Author Topic: Yesus adalah anak Allah, dan bahkan Allah sendiri dalam keterbatasan manusia  (Read 307 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 05, 2018, 01:56:59 PM
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 246
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Kita semua sudah terbiasa mendengar dan mengimani bahwa Yesus adalah anak Allah yang hidup.

Namun 2000 tahun yang lalu IDE bahwa Yesus Kristus adalah anak Allah tidak pernah diterima dan dianggap sebagai penghujatan bahkan jaman sekarangpun masih banyak orang yang beranggapan demikian.

Tentu saja 2000 tahun yang lalu ide bahwa seseorang adalah anak dari Allah adalah ide yang sangat ganjil, dan mendatangkan kemarahan, apalagi ide bahwa seseorang adalah perwujudan dari Allah sendiri amat sangat tidak bisa diterima, begitupun nalar kita jika kita hidup pada masa itu.

Ide bahwa Yesus adalah anak Allah pertama kali dikatakan malaikat Gabriel kepada Maria, kemungkinan dengan pertimbangan bahwa pada saat itu manusia belum siap menerima bahwa Tuhan bisa menjelma menjadi manusia.
Lukas 1:35. Jawab malaikat itu kepadanya: "ROH KUDUS akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, ANAK ALLAH.

ketika Yesus mengatakan bahwa Dia adalah Anak Allah dan juga yang telah ada sebelum Abraham, orang2 Yahudi marah karena tidak pernah mendengar tentang ide ini,
Yohanes 10:36. masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?

Padahal 2800 tahun yang lalu nabi Yesaya telah menyatakan bahwa Yesus adalah ANAK dan juga ALLAH dan juga BAPA yang kekal di Surga.

Yesaya 9-5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, ALLAH YANG PERKASA, BAPA yang Kekal, Raja Damai.

Tetapi 2000 tahun yang lalu sepertinya cukup sampai disitu saja, yakni bahwa Yesus adalah anak Allah yang hidup. Sebab orang2 belum siap menerima jika Yesus sebenarnya adalah Allah sendiri dalam keterbatasan manusia seperti kita semua, Ia menangis ketika Lazarus meninggal, Ia berdoa dengan ketakutan di Taman Gethsemani, Ia menjerit kesakitan dan berdoa kepada Allah di kayu salib, Ia menyerahkan nyawaNya kepada Tuhan sama seperti kala kita mati.

Air, uap dan es intinya adalah sama2 H20

Tuhan yang tidak kelihatan (spt uap) turun menjadi Yesus (wujud padat spt es), Yesus naik kesurga dan turun lagi sebagai ROH KUDUS yang dicurahkan kepada bangsa2 (spt air hujan)

Steven melihat Yesus berdiri disebelah kanan Allah, apakah Tuhan jadi ada dua ?
ROH KUDUS dicurahkan kepada bangsa2, apakah Tuhan jadi ada tiga ?

Kalau kita mengeluarkan es yang sangat dingin dari kulkas maka es itu akan tampak mengeluarkan uap, dan pada saat yang sama juga akan mencair, semua sama H20.

https://www.youtube.com/watch?v=8J3MS53HTg4&t=231s
« Last Edit: July 05, 2018, 03:07:31 PM by Ashes to Ashes »
July 05, 2018, 04:17:11 PM
Reply #1
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Ya, sesuai maksud dari tulisan di atas,
Yesus Kristus memang Anak Allah yang jauh di luar dugaan orang-orang pada masa itu.

Jika tulisan ini ada di bagian Renungan, maka menurut saya itu lebih tepat.
Krn tulisan ini ada di Pendalaman Alkitab, maka mungkin saya akan menulis sedikit tanggapan.

Quote
Tuhan yang tidak kelihatan (spt uap) turun menjadi Yesus (wujud padat spt es), Yesus naik kesurga dan turun lagi sebagai ROH KUDUS yang dicurahkan kepada bangsa2 (spt air hujan)


Maksud dari ilustrasi ini baik, ingin menyatakan Yesus Kristus sbg Allah dan Ia memang Allah,
Namun teknis ilustrasinya kurang pas utk menjelaskan una-substantia-tres-personae (satu hakikat tiga pribadi), krn ilustrasi spt ini rentan disalahpahami seolah Allah berganti-ganti peran saja.

Link berikut memberikan ilustrasi yg lebih mendekati.
http://forumkristen.com/index.php?topic=63340.msg1229966#msg1229966
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)