Author Topic: Permintaan maaf Paus Yohanes Paulus II atas sejarah kelam gereja Katolik  (Read 2280 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 16, 2018, 01:49:56 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Bukan Hen, ini kan kaitannya dengan permintaan maaf Paus, mengenai ulah2 oknum ratusan tahun lampau.

Henhen kasih komen, kapan Protestan minta maaf. Ya saya rada2 gimana bacanya.

Saya kasih contoh. Dulu kan sama2 tau, orang2 Lutheran ngejerin orang2 Anabaptis.

Terus apa sekarang HKBP seharusnya minta maaf sama Gereja Baptis Indonesia?

ngejerin tu ngapain? untuk dibunuh?
kalo emang pernah bunuh2an ya hemat saya mah harusnya minta maaf

kecuali kalo anda bersikap ya udah yang lalu biar terjadi, dan kita gak perlu lakukan apapun untuk kedepannya :)

ketika anda ingin memperbaiki suatu hubungan yang karena ada kesalahan di masa lalu, bahasa saya rekonsiliasi, anda pasti akan memulainya dengan minta maaf :)

Contoh lagi.
Apa Indonesia seharusnya minta maaf sama Timor Leste? Bisa saja toh.

Cuma apa Indonesia seharusnya minta maaf juga sama Filipin akibat ekspansi Majapahit jaman doeloe?

Gak taulah...

why not toh broh?
meskipun sebenarnya contoh yang anda kasih ini ga pas2 amat sm yang saya maksudkan

Belanda kan minta maaf terhadap apa yang dilakukannya terhadap Indonesia

https://www.bbc.com/news/world-asia-24060913

Jepang juga minta maaf kok atas "kejahatan perang" yang mereka lakukan

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_war_apology_statements_issued_by_Japan

diluar gereja aja kek gitu broh
masa di gereja kita maen musuh2an, maen cuek2an
yang sebelah sana minta maaf, yang sebelah sini bodo amat ahhhh
anak Tuhan kan bawa damai seharusnya

:)
« Last Edit: August 16, 2018, 01:55:16 PM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 16, 2018, 01:53:29 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12160
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Dari kalimat Sinis Bro : Nurut aja seratus persen Magisterium...menunjukkan kualitas wawasan logika Bro...Memang kita Katolik nurut kok sama Magisterium karena Magisterium berpatokan pada Alkitab(tidak boleh bertentangan)....Tapi karena Bro ga ngerti rumus" dalam ilmu logika jadi bisa salah mengambil kesimpulan...Kliatan Bro suka salah dalam memilih Premis Mayornya...sehingga sering mengambil kesimpulan yang salah, karena Premis mayornya suka Bro karang sendiri sesuka hati...jadi Kesimpulannya otomatis juga hanya karangan Bro sendiri....Mudah"an Bro bisa paham tentang Ilmu Logika...

Nih saya kasih salah satu contoh konkritnya..Premis Mayor ngarang sendiri, kesimpulan otomatis ngarang juga :
Biasanya jenis unggas berkaki 4 (P. Mayor)
ayam termasuk jenis unggas (P. Minor)
jadi biasanya ayam berkaki empat (Kesimpulan)
Secara rumus Logika Valid khan Bro...kenyataannya gimana bro ?


Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Saya melihat katolik sekarang, tidak berpatokan bahwa magisterium adalah satu-satunya yang sudah pasti benar dalam menafsir alkitab. Ini keliatan jelas dengan pengakuan katolik atas adanya kebenaran di dalam gereja protestan, meskipun ada perbedaan penafsiran.

Tapi kalau ada katolik-katolik disini yang masih stuck di masa lalu, kemudian ngotot bahwa yang berwenang menafsir alkitab itu cuma magisterium dan penafsir lainnya itu abal-abal....ya silakan.

Dengan berdasarkan logika ini, maka gak salah kan, kalau saya bilang, silakan aja ikutin magisterium seratus persen.

Lalu kemudian pikir pakai logika, kalau anda mau mengikuti ajaran ini, pikirkanlah apa dasar sesungguhnya yang anda pakai?
Apakah:
1. Alkitab yang bisa anda baca dan tafsir sendiri tapi bisa menimbulkan tafsiran berbeda dengan magisterium

ATAU

2. Tafsiran magisterium atas alkitab, yang kalau anda baca sendiri, tidak mungkin ada penafsiran berbeda.

Coba pikir pake logika ya...

Dan jangan lupa, kalau melihat sejarah, ada lho tafsiran magisterium yang ternyata keliru.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
August 16, 2018, 01:57:13 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12160
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
http://forumkristen.com/index.php?topic=63579.10

Siip : (nulis panjang lebar, detil, dan cantik)

Aleph : Om Siip sudah kasih saran untuk pasif aja...lemesin aja. Jangan ditahan-tahan...

Siip : Mana ada tulisan soal 'pasif'????
Melemaskan itu bukan pasivitas lhoooo.
Tidak menahan itu jg bukan pasivitas.
Manusia itu pasif tubuhnya kl udh meninggal dunia.

Aleph : oh, berarti manusia hidup gak mungkin pasif ya...
Jadi nasehat 'gak boleh pasif' itu oxymoron ya? Kan asal orang idup pasti gak pasif...

logika super
dia yang melabeli Siip ngasih saran untuk pasif aja
dia juga yang melabeli orang yang ngasih saran demikian = oxymoron
jadi ujung2nya menurut dia Siip itu oxymoron? ;D ;D ;D

wkwkwkwkwkwwk

Jadi intinya elu pamer kegoblogan ya.

kalau orang idup itu pasti tidak pasif, kenapa harus dikasih nasehat gak boleh pasif lagi?
Itu pertanyaannya. Elu kagak ngerti ya?

Dan yang menasehatkan untuk gak pasif itu elu. Pake dilempar ke Siip lagi.

berbuah itu tinggal di dalam Dia, dan itu artinya tidak pasif menunggu saja

If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
August 16, 2018, 02:04:13 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
cuma quote aja biar nyadar

Om Siip sudah kasih saran untuk pasif aja...lemesin aja. Jangan ditahan-tahan...

bearti HenHen dan Siip oxymoron

;D ;D
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 16, 2018, 02:28:16 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12160
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
cuma quote aja biar nyadar

bearti HenHen dan Siip oxymoron

;D ;D
Lha itu memang pertanyaan saya. Orang idup sudah pasti gak pasif kok masih disuruh gak pasif?

Masih gak ngerti?
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
August 16, 2018, 03:36:20 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 801
  • Gender: Male
  • Denominasi: pro-testan
Bukan Hen, ini kan kaitannya dengan permintaan maaf Paus, mengenai ulah2 oknum ratusan tahun lampau.

Henhen kasih komen, kapan Protestan minta maaf. Ya saya rada2 gimana bacanya.

Saya kasih contoh. Dulu kan sama2 tau, orang2 Lutheran ngejerin orang2 Anabaptis.

Terus apa sekarang HKBP seharusnya minta maaf sama Gereja Baptis Indonesia?

Contoh lagi.
Apa Indonesia seharusnya minta maaf sama Timor Leste? Bisa saja toh.

Cuma apa Indonesia seharusnya minta maaf juga sama Filipin akibat ekspansi Majapahit jaman doeloe?

Gak taulah...

Bro kalau anabaptis itu kan menoneit ..bukan baptis lho.
di Indonesia masuk ke GKMI ( Gereja Kristen Muria Indonesia).

"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.  "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
August 16, 2018, 04:39:54 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10529
Lalu kemudian pikir pakai logika, kalau anda mau mengikuti ajaran ini, pikirkanlah apa dasar sesungguhnya yang anda pakai?
Apakah:
1. Alkitab yang bisa anda baca dan tafsir sendiri tapi bisa menimbulkan tafsiran berbeda dengan magisterium

ATAU

2. Tafsiran magisterium atas alkitab, yang kalau anda baca sendiri, tidak mungkin ada penafsiran berbeda.

Coba pikir pake logika ya...

Dan jangan lupa, kalau melihat sejarah, ada lho tafsiran magisterium yang ternyata keliru.

ya dua-duanya dong..
gimana sih..

karena kitaa ini kan manusia (eh.. at least gw... gak tahu kalo elo.. wkwk).

supaya gampang elo cerna, kkita pake contoh elo aja deh..

1. Walaupun Aleph berusaha untuk mengikuti 100% Tafsiran Pendetong aleph atas alkitab...
2. tapi karena aleph inevitably pasti menafsir sendiri alkitab krn baca sendiri, maka bakal ada tafsiran aleph yang berbeda dengan tafsiran pendetong-nya...


nah, sekarang mestinya elo juga nanya pertanyaan itu ke dirimu sendiri:
"Lalu kemudian pikir pakai logika, kalau anda mau mengikuti ajaran ini, pikirkanlah apa dasar sesungguhnya yang anda pakai?"
August 16, 2018, 05:20:19 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1542
  • Denominasi: Gak tau dah...
kecuali kalo anda bersikap ya udah yang lalu biar terjadi, dan kita gak perlu lakukan apapun untuk kedepannya :)

ketika anda ingin memperbaiki suatu hubungan yang karena ada kesalahan di masa lalu, bahasa saya rekonsiliasi, anda pasti akan memulainya dengan minta maaf :)

why not toh broh?
meskipun sebenarnya contoh yang anda kasih ini ga pas2 amat sm yang saya maksudkan
Institusinya dah beda loh Hen. Jangan2 dah ketuleran virus juga nih. Masa gak nyambung?

Khatolik minta maaf atas perlakuan oknum di masa lampau.

Henhen keluarin pendapat, kapan Protestan?

Yg bisa minta maaf atas nama Protestan itu siapa?

Saya kasih contoh. Apa HKBP harus minta maaf kepada Gereja Baptis Indonesia?

HKBP mewakili Lutheran di Jerman ratusan tahun lampau. Gereja Baptis Indonesia mewakili kaum Ana Baptis ratusan tahun lampau.

Gitu?

Gimana mau minta maaf. Lah wong hubungannya baek2 aja kok di Indonesia.

Atau saya contoh lain.

Siapa itu salah satu bapak gerakan kharismatik, kulit putih, dan pro ku klux klan. Terus apa gerejamu harus minta maaf sama orang2 African Amerika?

Mengenai Paus meminta maaf, ya itu sebanding dengan Jepang atau Belanda minta maaf. Dan sebanding juga 'jika' Indonesia minta maaf ke Timor Leste.

Cuma balik lagi, apa Indonesia harus minta maaf sama Filipin atas gawenya Majapahit dulu?
August 16, 2018, 05:27:23 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1542
  • Denominasi: Gak tau dah...
Nyambung...

Lain lagi halnya dengan ini. Misalin satu gereja di Indonesia menyatakan kalo Khatolik itu sesat, dan penyembahan yang Khatolik lakukan bukan tertuju ke Yesus, tapi ke iblis. Inilah doktrin resmi di gereja tersebut.

Suatu waktu gereja tersebut sadar. Lalu merubah doktrinnya. Apa gereja tersebut seharusnya dan seyogyanya minta maaf?

Ya, logikanya 'masih' dapat minta maaf. Permintaan maaf atas doktrinnya, bukan atas inkuisisi di zaman dahulu. Wong gereja itu aja belum lahir kok waktu ada inkuisisi dari pihak Protestan...
August 16, 2018, 05:46:57 PM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Institusinya dah beda loh Hen. Jangan2 dah ketuleran virus juga nih. Masa gak nyambung?

tadinya kan sama broh, mereka itu satu loh :)

sama aja
Belanda sama Indo juga dua negara yang berbeda, dari sejak awalnya lagi
minta maaf tuh, itikadnya baik kan

Khatolik minta maaf atas perlakuan oknum di masa lampau.

Henhen keluarin pendapat, kapan Protestan?

Yg bisa minta maaf atas nama Protestan itu siapa?

lha kan saya udah bilang
ga perlu lebay atas nama semua Protestan
buat local churchnya aja why not? kalau emang itu baik untuk dilakukan kan?

Saya kasih contoh. Apa HKBP harus minta maaf kepada Gereja Baptis Indonesia?

HKBP mewakili Lutheran di Jerman ratusan tahun lampau. Gereja Baptis Indonesia mewakili kaum Ana Baptis ratusan tahun lampau.

Gitu?

Gimana mau minta maaf. Lah wong hubungannya baek2 aja kok di Indonesia.

lah emangnya waktu Paus minta maaf itu hubungan Katolik dan Protestan di dunia lagi berdarah-darah?
kenapa hal itu jadi patokan itu yang sy ga ngerti jg
jadi tar tunggu perang berdarah2 lagi barulah boleh minta maaf maksudnya?
malah ini sy bilang aneh

Atau saya contoh lain.

Siapa itu salah satu bapak gerakan kharismatik, kulit putih, dan pro ku klux klan. Terus apa gerejamu harus minta maaf sama orang2 African Amerika?

Bapak gereja Kharismatik itu William Seymour
sy ga tau apakah dia pernah membantai orang kulit hitam

tapi kalo emang pernah, menurut hemat saya, harusnya iya
minimal mengeluarkan itikad baik demi kedamaian broh

orang2 Amerika aja ada minta maaf atas perbudakan kulit hitam yang mereka lakukan kan

Mengenai Paus meminta maaf, ya itu sebanding dengan Jepang atau Belanda minta maaf. Dan sebanding juga 'jika' Indonesia minta maaf ke Timor Leste.

Cuma balik lagi, apa Indonesia harus minta maaf sama Filipin atas gawenya Majapahit dulu?

Paus minta maaf atas nama Katolik broh
bukan atas nama Vatican :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)