Author Topic: Lagi, Original Sin  (Read 9787 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 17, 2018, 10:04:52 AM
Reply #250
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
dia mah panutannya googlelabiah ;D
December 17, 2018, 10:25:08 AM
Reply #251
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
Ada juga yang wataknya hanya setimentaliah sepanjang masa penuh dendam persis orang tidak percaya !

December 17, 2018, 10:27:27 AM
Reply #252
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Begini, Alkitab katakan.. dosa adalah “pelanggaran” pada hukum Allah.. jadi ini dahulu yg harus dipahami, karena dosa adalah pelanggaran, yah statusnya “pelanggaran atau perbuatan”, makanya saya katakan .. tidak mungkin dosa (pelanggaran/perbuatan) itu diwariskan.
Saya sependapat dengan bold.

Secara logika :
Status berdosa, baru bisa diaplikasikan hanya apabila seseorang telah berbuat dosa.

simpel :
Status bersalah, baru bisa diaplikasikan hanya apabila seseorang telah berbuat salah.

Ada lagi model lain, yakni SEBUTAN.... "Pendosa", a sinner.

Urutan kronologikanya mungkin bisa didongengkan spt sbb :
1. Sebelum AdamHawa makan buah, hewan macan BUKAN hewan pemakan daging.
2. Setelah AdamHawa makan buah, mendadak hewan macan itu berobah menjadi hewan pemakan daging.
3. Setelah AdamHawa makan buah, Adam menyebut KARNIVORA bagi hewan pemakan daging.
4. So, walopun bayi macan yg baru lahir saat itu nggak makan daging, tetep aja bayi macan tsb disebut Karnivora.

Kronologika dongeng diatas "masuk", however kekonsistenan dari kronologika diatas yg diaplikasikan ke Adam maka sikonnya HARUS sudah ada duluan yang berbuat dosa dimana perbuatan dosa tsb mengakibatkan Adam adalah a sinner karena kalo itu Adam yg pertama kali berbuat dosa maka kronologika diatas gak masuk.

Kenapa gak masuk ? Karena info terbaca menceritakan bahwa Adam itu sendiri adalah SUDAH sbg "hewan pemakan daging" ---> sesuai dgn kisahnya yang menceritakan bhw Adam makan buah. Sementara kronologika ilustrasi diatas mengajukan bahwa macan bukan hewan pemakan daging sebelum Adam berbuat dosa.

Kekonsisitenan dari ilustrasi kronologika diatas berkondisi :
HARUS ada makhluk lain yang bukan manusia yang berbuat dosa.
Dimana perbuatan dosa ungu mengakibatkan Adam bisa disebut sbg a sinner (walopun saat itu Adam tidak/belum makan buah).

ini sejajar dgn ilustrasi kronologika yg kondisinya :
Ada makhluk lain yang bukan macan yang berbuat dosa, dimana perbuatan dosa oranye menyebabkan macan menjadi hewan pemakan daging. Dalam hal ini, oranye = Adam.

Nah...
SIAPA makhluk lain yang bukan manusia yang berbuat dosa tsb ?
(yg akibatnya tiba tiba aja menyebabkan Adam mendadak menjadi "hewan pemakan daging", a sinner)
« Last Edit: December 17, 2018, 10:48:21 AM by odading »
December 17, 2018, 10:42:16 AM
Reply #253
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6468
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Kondisi Ini ya yang dikatakan Allah ya ? dan berlaku untuk seluruh keturunan Adam ?

Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati."

Salam Saya juga belajar.

Krn Adam & Hawa sejak makan buah itu masuk dalam kuasa dosa.
Adam & Hawa kehilangan kemuliaan Allah plus kuasa dosa, maka mreka tidak-bisa-tidak pasti berbuat dosa.
Ditambah lagi kutuk atas bumi, segala kemudahan ilahi dicabut dari Adam & Hawa, lebih-lebih lagi sukar bagi mreka menghindari dosa.

Jadi ada triple hits:
1. Kehilangan kemuliaan ilahi
2. Masuknya kuasa dosa
3. Kutuk atas bumi

Semua ini diturunkan.
Adam & Hawa mlahirkan anak-anak yg segambar dan serupa dengan Adam (bukan lagi dg Allah).

Kl Original Sin akan menambahkan yg ke-4, yaitu:
4. Guilt of Adam alias kesalahan/dosa Adam turut diwariskan

Ada atau tidak ada yg 4 bukanlah perbedaan esensi krn no 1-3 sudah sangat fatal bagi kemanusiaan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
December 17, 2018, 10:48:03 AM
Reply #254
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
Saya sependapat dengan bold.
Secara logika :
Status berdosa, baru bisa diaplikasikan hanya apabila seseorang telah berbuat dosa.

Ini bukan urusan logika tetapi wahyu Tuhan yang supra logika bung !

Mazmur  51:7 Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.

Berdasarkan ayat diatas apakah Daud pernah berbuat dosa didalam kandungan ibunya ?

Silahkan pakai akal sehatmu !

« Last Edit: December 17, 2018, 10:50:29 AM by jamu »
December 17, 2018, 11:03:23 AM
Reply #255
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1148
Saya sependapat dengan bold.

Secara logika :
Status berdosa, baru bisa diaplikasikan hanya apabila seseorang telah berbuat dosa.

simpel :
Status bersalah, baru bisa diaplikasikan hanya apabila seseorang telah berbuat salah.

Ada lagi model lain, yakni SEBUTAN.... "Pendosa", a sinner.

Tidak demikian menurut Alkitab.


Rom 5:19
Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.


KJV.
For as by one man's disobedience many were made sinners, so by the obedience of one shall many be made righteous.

====

Salam,
December 17, 2018, 11:19:44 AM
Reply #256
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Jadi semua manusia secara "status" (bukan perbuatan) sudah berdosa sejak didalam kandungan ibuny
Status diberikan ke cuplis oleh observer BERDASARKAN perbuatan cuplis.

Nggak ada itu unyil ngasih status XXX ke cuplis,
sementara padahal cuplis itu sendiri belon lahir.

ilustrasi :
status CENGENG (sering/suka nangis) baru bisa masuk diberikan oleh observer ke seorang bayi hanya apabila observer terkait telah "ngitung" frekwensi "dikit2 nangis" si bayi lebih tinggi dari frekwensi "TIDAK dikit2 nangis".

status BERSALAH baru bisa masuk diberikan oleh observer ke seseorang hanya apabila observer terkait mengetahui bahwa orang tersebut BERBUAT salah.

Begimana pula itu jadinya status BERDOSA bisa masuk diberikan oleh observer ke seseorang yang dimana bahkan orang tsb baru saja lahir ataupun belon lahir sbg janin ?

Quote
akibat kutukan Tuhan tersebut dan status ini hanya bisa dihapus melalui darah Kristus saja.
Nggak ada yang lagi cerewet diperihal bold.
But STATUS seseorang yg berupa [bla3x], baru bisa ada SETELAH orang ybs itu sendiri TELAH berbuat sesuatu.

Quote
KITA SUDAH BERSTATUS DOSA SEBELUM BISA BERBUAT DOSA
Ngaco. Tidak Alkitabiah, tidak menggunakan logika dengan benar dan tidak menulis kalimat dgn benar.

Karena X blablabla
Maka X berstatus blobloblo
Correct

Karena Y blablabla
Maka X berstatus blobloblo
NOT correct.



Karena ayah makan buah asem
Maka si ayah giginya ngilu

status WhatsApp si ayah :


Correct



Karena ayah makan buah asem
Maka anak si ayah giginya ngilu

status WhatsApp si ayah :


NOT correct
December 17, 2018, 11:27:39 AM
Reply #257
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
Status diberikan ke cuplis oleh observer BERDASARKAN perbuatan cuplis.

Nggak ada itu unyil ngasih status XXX ke cuplis,
sementara padahal cuplis itu sendiri belon lahir.

ilustrasi :
status CENGENG (sering/suka nangis) baru bisa masuk diberikan oleh observer ke seorang bayi hanya apabila observer terkait telah "ngitung" frekwensi "dikit2 nangis" si bayi lebih tinggi dari frekwensi "TIDAK dikit2 nangis".

status BERSALAH baru bisa masuk diberikan oleh observer ke seseorang hanya apabila observer terkait mengetahui bahwa orang tersebut BERBUAT salah.

Begimana pula itu jadinya status BERDOSA bisa masuk diberikan oleh observer ke seseorang yang dimana bahkan orang tsb baru saja lahir ataupun belon lahir sbg janin ?
 Nggak ada yang lagi cerewet diperihal bold.
But STATUS seseorang yg berupa [bla3x], baru bisa ada SETELAH orang ybs itu sendiri TELAH berbuat sesuatu.
 Ngaco. Tidak Alkitabiah, tidak menggunakan logika dengan benar dan tidak menulis kalimat dgn benar.

Karena X blablabla
Maka X berstatus blobloblo
Correct

Karena Y blablabla
Maka X berstatus blobloblo
NOT correct.

Karena ayah makan buah asem
Maka si ayah giginya ngilu


Jangan loncat loncat kayak kutu loncat dong,pertanyaan saya jangan dilewatkan seolah olah tidak ada :

Ini bukan urusan logika tetapi wahyu Tuhan yang supra logika bung !

Mazmur  51:7 Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.

Berdasarkan ayat diatas apakah Daud pernah berbuat dosa didalam kandungan ibunya ?

December 17, 2018, 11:33:10 AM
Reply #258
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Quote
KITA SUDAH BERSTATUS DOSA SEBELUM BISA BERBUAT DOSA

Dari kisah terbaca di Alkitab, kesimpulan nya ...
Tuhan mengutuk, dimana kutukannya berupa :
Karena AdamHawa makan buah, maka seluruh generasi AdamHawa SUDAH berstatus dosa SEBELUM bisa berbuat dosa bahkan sebelum lahir.

oda :
Tidak ada ayat yang bisa menuntun ke kesimpulan spt diatas.
Nggak Alkitabiah.

Quote
akibat kutukan Tuhan tersebut dan status ini hanya bisa dihapus melalui darah Kristus saja.
Bold, keterima ... dimana status-nya adalah [a sinner]. TAPI : [status adalah hasil jerih payah Tuhan yakni Tuhan mengutuk dimana isi kutukanNya = oranye] ---> Nggak Alkitabiah. Nggak berdasarkan dari informasi/kisah terbaca.
December 17, 2018, 11:50:47 AM
Reply #259
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
Melalui Kejatuhan dan Pemberontakan Adam maka seluruh umat manusia berada dibawah kutukan Tuhan, dan telah kehilangan kondisinya yang orisinal akibat dosa pertama itu.

Jadi semua manusia secara "status" (bukan perbuatan) sudah berdosa sejak didalam kandungan ibunya akibat kutukan Tuhan tersebut dan status ini hanya bisa dihapus melalui darah Kristus saja.

KITA SUDAH BERSTATUS DOSA SEBELUM BISA BERBUAT DOSA

Selain itu manusia juga cenderung selalu berbuat dosa didalam hidupnya akibat kejatuhan tsb dan ini kita kenal dengan "kondisi" berdosa.

Inilah inti dari doktrin dosa asal itu.
Kalau anda menyatakan “doktrin dosa asali”, seperti penjelasan anda diatas, maka artinya: Yesus turut berdosa juga, karena Yesus itu manusia juga, inilah mengapa saya katakan.. pemahaman dosa asali itu “sangat berbahaya”, sebab bisa menjadikan orang2 percaya “tanpa disadarinya” menjadi Anti Kristus..

Jadi, karena dosa waris itu “tidak ada”, maka “jiwa” Yesus tidak terkena dosa, sebab sejak dilahirkan, Yesus tidak pernah berbuat dosa.

Saya pikir .. doktrin gereja anda “telah menutup mata hati anda, untuk kebenaran FT”, saya cuma bisa mendoakan anda, agar Roh Kristus memberikan pengajaran kepada anda, mengapa ?? Jika anda tidak mengakui dosa waris, tidak berakibat apapun kepada anda, TETAPI jika ternyata pemahaman anda itu “keliru”, maka kekeliruan itu, akan menjadikan anda menjadi seorang “anti Kristus”.

Kiranya Tuhan Yesus membimbing dan memberkati anda..
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)