Author Topic: Roma 11:32 versus Original Sin  (Read 2084 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 24, 2018, 07:55:54 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:

Perihal Adam bersusah payah mencari rejeki (IMO) :
KALO Adam mencari rejekinya itu dari tanah seumur hidupnya
MAKA Adam akan bersusah payah

Adam bersusah payah mencari rejeki dari tanah
KARENA tanah dikutuk gara2 Adam makan buah.


akibatnya : ya teraplikasi ketika [KALO] diatas terpenuhi.
Taroh kata tumbuh2an atopun buah pohon2 yang bisa dimakan itu adanya cuma di Eden, ya setelah di usir dari Eden, Adam mesti susah-payah nanem2 lagi whatever yg dia pikir bisa dimakan.

However, jadinya timbul pertanyaan : dari mana itu Adam dapet benih tumbuh2an/pohon2 yang dimana tumbuh2an dan pohon2an itu sendiri TIDAK EKSIS diluar Eden ? jawab : sebelum diusir dari Eden, Adam sempet nyuri benih2 tsb.  Namun tetep aja timbul pertanyaan : begimana itu di Eden bisa ada benih sementara padahal yang ada JRENG! tumbuh2an dan buah dari pohon2an yang selalu didalam kondisi siap makan ?  :char11:


I will greatly multiply your pain in childbirth.

Perihal Hawa melahirkan : (IMO)
The pain in childbirth already default --->secara angka, angka 1 bukan angka nol.
Selanjutnya barulah pas utk dikatakan angka 1 itu di "multiply", entah multiply berapa.
However, di jaman now pernah terdengar bhw melahirkan di air itu bisa reduce the pain.
So, walopun secara pov general [wanita melahirkan itu sakit banget] - namun ini possible gak berlaku thdp beberapa individu wanita melahirkan.
lantas apa bedanya dgn kondisi adam hawa sebelum jatuh ?
coba kk oda daftarkan perbandingan kondisi adam pre-fall dan post-fall yg meliputi; kondisi rohaniah dan jasmaniah
pengertian 'mati rohani' versi kk oda gimana ?
« Last Edit: June 24, 2018, 09:03:20 PM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 24, 2018, 08:08:01 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
After anyone berbuat dosa, ybs mati rohani.
After anyone dr para yg mati rohani tsb hidup rohani di pov Tuhan, setelah mati jasmani - nanti ybs akan dibangkitkan dgn tubuh kemuliaan.

However, setelah barusan kk ngebacabaca bhs inggrisnya...
kk rasa kurang pas utk meng-interpretasikan [akan hidup] secara berupa [dibangkitkan dgn tubuh kemuliaan].

di john 11:25 terbaca
the resurrection and the life; he who believes

Roma 5:17 oleh kk pewarnaannya jadi begini :
and of the gift of righteousness reign in life through the one man, Jesus Christ
kosakata [life] di ayat ini interpretasinya ke yang biru bukan yg oranye di John 11:25


kalimat bhs Indonya yg kayak gini :
dan anugerah kebenaran, akan [hidup dan berkuasa] oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

oleh kk pengertiannya jadi kayak gini :
dan anugerah kebenaran, akan [hidup berkuasa] oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

Detail pengertian versi kk thdp [hidup berkuasa] :
kosakata "hidup" disitu didalam penggambaran "kehidupan".
contoh kalimat lain [dalam hidup penuh sukacita].

bersambung
Rm 5:17   Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

pendapat kk oda jadinya begini: 'oleh adam, kematian rohani saja tidak termasuk kematian jasmani telah berkuasa'  --> pengertiannya gimana ?


Rm 5:21   supaya, sama seperti dosa berkuasa dalam alam maut, demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

pendapat kk oda jadinya begini: dosa berkuasa dalam alam kematian rohani saja, demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk kehidupan rohani saja yang kekal, oleh Yesus Kristus --> pengertiannya gimana ?

« Last Edit: June 24, 2018, 08:10:58 PM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 24, 2018, 08:54:17 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
tambahan versi kk :
through that one man
by act "imitating", imitating the first Adam --VS-- imitating the second Adam.

imitating the first Adam
---> menghasilkan mati rohani

imitating the second Adam
---> menghasilkan hidup rohani, hidup rohani menghasilkan nomor 1 dan 2
dlm ajaran Kristen, Tuhan Yesus itu bukan hanya sekedar teladan saja melainkan Ialah yg mengalahkan iblis, dosa, dan maut sehingga kelak akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar.

Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 24, 2018, 09:01:47 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
However, setelah barusan kk ngebacabaca bhs inggrisnya...
kk rasa kurang pas utk meng-interpretasikan [akan hidup] secara berupa [dibangkitkan dgn tubuh kemuliaan].

di john 11:25 terbaca
the resurrection and the life; he who believes

Roma 5:17 oleh kk pewarnaannya jadi begini :
and of the gift of righteousness reign in life through the one man, Jesus Christ
kosakata [life] di ayat ini interpretasinya ke yang biru bukan yg oranye di John 11:25


kalimat bhs Indonya yg kayak gini :
dan anugerah kebenaran, akan [hidup dan berkuasa] oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

oleh kk pengertiannya jadi kayak gini :
dan anugerah kebenaran, akan [hidup berkuasa] oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

Detail pengertian versi kk thdp [hidup berkuasa] :
kosakata "hidup" disitu didalam penggambaran "kehidupan".
contoh kalimat lain [dalam hidup penuh sukacita].

bersambung
ditulis oleh orang yg sama:
1Kor 15:21-22 Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia. Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.

menurut kk oda, kata maut, mati pada ayat diatas juga 'hanya mati rohani saja' ?
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 24, 2018, 09:03:38 PM
Reply #34
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 303
  • Denominasi: Katolik
Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan,
supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua


oda :
Soon after Adam dan Hawa di ciptakan sebelum mereka makan buah, sikon Adam dan Hawa sudah [tidak bisa (incapable) taat], in the future kedua orang ini sudah pasti tidak akan bisa taat SEBAB Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan.

Jadi,
begimana itu nongol konsep Original Sin yang logikanya spt sbb :
SEBAB Adam Hawa makan buah
MAKA Kain/Habil/Seth "impotent", incapable/tidak bisa taat.

sementara padahal kenyataannya :
SEBAB Allah telah mengurung semua orang (termasuk Adam dan Hawa) dalam ketidaktaatan
MAKA semua orang (termasuk Adam dan Hawa) "impotent", incapable/tidak bisa taat.
dimana berangkat dari kenyataan diatas, kesimpulannya [gak ada itu Original Sin].

Original Sin
setelah Adam makan buah, sebelum Kain/Habil/Seth lahir :
KARENA Adam dan Hawa telah makan buah
MAKA nanti generasi mereka akan menjadi tidak bisa taat

Original Sin
soon after bayi Kain/Habil/Seth eksis (sebelum berbuat apapun) :
MAKA ketiga bayi ini akan tidak bisa taat

Roma 11:32
soon after Adam/Hawa eksis (sebelum berbuat apapun) :
MAKA kedua orang ini akan tidak bisa taat

sekarang kalo diajukan secara berupa pertanyaan :
KENAPA Adam dan Hawa makan buah (tidak taat) ?

jawab :
SEBAB Allah telah mengurung semua orang (termasuk Adam Hawa) dalam ketidaktaatan

Silahken  :D

Sebelumnya kita perlu mengerti apa yang disebut dosa asal.
Dosa asal ini bukan berarti kita mewarisi dosa Adam dan Hawa ketika memakan buah terlarang, melainkan kita mewarisi akibat dari dosa Adam dan Hawa ketika memakan buah terlarang tersebut . Dimana dosa asal ini diturunkan pada keturunan mereka(manusia)

Akibat dari dosa Adam & Hawa(dosa asal) ini, manusia :
- Kehilangan keabadiannya (dapat mati)
- Kehilangan kedekatan kepada Allah
- Memiliki kecenderungan berbuat dosa (hawa nafsu), kedagingan

Dan Allah telah mengizinkan manusia mengalami "dosa asal" ini yaitu dapat meninggal, kehilangan kedekatan kepada Allah dan memiliki kecenderungan berbuat dosa (hawa nafsu).
Jadi dosa asal yang terjadi pada manusia selain akibat dari dosa Adam & Hawa juga merupakan kehendak Allah.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
June 24, 2018, 09:05:09 PM
Reply #35
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 303
  • Denominasi: Katolik
Untuk mengerti Roma 11:32 ini kita perlu melihat ayat sebelumnya yaitu Roma 11:17-32

Roma 11:17-32
11:17 Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah,
11:18 janganlah kamu bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu.
11:19 Mungkin kamu akan berkata: ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku dicangkokkan di antaranya sebagai tunas.
11:20 Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah!
11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu.
11:22 Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga.
11:23 Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.
11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.
11:25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.
11:26 Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub.
11:27 Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka."
11:28 Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang.
11:29 Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.
11:30 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka,
11:31 demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.
11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.


Dari sini kita mengetahui siapa yang disebut mereka. Mereka adalah orang Israel dimana sebagian orang Israel ini tegar tengkuk tidak taat kepada Allah karena menolak Yesus sebagai mesias.

Megenai Roma 11:32 :
Roma 11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.

Jadi kalimat "Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan" artinya semua manusia karena akibat dosa Adam & Hawa(dosa asal) memiliki kecenderungan berbuat dosa (hawa nafsu) yang menjadi dosa bila dituruti. Dan kecenderungan berbuat dosa ini selain akibat dari dosa Adam & Hawa juga merupakan kehendak Allah karena diizinkan terjadi pada manusia

Selanjutnya kalimat "supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua".  Untuk memahaminya kita harus melihat Roma 11:31

Roma 11:31 demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.

Jadi orang- orang Israel /Yahudi yang awalnya menolak Yesus sebagai mesias yang dijanjikan kepada mereka yang sebangsa dengan mereka melalui teladan dan buah yang dihasilkan oleh bangsa-bangsa non Yahudi yang mengimani Yesus diharapkan membuat hati mereka tergerak untuk mengimani Yesus sebagai mesias yang dijanjikan kepada mereka.
« Last Edit: June 24, 2018, 09:10:43 PM by Wiltu80 »
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
June 24, 2018, 09:06:32 PM
Reply #36
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 303
  • Denominasi: Katolik
Jadi Roma 11:32 ini secara keseluruhan bermakna :
Allah telah mengizinkan manusia mengalami "dosa asal",  dimana semua manusia karena akibat dosa Adam & Hawa(dosa asal) memiliki kecenderungan berbuat dosa (hawa nafsu) yang menjadi dosa bila dituruti. Dan kecenderungan berbuat dosa ini dialami semua orang termasuk orang-orang Yahudi yang merupakan bangsa pilihan Allah .

Tetapi sayangnya ketika Yesus hadir ke dunia,  orang-orang Yahudi ini menolak-Nya walaupun Yesus telah menunjukkan nubuat diri-Nya yang tertulis dalam Kitab Taurat, Kitab para nabi dan kitab Mazmur. Melakukan banyak mukjizat diantara mereka. Karena itulah orang-orang Yahudi/Israel yang menolak Yesus disebut bangsa yang tegar tengkuk, tidak taat kepada Allah karena menolak Yesus sebagai mesias sehingga tidak selamat (cabang zaitun asli yang dipatahkan)  (Roma 11:20)

Sebaliknya ada bangsa- bangsa lain yang mendengar pemberitaan tentang Kristus mengimaninya sehingga disebut cabang zaitun liar yang dicangkokkan. (Roma 11:17)
 Dan bangsa- bangsa lain yang telah mengimani Yesus ini(Roma 11:30) tentulah dituntut untuk berbuah dan menjadi teladan bagi orang- orang disekitarnya termasuk teladan bagi orang-orang Yahudi yang menolak Yesus.

Jadi orang- orang Israel /Yahudi yang awalnya menolak Yesus sebagai mesias yang dijanjikan kepada mereka walaupun sebangsa dengan mereka diharapkan melalui teladan dan buah yang dihasilkan oleh bangsa-bangsa non Yahudi yang mengimani Yesus (Roma 11:31) membuat hati mereka tergerak untuk mengimani Yesus sebagai mesias yang dijanjikan kepada mereka.

Demikianlah tanggapan saya mengenai tulisan Saudara Odading untuk membuktikan bahwa tidak ada pertentangan antara Roma 11:32 versus konsep Original Sin .
« Last Edit: June 24, 2018, 09:15:10 PM by Wiltu80 »
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
June 25, 2018, 11:20:52 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12179
    • fossil coral cantik
Dari sini kita mengetahui siapa yang disebut mereka.
Ya. Namun ayat 32 nya justru tidak menggunakan kosakata [mereka].

Quote
Mereka adalah orang Israel dimana sebagian orang Israel ini tegar tengkuk tidak taat kepada Allah karena menolak Yesus sebagai mesias.
Bold itu dikarenakan Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan.

Quote
Megenai Roma 11:32 :
Roma 11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.

Jadi kalimat "Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan" artinya
semua manusia karena akibat dosa Adam & Hawa(dosa asal) memiliki kecenderungan berbuat dosa (hawa nafsu) yang menjadi dosa bila dituruti.
Allah berkata :
Aku telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan

Adam dan Hawa itu = orang.
Sebab apa Adam dan Hawa tidak taat ?
Sebab Aku telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan

Allah tidak berkata :
Sebab Aku telah mengurung semua orang kecuali Adam dan Hawa loh ya dalam ketidaktaatan


Quote
Dan kecenderungan berbuat dosa ini selain akibat dari dosa Adam & Hawa juga merupakan kehendak Allah karena diizinkan terjadi pada manusia
Nah itu. Allah berkehendak mengurung semua orang dalam ketidak-taatan, kan wiltu. Atuh jangan dirobah perkataan Allah tsb donk....


Quote
Selanjutnya kalimat "supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua".  Untuk memahaminya kita harus melihat

Roma 11:31
demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.

Jadi orang- orang Israel /Yahudi yang awalnya menolak Yesus sebagai Mesias
Menurut saya, perihal ketidak-taatan Israel tidak berfokus di perihal underlined... melainkan...

(30) Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka.

melainkan di perihal general [tidak taat kepada Allah].
Dengan kata lain, sebelum Yesus lahir-pun perihal [tidak taat kepada Allah] sudah duluan eksis dimulai sejak Adam dan Hawa dan selanjutnya baik pada Israel maupun pada Gentile.

Jadi Roma 11:32 ini secara keseluruhan bermakna :
Allah telah mengizinkan manusia mengalami "dosa asal"
Kok mengatas-namakan Allah ke perihal OS ya ?  :rolleye0014:

Allah mengijinkan semua manusia usia layak (BUKAN BAYI) utk tidak- taat.

Itu kalimat ungu donk yang pas-nya.
Adam Hawa tidak-taat perintah Allah ---> ini Allah ijinkan...

KARENA :
kalo Allah tidak ijinkan, maka Allah tidak bisa melakukan pengampunan.
(apa yang mau diampuni kalo ketidak-taatan tidak eksis ?)

Quote
dimana semua manusia karena akibat dosa Adam & Hawa (dosa asal) memiliki kecenderungan berbuat dosa
Kalimat diatas itu IDEM dengan Adam dan Hawa yang nyari kambing-item  :D.

Kain lempar ke bokapnya.
Kain : gue berbuat dosa gara2 bokap gue berbuat dosa.

Bokapnya lempar ke nyokapnya.
Adam : gue berbuat dosa gara2 bini gue berbuat dosa.

Nyokapnya lempar ke uler.
Hawa : gue berbuat dosa gara2 uler berbuat dosa.

PADAHAL Allah sendiri bilang :
Sebab Aku telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan

Silahkan ganti itu kosakata [mengurung] ke kosakata [mengijinkan] :
Aku telah mengijinkan Hawa dalam ketidaktaatan
Aku telah mengijinkan Adam dalam ketidaktaatan
Aku telah mengijinkan Kain dalam ketidaktaatan
Aku telah mengijinkan Habil dalam ketidaktaatan
Aku telah mengijinkan Seth dalam ketidaktaatan
dst dst dst

Kesimpulan
Kosakata [Hawa/Adam/Kain/Habil/Set] diatas itu adalah orang dimana orang yg BUKAN bayi anymore,
melainkan orang usia layak yang :
1. sudah bisa nangkep sebuah perkataan (rangkaian kalimat)
2. dimana perkataan tsb adalah Law/Rule
« Last Edit: June 25, 2018, 11:24:55 PM by odading »
June 26, 2018, 12:24:23 AM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12179
    • fossil coral cantik
Sebelumnya kita perlu mengerti apa yang disebut dosa asal.
Dosa asal ini

bukan berarti
X. kita mewarisi dosa Adam dan Hawa ketika memakan buah terlarang,

melainkan
Y. kita mewarisi akibat dari dosa Adam dan Hawa ketika memakan buah terlarang tersebut
weleh... itu mah cuma permainan kata kata saja, wiltu.

Yang X.
Q1 (jam 1.05) :
sikon apa yang ada pada diri Adam dan Hawa segera setelah mereka makan buah di jam 1.00 ?

A1 :
keduanya didalam sikon mati rohani.

Q2 (jam 1.06) :
sikon apa yang ada pada diri setiap individu yang AKAN lahir dari AdamHawa segera setelah individu tsb eksis di bumi (bayi baru lahir) ?

A2:
bayi yang lahir tsb didalam sikon mati rohani.

Q3 :
kenapa ?

A3 :
silahkan dijawab
- karena bonyoknya mati rohani kah ?
- karena bonyoknya tidak-taat kah ?



Yang Y
Q4 :
apa akibat yg terjadi pada diri Adam dan Hawa segera setelah mereka makan buah di jam 1.00 ?

A4 :
keduanya tidak bisa hidup selamanya (AKAN mati jasmani)

Q5 :
Kenapa keduanya tidak bisa hidup selamanya

A5 : KARENA
- keduanya tidak taat
- keduanya tidak bisa makan PK anymore


Q6 :
apa akibat yg terjadi pada diri setiap individu yang AKAN lahir dari AdamHawa segera setelah individu tsb eksis di bumi (bayi baru lahir) ?

A6 :
bayi yg akan lahir tsb tidak bisa hidup selamanya (AKAN mati jasmani)

Q7 :
kenapa bayi tsb tidak bisa hidup selamanya (AKAN mati jasmani)  ?

A7 :
silahkan dijawab
- karena bonyoknya akan mati jasmani
- karena bonyoknya mati rohani
- karena bonyoknya tidak-taat
- karena bonyoknya gak bisa kasih si bayi makan buah PK


Q8 :
bagaimana kalo setetelah bonyoknya makan PBJ, PK nggak diumpetin ?

A8 :
bonyoknya akan bisa hidup selamanya... DAN
bayi tsb akan bisa hidup selamanya

Nah... sekarang masuk ke pertanyaan kritis
Q9 :
menindak-lanjuti Q8.... sikon apa yang ada pada diri setiap individu yang AKAN lahir dari AdamHawa segera setelah individu tsb eksis di bumi (bayi baru lahir) ?

A9 :
silahkan dijawab



Quote
Akibat dari dosa Adam & Hawa(dosa asal) ini, manusia :
1. Kehilangan keabadiannya (dapat mati)
2. Kehilangan kedekatan kepada Allah
3. Memiliki kecenderungan berbuat dosa (hawa nafsu), kedagingan
Yang nomor-1:
tak ajukan Q8 dan Q9.

yang nomor-2 :
ajukan contohnya bhw Adam/Hawa kehilangan kedekatan kepada Allah
dan ajukan pula contohnya bhw BAYI Kain/Habil/Seth kehilangan kedekatan kepada Allah

yang nomor-3 :
ajukan contohnya bhw Adam/Hawa setelah makan buah, mereka cenderung berbuat dosa
ajukan pula contohnya bhw BAYI Kain/Habil/Seth cenderung berbuat dosa



Quote
Dan Allah telah mengizinkan manusia mengalami "dosa asal" ini yaitu dapat meninggal, kehilangan kedekatan kepada Allah dan memiliki kecenderungan berbuat dosa (hawa nafsu).
weleh weleh....
Allah tidak bilang : Aku mengijinkan semua orang mengalami "dosa asal" loh wiltu.

Atuh jangan di robah-robah donk... kan yang Allah bilang :
Aku mengurung semua orang kedalam ketidak-taatan

Quote
Jadi dosa asal yang terjadi pada manusia selain akibat dari dosa Adam & Hawa juga merupakan kehendak Allah
Underlined, manusia BAYI.

Quote
Jadi dosa asal yang terjadi pada manusia selain akibat dari dosa Adam & Hawa juga merupakan kehendak Allah
Apa kehendak Allah thdp diri BAYI Kain ?

- Allah berkehendak bayi Kain utk tidak mematuhi perintah yg Dia sampaikan ke bayi Kain kah ?
- Allah berkehendak bayi Kain NANTInya kalo sudah bukan bayi anymore utk tidak mematuhi perintah yg Dia sampaikan ke Kain (dewasa) kah ?
« Last Edit: June 26, 2018, 12:36:11 AM by odading »
June 26, 2018, 01:17:50 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12179
    • fossil coral cantik
ditulis oleh orang yg sama:
1Kor 15:

(21) a.Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia,
b. demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.


menurut kk oda, kata maut, mati pada ayat diatas juga 'hanya mati rohani saja' ?
kalo versi kk :

karena terbaca kalimat bold, maka kosakata [maut] bisa masuk ke perihal [mati-jasmani].
Involuntarily, mao gak mao Adam dan Hawa akan mati-jasmani. Mao gak mao Kain akan mati-jasmani.
Pokok SEMUA ORANG in general, setiap orang yg sudah-sedang-akan eksis di bumi mati jasmani, karena satu orang (Adam).

demikian pula ayat 21b...
Involuntarily, mao gak mao Adam dan Hawa akan dibangkitkan. Mao gak mao Kain akan dibangkitkan. Pokok SEMUA ORANG in general, setiap orang yg SUDAH mati jasmani akan dibangkitkan karena satu orang (Yesus).




Quote
(22)a. Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam,
b. demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.

Nah... yang ayat 22 itu (imo) bisa jadi "bias" apabila mengulik-ngulik kalimat [persekutuan dengan].
Dan dgn mengulik kalimat tsb, ini jadinya bisa menuntun pemikiran ke perihal voluntarily. Berangkat dari sini, kalimat [semua orang] baik itu di ayat 22a maupun 22b tidak didalam pengertian setiap individu dari semua totalan individu yg sudah-sedang-akan eksis di bumi. Melainkan "semua" individu yg imitate Adam (voluntarily) ---VS---  "semua" individu yg imitate Chirst (voluntarily). Dengan demikian, disini pas-nya itu mengenai [mati rohani] ---> Akibatnya ini jadi tabrakan dgn interpretasi kk di ayat 21.

So, mending gak usah dikulik kalimat [persekutuan dengan] agar interpretasinya bisa tetep sama (konsisten) dgn yg di ayat 21, yakni mengenai [mati-jasmani], involuntarily.

So... ayat 22 :
Involuntarily, mao gak mao Adam dan Hawa akan mati-jasmani. Mao gak mao Kain akan mati-jasmani.
Pokok SEMUA ORANG in general, setiap orang yg sudah-sedang-akan eksis di bumi mati-jasmani, karena didalam persekutuan dgn Adam.

Involuntarily, mao gak mao Adam dan Hawa akan dibangkitkan. Mao gak mao Kain akan dibangkitkan. Pokok SEMUA ORANG in general, setiap orang yg sudah mati jasmani akan dibangkitkan karena karena didalam persekutuan dgn Yesus.

Bagaimana kalo menurut SdT ?



Quote
menurut kk oda, kata maut, mati pada ayat diatas juga 'hanya mati rohani saja' ?
Terkait adanya penggunaan kosakata [hanya .... saja] oleh SdT, maka menurut kk justru yg kayak gini :
[ayat 21 dan 22 itu hanya di perihal mati-jasmani saja:D

Bagaimana kalo menurut SdT ?



Maap... kk ngebaca dan ngerespond nomor post-nya terbalik.
Kk duluan ngebaca dan lsg ngerespond post #33 SdT (diatas).

Berikut ini post #32 SdT :
kelak akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar.
So..... pemikiran kk pada ayat 21 dan 22 tsb sesuai/konsisten dgn kalimat SdT di quote atas. [ayat 21 dan 22 itu hanya di perihal mati-jasmani saja:happy0062:.

« Last Edit: June 26, 2018, 01:32:37 AM by odading »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)