Author Topic: Tidak Yakin Masuk Surga? Ahok Saja Yakin! (Doktrin OSAS)  (Read 8651 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 16, 2018, 03:52:16 AM
Reply #70
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 943
  • Denominasi: Protestan
Saya kurang nangkep maksud anda.
Kenapa saya harus dibahas, saya mengharuskan atau tidak?
Apa relevansinya?
Duh, kok jadi ribet kek gini ya.

Ya karena keyakinan elo (saat ini) yang membuat elo tidak akan pernah bisa sepakata dengan kata "dipotong" pada terjemahan ayat itu (versi LAI-TB). Gitu loh, bray.

Simpelnya gini, karena gue ga OSAS maka apapun terjemahan kata "AIRĂ”" pada Yoh 15:2 dalam setiap Alkitab yang gue baca, akan gue terima dengan senang hati.

Atau gue yang salah tangkep ya ?


Di ayat 5 Yesus menyatakan bahwa bila seseorang tidak di dalam Dia (di luar Dia), dia tidak bisa berbuat apa-apa.
Ayat 6 lebih jelas lagi: "Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku..."
Betul tapi komen elo itu masih dalam konteks pokok dan ranting kan.

(5a) Akulah pokok anggur dan kamulah (11 rasul) ranting-ranting-nya (ranting-ranting dari pokok anggur Yesus Kristus ).

Jadi fix, menurut gue, "kesebelas ranting" itu ADA pada Pokok Anggur Yesus Kristus.

Nah, nyampe sini, gimana pandangan elo? Sepakat atau kagak?
Atau punya pandangan sendiri ?


Dari kesemuanya itu tidak ada yang dalam konteks seperti memangkas (cuts off) ranting dari sebuah pohon. Kata ini selalu berkonotasi 'mengangkat'.
Pemakaiannya bisa bermacam-macam seperti:
- Mengangkat (sesuatu) untuk meninggikan
- Mengangkat (sesuatu) untuk menanggungnya
- Mengangkat untuk memindahkan
- Mengangkat untuk memisahkan
- Mengangkat untuk menggendong/menahan
- dll.
Tapi sekali lagi, tidak pernah untuk konteks memangkas pohon.
Nah, itu dia, mungkin alur logikanya harus dibalik.

Karena konteks perikop Yoh 15:1-8 adalah soal "pohon" anggur maka para penerjemah Alkitab menggunakan kata "cuts off" alias "memotong".


Bruce Wilkinson di bukunya Secrets of the Vine juga menyatakan hal ini. Kalau dalam konteks budidaya pohon anggur kata ini tidak tepat kalau diartikan memangkas. Lebih tepat kalau diartikan mengangkat ranting yang jatuh dan melilitkan ke teralis.
Duh ga usah jauh-jauh ke Bruce Wilkinson, bray.

Gue udah ubek-ubek beberapa situs budidaya anggur lokal dan ada kok yang disebut "pemangkasan" (dalam artian "membuang memotong "). Bahkan ada teknik-tekniknya loh. Dan yang dipangkas alias dipotong, ya ranting-ranting pohon anggurnya.
« Last Edit: July 16, 2018, 04:03:00 AM by viruskasih »
July 16, 2018, 04:01:24 AM
Reply #71
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 943
  • Denominasi: Protestan
anda hanya bermain kata2 :char11:
yg anda tuliskan ini pun masih kurang tepat,
kalau mau lengkap dan tepat, ya hrs mengutip seluruh Alkitab :afro:
Wkwkwkwkwkwkwk.

Diskusinya udah pasti bakal panjang x lebar x tinggi bahkan jikalau semuanya itu harus dicopaskan satu per satu maka agaknya trit ini tidak dapat memuat semua kutipan yang harus dicopaskan itu.
« Last Edit: July 16, 2018, 04:14:29 AM by viruskasih »
July 16, 2018, 09:28:47 AM
Reply #72
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Duh, kok jadi ribet kek gini ya.

Ya karena keyakinan elo (saat ini) yang membuat elo tidak akan pernah bisa sepakata dengan kata "dipotong" pada terjemahan ayat itu (versi LAI-TB). Gitu loh, bray.

Simpelnya gini, karena gue ga OSAS maka apapun terjemahan kata "AIRĂ”" pada Yoh 15:2 dalam setiap Alkitab yang gue baca, akan gue terima dengan senang hati.

Atau gue yang salah tangkep ya ?
Iya, kenapa jadi ribet?
Bukankah lebih baik bahas ayatnya aja? bahas argumennya, bukan orangnya?
Mau saya percaya osas atau kagak, kan lebih baik liat argumennya?
Quote

Betul tapi komen elo itu masih dalam konteks pokok dan ranting kan.

(5a) Akulah pokok anggur dan kamulah (11 rasul) ranting-ranting-nya (ranting-ranting dari pokok anggur Yesus Kristus ).

Jadi fix, menurut gue, "kesebelas ranting" itu ADA pada Pokok Anggur Yesus Kristus.

Nah, nyampe sini, gimana pandangan elo? Sepakat atau kagak?
Atau punya pandangan sendiri ?
Bukankah kemudian di ayat selanjutnya Yesus membuat pernyataan secara general bahwa barangsiapa tidak tinggal di dalam Dia itu seperti ranting yang menjadi kering?
Quote
Nah, itu dia, mungkin alur logikanya harus dibalik.

Karena konteks perikop Yoh 15:1-8 adalah soal "pohon" anggur maka para penerjemah Alkitab menggunakan kata "cuts off" alias "memotong".

Duh ga usah jauh-jauh ke Bruce Wilkinson, bray.

Gue udah ubek-ubek beberapa situs budidaya anggur lokal dan ada kok yang disebut "pemangkasan" (dalam artian "membuang memotong "). Bahkan ada teknik-tekniknya loh. Dan yang dipangkas alias dipotong, ya ranting-ranting pohon anggurnya.
Dalam budidaya anggur memang ada pemangkasan, yaitu pruning. Ini yang disebut sebagai membersihkan ranting yang berbuah supaya berbuah lebih banyak. Tapi ada pula yang mengangkat ranting yang tidak berbuah karena jatuh ke tanah, untuk dililitkan ke teralis supaya ranting itu dapat berbuah.

Kalau dilihat dari pemakaian kata, kata 'airo' ini tidak pernah dipakai dalam konteks memotong ranting. Lagipula kebanyakan penterjemah alkitab tidak langsung menterjemahkan kata ini sebagai 'cuts off', tapi ditulis 'takes away'.

Kalau melihat fakta-fakta ini, maka saya lebih cenderung percaya arti kata ini dalam konteks ini adalah 'mengangkat'. Lagipula secara pengajaran akan lebih konsisten, misalnya klop dengan Yoh 10:28-29.

Kalau anda cenderung menafsirkan kata ini sebagai 'dipotong', gak apa-apa. Cuman bisakah anda menjelaskan arti keseluruhan dari perumpamaan Yesus ini, kemudian menjelaskan juga kontradiksinya dengan ayat-ayat lain seperti Yoh 10-28-29?
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
July 16, 2018, 09:42:05 AM
Reply #73
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
anda hanya bermain kata2 :char11:
yg anda tuliskan inipun masih kurang tepat,
kalau mau lengkap dan tepat, ya hrs mengutip  seluruh Alkitab :afro:

saya belajar dari pengalaman org lain yg dicontohkan di Alkitab tentang org yg yakin dirinya selamat tapi ditolak, sementara yg merasa dirinya tdk layak malah diterima Yesus.

Saya percaya 100% tentang Karya Kristus.

yang saya tidak percaya itu bukan Karya Kristusnya, tapi diri saya.

kkarena yg menentukan adalah kondisi terahir saya, saat saya mati.

apakah diri saya bisa bertekun sampai ahir hayat saya?
atau dalam pemahaman kaum OSAS

apakah iman yg saya miliki adalah iman sejati

 IMHO, hanya Tuhanlah yg tau,

saya hanya bisa memohon agar selalu dimampukan.

btw, apakah iman anda adalah iman sejati?
tolong dijelaskan
Jadi anda percaya bahwa Allah menilai diri anda untuk memutuskan selamat atau tidak.
Kalau saya percaya, bila Allah menilai diri saya untuk memutuskan selamat atau tidak, saya pasti tidak akan selamat. Makanya saya percaya Kristus yang menyelamatkan saya.

Kalau anda nanya, percayanya saya kepada Kristus (iman saya) itu sejati atau kagak, saya gak tahu dan gak mikirin. Saya cuma ngikutin nasehat alkitab untuk memandang pada Kristus dan yakin akan keselamatan dariNya.

If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
July 18, 2018, 10:31:29 AM
Reply #74
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988

Orang Kristen yang tidak yakin masuk surga ada berbagai sebab :

1.Imannya palsu

2.Imannya masih bayi sehingga rasa takut mengalahkan imannya

3.Imannya suam suam kuku
July 20, 2018, 08:38:40 AM
Reply #75
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
Orang Kristen yang tidak yakin masuk surga ada berbagai sebab :

1.Imannya palsu

2.Imannya masih bayi sehingga rasa takut mengalahkan imannya

3.Imannya suam suam kuku

cieee....

sekarang udah naik pangkat jadi asisten Tuhan bagian penilaian iman?
selamat yaa...

wkwkw..
July 20, 2018, 09:11:34 AM
Reply #76
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1790
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Jadi anda percaya bahwa Allah menilai diri anda untuk memutuskan selamat atau tidak.

ya
karena dala Firman Tuhan dikatakan bhw seseoarng selamat, jika tinggal di dalam Yesus, dan melakukan Kehendak Allah.

saya tdk yakin apakah saya sdh tinggal didalam Yesus dan telah melakukan kehendaknya sesuai dgn kriteria Tuhan sampai ajal saya.

Quote from:  
Kalau saya percaya, bila Allah menilai diri saya untuk memutuskan selamat atau tidak, saya pasti tidak akan selamat.

saya juga demikian

Quote from:  
Makanya saya percaya Kristus yang menyelamatkan saya..

apakah Yesus menyelamatkan semua manusia, sehingga semua manusia selamat?

atau hanya aleph saja yg sdh diselamatkan?


Quote from:  
Kalau anda nanya, percayanya saya kepada Kristus (iman saya) itu sejati atau kagak, saya gak tahu dan gak mikirin.

inilah salahnya anda
yg paling penting alah tdk dipikirin
yg anda puikirin kayaknya hanya enaknya aja

kan syarat selamat adalah Iman sejati
jika bukan iman sejati, bagaimana bisa selamatnya?

anehnya anda tdk tau, apakah iman anda adalah iman sejati,
namun anda sdh bisa menentukan bhw anda sdh selamat.

tdk konsisten.

jika iman anda bukan lah iman sejati, entah akapan waktunya anda pasti menghianati Yesus
itu menurut keyakinan OSAS yg anda anut.

Quote from:  
Saya cuma ngikutin nasehat alkitab untuk memandang pada Kristus dan yakin akan keselamatan dariNya.

nasehat bhw ada org yg tdk bertahan sampai ahir
nasehat bhw ada org yg tdk bisa bertahan tinggal dlm Yesus,
naehat bhw ada yg murtad
dll
juga hrs bro ikutin, karena Alkitab itu  tidak hanya terdiri dari 1 Nats, tapi terdiri dari banyak buku yg terdiri dari banyak pasal.





salam




REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
July 20, 2018, 12:00:33 PM
Reply #77
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
Jadi anda percaya bahwa Allah menilai diri anda untuk memutuskan selamat atau tidak.
Kalau saya percaya, bila Allah menilai diri saya untuk memutuskan selamat atau tidak, saya pasti tidak akan selamat. Makanya saya percaya Kristus yang menyelamatkan saya.

Kalau anda nanya, percayanya saya kepada Kristus (iman saya) itu sejati atau kagak, saya gak tahu dan gak mikirin. Saya cuma ngikutin nasehat alkitab untuk memandang pada Kristus dan yakin akan keselamatan dariNya.

jadi apa bisa diklarifikasi:

1. anda pasrah kepada Tuhan terserah tuhan mau menyelamatkan anda atau tidak..

ataukah:

2. karena anda sudah NGAKU PERCAYA kpd Kristus, maka walaupun terserah Tuhan, tapi Tuhan HARUS BAKAL menyelamatkan anda gara-gara anda ngaku-ngaku percaya itu?

July 20, 2018, 01:16:49 PM
Reply #78
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
ya
karena dala Firman Tuhan dikatakan bhw seseoarng selamat, jika tinggal di dalam Yesus, dan melakukan Kehendak Allah.

saya tdk yakin apakah saya sdh tinggal didalam Yesus dan telah melakukan kehendaknya sesuai dgn kriteria Tuhan sampai ajal saya.
Ayat mana yang bilang begini?
Coba copas disini biar kita bahas. Jangan-jangan anda yang salah kutip.
Quote

saya juga demikian

apakah Yesus menyelamatkan semua manusia, sehingga semua manusia selamat?

atau hanya aleph saja yg sdh diselamatkan?
Yesus mati untuk seluruh manusia. Barangsiapa percaya kepadaNya akan diselamatkan.
Quote

inilah salahnya anda
yg paling penting alah tdk dipikirin
yg anda puikirin kayaknya hanya enaknya aja

kan syarat selamat adalah Iman sejati
jika bukan iman sejati, bagaimana bisa selamatnya?

anehnya anda tdk tau, apakah iman anda adalah iman sejati,
namun anda sdh bisa menentukan bhw anda sdh selamat.

tdk konsisten.

jika iman anda bukan lah iman sejati, entah akapan waktunya anda pasti menghianati Yesus
itu menurut keyakinan OSAS yg anda anut.
Coba dijabarkan dulu pendapat anda beserta dasarnya?
Setahu saya alkitab menulis barangsiapa percaya kepada karya Kristus akan diselamatkan. Tidak ada disebut lagi, nanti Tuhan akan menimbang-nimbang imannya sejati atau kagak untuk memutuskan orang itu selamat atau kagak. Seolah-olah iman itu suatu effort yang bisa bisa dinilai untuk menentukan lulus atau kagak.

Coba dijabarkan yang jelas dan jangan pula asal nyerocos menilai pendapat saya. Kapan saya berkata tentang OSAS seperti yang anda katakan?
Quote

nasehat bhw ada org yg tdk bertahan sampai ahir
nasehat bhw ada org yg tdk bisa bertahan tinggal dlm Yesus,
naehat bhw ada yg murtad
dll
juga hrs bro ikutin, karena Alkitab itu  tidak hanya terdiri dari 1 Nats, tapi terdiri dari banyak buku yg terdiri dari banyak pasal.

salam
Justru itu yang harus dipertanyakan ke anda.
Kenapa anda cuma kutip ayat yang itu-itu saja.
Kenapa tidak anda jelaskan ayat tentang, jaminan bahwa yang percaya tidak akan binasa?
Kenapa tidak anda jelaskan ayat tentang, darah Kristus menyucikan dosa manusia sekali untuk selamanya?
Dan juga Yohanes menulis suratnya supaya yang percaya, tahu, bahwa yg percaya adalah memiliki hidup yang kekal, kenapa justru anda mengatakan gak bisa tahu akan selamat atau tidak?

Sedangkan saya, sudah menjawab ayat-ayat yang dibawa oleh orang-orang yang percaya keselamatan bisa hilang.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
July 20, 2018, 01:26:03 PM
Reply #79
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
jadi apa bisa diklarifikasi:

1. anda pasrah kepada Tuhan terserah tuhan mau menyelamatkan anda atau tidak..

ataukah:

2. karena anda sudah NGAKU PERCAYA kpd Kristus, maka walaupun terserah Tuhan, tapi Tuhan HARUS BAKAL menyelamatkan anda gara-gara anda ngaku-ngaku percaya itu?
Pertanyaan aneh.
Dari pertanyaan itu, seolah-olah Allah itu baru akan memutuskan menyelamatkan manusia setelah melihat kelakuan manusianya.

Saya sih percaya bahwa Allah menyatakan melalui alkitab bahwa Dia sudah melakukan tindakan penyelamatan kepada manusia melalui karya penebusan Kristus di kayu salib. Dia mau supaya manusia mau menerima karya Kristus itu. Barangsiapa percaya akan diselamatkan. Dan saya percaya itu.

Memang susah kalau masih petantang-petenteng kayak elu, berasa kelakuannya masih bisa dinilai layak oleh Tuhan.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)