Author Topic: Proses pengampunan dosa: korban, pelaku, para Rasul dan Tuhan.  (Read 2216 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 06, 2018, 11:51:48 PM
Reply #20
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Denominasi: nonatrinitarian
  ayatnya mana ?

 ayatnya mana ?

Mat 6:14  Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.
Mat 6:15  Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

two stand = standar ganda =
1. anda punya hak untuk tidak atau mengampuni dengan ganjaran masing2
2. anda tidak  atau punya kewajiban mengampuni dengan ganjaran masing

salam.
July 06, 2018, 11:58:10 PM
Reply #21
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Denominasi: nonatrinitarian
Pertanyaan thread kayaknya tidak minta utk menyertakan ayat2 deh sbg pendukung jawaban yg akan diajukan.

Sekarang kita coba gini ya :
1. Pada kasus A :
apakah Tuhan 'tersakiti/merugi' melihat Ani dibegal dan dengan demikian punya hak utk mengampuni?

Whatever jawabannya - Ayatnya mana ?

apakah Tuhan pernah tersakiti, apakah Tuhan pernah menyesal?

coba perhatikan ayat ini:

1Sa 15:29  Lagi Sang Mulia dari Israel tidak berdusta dan Ia tidak tahu menyesal; sebab Ia bukan manusia yang harus menyesal."
 
ini bukti ayat bahwa opini anda keluar dari kebenaran.

salam.
July 07, 2018, 12:04:47 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12179
    • fossil coral cantik
4.2 Pengakuan dosa ini untuk orang yang sudah beragama Kristen.
Sepanjang saya baca2 kalimat di awal thread, kayaknya TS tidak (atau mungkin belum) ke perihal [si pesakitan mengaku bersalah], wiltu.

So... (imo) sikonnya (di awal thread) lebih mirip di kasus Ananias Safira.

Atau mungkin bisa juga kayak gini :
Rasul ngeliat pembunuhan.
Rasul mengampuni si pembunuh.


Udah gitu aja kayak ungu.
Kalimat2 di awal thread tidak ada mengajukan kondisi dimana :
si pembunuh asking forgiveness kepada Rasul - ataupun si pembunuh confess his sin kepada Rasul
.

Namun entah juga apakah maksudnya TS disitu ya ada selipan kondisi yg spt oranye di awal thread. Karena barulah belakangan di post selanjutnya revoltzer (TS) ngebawa bawa perihal "mengaku".
« Last Edit: July 07, 2018, 12:39:03 AM by odading »
July 07, 2018, 12:08:39 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12179
    • fossil coral cantik
apakah Tuhan pernah tersakiti, apakah Tuhan pernah menyesal?

coba perhatikan ayat ini:

1Sa 15:29  Lagi Sang Mulia dari Israel tidak berdusta dan Ia tidak tahu menyesal; sebab Ia bukan manusia yang harus menyesal."
Pertanyaannya ada 7, dunlut  :D

Lagian :
1. pertanyaannya bukan bold koook, melainkan MIRIP yg ungu, tapi BUKAN yg ungu.
2. Ayat yg dirimu ajukan itu diperihal : Tidak tidak berdusta dan Tuhan tidak tahu menyesal, sementara pertanyaannya kan :
mana itu ayat dari suatu jawaban atas pertanyaan :
Tuhan tersakiti ato kagak kalo orang yg sikonnya spt Ani di begal ?

Quote
ini bukti ayat bahwa opini anda keluar dari kebenaran.

makanya jawab dulu :Tuhan tersakiti ato kagak kalo orang yg sikonnya spt Ani di begal ?
Baru ajukan ayatnya yg menunjukkan whatever jawabanmu, dunlut.

Selanjutnya ...
jawab dulu : Tuhan tersakiti ato kagak kalo orang yg sikonnya spt Budi di begal ?
Baru ajukan ayatnya yg menunjukkan whatever jawabanmu, dunlut.

So... pada kasus si Ani, misal jawabanmu :
oh... Tuhan tidak tersakiti kalo ada orang yg sikonnya kayak si Ani di begal.

Selanjutnya dirimu mengajukan ayat diatas sbg pendukung jawabanmu tsb,
maka saya : whatever jawabanmu.... jawabanmu itu gak nyambung karena ayat tsb ngomongin perihal Tuhan tidak berdusta dan Tuhan tidak tahu menyesal - nggak ada itu ayat bawa bawa perihal "Tuhan tersakiti".

Kecualiii....

Quote
ini bukti ayat bahwa opini anda keluar dari kebenaran.

KECUALI, berdasarkan kalimat ayat coklat, dirimu berOPINI :
dgn demikian Tuhan tidak tersakiti thdp apapun yg terjadi pada para manusia ciptaannya.

Berangkat dari opini biru yang dirimu sendiri pikir tidak keluar dari kebenaran,
selanjutnya dirimu bikin lagi opini baru : dgn demikian ijo.

logic :
KARENA coklat
MAKA biru
KARENA biru
MAKA ijo

otomatis dirimu tereak :
KARENA opini biru gue nggak keluar dari kebenaran
MAKA opini ijo gue nggak keluar dari kebenaran


 :D
« Last Edit: July 07, 2018, 12:50:48 AM by odading »
July 07, 2018, 02:21:47 AM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12179
    • fossil coral cantik
Mat 6:14  Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.
Mat 6:15  Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."


1. apakah baik Ani dan Tuhan,
keduanya punya hak mengampuni (oda : mengampuni pihak yg melakukan kesalahan) ?

2. apakah baik Budi dan Tuhan,
keduanya punya hak mengampuni (oda : mengampuni pihak yg melakukan kesalahan) ?

So, itu yg duluan revoltzer ajukan.

Sementara ayatmu diatas lagi ngomongin perihal :
Tuhan mengampuni kesalahan orang yang mengampuni kesalahan orang


Selanjutnya barulah revoltzer ajukan:
3. apakah Tuhan 'tunduk' kepada para rasul dalam memutuskan itu dosa diampuni atau tidak (dalam artian, jika rasul berkata 'itu diampuni' maka segera Tuhan mengampuni, jika tidak maka dosa orang itu tetap) ?

So... ada perbedaan disitu.
Yang nomor-1 dan nomor-2 (yg saya tangkep) maksud revoltzer disitu :
manusia (laymen) mengampuni kesalahan (bukan deklarasi) - Tuhan mengampuni dosa

yang nomor-3, disinilah yang menjadi inti pertanyaan dia.
KALO Rasul mengampuni dosa dan KALO Tuhan mengampuni dosa, yang mana yang absolut ?

revoltzer punya pendpat :
Tuhan yang absolut.
Rasul men"deklarasi".


Ungu diatas keliatan dari pengajuan revoltzer sbb :
1. Mungkin aja Tuhan uda 'membisikkan/memberitahu segala sesuatu yg terjadi dan akan terjadi pada ananias safira' kepada Petrus
2. Dalam hal ini aku setuju dengan bang @rama noor, itu adalah proklamasi
3. menurut logikaku sejak dulu tidak pernah Tuhan kasih kemampuan mengampuni dosa kepada rasul sekalipun

July 07, 2018, 07:24:57 AM
Reply #25
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Denominasi: nonatrinitarian
Pertanyaannya ada 7, dunlut  :D

Lagian :
1. pertanyaannya bukan bold koook, melainkan MIRIP yg ungu, tapi BUKAN yg ungu.


pengertian sama saja Bro,

tersakiti, -salah satunya: menyesal.

salam
July 07, 2018, 07:33:52 AM
Reply #26
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Denominasi: nonatrinitarian
Pertanyaannya ada 7, dunlut  :D

2. Ayat yg dirimu ajukan itu diperihal : Tidak tidak berdusta dan Tuhan tidak tahu menyesal, sementara pertanyaannya kan :
mana itu ayat dari suatu jawaban atas pertanyaan :
Tuhan tersakiti ato kagak kalo orang yg sikonnya spt Ani di begal ?
 
makanya jawab dulu :Tuhan tersakiti ato kagak kalo orang yg sikonnya spt Ani di begal ?
Baru ajukan ayatnya yg menunjukkan whatever jawabanmu, dunlut.

Selanjutnya ...
jawab dulu : Tuhan tersakiti ato kagak kalo orang yg sikonnya spt Budi di begal ?
Baru ajukan ayatnya yg menunjukkan whatever jawabanmu, dunlut.


dari pernyataan anda di poin 1 saja sudah keliru Bro, kan sudah dikasih ayatnya bahwa Tuhan itu tidak bisa menyesal/tersakiti? kalau anda belum paham juga, mungkin 1 ayat lagi bisa membantu.

Jas 1:13  Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.

salam.
July 07, 2018, 07:35:22 AM
Reply #27
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Denominasi: nonatrinitarian
Tuhan tidak tersakiti/menyesal, karena Dia sempurna, Maha Tinggi.

salam.
July 07, 2018, 07:50:18 AM
Reply #28
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Denominasi: nonatrinitarian


1. apakah baik Ani dan Tuhan,
keduanya punya hak mengampuni (oda : mengampuni pihak yg melakukan kesalahan) ?

2. apakah baik Budi dan Tuhan,
keduanya punya hak mengampuni (oda : mengampuni pihak yg melakukan kesalahan) ?

So, itu yg duluan revoltzer ajukan.

coba simak kembali ayat yg sudah diposkan:

Joh 20:21  Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu."
Joh 20:22  Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah ROH KUDUS.
Joh 20:23  Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."

Yesus memberikan ROH KUDUS, lanjut berkuasa mengampunkan.

Sudah jelas ayat:

Jas 1:13  Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.

Kalau sudah jelas Tuhan Maha Tinggi, yang Sempurna tidak tersakiti maka tidak menyesal, kenapa anda masih saja bertanya terus?

salam.
July 07, 2018, 07:54:46 AM
Reply #29
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 130
  • Denominasi: nonatrinitarian
Yang mengampunkan dosa adalah Yesus dengan kuasa ROH KUDUS,  BUKAN Tuhan.

Joh 5:27  Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.

Mat 9:5  Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah?
Mat 9:6  Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" --lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:"Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

salam.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)