Author Topic: Roma 11:32 versus Original Sin  (Read 1906 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 26, 2018, 02:25:49 AM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12122
    • fossil coral cantik
Rm 5:17   Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

pendapat kk oda jadinya begini: 'oleh adam, kematian rohani saja tidak termasuk kematian jasmani telah berkuasa'  --> pengertiannya gimana ?
Pertanyaan SdT itu menurut kk dikarenakan SdT mengambil pengertian "akan hidup dan berkuasa" itu secara kronologi.

Sementara versi kk, perihal "hidup" (rohani) itu sendiri udah duluan eksis diketika membaca kalimat : mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebeneran. So, perihal voluntarily/imitate disini terlibat.

Versi kk thdp akan hidup dan berkuasa itu lebih berupa [akan hidup berkuasa], dan ini nggak bisa taroh ke semua orang yg telah mati-jasmani.




Taroh kata kk menempatkan kosakata [maut] = [mati-jasmani] ... maka,
semua orang yg telah mati jasmani ya pasti akan hidup lagi (dibangkitkan).

Akibatnya, kalimat Roma 5:17 didalam pengertian kayak gini :
JIKA dosa satu orang, semua orang menjadi mati-jasmani
MAKA oleh ketidak berdosaan satu orang, semua orang AKAN hidup jasmani lagi (dibangkitkan)

lanjut :
Dari semua totalan orang yang AKAN hidup jasmani tsb (dibangkitkan) yg dikarenakan ketidak berdosaan satu orang tsb, sebagian orang yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran akan berkuasa.

kesimpulan :
keberdosaan satu orang (Adam) adalah penyebab semua orang mati jasmani.
ketidak-berdosaan satu orang (Yesus) adalah penyebab dibangkitkannya semua orang yang telah mati jasmani.



Quote
Rm 5:21   supaya, sama seperti dosa berkuasa dalam alam maut, demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

pendapat kk oda jadinya begini: dosa berkuasa dalam alam kematian rohani saja
Iya bold, karena menurut kk : dosa gak menguasai orang yang hidup rohani.

Dengan kata lain, yg pas-nya utk di kalimatin "muluk2"nya kayak begini :
orang yang hidup rohani menguasai dosa
orang yang mati rohani dikuasai dosa

kk tidak berpendapat bhw pas-nya kalimat "muluk"nya itu kayak begini :
orang yang akan mati-jasmani baik yg hidup rohani maupun yg mati rohani, dikuasai dosa.


Quote
demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita
Kasih karunia akan berkuasa pada orang yang hidup rohani.



Kalo kk ngambil yang mati-jasmani, buat kk jadinya aneh...
1. karena kalimat "hidup yang kekal" kesetaraannya menjadi "dibangkitkan jasmani" ---> dimana ini terjadi pada semua orang (baik yg hidup rohani maupun yg mati rohani).


2. sama seperti dosa berkuasa dalam alam maut
sama seperti dosa berkuasa dalam alam para orang yang sudah mati-jasmani (para orang yg sudah mati jasmani  = baik itu yg sewaktu hidup yg mati rohani maupun yg hidup rohani)

demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita
demikian  kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran semua orang (semua orang = para orang yg sudah mati jasmani  = baik itu yg sewaktu hidup yg mati rohani maupun yg hidup rohani) untuk hidup dalam tubuh jasmani (kebangkitan).

Dengan kata lain, kalimat ayat tsb jadinya sedang membicarakan dua alam yang BUKAN alam saat orang hidup jasmani .... melainkan :
1. alam orang2 yg sudah mengalami kematian jasmani (alam maut)
2. alam kebangkitan jasmani dimana orang2 yg sudah mengalami kematian jasmani telah dibangkitkan (hidup kekal).

Menurut SdT begimana ?
June 26, 2018, 03:28:29 AM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12122
    • fossil coral cantik
lantas apa bedanya dgn kondisi adam hawa sebelum jatuh ?
Tidak bisa diketahui, apabila akibat-nya setelah Hawa makan buah itu kayak apa nggak diketahui.

I will greatly multiply your pain in childbirth.

Setelah mengetahui kalimat diatas, maka kesimpulannya :
Pabila Hawa tidak makan buah dan lalu mengandung,
maka her pain in childbirth is not multiplied by God.

Kk nggak menyimpulkan kayak sbb :
Pabila Hawa tidak makan buah dan lalu mengandung,
maka Hawa sama sekali tidak mengalami sakit sewaktu melahirkan.


Quote
coba kk oda daftarkan perbandingan kondisi adam pre-fall dan post-fall yg meliputi;
kondisi rohaniah dan jasmaniah
pengertian 'mati rohani' versi kk oda gimana ?
ada cacat-nya  :D.

kondisi rohani AdamHawa saat baru eksis di bumi,
dan kondisi rohani Kain saat baru lahir,
nggak ada cacat.

setelah mendengar rangkaian kalimat yg berisi perintah dan lalu mereka tidak-taati, kondisi rohani mereka cacat ... "mati rohani" tapi nggak didalam pengertian matot  :char11:.

Mengenai jasmani :
sebelum AdamHawa makan PBJ, mereka bisa mati.
Tapi kalo mereka gak mao mati, mereka bisa makan PK.

Q :
bagaimana dgn sakit ?
Pada asumsi AdamHawa tidak makan PBJ, apakah mereka bisa mengalami sakit ?

oda :
bisa. Kan versi kk : Hawa akan mengalami sakit ketika melahirkan walo gak makan PBJ.

Q :
bagaimana dgn PK ? apakah PK bisa menyebabkan tubuh kebal sakit ? anti-sakit ? (pain-killer).

oda :
ya... mungkin2 aja PK juga bisa dipakai sbg pain-killer  :char11:


June 26, 2018, 06:31:52 AM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12122
    • fossil coral cantik
tafsiran kk oda atas ayat Gal 3:22 gimana ?
Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa, supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya.

jawaban kk (idem dgn SdT)
ayat diatas kan aneh kalo ditafsir sbg;
'Kitab Suci secara aktif positif iresistable mengurung nyamuk, kuda, lalat, debu, dsb dibawah kuasa dosa'



Quote
di ayat Rm 5:12 ga ada kata 'mengurung' ?
Iya ga ada. Yang ada itu kata [menjalar].

Roma 5:12
Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

kk :
ayat diatas kan aneh kalo ditafsir sbg :
demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua bayi,
karena semua bayi telah berbuat dosa



Quote
pendapat kk oda valid
apabila ada 2 ayat yg mengandung kata 'menjalar' yg ditulis oleh orang yg sama
yg mana bisa dimengertikan sbg 'tidak aktif dan resistable'
Nyok... kita lupakan perihal aktif/pasif - resistable/irresistible.

Kita ke ungu kk aja diatas.
Menurut SdT aneh gak Roma 5:12 kalo ditafsir kayak ungu ?

Kalo SdT jawab : gak aneh
Kk tetep bilang itu aneh - karena begimana pula itu bayi dikatakan TELAH berbuat dosa ? Dimana ? Kapan ?

versi SdT, kosakata [maut] = [mati jasmani]
demikianlah [mati jasmani] itu telah menjalar kepada semua orang,
karena semua orang telah berbuat dosa

Realita :
ada bayi X mati-jasmani setelah baru hidup 1 hari.

kk bertanya :
Dimana dan kapan bayi tsb telah berbuat dosa sehingga menyebabkan dia mati jasmani yah?  :rolleye0014:



Quote
tidak lagi dlm persekutuan dgn Allah
pengertian frase ijo; 'no longer in communion with God' (no longer indwelling of God in their soul)
contoh misal dari Hawa atopun Adam bhw mereka ijo ?
dan contoh misal dari Kain/Habil/Seth bhw mereka ijo ?

Quote
kondisi dlm persekutuan dgn Allah itu kondisi adam sebelum jatuh dlm dosa yg dapat dianalogikan dgn kondisi Yesus Kristus saat inkarnasi

adam sebelum jatuh: kudus + innocence + in communion with God
adam setelah jatuh: tidak kudus + tidak innocence + no longer in communion with God
Kalo perihal bold itu maksudnya "unblemished" VS "blemished", iya kk sependapat.
Demikian juga perihal "innocence" VS "tidak innocence" kk sependapat.

Tapi kk gak ketemu ....
boro2 setelah makan buah, hidup Adam itu tidak lagi dlm persekutuan dgn Allah
apalagi hidup bayi Kain setelah lahir itu ijo  :D.

Quote
kain sebelum berbuat dosa: tidak kudus + innocence + no longer in communion with God

kalimat [no longer] menuntun ke pemikiran bhw sebelumnya bayi Kain in communion with God.
Taroh kata dihilangkan itu kalimat [no longer], jadi kayak gini [bayi Kain is not in communion with God .... hidup bayi Kain tidak didalam persekutuan dengan Allah] ---> maka kk ingin tau sbb :

itu perihal "tidak bersekutu" ada di pov siapa ?
A1. pov Allah : Aku tidak mau bersekutu dgn bayi Kain
A2. pov Kain : aku tidak mau bersekutu dgn Allah

Yang A1 atokah yang A2 ?

Terkait Adam dan Hawa, setelah mereka makan buah :
B1. pov Allah : Aku tidak mau bersekutu dgn mereka anymore
B2. pov Adam/Hawa : kami tidak mau bersekutu dgn Allah anymore

Yang B1 atokah yang B2 ya ?
June 26, 2018, 06:32:08 AM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12122
    • fossil coral cantik
Quote
kain sebelum berbuat dosa: tidak kudus + innocence + no longer in communion with God
Versi Kekristenan ....
Quote
mati rohani yg dimaksud dlm doktrin OS itu ya frase ijo itu kk oda
bayi Kain lahir dalam keadaan :
1. tidak kudus
2. innocence
3. hidupnya tidak dlm persekutuan dgn Allah ---> mati rohani.

kain setelah berbuat dosa:
1. tidak kudus
2. tidak innocence
3. hidupnya tidak dlm persekutuan dgn Allah ---> mati rohani

Quote
orang2 kudus jaman PL itu bukan kudus sejak lahir melainkan tidak kudus kemudian dikuduskan
Oke... jadi bold itu di perihal yg nomor-1 yah.

Nah... sekarang kk mau tau :
diketika begimana (atopun kapan) itu makanya terjadi event [dari lahir tidak kudus - blakangan dikuduskan] ?
Apakah mungkin2 saja (x) segera pas lahir gak kudus, segera itu pula bayi dikuduskan ?
dgn alternatif, mungkin pula (y) segera setelah berbuat dosa, segera itu pula orang dikuduskan
dgn alternatif lain lagi, mungkin pula (z) menjelang mati-jasmani, barulah dikuduskan

Quote
injil/kabar baik: God became man so that man might become children of God in communion with God
oranye = hidup rohani. Ijo = mati rohani.

Taroh kata Abraham dikuduskan setelah berbuat dosa (point-y).
That time God has not become man yet.
So, walau Abraham telah dikuduskan - karena God has not become man yet ---> Abraham is not child of God dan juga Abraham tetep mati rohani, tidak dlm persekutuan dgn Allah.

Dengan kata lain, ketika Abraham mati jasmani, Abraham mati dalam kondisi :
1. kudus
2. tidak innocence
3. mati rohani, tidak dlm persekutuan dgn Allah
4. bukan sbg salah satu dari anak2 Allah.

Begitu bukan maksud SdT ?


Quote
tidak mengabaikan Allah, Allah mendatangi Musa, dsb itu bukan berarti 'in communion with God' dlm pengertian doktrin OS
Ya itu dah. Ketika Abraham mati jasmani, di pov doktrin OS Abraham mati-jasmani dalam keadaan mati rohani, tidak dlm persekutuan dgn Allah.

Quote
injil/kabar baik: God became man so that man might become children of God in communion with God
Kok Abraham yang mati rohani, tidak hidup dlm persekutuan dgn Allah itu bisa jadi "Abraham's bosom" yah ? Ataukah Abraham mendadak hidup dlm persekutuan dg Allah segera setelah pas Yesus lahir ?

Quote
walau ga tertulis eksplisit ttg kain dan habil melainkan hanya tertulis eksplisit ttg seth, namun dapat disimpulkan bhw setelah kejatuhan adam... keturunannya itu dilahirkan menurut gambar dan rupa Adam setelah jatuh (rupa Allah yg terdistorsi)

Kej 5:3   Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama Set kepadanya.
Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri.

Quote
samada walau ga tertulis eksplisit ttg nuh, abraham, dsb.. bukan berarti bhw mereka tidak dilahirkan menurut gambar dan rupa adam
Oke. Kain, Nuh, Abraham, dlsb dilahirkan menurut gambar dan rupa Allah yang terdistorsi.

Siapa yang menumpahkan darah manusia selain Adam,
darahnya akan tertumpah oleh manusia selain Adam,
sebab Allah membuat manusia Adam menurut gambar-Nya sendiri


Lalu apa hubungannya menumpahkan darah manusia selain Adam yah SdT ?

Quote
'persekutuan dgn Allah' versi kk oda berbeda dgn pengertian 'in communion with God' versi doktrin OS.
Iya beda.

Karena sewaktu Abraham meninggal - versi kk menempatkan :
setidaknya span-waktu di kehidupan Abraham menjelang meninggal, Abraham hidup didalam persekutuan dengan Allah. Dengan kata lain, Abraham meninggal dgn state [hidup rohani, rohani yg hidup]. Abraham meninggal tidak dg state [diluar persekutuan dg Allah (mati rohani)].

Pantesan kita gak ketemu temu...  ;D
June 26, 2018, 06:46:09 AM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12122
    • fossil coral cantik
Oda, ikutilàh advice SdT,
Kl mau menafsir ayat, liat seluruh perikopnya, liat konteksnya.

Itu yg dikurung siapa.
Dari informasi terbaca, itu yang dikurung semua orang, siip.

Kalo diliat konteksnya, ya tetep aja semua orang.
Kan katanya surat itu in general diperuntukkan ke Gentile (kamu) - sedangkan (mereka) itu adalah bangsa Israel.

Gentile tidak taat (ayat 30)
Israel tidak taat (ayat 31)

KENAPA ?
karena semua orang telah Allah kurung dalam ketidak-taatan (ayat 32).

Jadi point-nya bukan diperihal [bangsa/orang]nya... melainkan di perihal KENAPA-nya.
Akibat dari apa sehingga eksis suatu ketidak-taatan (kapanpun dan oleh siapapun) ?
Akibat dari Allah mengurung semua orang dalam ketidak-taatan.

Tapi mohon siip mengerti, saya sendiri "asli"nya nggak berpandangan demikian.
Perihal [semua orang] yg saya ajukan itu berangkat dari kekonsistenan OS (entah di thread mana dan oleh siapa saya lupa) dimana argumennya : kalo terbaca kalimat [semua orang], maka itu artinya ya setiap individu bayi yang sudah-sedang-akan eksis di bumi.


Quote
Trus Allah mengurung mreka dg cara apa.
Nah... ini yang saya gak tau, hehehe...  :D.
June 26, 2018, 09:30:51 AM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 803
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Selamat pagi!
Ikutan, ya!

Kita ke ungu kk aja diatas.
Menurut SdT aneh gak Roma 5:12 kalo ditafsir kayak ungu ?

Kalo SdT jawab : gak aneh
Kk tetep bilang itu aneh - karena begimana pula itu bayi dikatakan TELAH berbuat dosa ? Dimana ? Kapan ?

kk bertanya :
Dimana dan kapan bayi tsb telah berbuat dosa sehingga menyebabkan dia mati jasmani yah?  :rolleye0014:

Pertanyaan kk aneh!
Sebab anehlah jika ada bayi bisa berbuat dosa atau berbuat mulia
Sama anehnya jika benih pendosa dapat menghasilkan yg suci mulia
Lebih tepatnya, benih yg telah cacat mustahil menghasilkan benih unggul

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
June 26, 2018, 09:31:49 AM
Reply #46
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Liat lagi konteks perikopnya Oda,
Itu yg dikurung bukan 'semua orang yg hidup or pernah hidup di dunia'.
Adam-Hawa-Kain-Habel tidak masuk di dalamnya.

Krn yg dikurung bukan semua orang (dalam konteks nas tsb) maka cara Allah mengurungnya juga khas utk konteks tertentu jg.

So jangan ditarik ke Adam-Hawa krn gak akan cocok.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 26, 2018, 09:51:08 AM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
contohnya, dlm surat roma 11 itu sedang membicarakan ttg jews-gentiles.. maka kata 'semua orang' ya lebih pas untuk ditafsir merujuk pada ras jews-gentiles...
kalo dipasal lain ada kata 'semua orang', ya kita bacalah ayat2 sebelumnya dan sesudahnya dlm perikop apa, ttg apa, dll.. gitu kk oda

ras jews-gentiles itu maksudnya ras jews dan gentiles? bukankah itu artinya semua orang juga?
jews = Israel
gentiles = diluar Israel

ato maksudnya ras jews yang udah jadi gentiles?
jadi mereka semua itu terkungkung?
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
June 26, 2018, 12:38:11 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 803
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Yes!
I like these, Bro!

Jadi Roma 11:32 ini secara keseluruhan bermakna :
Allah telah mengizinkan manusia mengalami "dosa asal",  dimana semua manusia akibat dosa Adam & Hawa(dosa asal) memiliki kecenderungan berbuat dosa (hawa nafsu) yang menjadi dosa bila dituruti. Dan kecenderungan berbuat dosa ini dialami semua orang termasuk orang-orang Yahudi yang merupakan bangsa pilihan Allah .

Kurasa sampai sini Bro Oda paham, bw akibat dosa lingkunganpun ikut rusak tercemar dosa, daun2-an dipotekin bikin cawat sehari pake layu, lalu "lalat" dimakan "cicak", Allah hrs menumpahkan darah “domba” utk kulitnya sbg pakaian yg awet ganti cawat tarzan itu, dst.

Quote
Tetapi sayangnya ketika Yesus hadir ke dunia,  orang-orang Yahudi ini menolak-Nya walaupun Yesus telah menunjukkan nubuat diri-Nya yang tertulis dalam Kitab Taurat, Kitab para nabi dan kitab Mazmur. Melakukan banyak mukjizat diantara mereka. Karena itulah orang-orang Yahudi/Israel yang menolak Yesus disebut bangsa yang tegar tengkuk, tidak taat kepada Allah karena menolak Yesus sebagai mesias sehingga tidak selamat (cabang zaitun asli yang dipatahkan)  (Roma 11:20)

Yes! Para rabi atau kaum farisi pun saduki akan kehilangan dunianya jika menerima Yesus. Mereka sudah terkurung oleh hukum Musa yg dianggap terandal mengatur bangsa. Mereka mengasihi sesama Yahudi, tapi takut mengasihi sesama manusia, sebab hrs mengasihi org Samaria, dsb. Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih [1Yoh 4:18]. Mereka sudah kadung percaya Talmud buatan para rabi itu sejak tidak ada nabi setelah Maleaki. Oleh sebab itu maka tegar tengkuk bagai  sesuatu yg hrs dipertahankan oleh mereka hingga kini.
 
Quote
Sebaliknya ada bangsa- bangsa lain yang mendengar pemberitaan tentang Kristus mengimaninya sehingga disebut cabang zaitun liar yang dicangkokkan. (Roma 11:17) Dan bangsa- bangsa lain yang telah mengimani Yesus ini(Roma 11:30) tentulah dituntut untuk berbuah dan menjadi teladan bagi orang- orang disekitarnya termasuk teladan bagi orang-orang Yahudi yang menolak Yesus.

Yes!
Maka batu yg dibuang tukang itu telah menjadi batu penjuru
Sbg alat akurasi kebenaran hidup dan sbg penjuru kiblat
Kiblat bukan lagi di Jerusalem bukan di G.Gerizim
Melainkan kepada Yesus

Quote
Jadi orang- orang Israel /Yahudi yang awalnya menolak Yesus sebagai mesias yang dijanjikan kepada mereka walaupun sebangsa dengan mereka diharapkan melalui teladan dan buah yang dihasilkan oleh bangsa-bangsa non Yahudi yang mengimani Yesus (Roma 11:31) membuat hati mereka tergerak untuk mengimani Yesus sebagai mesias yang dijanjikan kepada mereka.

Yes! Mari kita berbuah
Dan waspada senantiasa
Sebab akan ada antikristus

Quote
Demikianlah tanggapan saya mengenai tulisan Saudara Odading untuk membuktikan bahwa tidak ada pertentangan antara Roma 11:32 versus konsep Original Sin .

Sungguh mencerahkan, Bro
Semoga Bro Oda ok!
Salam Damai!
« Last Edit: June 26, 2018, 12:45:04 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
June 26, 2018, 08:00:52 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Roma 5:12
Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

kk :
ayat diatas kan aneh kalo ditafsir sbg :
demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua bayi,
karena semua bayi telah berbuat dosa
Rm 5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa

bentar kk oda, rewind dulu ya....

tafsiran kk oda; penyebab mati rohani itu telah menjalar kepada semua orang dewasa adalah karena ybs itu sendiri yg telah berbuat dosa ?

padahal lebih tepat untuk dimengertikan bhw penyebab maut itu telah menjalar kepada semua orang adalah karena dosa adam.



imo, mungkin permasalahannya pada terjemahan kata 'karena' yg walau posible untuk ditafsirkan begitu, namun ga hanya 1 terjemahan saja yg valid.... kata 'karena' itu transliterasi greeknya; eph ho yg umumnya diterjemahkan untuk merujuk pada frase kata benda sebelumnya ie; for that, because of that, in whom, dll
contoh; karena itu (maut), semua orang berbuat dosa

epi: Preposition
ho: Personal/Relative Pronoun-Dative-Neuter-Singular

berdasarkan aturan tata bahasa yunani, posible untuk ditafsirkan sebagai berikut:
1.  Take the "ho" as masculine with the word "death" rendered earlier in
this verse (ho thanatos - masculine noun) as its antecedent; thus, "in death
all sinned";

2.  Take the "ho" as masculine and the eph (from epi) to mean "in", along
with the phrase "one man" (henos anthropou - masculine noun) as its
antecedent; thus, "in the one man {Adam} all sinned";

3.  Take the "eph" (from epi) in the sense of "because of;" thus, "death
came to all men because of all having sinned";

The six possible meanings include the first three grammatical explanations
above along with:

4.  Seeing the "eph ho" as a conjunction meaning "because" and understanding
"hemarton" (sinned) to refer not to men sinning in their own persons but to
the participation in Adam's transgression;

5.  Seeing "eph ho" as a conjunction meaning "because" and understanding it
to mean men's sinning in their own persons independently of Adam, though
after his example;

6.  Seeing "eph ho" as a conjunction meaning "because" and understanding it
to refer to men sinning in their own persons but as a result of the corrupt
nature inherited from Adam.

« Last Edit: June 26, 2018, 08:10:23 PM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)