Author Topic: Fokus Saat Ibadah  (Read 330 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 05, 2018, 12:47:24 AM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Denominasi: Protestan
Bagai mana cara fokus saat ibadah tepatnya saat pembritaan Firman Tuhan?,Saya anak Tuhan umur 20 tahun yang pada saat ibdah saya tidak fokus,pikiran saya lari kemana mana,tapi hanya pada pembritaan Firman Tuhan saja,pada saat penyembahan dan puji pujian saya sangat fokus meninggikan nama Tuhan,tetapi pda pembritaan firman saya hilang kendali misalnya main hp,ngntuk, atau menghayal dan sudah bbrap kali saya coba untuk fokus tetapi tidak bisa.

saya hanya fokus pada Firman Tuhan yang menarik saja,apakah itu egois? atau saya hanya fokus pada saat pembawa firmannya pendeta yang saya suka,apakah itu salah? bagaimana tanggakapn saudara sekalian
July 05, 2018, 07:53:12 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2228
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Judul trit: Fokus Saat Ibadah, @Yohanes Yosua tidak fokus saat ibadah, silahkan nilai sendiri apakah itu salah atau tidak.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
July 05, 2018, 10:56:53 AM
Reply #2
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 303
  • Denominasi: Katolik
Bagai mana cara fokus saat ibadah tepatnya saat pembritaan Firman Tuhan?,Saya anak Tuhan umur 20 tahun yang pada saat ibdah saya tidak fokus,pikiran saya lari kemana mana,tapi hanya pada pembritaan Firman Tuhan saja,pada saat penyembahan dan puji pujian saya sangat fokus meninggikan nama Tuhan,tetapi pda pembritaan firman saya hilang kendali misalnya main hp,ngntuk, atau menghayal dan sudah bbrap kali saya coba untuk fokus tetapi tidak bisa.

saya hanya fokus pada Firman Tuhan yang menarik saja,apakah itu egois? atau saya hanya fokus pada saat pembawa firmannya pendeta yang saya suka,apakah itu salah? bagaimana tanggakapn saudara sekalian
Anda harus mencintai Tuhan  dan mencintai firman-Nya yang tertulis dalam kitab suci terlebih dahulu supaya tetap fokus dan senang ketika mendengar Firman Tuhan. Cobalah menenangkan hati dan pikiran anda ketika hendak ke gereja dan ketika didalam gereja. Janganlah terpaksa ketika mau ke gereja atau ketika mendengar Firman Tuhan. Jadikanlah hal itu sebagai sesuatu yang menyenangkan. Dan kita tidak bisa memilah- milah Firman Tuhan, baik yang meyenangkan maupun yang tidak menyenangkan bagi kita karena semuanya itu untuk kebaikan kita sendiri sebab Tuhan mencintai kita semua.

Sebaiknya berdoa terlebih dahulu sebelum kebaktian supaya diberikan ketenangan dan ketulusan hati serta pikiran supaya dapat mendengarkan dan menerima Firman Tuhan dengan baik, HP sebaiknya dinonaktifkan saat ibadah.
Anda bisa aktif juga dalam diskusi, pendalaman alkitab di forum ini, dimana mau tidak mau anda harus membuka Kitab Suci sehingga terbiasa membaca dan mendengar Firman Tuhan. Sehingga Firman Tuhan dalam kitab suci bukan lagi kewajiban yang menjemukan melainkan suatu kebutuhan yang menyenangkan sekaligus menghibur. Karena Firman Tuhan adalah kebenaran dan hukum-Nya kebebasan. Demikianlah tulisan saya semoga membantu.
Semoga Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Amsal 17:22. Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Mazmur 119:160. Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya.

Filipi 2:1-3
2:1. Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan,
2:2 karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan,
2:3 dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;

Ibrani 10:22-25
10:22 Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.
10:23 Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia, yang menjanjikannya, setia.
10:24 Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.
10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
July 07, 2018, 10:33:24 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1710
Bagai mana cara fokus saat ibadah tepatnya saat pembritaan Firman Tuhan?,Saya anak Tuhan umur 20 tahun yang pada saat ibdah saya tidak fokus,pikiran saya lari kemana mana,tapi hanya pada pembritaan Firman Tuhan saja,pada saat penyembahan dan puji pujian saya sangat fokus meninggikan nama Tuhan,tetapi pda pembritaan firman saya hilang kendali misalnya main hp,ngntuk, atau menghayal dan sudah bbrap kali saya coba untuk fokus tetapi tidak bisa.

saya hanya fokus pada Firman Tuhan yang menarik saja,apakah itu egois? atau saya hanya fokus pada saat pembawa firmannya pendeta yang saya suka,apakah itu salah? bagaimana tanggakapn saudara sekalian

semua bermula dari diri sendiri. klo memang ada kemauan untuk mencintai Firman Tuhan pastinya tidak sulit untuk fokus pada pemberitaan Firman Tuhan (beda halnya klo anda ga punya kemauan). sama halnya klo orang ngga ingin jadi serupa dengan Kristus ya mau dikhotbahin / diceramahin Alkitab berkali-kali juga ga bakalan berubah deh (nempel terus sama keinginan daging). saya berani ngomong gini krn sudah 'makan garam' dengan beragam kepribadian manusia di lingkungan gereja.
July 11, 2018, 08:51:51 AM
Reply #4
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 340
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
tapi yg menarik adalah, menurut pengakuanmu kamu menikmati pujian dan penyembahan. Kamu cuma sulit fokus di Firman Tuhan. Mengingat usiamu 20, kurasa banyak orang seusia itu yg (maaf) masih suka yg 'enak2' hehe..

Menurut logika dan analisaku banyak faktor penyebab kmu susah fokus:
Otak.
Ya otak, sesuatu yg rumit biasanya 'malas' kita ikuti. Kalo bagimu kamu rasa kotbah itu rumit dimengerti maka cobalah berubah, mulailah 'bekerja ekstra' utk memahaminya. Nah begini, coba kamu bayangkan seperti ini. Kamu lagi bicara sama seseorang, nah kamu bisa fokus gak sama pembicaraannya? kalo kamu bisa maka aku rasa kamu juga seharusnya bisa fokus sama kotbah/ceramah, cuma kamu agak 'malas' mengarahkan otakmu aja utk fokus.

Apakah kamu autis? Kalau iya maka aku sulit mengatakan bahwa ini salahmu. Tapi kalo kamu normal, maka seharusnya kamu bisa fokus. Mungkin bagi orang yg jenius atau pintar bisa memahami kotbah dengan baik, kamu cuma perlu bekerja ekstra aja. Kamu harus mau mempelajari Firman Tuhan. Berusaha lah. bacalah Alkitab di rumah setiap hari.. (aku munafik sih, tapi aku juga baca loh alkitab walaupun kadang bolong2, kadang ada baca, kadang tidak)

Kemauan dan usaha utk menghargai/mencintai dan memahami Firman
Berusaha pahami alur cerita di Alkitab itu, berusaha pahami seperti mempelajari matematika, fisika, bahasa inggris dan lain-lain. Cintai kedalaman Firman Tuhan itu. Firman Tuhan itu sangat baik utk menuntun hidup kita. Kalau kemauan itu tidak ada memang susah lah. Jadi harus berusaha mencintai dan memahami, menghayati Firman. Jadi masalah terbesarmu bukan di otak tapi kurangnya menghargai Firman dan kurangnya kemauan.

Itu.... (menurutku).. okay? :)


-----
baiklah ini aku ada tips sih supaya kamu mau mulai mencintai Firman.
coba pahami bahwa kitab suci Kekristenan itu ibarat pelajaran matematika juga, ada awalnya. pahami segala sesuatu itu dimulai dari dosa. dan pahami bahwa karena Kasih Allah lah kita yg mau percaya Yesus diselamatkan.
pahami alur 'cerita' alkitab yaitu dimulai dari:
1. penciptaan dan masa awal --> adam hawa, dosa masuk ke dunia ini, kejahatan, banjir besar, bangsa2 terserak (babel) ke seluruh penjuru bumi,
2. masa para bapak leluhur: abraham, yakub, yusuf, musa, yosua. Yakub ini menjadi kakek moyang bangsa Israel (bangsa pilihan utk mendatangkan keselamatan)
3. masa para hakim memimpin bangsa Israel : Gideon, Simson dll.
4. masa para raja: Saul, Daud, Salomo
5. para nabi : Yeremia, Yoel, Yesaya dll
6. masa Tuhan Yesus
7. kisah para rasul
8. kitab2 (atau tulisan/surat) para rasul seperti Petrus, Paulus, Yohanes, Yakobus, Yudas. Ini berisi ajaran tentang diselamatkan oleh karena iman percaya, kasih karunia Tuhan, tentang ibadah, keluarga, persembahan dan beraneka tuntunan hidup utk orang percaya.
9. Wahyu kepada Yohanes, berisi nubuat akhir zaman.

kalo kmu uda mengerti garis besarnya maka harusnya bisa lebih mudah fokus dan lebih mau mendengarkan firman.
« Last Edit: July 11, 2018, 09:32:56 AM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
July 13, 2018, 05:53:49 PM
Reply #5
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 459
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
kalau saya karena ADHD, jadi tidak bisa konsentrasi. kadang parah, kadang masih bisa fokus. liat jemaat pake baju hitam putih, malah memikirkan "kenapa ya panda warnanya hitam putih?". dengar khotbah tentang Yesus menampakkan diri di pinggir danau tiberias, tiba2 ada ikan di atas perapian, jadi berpikir "bagaimana ya kira2 rasa masakan ikan Yesus?". dengar khotbah tentang bagaimana simson mengalahkan banyak orang filistin, malah membayangkan simson di game dynasty warrior.
coba ke psikiater atau mungkin cuma kurang tidur sehingga efeknya seperti ADHD.
July 14, 2018, 01:11:33 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1710
susah juga sih klo ibadah di gereja dengan mindset seseorang yg mau nonton konser musik (ingin cari hiburan buat diri sendiri), ga bakalan bisa dewasa rohani klo ga mau ngerubah mindsetnya.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)