Author Topic: Mau apa sebenarnya Yudas? Motifnya apa? Apa yg ada di otaknya?  (Read 298 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 13, 2018, 10:53:35 AM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 291
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Biasanya pelaku itu punya motif. Sayang sekali Yudas telah menjadi misteri selama dua ribu tahun karena uda keburu bunuh diri sebelum diinterogasi. Kita cuma dapat beberapa petunjuk seperti:
1. Sepertinya dia agak pendiam.
2. Dia sebagai bendahara.
3. Dia pernah mengambil uang dari kas.

Menurut logikaku ada empat kemungkinan motif Yudas:
1. Kemungkinan pertama, Yudas terlalu terobsesi dengan sebuah pemerintahan/kerajaan Yahudi yg baru yg mana tidak ada lagi di bawah kuasa Romawi dan Yesus sebagai rajanya dan dia sendiri berlaku sebagai wakil atau menterinya. Mungkin dia berpikir seperti itu.

Dia pikir dengan mujizat, kekuatan dan kuasa Yesus suatu pemerintahan yg baru pasti bisa dilaksanakan.

Tapi pada akhirnya dia mengerti bukan itu tujuan Yesus di dunia ini. Karena itu dia kecewa. Saking kecewanya dia mungkin sampai benci dengan Yesus. Jadi dia mau pergi saja. Tidak mau ikut Yesus lagi. Dia siapkan plot sebelum pergi dari Yesus, dia lampiaskan kebenciannya sekalian mendapatkan uang dengan cara menjual Yesus, mungkin dia pikir pasti Yesus bisa selamat. Eh rupanya Yesus tidak membela diri malah menerima hukuman mati. Belakangan sepertinya dia mengerti siapa Yesus tapi dia terlalu merasa bersalah dan dia langsung bunuh diri.

Kemungkinan ini kuat dalam hal menjelaskan kenapa dia mau ikut Yesus.

2. Kemungkinan kedua, dia murni cuma ingin menjual Yesus, mendapat untung. Sejak awal ikut sampai akhir mungkin dia cuma mau cari cara menjual Yesus. Karena Yesus pasti sangat diinginkan oleh para tua2 Yahudi. Kemungkinan ini sulit menjelaskan kenapa dia mau ikut Yesus cukup lama (3 tahun).

3. Kemungkinan ketiga, hampir sama dengan nomor 2 di atas. Mungkin dia pengangguran jadi dia asal ikut Yesus aja. Tidak terlalu berminat dengan pengajaran Yesus. Dia cuma mau setidaknya bisa makan bersama. Tapi belakangan ada pikiran buruk muncul di benaknya utk menjual Yesus. Dan dia berpikir itu tidak apa2, pasti juga nanti Yesus bisa melepaskan diri. Jadi dia lanjutkan dengan menjual Yesus. Pikiran tsb akhirnya menjadi penyesalan karena akhirnya Yesus dihukum mati.

4. Hampir sama dengan nomor 3. Tapi mungkin Yudas ikut Yesus murni karena dia benar2 ingin berguru kepadanya. Tapi suatu kali dia punya ide mencari uang banyak dengan instan dengan menjual Yesus. Berhubung karena dia sangat cinta uang dia pun menjalankan rencananya. Mungkin dia uda 'capek' ikut Yesus. Jadi sekalian dia pikir begitu. Tapi rencananya di luar dugaannya. Yesus dihukum mati. Dia menyesal dan bunuh diri.

Any other ideas?

NB: Menurut logikaku sepertinya penjelasan atas kelakuan Yudas adalah nomor 3 atau 4. Ingat 1 Timotius 6:10 "Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka."
« Last Edit: June 13, 2018, 11:33:38 AM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
June 13, 2018, 01:41:40 PM
Reply #1
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 163
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Pernahkah kita berfikir bahwa Yudas mungkin berharap dengan melakukan bunuh diri dapat melunasi hutang dosanya kepada Yesus sesuai Taurat karena penyesalan saja tidak cukup dan tidak diterima.

Keluaran 21:24 mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti tangan, kaki ganti kaki 25. melepuh ganti lepuh, luka ganti luka.

June 13, 2018, 09:35:59 PM
Reply #2
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 241
  • Denominasi: Katolik
Menurut pendapat saya yang paling kuat point pertama
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)