Author Topic: Permintaan maaf Paus Yohanes Paulus II atas sejarah kelam gereja Katolik  (Read 2278 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 16, 2018, 10:10:35 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10529
Sudah mulai ngoceh kagak jelas.
Orang permasalahannya sudah saya jelasin.

Soal keselamatan karena perbuatan,
Silakan jelasin kontradiksi ini "keselamatan bukan karena perbuatan, tapi kalau gak ada perbuatan gak bisa selamat."
lho kok balik ke sini lagi..
ahahaha....

apa berarti mas aleph menganggap "ORANG yang IMANNYA MATI ATAU PALSU itu Tetep bisa selamat" ?

wow.... ini firman baru ya?
ahahaha....

Quote
Soal permintaan maaf Paus,
Elu dengan gebleknya pake hal yang baik ini untuk condemn orang lain. Meng-condemn orang itu kerjaan iblis. Gebleknya lagi elu bangga bisa condemn orang lain. Jelas sekali keliatan kebusukan elu.

Silakan jawab. Bukan cuma mewek-mewek gak jelas.
haha...
respons elo kok kayak maling ketahuan nyolong sih wkwkw....

ngerasa yaaa....
August 16, 2018, 10:23:18 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Dang, lanjutin dang
sy udah males
dijelasin juga ujung2nya strawman lagi ;D
me out
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 16, 2018, 10:41:07 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12160
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
lu berdua sama aja, cuma bisa mewek-mewek tapi kopong.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
August 16, 2018, 12:06:52 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1397
Saya sering bilang, disini semua orang itu mewakili pendapat dirinya sendiri. Gak ada 'perwakilan resmi'.
Kalau disebut 'Protestan' atau 'Katolik' atau denomininasi seperti 'kharismatik', itu hanya untuk mempermudah sehingga kira-kira orang tahu pandangannya secara umum.

Saya menanyakan tentang 'selamat harus berbuat', itu dari pendapat elu yang kontradiksi. Elu bilang keselamatan bukan karena perbuatan, tapi kalau gak ada perbuatan gak bisa selamat. Silakan jelaskan hal ini, jangan cuma mewek-mewek terus bilang saya mlintir.

Mengenai pendapat Siip, sengaja saya katakan itu 'pasif'. Kemudian dia bilang bahwa dia tidak menulis begitu, lalu menyatakan setiap orang yang kalau masih hidup tidak mungkin pasif. Kemudian saya pertanyakan lagi, Jadi, kalau orang masih hidup pasti tidak pasif, kenapa harus dibilang lagi 'gak boleh pasif'? kayak yang elu saranin. Siipnya gak jawab.

Nah kalau elu mau bahas lebih lanjut silakan jawab. Bukan cuma mewek-mewek bilang saya salah mengartikan pendapat Siip.

Saya berusaha selalu membahas berdasarkan komentar yang disampaikan di sini. Bukan kayak elu yang asal njeplak nuduh seenaknya.
Seperti Sotar yang menulis, yang berwenang mengajar adalah hanya magisterium. Dengan demikian maka, logiknya adalah kita gak usah pelajari alkitab sendiri. Nurut aja seratus persen sama magisterium.

Diskusilah pakai logika. Jangan cuma asal njeplak mewek-mewek bilang Aleph nuduh katolik gak boleh baca alkitab.Silahkan kasih bukti, apakah ada denom atau gereja yang masih menuntut agar katolik mendapat ganjaran karena perbuatan-perbuatan di masa lalu.
Elu doang yang penuh kebencian. Ada orang berbeda pendapat dengan katolik langsung dicap anti katolik. Dikasih istilah ABK.
Bahkan berita tentang Paus minta maaf aja dijadikan bahan untuk menuntut Protestan harus minta maaf juga dan mengeluarkan pernyataan resmi menerima permintaan maaf.

Gak sadar juga kalau elu adalah yang penuh kebencian?

Sekali lagi, diskusilah dengan jujur. Pelajari dan hindari logical fallacy. Jangan cuma asal njeplak Strawman dan ad hominem.
Kalau memang lagi bahas topik tentang inkusisi atau reformasi misalnya, ya dibahas peristiwanya secara jujur. Bukan lantas mewek-mewek bilangnya mengungkit-ungkit kesalahan.
Dari kalimat Sinis Bro : Nurut aja seratus persen Magisterium...menunjukkan kualitas wawasan logika Bro...Memang kita Katolik nurut kok sama Magisterium karena Magisterium berpatokan pada Alkitab(tidak boleh bertentangan)....Tapi karena Bro ga ngerti rumus" dalam ilmu logika jadi bisa salah mengambil kesimpulan...Kliatan Bro suka salah dalam memilih Premis Mayornya...sehingga sering mengambil kesimpulan yang salah, karena Premis mayornya suka Bro karang sendiri sesuka hati...jadi Kesimpulannya otomatis juga hanya karangan Bro sendiri....Mudah"an Bro bisa paham tentang Ilmu Logika...

Nih saya kasih salah satu contoh konkritnya..Premis Mayor ngarang sendiri, kesimpulan otomatis ngarang juga :
Biasanya jenis unggas berkaki 4 (P. Mayor)
ayam termasuk jenis unggas (P. Minor)
jadi biasanya ayam berkaki empat (Kesimpulan)
Secara rumus Logika Valid khan Bro...kenyataannya gimana bro ?


Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
August 16, 2018, 12:23:10 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10529
Dang, lanjutin dang
sy udah males
dijelasin juga ujung2nya strawman lagi ;D
me out

sori mas...

gw lagi sibuk nungguin 3gp di sebelah...

hahaha....
August 16, 2018, 12:28:11 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
wah, bang ronny_het berani2nya begitu dang
mungkin belom ngerasain strawmannya Aleph tuh

;D ;D ;D
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 16, 2018, 12:34:14 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4571
aduh bang ronny bahas unggas berkaki empat wkwkwk
 ;D ;D ;D
August 16, 2018, 01:10:40 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1775
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Dari kalimat Sinis Bro : Nurut aja seratus persen Magisterium...menunjukkan kualitas wawasan logika Bro...Memang kita Katolik nurut kok sama Magisterium karena Magisterium berpatokan pada Alkitab(tidak boleh bertentangan)....Tapi karena Bro ga ngerti rumus" dalam ilmu logika jadi bisa salah mengambil kesimpulan...Kliatan Bro suka salah dalam memilih Premis Mayornya...sehingga sering mengambil kesimpulan yang salah, karena Premis mayornya suka Bro karang sendiri sesuka hati...jadi Kesimpulannya otomatis juga hanya karangan Bro sendiri....Mudah"an Bro bisa paham tentang Ilmu Logika...

:afro:

Logika adalah bidang pengetahuan yang memperlajari segenap asas, aturan, dan tata cara penalaran yang betul (correct reasoning).

inilah yg disebut oleh Rhenald Kasali tentang pentingnya kompetensi dlm diskusi ILC

Rocky Gerung salah satu contoh yg bicara tdk sesuai kompetensi, karena berani bicara banyak ttg sesuatu yg sebenarnya tdk dimengertinya.

sama halnya dgn forum ini,
Org belum ngerti ttg logika, sdh berani menafsir nats Alkitab

aya.. aya ae


Quote from:  
Nih saya kasih salah satu contoh konkritnya..Premis Mayor ngarang sendiri, kesimpulan otomatis ngarang juga :
Biasanya jenis unggas berkaki 4 (P. Mayor)
ayam termasuk jenis unggas (P. Minor)
jadi biasanya ayam berkaki empat (Kesimpulan)
Secara rumus Logika Valid khan Bro...kenyataannya gimana bro ?


Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...

contoh yg bro buat masih mudah dideteksi letak kesalahannya, karena alurnya masih benar,

yg lebih parah lagi adalah org yg tdk tau rumus / alur logikanya, shg org tdk mudah utk mengetahui letak kesalahannya.
 
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
August 16, 2018, 01:37:30 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
http://forumkristen.com/index.php?topic=63579.10

Siip : (nulis panjang lebar, detil, dan cantik)

Aleph : Om Siip sudah kasih saran untuk pasif aja...lemesin aja. Jangan ditahan-tahan...

Siip : Mana ada tulisan soal 'pasif'????
Melemaskan itu bukan pasivitas lhoooo.
Tidak menahan itu jg bukan pasivitas.
Manusia itu pasif tubuhnya kl udh meninggal dunia.

Aleph : oh, berarti manusia hidup gak mungkin pasif ya...
Jadi nasehat 'gak boleh pasif' itu oxymoron ya? Kan asal orang idup pasti gak pasif...

logika super
dia yang melabeli Siip ngasih saran untuk pasif aja
dia juga yang melabeli orang yang ngasih saran demikian = oxymoron
jadi ujung2nya menurut dia Siip itu oxymoron? ;D ;D ;D

wkwkwkwkwkwwk
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 16, 2018, 01:39:50 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1542
  • Denominasi: Gak tau dah...
saya gak tahu ada apa antara gereja Lutheran dan Baptis :)
tapi kalo misalkan memang ada sesuatu, ya bukankah lebih baik rekonsiliasi, dalam rekonsiliasi itu tentunya ada permintaan maaf yang terucap

contoh aja lah yang terkini, bla juga tau kan ada 2 pendeta Protestan yang saling menyesatkan? Banyak tuh beredar di internet, si ST dan BA
masa iya yang kayak gitu aneh jika mereka saling minta maaf? bukannya malah harus ya? harusnya mereka rekonsiliasi juga tuh, anak Tuhan kok ga bawa damai
Bukan Hen, ini kan kaitannya dengan permintaan maaf Paus, mengenai ulah2 oknum ratusan tahun lampau.

Henhen kasih komen, kapan Protestan minta maaf. Ya saya rada2 gimana bacanya.

Saya kasih contoh. Dulu kan sama2 tau, orang2 Lutheran ngejerin orang2 Anabaptis.

Terus apa sekarang HKBP seharusnya minta maaf sama Gereja Baptis Indonesia?

Contoh lagi.
Apa Indonesia seharusnya minta maaf sama Timor Leste? Bisa saja toh.

Cuma apa Indonesia seharusnya minta maaf juga sama Filipin akibat ekspansi Majapahit jaman doeloe?

Gak taulah...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)