yang berbeda 180 derajat tentang suatu ayat dan dua-duanya mengaku mendapat wahyu dari tuhan.

pertanyaannya: bagaimana kita dapat menentukan mana yang benar dan mana yang salah? mana yang beneran mendapat wahyu dan mana yang cuma ngaku-ngaku?
ya kalo anda ragu-ragu..
mendingan enggak usah dipercaya dua-dua-nya lah..
gampang kan?

Quote
jika jawabannya adalah: melalui konsili
maka pertanyaan selanjutnya adalah: berapa tahun sekali diadakan konsili untuk menentukan wahyu dari Tuhan?

saya enggak tahu berapa tahun sekali mas..
soalnya saya juga enggak tahu jadwalnya tuhan rencana bikin wahyu tiap berapa tahun sekali.

mungkin kalo ada yg tahu jadwalnya tuhan apakah berapa tahun sekali, atau apakah sudah dapat kepastian dari Tuhan bahwa apakah sekarang tuhan sudah bisu atau udah ngambek gak mau ngomong, atau gimana... bisa di share..

Quote
kemudian, bagaimana caranya mengumumkan kepada orang-orang sedunia bahwa ada wahyu dari Tuhan jika tidak dicatatkan dalam alkitab?
andaikatapun memang ada, ya diumumkan saja oleh kumpulan manusia yang meyakini bahwa itu wahyu tuhan.
karena memang tidak akan pernah bisa diverifikasi secara objektif kan?

yang mau percaya silakan..
yg enggak percaya ya silakan.

kok repot amat ikutan mikir segala..
tuhan aja enggak repot kok...

haha...
« Last Edit: June 03, 2018, 01:02:26 PM by cadangdata »
June 03, 2018, 04:55:55 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 588
@cadangdata

anda: andaikatapun memang ada, ya diumumkan saja oleh kumpulan manusia yang meyakini bahwa itu wahyu tuhan.
karena memang tidak akan pernah bisa diverifikasi secara objektif kan?

yang mau percaya silakan..
yg enggak percaya ya silakan.

saya: bagi orang yang percaya bahwa itu wahyu Tuhan maka jawabannya atas thread ini adalah: rasul di zaman sekarang masih ada. bagi orang yang tidak percaya bahwa itu wahyu Tuhan maka jawabannya atas thread ini adalah: rasul di zaman sekarang sudah tidak ada.

anda: kok repot amat ikutan mikir segala..
tuhan aja enggak repot kok...

saya: karena bagi saya wahyu Tuhan adalah hal yang mendasar bagi orang beragama. bagi saya agak aneh rasanya jika sama-sama mengakui Yesus adalah Tuhan namun berbeda pendapat tentang wahyu yang diturunkan.

misal si A mengatakan bahwa ucapan Mr X adalah wahyu tuhan maka secara tidak langsung si A mengatakan bahwa Mr X adalah rasul
misal si B mengatakan bahwa ucapan Mr X adalah bukan wahyu tuhan maka secara tidak langsung si B mengatakan bahwa Mr X adalah bukan rasul

apakah mungkin Mr X menurut Tuhan Yesus adalah rasul sekaligus bukan rasul?
June 03, 2018, 06:30:05 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
@sotardugurparreva
anda: Melalui konsili.
Para petinggi Gereja dan aktivis-aktivis Gereja berembug mencari kehendak Tuhan yang sebenarnya.
saya: itu juga yang saya katakan kepada @odading di komen #12: jika alkitab bisa atau boleh bertambah maka tiap beberapa waktu sekali akan terjadi konsili untuk menambah ayat dalam alkitab. sependek pengetahuan saya, ayat alkitab belum bertambah setelah terakhir kali alkitab ditetapkan. kecuali jika ayat alkitab memang pernah bertambah setelah pertama kali ditetapkan berarti saya saja yang belum tahu.

apakah @sotardugurparreva tahu berapa tahun sekali diadakan konsili untuk menentukan wahyu dari Tuhan?
Yang @Sotardugur Parreva tangkap, dari Reply#12 dan terkait dengan bahasan ini ialah:
...tiap beberapa waktu sekali akan terjadi konsili untuk menambah ayat dalam alkitab...
bahwa menurut @rama noor, konsili berfungsi untuk menambah ayat Alkitab.

Sementara Reply#27
Melalui konsili. Para petinggi Gereja dan aktivis-aktivis Gereja berembug mencari kehendak Tuhan yang sebenarnya.

Meski Reply#24 dan #27 sama-sama membicarakan konsili, namun keduanya tidak sama.

Reply#24 menyatakan konsili untuk menambah ayat Alkitab,
sementara
Reply#27 menyatakan konsili adalah media di mana para petinggi dan aktivis Gereja berembug mencari wahyu Tuhan yang sebenarnya.

Landasan pikiran @Sotardugur Parreva mengartikan  #27 seperti itu ialah:
(1) Masih banyak yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus kepada rasul, namun belum dkatakan karena rasul belum sanggup menanggung;
dari situ kuartikan bahwa Tuhan Yesus Kristus akan mengatakan yang harus dikatakanNya kepada rasul itu jika rasul (penerus rasul) sudah sanggup menanggung.
(2) Rasul ditugasi mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus;
dari situ kuartikan bahwa yang diberi tugas mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus adalah rasul (penerus rasul).
(3) Rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman;
dari situ kuartikan bahwa tugas kerasulan tidak berhenti hanya pada rasul yang dipilih langsung oleh Tuhan Yesus Kristus, namun juga penerus rasul sampai kepada akhir zaman.
(4) Rasul mempunyai penerus;
poin (4) ini kuartikan dari pemilihan pengganti penerus kerasulan Yudas Iskariot dan terpilih Matias dari kandidat yang ada.

Jadi, penerus rasul seperti rasul yang dipilih langsung oleh Tuhan Yesus Kritus, mengemban tugas mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus. Kaitannya dengan konsili, bahwa segala hal yang belum dikatakan langsung oleh Tuhan Yesus Kristus namun harus dikatakan kepada rasul, dan sebelum dipublikasi, harus melalui konsili untuk menentukan apa yang sebenarnya dikatkaan oleh Tuhan Yesus Kristus.

Tentang pengadaan konsili, tidak diketahui regulasinya harus berapa kali dalam kurun waktu tertentu, karena tergantung pada kesanggupan rasul (penerus rasul).

Itu pendapatku.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 03, 2018, 06:36:08 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 588
@sotardugurparreva

lalu bagaimana cara mengumumkan hasil konsili tersebut kepada seluruh dunia?
June 03, 2018, 06:58:36 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Mohon ijin berpendapat untuk ini:
...
saya: karena bagi saya wahyu Tuhan adalah hal yang mendasar bagi orang beragama. bagi saya agak aneh rasanya jika sama-sama mengakui Yesus adalah Tuhan namun berbeda pendapat tentang wahyu yang diturunkan.
...
Sepenangkapan @Sotardugur Parreva dari posting @rama noor khusus yang kugarisbawahi itu, @rama noor merasa aneh akan perbedaan respon terhadap wahyu Tuhan Yesus Kristus. Masing-masing pihak merespon secara berbeda, ada yang mengaku wahyu Tuhan Yesus Kristus, dan ada yang ragu-ragu. (CMIIW)

Kupikir, perbedaan respon itu wajar. Jangankan respon dari para pihak yang sudah terpaut berabad-abad dari masa jasmani Tuhan Yesus Kristus, bahkan 11 orang yang sehari-hari bersama Tuhan Yesus Kristus saja ada perbedaan respon kepada Tuhan Yesus Kristus sendiri setelah kebangkitan, apalagi terhadap wahyu Tuhan Yesus Kristus. Sangat wajar.
Mat 20:16-17
Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.
Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.

Sehari-hari ke-11 orang itu adalah bersama Tuhan Yesus Kristus sebelum Tuhan Yesus Kristus disalibkan. Sebelum disalibkan, Tuhan Yesus Kristus sudah memberitahukan bahwa Dia akan bangkit pada hari yang ketiga. Lalu setelah bangkit, Tuhan Yesus Kristus sendiri melalui para permpuan yang mengundang ke-11 orang itu datang ke Bukit Galilea, dan walau mereka datang, namun, cermati ayat 17 di atas, beberapa orang ragu-ragu.
Yang ingin kusampaikan, jangankan mereka yang sudah terpaut berabad-abad ada keraguan pada wahyu Tuhan Yesus kristus, bahkan mereka yang sehari-hari bersama Tuhan Yesus Kristus saja ada yang ragu.Jadi, meski di bibir sama-sama mengaku percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, nyatanya, selalu saja ada yang mengakukan hal yang tidak dimengerti.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 03, 2018, 07:14:39 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
@sotardugurparreva
lalu bagaimana cara mengumumkan hasil konsili tersebut kepada seluruh dunia?
Diumumkan melalui surat gembala.
Surat gembala dikirimkan kepada tiap-tiap kelompok pengikut Kristus.

Namun, perlu disadari, pada zaman ini, mulai dari abad XVI, banyak kelompok yang menamakan diri pengikut Kristus, merasa cukup dengan membaca dan merenungkan Alkitab saja. Bagi para kelompok yang begitu itu, yang merasa cukup dengan membaca dan merenungkan Alkitab saja, lazimnya tidak mengakui bahwa masih ada wahyu Tuhan Yesus Kristus yang bakal disampaikan bertahap sampai kepada akhir zaman.

Anehnya, hal-hal yang kutuliskan sebagai 4 poin di #33 dapat dikonfirmasi ke Alkitab, namun masih saja banyak yang bersikukuh tidak menerimanya. Seperti itu tadi, mereka yang sehari-hari bersama Tuhan Yesus Kristus saja masih ada yang ragu-ragu, apalagi mereka yang sudah terpaut berabad-abad. Wajar.
Menurut pendapatku, semua respon akan mendapat ganjaran.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 03, 2018, 09:28:14 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 588
@sotardugurparreva

anda: Menurut pendapatku, semua respon akan mendapat ganjaran.
saya: bagi orang yang percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan ganjarannya apa? baik atau buruk? bagi orang yang tidak percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan ganjarannya apa? baik atau buruk?
June 03, 2018, 10:16:57 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
@sotardugurparreva

anda: Menurut pendapatku, semua respon akan mendapat ganjaran.
saya: bagi orang yang percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan ganjarannya apa? baik atau buruk? bagi orang yang tidak percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan ganjarannya apa? baik atau buruk?

Hmm... @rama noor salah tangkap.

Bagian posting @Soatrdugur Parreva yang ini: semua respon akan mendapat ganjaran adalah untuk paragraf ketiga dari posting itu.

...
Anehnya, hal-hal yang kutuliskan sebagai 4 poin di #33 dapat dikonfirmasi ke Alkitab, namun masih saja banyak yang bersikukuh tidak menerimanya. Seperti itu tadi, mereka yang sehari-hari bersama Tuhan Yesus Kristus saja masih ada yang ragu-ragu, apalagi mereka yang sudah terpaut berabad-abad. Wajar.
Menurut pendapatku, semua respon akan mendapat ganjaran.
Keempat poin (1) Masih banyak yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus kepada rasul, namun belum dikatakan karena rasul belum sanggup menanggung; (2) Rasul ditugasi mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus; (3) Rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman; (4) Rasul mempunyai penerus;
bisa dikonfirmasi ke Alkitab, namun meski sudah dikonfirmasi, banyak orang yang mengaku sebagai pengikut Kristus tidak menerima keempat poin di atas. Untuk itulah yang kumaksudkan semua respon akan mendapat ganjaran.
Apa detil ganjarannya? Menurut pendapatku, tidak seorang manusiapun yang dapat memberi gambaran jelas.
Secara sederhana, merespon positif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai domba, merespon negatif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai kambing.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 03, 2018, 10:33:00 PM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 588
@sotardugurparreva

anda: Secara sederhana, merespon positif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai domba, merespon negatif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai kambing.
saya: apakah bisa saya katakan seperti ini:
bagi orang yang percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan mendapat ganjaran baik
bagi orang yang tidak percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan mendapat ganjaran buruk
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)