Author Topic: Lagi, Original Sin  (Read 11484 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 13, 2018, 05:19:26 PM
Reply #210
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Jadi secara teori , seandainya manusia memiliki kemampuan untuk tidak berbuat dosa (seperti Adam pertama), berarti akan muncul orang suci, dan orang suci itu jelas tak memerlukan penebusan dari Yesus Kristus.

Kalau seandainya ada kemungkinan muncul orang Suci, masih perlukah Tuhan Yesus turun ke dunia ? Main sandiwara ?

Yah kira-kira begitulah. Ayo lanjut terus.
Makanya saya selalu bertanya. Mana orang sucinya ?

Salam Hidup Cuma Sementara.
« Last Edit: December 13, 2018, 05:21:55 PM by Squall Lion Heart »
Hidup hanya sementara.
December 13, 2018, 05:27:47 PM
Reply #211
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
Artinya dewasa kan berarti yang udah gede (17 + kali ya), yang kubilang kan semua orang yang telah mampu berbuat dosa.
lah ya itu yg bold yang 888 juga maksudkan koook.
Saya kan juga udah kasih ayatnya yang ada kalimat "from youth"  :wink:

Quote
Memang cuma ada bayi dan dewasa dalam pikiran kalian ? Atau memang begitu kali ya. Setelah bayi berarti dewasa ? Masa ? Gak ada anak kecil, remaja , pemuda dll ?
dirimu gak baca yang udah saya ajukan ayatnya. From youth.

Quote
Namun yang ditekankan di sini adalah mau bayi, mau anak kecil, remaja , pemuda, dewasa setelah mampu pasti akan melakukan dosa.
Dan tidak ada ayat yang bisa menuntun ke kesimpulan bhw [sebelum makan buah, Adam/Hawa TIDAK PASTI akan melakukan dosa].

Sudah saya ajukan bahwa dasar utamanya adalah ABILITY, able to do.
Selanjutnya masuk ke : do - don't .... do it ? or not ?

Quote
seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak. (Jelas sekali kan tak ada orang suci)
Ya jelas. However, versi "jelas"mu disitu adalah [termasuk bayi].

Quote
Makanya tak ada orang suci.
Ya. Dan logika yang bener akan nangkep bahwa kosakata [orang] disitu nggak termasuk bayi.

Quote
Di sini untuk menekankan semua keturunan Adam harus menerima penebusan dari Yesus Kristus.
Geto kan.
Ya. Problemnya adalah [semua keturunan Adam] versi pov-mu itu [termasuk bayi].
Sedangkan logic-nya adalah : [semua keturunan Adam yang telah "bersekutu" dengan Adam].

However, dari logika ijo itu dirimu "mencengkan" menjadi :
bayi Kain, KARENA lahir dari AdamHawa yang mempunyai benih dosa,
MAKA pas lahir bayi Kain telah bersekutu dengan Adam,
karena didalam bayi Kain terdapat benih dosa Adam.
December 13, 2018, 05:34:47 PM
Reply #212
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Jangan rumit-rumit Oda. (apalagi pake bahasa lain, saya ngak ngerti nih)

Langsung saja.

1.Menurutmu adakah manusia keturunan Adam yang mampu untuk tidak melakukan dosa.
(Kutulisin yang mampu, biar gak nyasar ke bayi lagi/orang gila)

Kalau tidak bisa kenapa ? Kalau bisa kenapa ?

2.Menurutmu apakah Tuhan Yesus itu termasuk keturunan Adam ? Ingat Tuhan Yesus dilahirkan oleh perawan Maria.

Kalau iya teorinya ?

Salam Santai.
« Last Edit: December 13, 2018, 05:48:34 PM by Squall Lion Heart »
Hidup hanya sementara.
December 13, 2018, 05:39:49 PM
Reply #213
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
Semua Keturunan Adam pertama akan mengalami kematian/maut (Kematian Rohani)

Semua Keturunan Adam Kedua akan mengalami Kelahiran Kembali.
Mbok kalo bikin kalimat yg lebih detail agar nggak misleading, lion.

Semua jelas jelas keturunan Adam pertama, lion.
Nah... dari para keturunan tsb ....
semua orang YANG "bersekutu" dgn Adam pertama tidak akan mengalami Kelahiran Kembali
semua orang YANG "bersekutu" dgn Adam kedua akan mengalami Kelahiran Kembali

Itu conditional.

Q :
Bagaimana dengan bayi ?

versi saya :
Bayi nggak terkena conditional tsb.
December 13, 2018, 05:42:55 PM
Reply #214
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Q :
Bagaimana dengan bayi ?

versi saya :
Bayi nggak terkena conditional tsb.

Lha bukannya udah kutulis teorinya juga.

1. Bayi/Anak kecil dan orang gila tidak berbuat dosa. Secara teori Benih dosa tidak dihukum.
2. Bayi/Anak kecil dan orang gila tidak memiliki Roh. Jadi bagaimana ada kematian Roh ?

Masalah nya apakah ini penting ?

Salam Santai. / Ini bukan ilmu pasti kok.
Hidup hanya sementara.
December 13, 2018, 05:49:29 PM
Reply #215
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Jangan rumit-rumit Oda. (apalagi pake bahasa lain, saya ngak ngerti nih)

Langsung saja.

1.Menurutmu adakah manusia keturunan Adam yang mampu untuk tidak melakukan dosa.
(Kutulisin yang mampu, biar gak nyasar ke bayi lagi/orang gila)

Kalau tidak bisa kenapa ? Kalau bisa kenapa ?

2.Menurutmu apakah Tuhan Yesus itu termasuk keturunan Adam ? Ingat Tuhan Yesus dilahirkan oleh perawan Maria.

Kalau iya teorinya ?

Salam Santai.

Yang ini saja duluan dijawab oda. Saya paling suka teori. ho ho ho.

Salam Santai.
Hidup hanya sementara.
December 13, 2018, 05:50:06 PM
Reply #216
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
Jadi secara teori , seandainya manusia memiliki kemampuan untuk tidak berbuat dosa (seperti Adam pertama), berarti akan muncul orang suci, dan orang suci itu jelas tak memerlukan penebusan dari Yesus Kristus.
Nggak masuk donk, lion. Perhatikan kalimat bold lion di quote atas, itu udah mengandung dua error.

1. Manusia yang memiliki kemampuan untuk tidak berbuat dosa ---> ini tidak sertamerta artinya manusia terkait TIDAK AKAN PERNAH berbuat dosa.

2. Manusia pertama bernama Adam DAN manusia2 berikutnya keturunan Adam memiliki kemampuan untuk tidak berbuat dosa. Diketahui bahwa manusia Adam berbuat dosa. Diketahui pula manusia2 berikutnya keturunan Adam berbuat dosa.

So, pengajuan logika yang bener - kalimatnya itu mesti tepat donk ... kayak gini yg tepat :
seandainya manusia memiliki kemampuan untuk tidak PERNAH berbuat dosa (seperti Adam pertama) berarti akan muncul orang suci.

Nangkep kan lion ?  :D
December 13, 2018, 05:53:21 PM
Reply #217
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
So, pengajuan logika yang bener - kalimatnya itu mesti tepat donk ... kayak gini yg tepat :
seandainya manusia memiliki kemampuan untuk tidak PERNAH berbuat dosa (seperti Adam pertama) berarti akan muncul orang suci.

Nangkep kan lion ?  :D

Secara teori matematika tidak begitu. Misalnya A bisa berbuat dosa, bisa tidak, B bisa berbuat dosa bisa tidak. terus begitu juga c dan d , e, f g h i j k dst.

Nah dalam jumlah Milyaran orang nih, akan muncul kondisi di mana muncul satu orang yang terus terusan tidak berbuat dosa (Walaupun mampu berbuat dosa).

Mulai ngerti kan teorinya orang suci oda ?

Pengertian Oda. Orang Suci berarti tak mungkin berbuat dosa.

Pengertian Saya. Orang Suci berarti orang yang belum berbuat dosa makanya dibilang suci. (Nah yang ini tak perlu penebusan), namun tulisan di Alkitab membantah kemungkinan munculnya orang itu.

Salam Santai.
« Last Edit: December 13, 2018, 06:00:57 PM by Squall Lion Heart »
Hidup hanya sementara.
December 13, 2018, 05:58:36 PM
Reply #218
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
1.Menurutmu adakah manusia keturunan Adam yang mampu untuk tidak melakukan dosa.
(Kutulisin yang mampu, biar gak nyasar ke bayi lagi/orang gila)
Ada.

Yang gak ada itu adalah [manusia (baik AdamHawa maupun keturunan mereka) yang mampu untuk tidak PERNAH melakukan dosa]

Quote
2.Menurutmu apakah Tuhan Yesus itu termasuk keturunan Adam ?
Tidak. Oleh karena itu :
Yesus walo mampu untuk melakukan dosa, namun Dia mampu untuk tidak PERNAH melakukan dosa.


December 13, 2018, 06:04:09 PM
Reply #219
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Ada.

Yang gak ada itu adalah [manusia (baik AdamHawa maupun keturunan mereka) yang mampu untuk tidak PERNAH melakukan dosa]

Udah aga mirip. Lalu Mengapa ? Mengapa tidak ada manusia (Adam/keturunan Adam) yang mampu untuk tidak pernah melakukan dosa ? Mau lihat teori Oda.

Salam Santai.
Hidup hanya sementara.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)