Author Topic: Permintaan maaf Paus Yohanes Paulus II atas sejarah kelam gereja Katolik  (Read 1803 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 15, 2018, 11:05:13 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
menurut saya sih wajar lah setiap Gereja merasa mereka paling benar
kalau tidak, untuk apa kita bergereja disana
logis aja lah

kalau ada yang merasa agamanya tidak paling benar, kenapa masih di anut
aneh sekali
tidak masuk logika saya
August 15, 2018, 11:08:56 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Justru elu itu yang pandangannya memasukkan manusia dalam kotak. Penuh kecurigaan menganggap kelompok yang satu membenci kelompok lain. Kemudian dengan licik memutar balik pendapat seseorang.

Forum ini adalah forum diskusi antar individual yang punya berbagai latar belakang kepercayaan. Elu menganggap seolah-olah forum ini adalah perang kebencian antar kelompok. Sungguh picik pikiran elu.

hahaha santai bro
coba mundur dulu
lalu baca lagi tulisan2 anda
posisikan diri anda sebagai katolik
lalu anda akan mengerti apa yang dimaksud hen2

ini saran pribadi tanpa niat untuk menjudge ya
August 15, 2018, 11:50:35 AM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Justru elu itu yang pandangannya memasukkan manusia dalam kotak. Penuh kecurigaan menganggap kelompok yang satu membenci kelompok lain. Kemudian dengan licik memutar balik pendapat seseorang.

buktikan saja broh

saya atau anda yang suka kotak2in
saya atau anda yang suka melintir2 pendapat orang

bukannya elu yang suka ngomong pake nama "Protestan" seolah2 semua Protestan setuju sama elu?

masih lupa apa sama pelintiran kamu itu yang bilang saya menyatakan untuk selamat harus berbuat?
masih lupa apa kamu memelintir pendapat Siip sampe bilang dia menyarankan pasif aja? (barusan terjadi ni loh)

lengkap buktinya ada, masa harus dicopas lg ksini

;D ;D ;D

sampe saat ini masih denial
koar2 tanpa bukti
wkwkwkwk

Forum ini adalah forum diskusi antar individual yang punya berbagai latar belakang kepercayaan. Elu menganggap seolah-olah forum ini adalah perang kebencian antar kelompok. Sungguh picik pikiran elu.

justru dengan adanya elu forum ini jadi ajang umbar kebencian
nyalah2in Katolik terus
kagak nyadar juga
udah banyak orang bilang elu tuhan, bilang elu suka strawman, masih gak nyadar2 juga

be** boleh
bebal jangan

;D ;D ;D

dan kalo diskusi itu yang runut
sadar gak kalo post u yang ini bukan menjawab apa yang saya postkan sebelumnya
malah merembet2 menjurus ke Ad Hominem?
ga nyadar juga?
ya uwis lah

;D ;D ;D

-----

back to topic :

jadi akui aja udah kalo Protestan belum ada permintaan maaf secara resmi kan? ga usah secara general, per denom ato per local church aja

elu bilang elu yakin Protestan memaafkan? yakin darimane elu? gw kalo liat post post elu malah tambah yakin Protestan belum memaafkan ;D ;D

kalo modelnya kayak elu yang cuma lip service bilang memaafkan tapi ngungkit2 kesalahan masa lalu Katolik terus menerus dan konsisten emangnya bisa disebut sudah memaafkan? instrospeksi diri u sendiri tong
(ini baru elu, belom si Rita kebaskan debu diitung, belom si replay JaMaSoEl yg sangat konsisten ituh)

dimana2 memaafkan itu melupakan yang lalu, membangun masa depan yang lebih baik lagi
bukannya nginget2in apa yang sudah terjadi dimasa lalu

begitu aja kagak tau masa ;D
« Last Edit: August 15, 2018, 12:24:00 PM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 15, 2018, 02:09:45 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
buktikan saja broh

saya atau anda yang suka kotak2in
saya atau anda yang suka melintir2 pendapat orang

bukannya elu yang suka ngomong pake nama "Protestan" seolah2 semua Protestan setuju sama elu?

masih lupa apa sama pelintiran kamu itu yang bilang saya menyatakan untuk selamat harus berbuat?
masih lupa apa kamu memelintir pendapat Siip sampe bilang dia menyarankan pasif aja? (barusan terjadi ni loh)

lengkap buktinya ada, masa harus dicopas lg ksini

;D ;D ;D

sampe saat ini masih denial
koar2 tanpa bukti
wkwkwkwk

justru dengan adanya elu forum ini jadi ajang umbar kebencian
nyalah2in Katolik terus
kagak nyadar juga
udah banyak orang bilang elu tuhan, bilang elu suka strawman, masih gak nyadar2 juga

be** boleh
bebal jangan

;D ;D ;D

dan kalo diskusi itu yang runut
sadar gak kalo post u yang ini bukan menjawab apa yang saya postkan sebelumnya
malah merembet2 menjurus ke Ad Hominem?
ga nyadar juga?
ya uwis lah

;D ;D ;D
Saya sering bilang, disini semua orang itu mewakili pendapat dirinya sendiri. Gak ada 'perwakilan resmi'.
Kalau disebut 'Protestan' atau 'Katolik' atau denomininasi seperti 'kharismatik', itu hanya untuk mempermudah sehingga kira-kira orang tahu pandangannya secara umum.

Saya menanyakan tentang 'selamat harus berbuat', itu dari pendapat elu yang kontradiksi. Elu bilang keselamatan bukan karena perbuatan, tapi kalau gak ada perbuatan gak bisa selamat. Silakan jelaskan hal ini, jangan cuma mewek-mewek terus bilang saya mlintir.

Mengenai pendapat Siip, sengaja saya katakan itu 'pasif'. Kemudian dia bilang bahwa dia tidak menulis begitu, lalu menyatakan setiap orang yang kalau masih hidup tidak mungkin pasif. Kemudian saya pertanyakan lagi, Jadi, kalau orang masih hidup pasti tidak pasif, kenapa harus dibilang lagi 'gak boleh pasif'? kayak yang elu saranin. Siipnya gak jawab.

Nah kalau elu mau bahas lebih lanjut silakan jawab. Bukan cuma mewek-mewek bilang saya salah mengartikan pendapat Siip.

Saya berusaha selalu membahas berdasarkan komentar yang disampaikan di sini. Bukan kayak elu yang asal njeplak nuduh seenaknya.
Seperti Sotar yang menulis, yang berwenang mengajar adalah hanya magisterium. Dengan demikian maka, logiknya adalah kita gak usah pelajari alkitab sendiri. Nurut aja seratus persen sama magisterium.

Diskusilah pakai logika. Jangan cuma asal njeplak mewek-mewek bilang Aleph nuduh katolik gak boleh baca alkitab.
Quote

back to topic :

jadi akui aja udah kalo Protestan belum ada permintaan maaf secara resmi kan? ga usah secara general, per denom ato per local church aja

elu bilang elu yakin Protestan memaafkan? yakin darimane elu? gw kalo liat post post elu malah tambah yakin Protestan belum memaafkan ;D ;D

kalo modelnya kayak elu yang cuma lip service bilang memaafkan tapi ngungkit2 kesalahan masa lalu Katolik terus menerus dan konsisten emangnya bisa disebut sudah memaafkan? instrospeksi diri u sendiri tong
(ini baru elu, belom si Rita kebaskan debu diitung, belom si replay JaMaSoEl yg sangat konsisten ituh)

dimana2 memaafkan itu melupakan yang lalu, membangun masa depan yang lebih baik lagi
bukannya nginget2in apa yang sudah terjadi dimasa lalu

begitu aja kagak tau masa ;D
Silahkan kasih bukti, apakah ada denom atau gereja yang masih menuntut agar katolik mendapat ganjaran karena perbuatan-perbuatan di masa lalu.
Elu doang yang penuh kebencian. Ada orang berbeda pendapat dengan katolik langsung dicap anti katolik. Dikasih istilah ABK.
Bahkan berita tentang Paus minta maaf aja dijadikan bahan untuk menuntut Protestan harus minta maaf juga dan mengeluarkan pernyataan resmi menerima permintaan maaf.

Gak sadar juga kalau elu adalah yang penuh kebencian?

Sekali lagi, diskusilah dengan jujur. Pelajari dan hindari logical fallacy. Jangan cuma asal njeplak Strawman dan ad hominem.
Kalau memang lagi bahas topik tentang inkusisi atau reformasi misalnya, ya dibahas peristiwanya secara jujur. Bukan lantas mewek-mewek bilangnya mengungkit-ungkit kesalahan.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
August 15, 2018, 05:32:19 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Justru elu itu yang pandangannya memasukkan manusia dalam kotak. Penuh kecurigaan menganggap kelompok yang satu membenci kelompok lain. Kemudian dengan licik memutar balik pendapat seseorang.

Forum ini adalah forum diskusi antar individual yang punya berbagai latar belakang kepercayaan. Elu menganggap seolah-olah forum ini adalah perang kebencian antar kelompok. Sungguh picik pikiran elu.
haha...

baca komen si aleph ini...


langsung terbayang suasana di suatu pasar malam...
ada pedagang permen nawarin permen ke anak kecil..

dia bilangnya: "nak.. om ini bukan jualan permen, om cuma menjelaskan bahwa permen ini yang paling cocok untuk anak yg lagi jalan-jalan di pasar malam.."
- "hati-hati ya nak dengan para penjual permen yang berusaha menawarkan permen ke kamu, permen mereka itu enggak enak semua, bikin kamu sakit perut"
- "tapi om enggak jualan permen lho yaaaa....... ini semua karena om peduli dan mengasihi semua anak-anak, supaya kamu tidak tertipu dapat permen yang enggak enak"

ahahahahahahaha....

brow..
gw kasih tahu ya..

elo kalo jadi salesman masih pake cara kaya gini...
udah basi mas...

ilmu salesmanship udah berkembang pesat..
sekarang jamannya emotional purchasing decision, dan influencial testimony..

elo masih pake jurus salesmanship jaman perang dunia kedua.. ahaha..
pantesan denom elo gurem terus..

ikut training salesmanship gih..
biar update ilmu..
ahahahah
August 15, 2018, 05:36:23 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Saya sering bilang, disini semua orang itu mewakili pendapat dirinya sendiri. Gak ada 'perwakilan resmi'.
Kalau disebut 'Protestan' atau 'Katolik' atau denomininasi seperti 'kharismatik', itu hanya untuk mempermudah sehingga kira-kira orang tahu pandangannya secara umum.

pretttttttt......

setelah jurus stereotyping mu enggak mempan..
sekarang elo malah ngeles.. ahahaha....

ingat mas..
semua yg elo tulis itu bisa dibaca jutaan readers..
dan readers itu manusia dewasa yg bisa mikir sehat dan runut.

jangan elo kira readers forum ini kualitasnya seperti hasil prospekan downline baru di gerejamu yang mempan kamu kadali pake jurus salesmanship jadul..

hahaha....
August 15, 2018, 11:09:34 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1542
  • Denominasi: Gak tau dah...
;D
tersinggung kah? saya harap sih tersinggung
wkwkwkkw
Tersinggung mah kagak. Cuma rada2 aneh dengernya. Pendapat sama dengan Aleph...

Saya dari Lutheran. Terus apa gereja saya 'seharusnya' minta maaf sama gereja Baptis?

Kayaknya aneh dah.

Lain soal misalin ada bukti2 kalo Nomensen dulu ngancemin dan gebukin saudara2 penganut Parmalim di tanah Batak. Mungkin gereja dapat meminta maaf.
August 16, 2018, 07:45:22 AM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Tersinggung mah kagak. Cuma rada2 aneh dengernya. Pendapat sama dengan Aleph...

Saya dari Lutheran. Terus apa gereja saya 'seharusnya' minta maaf sama gereja Baptis?

Kayaknya aneh dah.

Lain soal misalin ada bukti2 kalo Nomensen dulu ngancemin dan gebukin saudara2 penganut Parmalim di tanah Batak. Mungkin gereja dapat meminta maaf.

saya gak tahu ada apa antara gereja Lutheran dan Baptis :)
tapi kalo misalkan memang ada sesuatu, ya bukankah lebih baik rekonsiliasi, dalam rekonsiliasi itu tentunya ada permintaan maaf yang terucap

contoh aja lah yang terkini, bla juga tau kan ada 2 pendeta Protestan yang saling menyesatkan? Banyak tuh beredar di internet, si ST dan BA
masa iya yang kayak gitu aneh jika mereka saling minta maaf? bukannya malah harus ya? harusnya mereka rekonsiliasi juga tuh, anak Tuhan kok ga bawa damai

nah Protestan dan Katolik itu kan dari awalnya intinya saling menyesatkan :)
sejarah mencatatnya begitu gamblang

so pandangan saya harus gak minta maaf? ya seharusnya lah
minimal gini lah, keduanya berjalan ke arah persatuan, rekonsiliasi
dan percaya saya, dalam menuju kesana, pasti ada permintaan maaf terucap :)

minimal kalo gak minta maaf pun ya jangan menularkan kebencian lah begitu
hahaha
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 16, 2018, 07:57:54 AM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Saya menanyakan tentang 'selamat harus berbuat', itu dari pendapat elu yang kontradiksi. Elu bilang keselamatan bukan karena perbuatan, tapi kalau gak ada perbuatan gak bisa selamat. Silakan jelaskan hal ini, jangan cuma mewek-mewek terus bilang saya mlintir.

eh dul
elu gak nanya
tapi elu baca komen gw, terus langsung ngomong : "HenHen bilang keselamatan itu pake perbuatan"

sama aja kek di thread sebelah u bilang bgini

Om Siip sudah kasih saran untuk pasif aja...lemesin aja. Jangan ditahan-tahan...

kek gitu nanya?
itu elu strawman, jelas gak?
pale lu peyang nanya kek gitu modelnya ;D ;D ;D

dannnn sampe sekarang elu gak ada tuh rasa salahnya meskipun udah salah mengartikan juga
asle dah

Silahkan kasih bukti, apakah ada denom atau gereja yang masih menuntut agar katolik mendapat ganjaran karena perbuatan-perbuatan di masa lalu.

ga ada yang bilang begitu
ga usah pelintir2 pendapat orang
asli najis lu

gw bilang "ngungkit2 masa lalu"
emang ngungkit2 itu sama dengan menuntut biar dapet ganjaran?

belajar baca komen yang bener dulu, jangan plintat plintut kek bgt, baru gw ladenin lagi dah argumen kelas rendah lu

serius, najis tra la la
awal2 sih lucu, lama2 enek jg gw ;D ;D
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 16, 2018, 08:57:10 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
eh dul
elu gak nanya
tapi elu baca komen gw, terus langsung ngomong : "HenHen bilang keselamatan itu pake perbuatan"

sama aja kek di thread sebelah u bilang bgini

kek gitu nanya?
itu elu strawman, jelas gak?
pale lu peyang nanya kek gitu modelnya ;D ;D ;D

dannnn sampe sekarang elu gak ada tuh rasa salahnya meskipun udah salah mengartikan juga
asle dah

ga ada yang bilang begitu
ga usah pelintir2 pendapat orang
asli najis lu

gw bilang "ngungkit2 masa lalu"
emang ngungkit2 itu sama dengan menuntut biar dapet ganjaran?

belajar baca komen yang bener dulu, jangan plintat plintut kek bgt, baru gw ladenin lagi dah argumen kelas rendah lu

serius, najis tra la la
awal2 sih lucu, lama2 enek jg gw ;D ;D
Sudah mulai ngoceh kagak jelas.
Orang permasalahannya sudah saya jelasin.

Soal keselamatan karena perbuatan,
Silakan jelasin kontradiksi ini "keselamatan bukan karena perbuatan, tapi kalau gak ada perbuatan gak bisa selamat."

Soal Pasif, silakan jelasin kenapa harus dibilang "gak boleh pasif", kalau kenyataannya orang masih hidup pasti tidak akan tidak pasif.

Soal permintaan maaf Paus,
Elu dengan gebleknya pake hal yang baik ini untuk condemn orang lain. Meng-condemn orang itu kerjaan iblis. Gebleknya lagi elu bangga bisa condemn orang lain. Jelas sekali keliatan kebusukan elu.

Silakan jawab. Bukan cuma mewek-mewek gak jelas.


If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)