Author Topic: Manusia memiliki Sesuatu yg membuat dia lebih tinggi daripada malaikat. apa itu?  (Read 662 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 12, 2018, 02:58:55 PM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 298
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
judulnya udah jelas. Jadi apa itu? secara spesifikasi, malaikat tentu lebih canggih. Secara tenaga/kekuatan manusia kalah, malaikat itu kayak memiliki 'sihir' atau magic begitu. tapi di Alkitab sepertinya ada tanda bahwa nanti/kelak manusia akan seperti malaikat juga. berarti spesifikasinya mungkin akan sama.

apakah lebih tinggi karena manusia memiliki tubuh fisik? hmm  :rolleye0014:

Jadi dalam bidang apa manusia mengalahkan malaikat? Apakah di bidang perasaan? Mungkinkah juga independensi manusia itu yg menyebabkan dia digolongkan lebih tinggi tingkatannya daripada malaikat? soalnya malaikat itu kurang independen, lebih seperti (maaf) pembantu bagi Allah. sedangkan manusia sering berlaku 'bos' bagi dirinya sendiri.
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
June 12, 2018, 03:59:59 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
judulnya udah jelas. Jadi apa itu? secara spesifikasi, malaikat tentu lebih canggih. Secara tenaga/kekuatan manusia kalah, malaikat itu kayak memiliki 'sihir' atau magic begitu. tapi di Alkitab sepertinya ada tanda bahwa nanti/kelak manusia akan seperti malaikat juga. berarti spesifikasinya mungkin akan sama.

apakah lebih tinggi karena manusia memiliki tubuh fisik? hmm  :rolleye0014:

Jadi dalam bidang apa manusia mengalahkan malaikat? Apakah di bidang perasaan? Mungkinkah juga independensi manusia itu yg menyebabkan dia digolongkan lebih tinggi tingkatannya daripada malaikat? soalnya malaikat itu kurang independen, lebih seperti (maaf) pembantu bagi Allah. sedangkan manusia sering berlaku 'bos' bagi dirinya sendiri.


Manusia ini pada akhirnya ketika mereka telah berada di alam kekal maka mereka akan lebih bobotnya dari malaikat:
Matius  11
11:11 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.

Mengapa saya berkesimpulan bahwa manusia itu setelah ada di langit yang baru dan bumi yang baru lebih mulia dari malaikat:
Manusia ini unik, dia tidak bisa digantikan oleh malaikat sekalipun malaikat itu diberi tubuh mulia, kalau saja bisa Allah gak usah repot2 mencipta manusia yang harus terlebih dahulu dilewatkan alam sementara, dimana perlu penebus, perlu juruselamat dll , cukup ambil saja malaikatNya yang setia dan diberi tubuh mulia selesai kan!, tapi rupanya scenario itu tidak menjawab rencanaNya akan penciptaan manusia ini, yaitu supaya memuliakan Allah Yes43:7.

Dan ketika Allah mencipta malaikat yang dalam keadaan penuh (pengetahuan dan kemampuan ) malaikat itu dg free will nya memilih untuk hitam atau putih, dimana yang hitam tidak lagi bisa putih vice versa , tapi tidak pada manusia di LBBB ( langit baru bumi baru ):


Why22:2 Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa


Perkiraan saya: manusia yang di LBBB kalau tiba2 misalnya muncul pikiran buruk mau berontak , maka saat itu sangat mungkin mereka jadi sakit , dan disana tersedia obatnya , tapi tidak bisa kan pada malaikat ?.


Salam.

June 13, 2018, 02:07:39 PM
Reply #2
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 188
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Karena manusia akan diberikan kuasa menghakimi baik seisi dunia maupun malaikat.

1 Korintus 6:2 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia?


Wahyu  20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya, kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi.

6:3 Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat?
June 14, 2018, 09:09:24 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 586
@revoltzer

anda: Mungkinkah juga independensi manusia itu yg menyebabkan dia digolongkan lebih tinggi tingkatannya daripada malaikat? soalnya malaikat itu kurang independen, lebih seperti (maaf) pembantu bagi Allah. sedangkan manusia sering berlaku 'bos' bagi dirinya sendiri.

saya: sepakat
June 14, 2018, 04:47:28 PM
Reply #4
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Mnrt saya bukan krn keunggulan manusia drpd malaikat,
Tp preferensi dr penciptanya.

Misalnya revolt bikin 2 mobil,
Yg satu lebih cepat, lebih kuat, lebih irit, lebih tahan lama,
Tp revolt sesudah itu bikin sebuah mobil lg yg smua kualifikasinya dibawah yg pertama, tp somehow revolt lebih sayang sama mobil kedua.

Atau bginilah,
Revolt punya 2 benda,
Yg pertama sempurna, yg kedua ada lecet2nya.
Apa revolt pasti lebih suka yg pertama? Blm tentu, bisa aja revolt atau org lain lebih suka yg kedua krn kekurangannya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 19, 2018, 09:34:36 AM
Reply #5
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
June 19, 2018, 10:08:31 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12122
    • fossil coral cantik
judulnya udah jelas. Jadi apa itu?
IMO :

manusia berbuat salah (sekian kali... so, not "infinitely"),
oleh Allah masih bisa mungkin dimaapin

malaikat berbuat salah (sekali)
oleh Allah "tiada maap bagimu"

kesimpulan :
manusia lebih tinggi drpd malaikat.


ungu nggak akan bisa kompatibel di pihak penganut predestinasi  :D

June 26, 2018, 10:45:27 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
bukannya udah jelas?

karena manusia diciptakan serupa dan segambar dengan Allah
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
June 27, 2018, 10:48:09 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2163
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
judulnya udah jelas. Jadi apa itu? secara spesifikasi, malaikat tentu lebih canggih. Secara tenaga/kekuatan manusia kalah, malaikat itu kayak memiliki 'sihir' atau magic begitu. tapi di Alkitab sepertinya ada tanda bahwa nanti/kelak manusia akan seperti malaikat juga. berarti spesifikasinya mungkin akan sama.

apakah lebih tinggi karena manusia memiliki tubuh fisik? hmm  :rolleye0014:

Jadi dalam bidang apa manusia mengalahkan malaikat? Apakah di bidang perasaan? Mungkinkah juga independensi manusia itu yg menyebabkan dia digolongkan lebih tinggi tingkatannya daripada malaikat? soalnya malaikat itu kurang independen, lebih seperti (maaf) pembantu bagi Allah. sedangkan manusia sering berlaku 'bos' bagi dirinya sendiri.


topik yang menarik.
perkenankan kubagikan apa yang kupahami ya broh..

kelau menurut tingkatannya diukur dari Akal Budi, Inteligensia (Kecerdasan), Kekuatan, dan Kuasa maka urutan-Nya adalah
1. Tuhan Allah
2. Malaikat
3. Manusia
4. Binatang
5. Serangga
6. Tumbuh Tumbuhan.

Firman Tuhan berkata
Ibrani 2:9
"tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh Kasih Karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia"

perhatikan kata "dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat malaikat" dari ayat diatas, menunjukkan Tuhan merendahkan diri-Nya 2 tingkat, yaitu sedikit lebih rendah dari malaikat dan menjadi Manusia Yesus Kristus. namun tetap bertngkah laku, dan memiliki sifat yang sama sebagai Allah.

itu hampir sama ibarat manusia turun 2 tingkat di bawah binatang dan menjadi sama dengan serangga. tetapi manusia yang menjadi serangga itu tetap bertingkah laku dan memiliki sifat yang sama seperti manusia.

Sifat dari Kerajaan Sorga adalah "YANG KUAT MELAYANI YANG LEBIH LEMAH", sangat berbeda dari sifat kerajaan dunia ini yaitu "YANG LEMAH MELAYANI YANG KUAT"

itulah sebabnya Firman Tuhan berkata: Roma 15:1
"kita yang kuat, wajib menanggung kelemahan yang tidak kuat dan janganlah kita mencari kesenangan kita sendiri"

jadi Firman Tuhan berkata: bahwa malaikat adalah roh roh yang melayani manusia, bukanlah menunjukkan tingkatan yang lebih lemah dan rendah dari manusia, (Ibrani 1:14), melainkan ayat itu menunjukkan bahwa malaikat memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari manusia baik dari segi inteligensia, Kekuatan dan Kuasa.

makhluk inteligensia memang berbeda dari makhluk makhluk yang lebih rendah seperti binatang dan serangga, sebab makhluk inteligensia memiliki Jiwa yaitu
1. memiliki kesadaran diri
2. memiliki Kuasa Memilih
3. Dapat berhubungan dengan Pencipta.

artinya makhluk inteligensia itu bukanlah roboh sebab makhluk inteligensia itu memiliki kesadaran akan dirinya sendiri dan memiliki kuasa dan dapat memutuskan bagi dirinya sendiri apakah menyembah Allah atau melawan atau tidak menyembah Pencipta.

saya sangat meyakini bahwa Tuhan Allah tidak lebih mengasihi manusia dari pada malaikat malaikat. ataupun sebaliknya. walaupun di dalam Alkitab tidak disebutkan bahwa Tuhan mengampuni malaikat yang berdosa tapi saya meyakini bahwa sebelum malaikat malaikat itu diusir dari sorga pastilah mereka diberikan waktu untuk bertobat. sumbernya saya ambil dari penulis yang diinspirasi dari Buku http://kemenanganakhir.com/  pasal 29. kalau berminat silahkan dibaca.

tetapi malaikat malaikat itu tidak menghormat kesempatan yang diberikan untuk bertobat melainkan menetapkan diri sebagai pemberontak dan  kita kenallah mereka sebagai setan atau roh roh jahat.

manusia juga seperti itu, diberikan kesempatan yang sama untuk bertobat. bukan karena manusia itu lebih tinggi derajatnya dari malaikat.
memang betul bahwa Hanya untuk Manusialah Tuhan Allah telah menyerahkan Nyawa-Nya. tapi meskipun begitu tidak semua manusia yang akan diselamatkan melainkan hanya mereka yang percaya dan bertobatlah yang diselamatkan oleh Tuhan Allah.

biarlah kita lebih menghormati Jasa dan Pengorbanan Yesus di Kayu salib bagi kita, menghargai keselamatan yang ditawarkan. sebab Kematian Yesus Kristus tidak menyelamatkan semua orang, tetapi SEMUA ORANG yang percaya akan diselamatkan.


salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
July 11, 2018, 11:48:07 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 794
  • Gender: Male
  • Denominasi: pro-testan
judulnya udah jelas. Jadi apa itu? secara spesifikasi, malaikat tentu lebih canggih. Secara tenaga/kekuatan manusia kalah, malaikat itu kayak memiliki 'sihir' atau magic begitu. tapi di Alkitab sepertinya ada tanda bahwa nanti/kelak manusia akan seperti malaikat juga. berarti spesifikasinya mungkin akan sama.

apakah lebih tinggi karena manusia memiliki tubuh fisik? hmm  :rolleye0014:

Jadi dalam bidang apa manusia mengalahkan malaikat? Apakah di bidang perasaan? Mungkinkah juga independensi manusia itu yg menyebabkan dia digolongkan lebih tinggi tingkatannya daripada malaikat? soalnya malaikat itu kurang independen, lebih seperti (maaf) pembantu bagi Allah. sedangkan manusia sering berlaku 'bos' bagi dirinya sendiri.

Malaikat tidak pernah dibeli dengan darah. Malaikat tidak pernah mengalami ditebus, tidak ada satupun Malaikat yang pernah mengalami seperti yang kita /manusia alami. Mati, dikuburkan dan bangkit dalam kemuliaan kebangkitan. Malaikat tidak pernah memahami atau mengalami pengampunan dosa.

Beda dengan manusia yang bisa mengalami penebusan Kristus.




"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.  "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)