Author Topic: Lagi, Original Sin  (Read 10049 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

December 18, 2018, 06:06:19 PM
Reply #270
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1148
Hari ini TIDAK ADA Original Sin, karena dulu Yesus sudah sekali taat dimana akibatnya SEMUA orang yang [sudah, sedang dan akan] hidup dibumi berstatus RIGHTEOUS di pov Allah.
Seingat saya Bro, paling anti dengan OSAS.
Bukankah dengan mengatakan seperti di atas Anda jadi berbalik mendukung OSAS???

Quote
Kok ? Sepanjang pengetahuan saya, kalimat :  oleh ketaatan satu ORANG semua orang menjadi orang benar. itu menunjukkan bahwa [Yesus baru taat diketika ada di bumi].
Kata taat disitu untuk mengkontraskan dengan kata tidak taanya-Adam.
Tetapi kalau Bro bermaksud mengatakan bahwa sebelum inkarnasi (sebelum di Bumi) Sang Firman tidak taat kepada Bapa... silaken aja. Saya tidak berminat berbantah-bantahan dengan pengetahuanmu.

Quote
Dengan demikian, bahwa semua orang AKAN menjadi orang benar sudah ada sebelum Inkarnasi.
Again, menjadi 'orang benar' itu bukan otomatis.
Jadi, menjawab pertanyaanmu di atas; jawabannya tetap 2:

1) 'YA', kalau mereka beriman kepada Yesus
2) 'TIDAK', kalau mereka tidak beriman kepada Yesus.

Dengan cara bagaimana mereka beriman kepada Yesus???

Jawab:

walaupun realitas keterjadian inkarnasi/kelahiran, penebusan, dan kebangkitan baru ada di PB... tidak berarti orang-orang PL tidak bisa mengimani hal tersebut... karena itu sudah dinyatakan dan dinubuatkan oleh nabi-nabi di masa PL.

contoh:

Yesaya 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Mazmur 2:7 Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.

Mazmur 69:22 Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.

Mazmur 110:4 TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek."

Yesaya 53:11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.

Mazmur 22:19 Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.

etc

Nah, siapa pun orang PL yang tidak beriman akan Yesus seperti ayat-ayat di atas : tetap sebagai sinners tetapi yang beriman menjadi righteous


===

Salam,
December 18, 2018, 06:40:06 PM
Reply #271
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1148
Ya itu kekonsistenan-nya ---> [Siapapun yang menerima Adam ---VS--- Siapapun yang menerima Yesus]. Disini berupa pilihan... [menerima Adam ataukah menerima Yesus].

However, versi Original Sin nggak mengikuti kekonsistenan logika tsb.
Ketidak-konsistenan OS berupa : [Siapapun yang LAHIR dari Adam ---VS--- Siapapun yang menerima Yesus] dimana [Siapapun yang LAHIR dari Adam] bukan pilihan.

Kekionsistenan bagaiamana sebenarnya yang bro maksudkan? Bagaimana mau mengkonsistenkannya jika 'natur atau kondisi' keduanya beda???

Pelanggaran Adam dan Penebusan Kristus (sengaja saya pilih kata 'pelanggaran dan penebusan, supaya Bro gak melulu kembali ke soal taat di bumi, pernah taat, etc) tidak mungkin bisa dikonsistenkan.

* Karena Pelanggaran Adam ==> semua berdosa;

maka supaya konsisten...

* Penebusan Kristus pun harus ==> semua menjadi benar.

Lha, wong sudah nyata-nyata bahwa kondisi semua berdosa itu adalah karena semua manusia adalah keturunan Adam; sedangkan semua manusia (bisa) disebut anak-anak Allah adalah karena keimanan.

Coba ubah pandangan Anda. Jangan dari sisi struktur kalimat (persandingan) dari ayat tersebut... melainkan dari sisi SUBYEK nya.

Untuk lebih jelasnya coba Anda baca ayat sebelumnya tetapi yang versi KJV:

Rome
5:17 For if by one man's offence death reigned by one; much more they which receive abundance of grace and of the gift of righteousness shall reign in life by one, Jesus Christ.

5:18 Therefore as by the offence of one judgment came upon all men to condemnation; even so by the righteousness of one the free gift came upon all men unto justification of life.

Semoga dengan bantuan dari ayat 17 dan 18 tersebut... pemaksaan Anda untuk kekonsistenan di ayat 19 menjadi terselesaikan/clear.

Jika belum juga... maka silakan baca postingan-postingan saya menyangkut Grace/Rahmat.
====

Singkat kata:

Pelanggaran Adam berefek otomatis bagi umat manusia (mau gak mau kudu berdosa), sedangkan 
Penebusan Yesus tidak berefek otomatis.

Karena Penebusan Yesus adalah Rahmat/Grace/Gift... dan rahmat tidak berefek otomatis (mau gak mau kudu terjadi/ mau gak mau kudu menjadi benar).

sesuatu yang 'a must' bukanlah Rahmat.

=====

Salam,
December 18, 2018, 10:15:10 PM
Reply #272
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Seingat saya Bro, paling anti dengan OSAS.
Bukankah dengan mengatakan seperti di atas Anda jadi berbalik mendukung OSAS???
Saya nggak sedang berpendapat seperti demikian, granits.

Kesimpulan saya BUKAN spt :
ketaatan Yesus menyebabkan All Adam's descendants lahir berstatus RIGHTEOUS di pov Allah.

So, karena di pov saya ijo itu = universalism in a good sense maka saya berpendapat kalimat tsb nggak sedang bermaksud ngomongin universalism. Akibatnya, di pov saya....  kalimat ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa juga nggak ngomongin universalism in a bad sense. Di pov saya, kosakata [orang] = [grown human being] bukan [newly born human being].

Quote
Again, [menjadi 'orang benar' itu bukan otomatis].
Ya saya sependapat dgn itu kok granits. Kekonsistenan saya [menjadi "orang salah" tidak otomatis]  :D.

Quote
Nah, siapa pun orang PL YANG tidak beriman akan Yesus seperti ayat-ayat di atas : tetap sebagai sinners tetapi yang beriman menjadi righteous
Saya nggak menyangkal kalimat di quote atas, granits. Yang saya nggak mengerti, kalimat bold di pov Original Sin [Adam's descendants LAHIR....].

[Orang YANG .... ] ---> conditional.
A. Orang yang tidak beriman akan Yesus
---VS---
B. Orang yang beriman akan Yesus

Nah, versi OS yang di A itu kan begini :
Karena semua orang adalah keturunan Adam,
maka semua generasi Adam pas lahir, tidak beriman akan Yesus,
berstatus a sinner, sinful, unrighteous di pov Allah.


Kalimat bold bener, tapi perihal "bener"nya di versi saya :
ya iyalaah... mana masuk sih utk dikatakan [seorang bayi beriman/tidak beriman akan Yesus ?]  :D

Sedangkan kalo di versi OS, perihal "bener" itu berupa :
Karena All Adam's descendant lahir dg status a sinner, sinful, unrighteous di pov Allah
Maka semua generasi Adam pas lahir tidak beriman akan Yesus


Semisal bayi itu mencapai usia 1 tahun ...
selama anak ini tidak beriman akan Yesus
maka anak tsb TETEP sebagai a sinner/sinful/unrighteous di pov Allah.

Kekionsistenan bagaiamana sebenarnya yang bro maksudkan? Bagaimana mau mengkonsistenkannya jika 'natur atau kondisi' keduanya beda???
Kekonsistenan pengertian dari kalimat terbaca, granits.

Quote
Pelanggaran Adam dan Penebusan Kristus (sengaja saya pilih kata 'pelanggaran dan penebusan, supaya Bro gak melulu kembali ke soal taat di bumi, pernah taat, etc) tidak mungkin bisa dikonsistenkan.
Nah itu yang bold.

Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar

Kalimat ayatnya terbaca "taat". Saya nggak mengerti begimana itu ceritanya dari kalimat yang terbaca "taat" lalu dikatakan "oh... itu bukan perihal taat ato kagak", granits.

Quote
Kita menjadi anak-anak Adam adalah karena keturunan (by generation). Tidak ada yang bisa menghindar jadi anak-anak Adam.
Maksud saya bukan disitu, granits. Melainkan :
KARENA ketidaktaatan Adam,
MAKA semua orang [all Adam's descendants] lahir didalam status berdosa/sinful/sinner/unrighteous di pov Allah.


Saya tidak bisa menemukan bahwa kalimat ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa itu maksudnya ungu, granits.

bersambung.
December 18, 2018, 10:15:20 PM
Reply #273
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Taroh kata kalo emang iya maksudnya ungu, maka kalimat ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar maksudnya :
KARENA ketaatan Yesus
MAKA semua orang [all Adam's descendants] lahir didalam status righteous di pov Allah.


Di pov saya ... kalimat ayat tsb tidak didalam pengertian seperti ungu dan oranye. Kalimat [semua orang] TIDAK didalam pengertian [all his descendants LAHIR ...], melainkan ["setiap grown human"....]

Quote
Kita menjadi anak-anak Adam adalah karena keturunan (by generation). Tidak ada yang bisa menghindar jadi anak-anak Adam.
Saya sependapat kok dgn kalimat di quote atas. Yang saya gak mengerti : [LAHIR berstatus unrighteous/a sinner/sinful di pov Allah] adalah karena keturunan, otomatis.

Romans 5:17
For if by one man's offence death reigned by one; much more they which receive abundance of grace and of the gift of righteousness shall reign in life by one, Jesus Christ.

Sayangnya, saya masih gak bisa ketemu bhw kalimat merah itu = [all his descendants LAHIR dg status unrighteous/a sinner/sinful di pov Allah], granits  :ashamed0002:.

ayat 12 dari berbagai versi bhs inggris (kecuali KJV dan bbrp versi lainnya) :
just as sin entered the world through one man, and death through sin,
and in this way death came to all people, BECAUSE all sinned

Adam sinned, and that sin brought death into the world.
Now everyone has sinned, and so everyone must die

Sin came into the world through one man, and his sin brought death with it.
As a result, death has spread to the whole human race BECAUSE everyone has sinned.


Q :
why/how death came to all people ?

oda :
because all people sinned (sinned = telah berbuat dosa)
[all people / everyone] tidak termasuk bayi melainkan grown-human being.

OS :
because all Adam's descendants (all people) LAHIR dg status a sinner/sinful/unrighteous di pov Allah.



KJV (dan ada bbrp versi lainnya yg idem dgn KJV) :
Wherefore, as by one man sin entered into the world, and death by sin;
and so death passed upon all men, FOR THAT all have sinned:


Because death passed upon all men
That's why all have sinned

Q :
why/how all have sinned ?

OS :
because all Adam's descendants (all people) lahir dgn status a sinner/sinful/unrighteous di pov Allah.



5:18
A. Therefore as by the offence of one judgment came upon all men to condemnation;
B. even so by the righteousness of one the free gift came upon all men unto justification of life.


Quote
Semoga dengan bantuan dari ayat 17 dan 18 tersebut... pemaksaan Anda untuk kekonsistenan di ayat 19 menjadi terselesaikan/clear.
Masih saya tidak bisa nangkep, granits. Saya gak ngerti gimana itu ceritanya di pov Original Sin : [kalimat "all men" di A = bayi bayi baru lahir] .... [kalimat "all men" di B = bukan bayi2 baru lahir].

OS :
the offence of one judgment came upon bayi bayi baru lahir to condemnation
because generasi Adam lahir didalam status a sinner/sinful/unrighteous di pov Allah.

versi saya :
Iya... "all men" itu = Adam's descendants (semua human being)
TAPI nggak didalam pengertian "bayi2 baru lahir", melainkan semua grown human being  :D.
Versi saya idem dari ilustrasi kalimat "jaman sekarang semua orang keranjingan instagram".

Quote
Pelanggaran Adam berefek otomatis bagi umat manusia (mau gak mau kudu berdosa),
sedangkan  Penebusan Yesus tidak berefek otomatis.
Semisal ada kalimat spt sbb ini  :
[All Adam's descendant suatu saat akan berbuat dosa].
---> Saya nggak menemukan sesuatu yang ganjil/aneh  :happy0062:.

argumen saya :
Kalo [bokapnya bisa berbuat dosa], kenapa jadi [anaknya GAK-bisa berbuat dosa]  ?


Sedangkan kalimat spt sbb ini (dari OS) :
[All Adam's descendant lahir dg status a sinner/sinful/unrighteous di pov Allah]
---> Saya menemukan sesuatu yang ganjil/aneh  :rolleye0014:.

argumennya OS:
Allah mengutuk manusia, dimana kutukanNya berupa seluruh generasi AdamHawa SUDAH berstatus dosa SEBELUM bisa berbuat dosa bahkan sebelum lahir
Karena kutukan tsb, ya All Adam's descendant tentu lahir berstatus a sinner/sinful/unrighteous di pov Allah, donk.


:)
salam.
« Last Edit: December 18, 2018, 10:22:09 PM by odading »
December 19, 2018, 06:51:20 AM
Reply #274
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988
Tidak perlu. Kalimat itu sendiri sudah menunjukkan bhw di pov penulis, dirinya dikandung didalam dosa ibunya.

I was brought forth in iniquity, and in sin did my mother conceive me

In pain did my mother deliver me
Di pov penulis, dirinya dilahirkan didalam kesakitan ibunya.

Hanya iblis saja yang memanipulasi pengertian kalimat tsb menjadi :
In MY PAIN did my mother deliver me


Memaksakan penafsiran dengan menambahi apa yg tidak tertulis persis apa yg dilakukan Iblis di Taman Eden.

Tidak bisa membedakan antara "kesakitan" dan "dosa" menunjukkan logika yang ambruadul.


Quote
Quote
Adam adalah representatif seluruh manusia keturunannya sehingga dosanya menjadikan semua keturunannya berdosa secara status sejak didalam rahim ibunya karena kutukan Allah atas pemberontakan manusia.
Nggak Alkitabiah. Tidak ada terbaca text yang bisa menuntun ke kesimpulan bahwa Allah mengutuk dimana kutukannya berupa : seluruh generasi AdamHawa SUDAH berstatus dosa SEBELUM bisa berbuat dosa bahkan sebelum lahir.

the ground is under a curse because of you
Hanya iblis yang mengajarkan bahwa kalimat ayat tsb maksudnya adalah :
All your generation is under a curse because of you

Baca lagi ayat Mazmur apa adanya tanpa ditambah tambahi persis pekerjaan Iblis itu !


Quote
Quote
Itu kalau ajaran Alkitab tanpa manipulator sepertimu !
Nope. Dirimu lah iblis manipulator.
Yang terbaca "the ground", olehmu dimanipulasi menjadi "All your generation".

Roma  55:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.

Pakai akal sehatmu memahaminya tanpa harus memanipulasi menambah nambahi seperti Iblis.


December 19, 2018, 09:25:21 AM
Reply #275
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1148
Saya nggak sedang berpendapat seperti demikian, granits.

Kesimpulan saya BUKAN spt :
ketaatan Yesus menyebabkan All Adam's descendants lahir berstatus RIGHTEOUS di pov Allah.

So, karena di pov saya ijo itu = universalism in a good sense maka saya berpendapat kalimat tsb nggak sedang bermaksud ngomongin universalism. Akibatnya, di pov saya....  kalimat ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa juga nggak ngomongin universalism in a bad sense. Di pov saya, kosakata [orang] = [grown human being] bukan [newly born human being].

Ok, setidaknya posisimu jadi jelas buat saya.

Bahwa menurutmu many atau all dimaksud di ayat tersebut adalah merujuk kepada 'orang dewasa' yang sudah mampu menggunakan nalar dan free-will-nya... itu adalah masalahmu. :wink:

Tetapi konsep original sin tidak memandang adanya pembatasan : Adult only.

1 Kor 15:21-22

For since by man came death, by man came also the resurrection of the dead.
For as in Adam all die, even so in Christ shall all be made alive
.

===

Adalah aneh buat saya jika ada logika seseorang yang membuat pembatasan pada ayat di atas menjadi:

For since by man came death [to adult only], by man came also the resurrection of the dead [of adult only].
For as in Adam all [adult men only] die, even so in Christ shall all [adult men only] be made alive
.

===

Salam,
December 19, 2018, 10:14:17 AM
Reply #276
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9602
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
dibilang kalo diskusi sama dia harus masuk logika dia

gak caya lo pada ;D
December 19, 2018, 10:43:35 AM
Reply #277
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
Ok, setidaknya posisimu jadi jelas buat saya.

Bahwa menurutmu many atau all dimaksud di ayat tersebut adalah merujuk kepada 'orang dewasa' yang sudah mampu menggunakan nalar dan free-will-nya... itu adalah masalahmu. :wink:

Tetapi konsep original sin tidak memandang adanya pembatasan : Adult only.

1 Kor 15:21-22

For since by man came death, by man came also the resurrection of the dead.
For as in Adam all die, even so in Christ shall all be made alive
.

===

Adalah aneh buat saya jika ada logika seseorang yang membuat pembatasan pada ayat di atas menjadi:

For since by man came death [to adult only], by man came also the resurrection of the dead [of adult only].
For as in Adam all [adult men only] die, even so in Christ shall all [adult men only] be made alive
.

===

Salam,
Jika anda “menyamakan pemahaman” perkataan Paulus dalam 1 Korintus tsb dengan Roma pasal 5, maka pemahaman anda itu “keliru”, mengapa ? Pada Roma pasal 5 itu, Paulus berbicara tentang “perbuatan”, sementara dalam 1 Korintus, Paulus berbicara tentang “daging/tubuh dan Jiwa/Roh”.

Nah, anda “harus” dapat memahami, makna dan perbedaan “pelanggaran daging dengan pelanggaran jiwa”, sebab .. yg akan diadili “bukan daging, tetapi jiwa”.

Seperti yg dikatakan Paulus dalam Korintus tsb, “semua orang telah mati didalam Adam”, artinya: “bukan kematian jiwa/roh manusia, tetapi kematian daging, sebab jiwa2 keturunan Adam, belum lahir saat itu, tetapi .. daging semua keturunan Adam, seperti kita.. ada pada daging Adam”. Kematian daging ini, “tidak dapat dikatakan sebagai dosa, sebab yg akan diadili bukan daging, tetapi jiwa manusia itu”.

Nah, jika anda memahami Korintus tsb sbg salah satu dasar untuk “membenarkan” ajaran dosa asali, maka seperti penjelasan saya ke Sdr jamu, anda “tanpa sadar” telah membenarkan Yesus turut berdosa, sebab .. daging Yesus adalah keturunan Adam juga, artinya .. dalam daging Adam, Yesus telah melanggar perintah Allah. Pemahaman inilah yg dalam berbagai kesempatan diskusi dan juga ke Sdr jamu, saya katakan.. Ajaran dosa asali itu “sangat berbahaya”, sebab tanpa disadari, akan membawa orang2 percaya “menjadi anti Kristus”.

Semoga anda memahami penjelasan saya..

Jbu
December 25, 2018, 03:07:11 PM
Reply #278
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Ok, setidaknya posisimu jadi jelas buat saya.

Bahwa menurutmu many atau all dimaksud di ayat tersebut adalah merujuk kepada 'orang dewasa' yang sudah mampu menggunakan nalar dan free-will-nya... itu adalah masalahmu. :wink:
itu bukan menurut saya, melainkan sesuai pengertian dalam tata bahasa, granits.

"SEMUA orang sakit jiwa"

Versi OS:
A. maksud kalimat diatas adalah bayi2 yang sudah-sedang-akan lahir, saat lahir dalam keadaan sakit jiwa.

Versi oda:
B. maksud kalimat diatas adalah semua orang setidaknya gak termasuk bayi dan janin, sakit jiwa.


"BANYAK orang bersalah"

Versi OS:
A. maksud kalimat diatas adalah bayi2 yang sudah-sedang-akan lahir, saat lahir dalam keadaan bersalah.

Versi oda:
B. maksud kalimat diatas adalah semua orang setidaknya tidak termasuk bayi dan janin, bersalah.

Quote
Tetapi konsep original sin tidak memandang adanya pembatasan : Adult only.
iya, karena cara pandangnya thdp suatu kalimat yg mengandung kosakata [semua] dan kosakata [banyak] , sudah duluan seperti A, granits.

Quote
1 Kor 15:21-22

For since by man came death, by man came also the resurrection of the dead.
For as in Adam all die, even so in Christ shall all be made alive
.

===

Adalah aneh buat saya jika ada logika seseorang yang membuat pembatasan pada ayat di atas menjadi:

For since by man came death [to adult only], by man came also the resurrection of the dead [of adult only].
For as in Adam all [adult men only] die, even so in Christ shall all [adult men only] be made alive
.
fokus saya bukan [semua orang = adult only] melainkan [semua orang = setidaknya bukan janin ataupun bayi] pada kalimat ayat sbb ini, granits.

just as sin entered the world through one man, and death through sin,
and in this way death came to all people, BECAUSE all sinned


Kalimat diatas, [sinned] diajukan dalam verb past tense ... telah berbuat dosa.

Namun oleh OS, verb past tense tsb DIRUBAH menjadi state/status ---> death came to all people because semua janin telah berstatus berdosa.

di pov OS:
Kalimat [death came to all people] adalah akibat dari semua janin telah berdosa.

Namun dilain sisi, OS membuat strategi lain dgn cara mengakui verb past tense pada ayat diatas, namun MERUBAH verb past tense tsb sebagai akibat. Jadinya kayak gini:

Kalimat [semua orang telah berbuat dosa] adalah akibat dari death came to all janin.

OS:
Bla3x because blo3x
Blo3x because bla3x

death came to all people because all sinned

All sinned because death came to all people

Uber2an, sirkular.
Telur karena ayam
Ayam karena telur

bersambung

« Last Edit: December 25, 2018, 03:21:21 PM by odading »
December 25, 2018, 03:36:26 PM
Reply #279
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
For since by man came death, by man came also the resurrection of the dead.

Oda thdp ayat diatas:
Karena 1 orang,
Mengakibatkan kematian jasmani eksis

Karena 1 orang,
Mengakibatkan kebangkitan jasmani eksis


OS thdp ayat diatas:

Karena 1 orang,
Mengakibatkan SEMUA JANIN dalam status berdosa (uncoditional)

Karena 1 orang,
Mengakibatkan SEBAGIAN JANIN  tidak dalam status berdosa (conditional).
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)