Author Topic: Lagi, Original Sin  (Read 10068 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 27, 2018, 04:36:10 PM
Reply #290
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 105
  • Denominasi: Protestan
Bedakan dicobai dan keinginan daging. Dicobai berarti godaan dosa datang dari luar.

Keinginan Daging berarti Keinginan berbuat dosa datang dari dalam diri sendiri.

Adam berdosa setelah berumur 130 tahun setelah datangnya Hawa. Jadi diperkirakan antara 70 sd 100 tahun Adam tidak pernah berbuat dosa. Sangat kebal terhadap dosa.

Jadi seandainya tidak ada cobaan. Bukan tak mungkin Adam sampai akhirnya juga tak berbuat dosa.

Menurut Teori, ciptaan tak bisa sesempurna Penciptanya.
kalau ciptaan itu menjadi sempurna seperti Tuhan, maka ciptaan itu akan menjadi sama seperti Tuhan, yang berarti akan menjadi Tuhan yang lain.

Begitulah menurut teori saya.

Salam Santai.
Adam tidak dicobai oleh ular. Hawa memberikan buah itu pada Adam tanpa ada percakapan apa-apa dan Adam pun memakannya. So ?

Yakobus 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.

JBU
December 27, 2018, 04:40:03 PM
Reply #291
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 105
  • Denominasi: Protestan
sesuai dengan salah satu Atribut Allah yaitu "MAHATAHU"
Allah yang mahatahu tersebut mengetahui Dosa akan ada, oleh karena itu Allah membuat Rancangan dan Rencana Penebusan.
bukan berarti karena Allah Mahatahu, maka Allah-lah yang merancang segala malapetaka yang melanda dunia ini. (Kematian, Penyakit, Bencana).

sebaliknya karena Allah Mahatahu, Tuhan Allah mengamarkan segala sesuatu melalui para Nabi, para Rasul, Para Penglihat, melalui mimpi, melalui Nubuatan... segala peristiwa peristiwa yang akan terjadi.

Amos 3: 7. Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.

jadi Tuhan selalu mengamarkan keputusan keputusan-Nya, termasuk peristiwa peristiwa besar kepada manusia, sebelum peristiwa itu terjadi.

Adam sudah sangat sempurna menurut ukuran-nya ketika pada mula pertama dia diciptakan.
apakah definisi sempurna.. ??

Suatu tanaman dikatakan Sempurna bahkan ketika Tanaman tersebut sudah dimulai dari Biji atau Benih.
mulai dari Benih tersebut bertumbuh, berkecambah, tumbuh, bertunas, bercabang, berbunga dan berbuah..
semu tahap atau fase tersebut adalah Sempurna menurut ukuran-nya.

begitu juga manusia itu, ketika pertama diciptakan oleh Tuhan, Sempurna, Simetris, tak bercacat dan tak bercela.. menurut ukurannya.
dan sama seperti benih yang terus bertumbuh dalam setiap fase.
begitu juga manusia yang sempurna itu akan terus bertumbuh, dalam pengetahuan, dalam pengalaman, dalam kekuatan dalam segala sesuatu.

dan dalam setiap pertumbuhan adalah sempurna menurut masanya dan ukurannya..


 :) :)
salam
TYM

Tetapi fakta membuktikan lain, dalam perjalanan waktu perbuatan Adam didapati cacat dan cela. Maka Adam tidak sempurna.


JBU
December 27, 2018, 04:47:05 PM
Reply #292
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Adam tidak dicobai oleh ular. Hawa memberikan buah itu pada Adam tanpa ada percakapan apa-apa dan Adam pun memakannya. So ?

Yakobus 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.

JBU
Yakin kamu Adam tak tau apa2 ? Lalu TUhan salah dong menghukum Adam ?

Mungkin tak tertulis, namun pasti Adam mengetahui hal itu. Kalau tidak kenapa Adam tak pernah memakan buah itu selama itu ? Kemungkinan juga walaupun tak tercatat, Adam juga telah dicobai berkali2 oleh Iblis, toh selama ini Iblis ada di bumi. Namun jelas Adam tak berbuat dosa selama 70 sd 100 tahun. Apa menurutmu Iblis nganggur selama 100 tahun?
 
lalu setelah datangnya Hawa, Iblis mencobai Adam melalui Ular dan Hawa dan berhasil. Jelas bukan datang dari dalam dirinya (daging) Adam , tetapi melalui cobaan dari Ular (Iblis).

Salam Santai.
« Last Edit: December 27, 2018, 04:49:10 PM by Squall Lion Heart »
Hidup hanya sementara.
December 27, 2018, 04:59:15 PM
Reply #293
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 105
  • Denominasi: Protestan
Yakin kamu Adam tak tau apa2 ? Lalu TUhan salah dong menghukum Adam ?

Mungkin tak tertulis, namun pasti Adam mengetahui hal itu. Kalau tidak kenapa Adam tak pernah memakan buah itu selama itu ? Kemungkinan juga walaupun tak tercatat, Adam juga telah dicobai berkali2 oleh Iblis, toh selama ini Iblis ada di bumi. Namun jelas Adam tak berbuat dosa selama 70 sd 100 tahun. Apa menurutmu Iblis nganggur selama 100 tahun?
 
lalu setelah datangnya Hawa, Iblis mencobai Adam melalui Ular dan Hawa dan berhasil. Jelas bukan datang dari dalam dirinya (daging) Adam , tetapi melalui cobaan dari Ular (Iblis).

Salam Santai.

Jelas Adam thu, karena Tuhan sendiri berfirman bahwa buah itu tidak boleh dimakan (Kej 2:16-17).
Tetapi Hawa memberikan buah itu pada Adam dan tanpa percakapan apa-apa Adan memakannya.

Bukannya menasihati Hawa .. ya gak...

Itu hanya membuktikan bahwa Adam belum capai target Allah. Ketidak capaian target Allah ini bisa bermanifestasi dalam berbagai bentuk pikiran dan perbuatan. Maka definisi "dosa" dalam Alkitab terutama bukan berbuat kejahatan ini dan itu, tetapi dosa= tidak target. Ini bisa bermanifestasi dalam berbagai bentuk, pada case Adam, dia makan buah yg dilarang.

Seharusnya Adam tidak memakannya, seharusnya dia menasehati Hawa. Apakah Adam tidak bisa sepenuhnya disalahkan seandainya cobaan itu datang dari luar dirinya ? Nah kalau bahas ini kita akan sampai pada prinsip FPI, mereka mau menahan hawa nafsu makan tanpa ada godaan makanan dari "kafir". Seluruh resto harus ditutup kalau mereka mau puasa.

JBU
« Last Edit: December 27, 2018, 05:02:47 PM by Gocap »
December 28, 2018, 10:47:43 AM
Reply #294
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Ketika Allah selesai dengan Adam: ini penciptaan tahap 1 secara daging, manusia ini butuh mati dan diciptakan kembali melalui Adam kedua yaitu Yesus Kristus sehingga manusia diciptakan kembali secara Roh dan kemudian dapat kompatible dengan persekutuan dengan Allah yg adalah Roh, yang kudus.
Saya nangkep dan mengerti maksud kalimat diatas, gocap.

Namun sikon butuh mati disitu tidak saya mengertikan spt sbb :
Nanti kalo suatu ketika Adam berbuat dosa (utk pertama kalinya), maka :
1. Adam mati rohani
Nanti kalo Adam mati rohani, maka:
2. seluruh keturunannya lahir dalam state berdosa/bersalah.

melainkan pov versi pengertian saya A dan B1, dimana kosakata "Adam" = manusia.
Versi oda :
Nanti kalo suatu ketika manusia berbuat dosa (utk pertama kalinya) maka manusia mati rohani.

Itu versi saya yg diperihal "mati rohani".
Sedangkan versi saya yg diperihal "mati jasmani" :
X. Nanti kalo suatu ketika manusia berbuat dosa (utk pertama kalinya)
Y. maka manusia terkait dan manusia yang SEDANG hidup dan seluruh keturunannya yang AKAN hidup/eksis di bumi, mati jasmani
Z. oranye karena nggak bisa akses Pohon Kehidupan anymore.

Jadi di versi saya nggak ada itu secara spesial nyalahin Adam.

Quote
Manusia yang diciptakan Allah pada kejadian pasal 1 sungguh amat baik, tetapi tuntutan dan target Allah adalah sempurna di dalam Kristus. Itulah sebabnya definisi "dosa" dalam bible bukan "crime" tetapi "tidak tepat sasaran". Kita semua begitu, kita tidak sempurna = tidak target = terlahir dalam dosa.
Yang bold saya sependapat, dimana kosakata [kita] dalam pengertian manusia termasuk Adam dan Hawa. Otomatis saya nggak sependapat dgn kalimat merah, gocap. Karena secara statement, versi saya berupa : Tuhan menciptakan manusia (termasuk AdamHawa) tidak didalam state sempurna melainkan didalam state amat-baik. Alesan ijo, ya karena biru.  :)

Quote
Hal Adam makan buah terlarang dan kemudian jatuh dalam dosa dan mati, adalah konsekuensi dari natur Adam yang memang seperti itu, yang tidak sempurna.
Sependapat, oleh karena itulah saya nggak sependapat dengan yg merah - kecuali yang merah itu hanyalah sebuah istilah.

Quote
"Original sin" oleh Adam adalah konsekuensi bahwa ia sangat baik (tetapi tidak sempurna), dan kita semua secara esensi terlahir demikian. Satu per satu mulai dari Adam hingga kita melanggar "law" dalam urutan waktu kita masing-masing adalah buktinya.
Nah itu yang bold saya sependapat karena kalimat underlined oleh gocap pakai tanda petik.

So,
semua manusia (termasuk Adam) ketika eksis di bumi, eksis didalam state "Original Sin". "Original Sin" adalah istilah dari pengertian "eksis tidak didalam state sempurna melainkan amat baik".

:)
salam.
« Last Edit: December 28, 2018, 11:35:01 AM by odading »
December 28, 2018, 11:03:48 AM
Reply #295
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2691
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Tetapi fakta membuktikan lain, dalam perjalanan waktu perbuatan Adam didapati cacat dan cela. Maka Adam tidak sempurna.


JBU

sebaliknya..

* Adam Cacat dan Cela karena Ia melanggar Firman Tuhan. bukan karena Ia cacat cela sehingga ia melanggar Firman Tuhan.

* Adam Tidak Sempurna Karena Ia melanggar Firman Tuhan. bukan karena Adam tidak sempurna sehingga ia melanggar Firman Tuhan.


salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
December 28, 2018, 11:06:16 AM
Reply #296
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Padahal kan rancangan yang biru secara implisit terkandung yang coklat di dalamnya
Sependapat. Itu logikanya yg jalan.

Problemnya (imo) adalah diketika orang TIDAK mengertikan kalimat [Kejatuhan Manusia (termasuk Adam) dalam Dosa] secara berupa [Manusia (termasuk Adam) diciptakan TIDAK dalam keadaan sempurna, melainkan amat baik].

Namun pov OS (sepanjang yg saya tangkep) nggak kayak diatas.

Di pov OS (yg saya tangkep):
manusia yang diciptakan Allah secara pink ya cuma Adam.
Kain Habil dan Seth bukan ciptaan Allah melainkan ciptaan Adam dan Hawa.

Kalimat ijo di pov saya jadinya mirip kayak gini :
Ketika saat ini kita melihat alam beserta makhluk2 hidup didalamnya, itu bukan ciptaan Allah, melainkan ciptaan para makhluk hidup yang : menelurkannya(ayam/burung/dlsb), melahirkannya(manusia/macan/dlsb), menumbuhkannya(tanam2an/pohon/dlsb).
December 28, 2018, 11:22:13 AM
Reply #297
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Saya tak setuju dengan yang ini. Adam itu diciptakan segambar dan serupa dengan Allah
Nah disitu dah yang saya tangkep dari OS.

Pov OS :
Yang diciptakan segambar dan serupa dengan Allah itu ya cuma SOLA Adam (Adam saja).
Kain Habil dan Seth bukan ciptaan Allah, melainkan ciptaan AdamHawa.
Dengan demikian, as soon as bayi2 tsb eksis dibumi - mereka TIDAK segambar dan serupa dengan Allah melainkan segambar dan serupa dengan Adam.

Quote
tidak selemah itu dan semudah itu dikalahkan oleh dosa. Boleh dikatakan memiliki kekebalan yang sangat tinggi.
Kalimat diatas cuma "angan-angan". Tidak ada dasar (bekgron) dari info kalimat ayat yang ada.

tidak selemah itu dan semudah itu dikalahkan oleh dosa
oda : kalimat ungu secara logika memerlukan keberadaan dosa "DULUAN".

Adam eksis - dosa eksis.
Dalam span-waktu sejak Adam eksis s/d event Adam makan buah, Adam tidak mudah dikalahkan oleh dosa.

Quote
Jadi kejatuhan Adam bukan karena keinginan dagingnya , tetapi karena dicobain.
Dicobain oleh keberadaan dosa. Kalimat oranye = angan angan  :D.
« Last Edit: December 28, 2018, 12:03:54 PM by odading »
December 28, 2018, 11:43:49 AM
Reply #298
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
* Adam Tidak Sempurna Karena Ia melanggar Firman Tuhan. bukan karena Adam tidak sempurna sehingga ia melanggar Firman Tuhan.
Coba deh sima ganti kalimat [tidak sempurna] dengan [amat baik].

Jadinya kayak gini :
Adam [amat baik] KARENA Adam melanggar Firman Tuhan.

pov-nya berbeda, sima.

oda :
Adam diciptakan didalam state amat baik.
Adam TIDAK diciptakan didalam state sempurna.
Oleh karena itulah pelanggaran possible terjadi.

Kalo pelanggaran IMpossible terjadi
Maka Adam diciptakan dalam state sempurna.

Kalo Adam diciptakan dalam state sempurna
Maka pelanggaran IMpossible terjadi

* Adam Tidak Sempurna Karena Ia melanggar Firman Tuhan. bukan karena Adam tidak sempurna sehingga ia melanggar Firman Tuhan.
gimana dgn logika sbb ?
Kalo Adam diciptakan dalam state sempurna
Maka ...???....
December 28, 2018, 12:00:23 PM
Reply #299
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Tetapi fakta membuktikan lain, dalam perjalanan waktu perbuatan Adam didapati cacat dan cela. Maka Adam tidak sempurna.
IMO, disini mesti "ati ati" terhadap sebuah kalimat.

Kalimat diatas, jadinya bisa didalam dua model pengertian :

model-A
karena blakangan diketahui Adam didapati cacat/cela
maka SETELAHnya itulah Adam tidak sempurna

model-B
karena blakangan diketahui Adam didapati cacat/cela
maka SEBELUMnya itulah Adam tidak sempurna.

Baik model A maupun B (imo) "masuk".
Namun ketika kalimat [tidak sempurna] diganti menjadi [amat baik], maka yang model-A gak "masuk".

model-A
karena blakangan diketahui Adam didapati cacat/cela
maka SETELAHnya itulah Adam amat baik.

model-B
karena blakangan diketahui Adam didapati cacat/cela
maka SEBELUMnya itulah Adam amat baik.

kelanjutan model-B:
KALO suatu ketika Adam didapati cacat/cela
MAKA itu dikarenakan Adam TIDAK diciptakan sempurna melainkan amat baik.

KALO Adam diciptakan sempurna
MAKA impossible disuatu ketika Adam didapati cacat/cela.

saya ada di pov model-B.
gocap (kayaknya) juga ada di pov model-B.
Sementara sima (kayaknya) ada di pov model-A.

 :D
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)