Author Topic: Mengapa kita perlu memberikan persepuluhan kepada Tuhan?  (Read 869 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 18, 2018, 12:12:45 PM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 480
  • Denominasi: Protestan
http://www.gracedepth.com/mengapa-kita-perlu-memberi-persepuluhan-kepada-tuhan/

Mengapa kita harus memberi persepuluhan kepada Tuhan? Banyak orang Kristen yang hingga hari ini menolak untuk memberikan persepuluhan ke gereja karena merasa gereja hanya mencoba untuk mengambil uang mereka. Namun sesungguhnya, yang menginginkan uangmu bukanlah gereja, melainkan Tuhan. Bukan gereja lah yang membuat peraturan persepuluhan, melainkan Tuhan. Tetapi mengapa Tuhan meminta pengikut-pengikut-Nya untuk memberikan persepuluhan? Bukankah Tuhan sebenarnya tidak memerlukan uang kita sama sekali?

Sebenarnya, yang Tuhan inginkan bukanlah uangmu, melainkan hatimu. “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada” (Matius 6:21). Memberikan persepuluhan ke gereja merupakan tindakan yang melambangkan kamu percaya bahwa apa yang kamu dapatkan berasal dari Tuhan, dan kamu percaya bahwa kamu akan tetap memiliki cukup bahkan jika kamu memberi sepersepuluh dari yang kamu miliki.

Saya sering sekali mendengar orang-orang Kristen yang mengatakan, “Saat ini penghasilan saya belum terlalu besar, jadi sulit untuk memberikan persepuluhan. Tunggu penghasilan saya sudah lumayan cukup, baru saya akan memberikan persepuluhan.” Sesungguhnya, jika kamu menolak untuk memberikan persepuluhan ketika kamu hanya memiliki sedikit, kamu juga akan menolak untuk memberikan persepuluhan ketika kamu memiliki banyak. Kerelaanmu untuk memberi seharusnya meningkat bersamaan dengan meningkatnya kapasitasmu untuk memberi. Jika kamu tidak rela memberikan persepuluhan dalam jumlah sedikit ketika kamu hanya memiliki sedikit, kamu pastinya juga tidak akan rela memberikan persepuluhan dalam jumlah banyak ketika kamu memiliki banyak.

Ada seorang bapa-bapa kaya yang pernah mengatakan kepada Pastor Steven Furtick, “Saya tidak dapat memberikan persepuluhan. Kamu tidak mengerti, penghasilan saya sangat amat besar. Jika saya memberikan sepersepuluh dari penghasilan saya, itu jumlahnya sangatlah besar. Saya seperti memberikan sebuah mobil setiap bulannya. Sangat tidak mungkin bukan?”

Pastor Steven lalu membalas, “Oke jika begitu mari kita berdoa.”

Bapa-bapa kaya itu menjadi kebingungan, “Berdoa untuk apa?”

Dimana Pastor Steven memberikan jawaban yang sangat bijak namun juga sangat lucu, “Mari kita berdoa agar Tuhan menurunkan penghasilanmu ke level yang menurutmu sepersepuluhnya masuk akal untuk kamu berikan kepada-Nya.”

Teman-teman, kerelaan memberikan persepuluhan tidaklah ditentukan dari seberapa penghasilanmu, melainkan dari seberapa kerelaan hatimu. Tuhan meminta sepersepuluh dari uangmu bukan karena Dia memerlukan uangmu, tetapi untuk mengetahui isi hatimu. Apakah kamu lebih mengasihi uangmu atau diri-Nya?

Baca selengkapnya di:
http://www.gracedepth.com/mengapa-kita-perlu-memberi-persepuluhan-kepada-tuhan/

Add line atau instagram kami untuk mendapatkan notifikasi update renungan terbaru dari website kami.
Official Line: @pkx3578b (pakai @)
Instagram: @gracedepth
Instagram penulis: @revyhalim

Semoga renungan-renungan kami bisa menjadi berkat.God Bless! :D
July 20, 2018, 05:19:21 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
http://www.gracedepth.com/mengapa-kita-perlu-memberi-persepuluhan-kepada-tuhan/

Mengapa kita harus memberi persepuluhan kepada Tuhan? Banyak orang Kristen yang hingga hari ini menolak untuk memberikan persepuluhan ke gereja karena merasa gereja hanya mencoba untuk mengambil uang mereka. Namun sesungguhnya, yang menginginkan uangmu bukanlah gereja, melainkan Tuhan. Bukan gereja lah yang membuat peraturan persepuluhan, melainkan Tuhan. Tetapi mengapa Tuhan meminta pengikut-pengikut-Nya untuk memberikan persepuluhan? Bukankah Tuhan sebenarnya tidak memerlukan uang kita sama sekali?

Sebenarnya, yang Tuhan inginkan bukanlah uangmu, melainkan hatimu. “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada” (Matius 6:21). Memberikan persepuluhan ke gereja merupakan tindakan yang melambangkan kamu percaya bahwa apa yang kamu dapatkan berasal dari Tuhan, dan kamu percaya bahwa kamu akan tetap memiliki cukup bahkan jika kamu memberi sepersepuluh dari yang kamu miliki.

Saya sering sekali mendengar orang-orang Kristen yang mengatakan, “Saat ini penghasilan saya belum terlalu besar, jadi sulit untuk memberikan persepuluhan. Tunggu penghasilan saya sudah lumayan cukup, baru saya akan memberikan persepuluhan.” Sesungguhnya, jika kamu menolak untuk memberikan persepuluhan ketika kamu hanya memiliki sedikit, kamu juga akan menolak untuk memberikan persepuluhan ketika kamu memiliki banyak. Kerelaanmu untuk memberi seharusnya meningkat bersamaan dengan meningkatnya kapasitasmu untuk memberi. Jika kamu tidak rela memberikan persepuluhan dalam jumlah sedikit ketika kamu hanya memiliki sedikit, kamu pastinya juga tidak akan rela memberikan persepuluhan dalam jumlah banyak ketika kamu memiliki banyak.

Ada seorang bapa-bapa kaya yang pernah mengatakan kepada Pastor Steven Furtick, “Saya tidak dapat memberikan persepuluhan. Kamu tidak mengerti, penghasilan saya sangat amat besar. Jika saya memberikan sepersepuluh dari penghasilan saya, itu jumlahnya sangatlah besar. Saya seperti memberikan sebuah mobil setiap bulannya. Sangat tidak mungkin bukan?”

Pastor Steven lalu membalas, “Oke jika begitu mari kita berdoa.”

Bapa-bapa kaya itu menjadi kebingungan, “Berdoa untuk apa?”

Dimana Pastor Steven memberikan jawaban yang sangat bijak namun juga sangat lucu, “Mari kita berdoa agar Tuhan menurunkan penghasilanmu ke level yang menurutmu sepersepuluhnya masuk akal untuk kamu berikan kepada-Nya.”

Teman-teman, kerelaan memberikan persepuluhan tidaklah ditentukan dari seberapa penghasilanmu, melainkan dari seberapa kerelaan hatimu. Tuhan meminta sepersepuluh dari uangmu bukan karena Dia memerlukan uangmu, tetapi untuk mengetahui isi hatimu. Apakah kamu lebih mengasihi uangmu atau diri-Nya?

Baca selengkapnya di:
http://www.gracedepth.com/mengapa-kita-perlu-memberi-persepuluhan-kepada-tuhan/

Add line atau instagram kami untuk mendapatkan notifikasi update renungan terbaru dari website kami.
Official Line: @pkx3578b (pakai @)
Instagram: @gracedepth
Instagram penulis: @revyhalim

Semoga renungan-renungan kami bisa menjadi berkat.God Bless! :D



ya kalo memang sesuai kerelaan enggak perlu di emphasise angka yang kuantitatif dong..

kalo pake angka kuantitatif, namanya pemaksaan bukan kerelaan.


kalo memang kerelaan, ya enggak perlu bohong pake istilah uang untuk tuhan segala..
kalo memang itu buat gereja dan operasional gereja, termasuk gaji pendeta dan bayar listrik dll, dan membantu sesamanya.. ya bilang aja terus terang..

siapa tahu malah orang-orang bakal lebih rela, karena mereka merasa uangnya benar-benar bermanfaat bagi sesama..

kalo buat tuhan, siapa tahu mereka bukannya enggak rela, tapi ya itu tadi..
merasa dibohongi.. ngapain tuhan butuh duit, kalo emang iya, mending transfer langsung ke rekening tuhan..


konsep "nyumbang untuk tuhan" itu kan buat jaman dulu dimana sebagian besar jemaatnya illiterate dan uneducated..
kalo th 2018 masih maksain pake konsep kuno gitu, pasti susah lah.. sekarang orang udah banyak yg bisa mikir secara sehat dan logis.
July 26, 2018, 01:09:12 AM
Reply #2
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 290
  • Denominasi: Katolik
Pertama-tama persepuluhan ini berasal dari hukum Taurat (5 Kitab Musa) dan dikemukakan lagi oleh nabi-nabi Perjanjian Lama.

Mengenai gereja yang terikat dengan Perjanjian Baru yaitu Perjanjian Kristus bukan Perjanjian Lama yaitu Perjanjian Musa, maka untuk persepuluhan ini ada dua pandangan.


1. Persepuluhan masih berlaku.
Dasar :
Ibrani 4:14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.

Ibrani 7:1-3
7:1. Sebab Melkisedek adalah raja Salem dan imam Allah Yang Mahatinggi; ia pergi menyongsong Abraham ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, dan memberkati dia.
7:2 Kepadanyapun Abraham memberikan sepersepuluh dari semuanya. Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem, yaitu raja damai sejahtera.
7:3 Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.

Ibrani 7:6 Tetapi Melkisedek, yang bukan keturunan mereka, memungut persepuluhan dari Abraham dan memberkati dia, walaupun ia adalah pemilik janji.

Ibrani 7:15-17
7:15 Dan hal itu jauh lebih nyata lagi, jikalau ditetapkan seorang imam lain menurut cara Melkisedek,
7:16 yang menjadi imam bukan berdasarkan peraturan-peraturan manusia, tetapi berdasarkan hidup yang tidak dapat binasa.
7:17 Sebab tentang Dia diberi kesaksian: "Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek."


Berdasarkan ayat- ayat ini walaupun Yesus dan para rasul tidak pernah menyuruh seorang Kristen untuk melakukan persepuluhan tetapi karena Yesus  Imam Besar Agung,  Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek dimana Melisedek  memungut persepuluhan dari Abraham dan keimamatan Yesus adalah keimamatan Melkisedek. Maka persepuluhan tetap berlaku.


2. Persepuluhan tidak berlaku lagi.

Dasar:
kolose 2:16-18
2:16. Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;
2:17 semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.
2:18 Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi,

1 Korintus 16:1-2
16:1. Tentang pengumpulan uang bagi orang-orang kudus, hendaklah kamu berbuat sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang kuberikan kepada Jemaat-jemaat di Galatia.
16:2 Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing--sesuai dengan apa yang kamu peroleh--menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang.

2 Korintus 9:7-8
9:7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.
9:8 Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.

Berdasarkah hal ini ada yang berpendapat bahwa persepuluhan adalah bagian dari tata cara ibadah orang Yahudi yang merupakan bagian dari hukum Taurat yang adalah bayangan dari apa yang harus datang, yang wujudnya ialah Kristus. Jadi persepuluhan sama seperti sunat, pengorbanan hewan sebagai korban penebus salah yang sudah digenapi dengan kedatangan Yesus. Jadi bukan lagi kewajiban yang mengikat.
Lalu berdasarkan 1 Korintus 16:1-2 & 2 Korintus 9:7-8, maka penyisihan uang bagi orang-orang kudus, gereja (persembahan) tidak ditentukan besarnya tetapi persembahan ini diberikan menurut kerelaan hatinya dengan sukacita.

Jadi walaupun saya dan gereja tempat saya berkumpul tidak menganut persepuluhan, yaitu tidak mewajibkan dan memungut persepuluhan, hanya kolekte yang tidak ditentukan nilainya hanya berdasarkan kerelaan hati. Saya tetap menghormati gereja yang memungut persepuluhan.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
August 11, 2018, 02:03:12 PM
Reply #3
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 188
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Tuhan meminta sepersepuluh dari uangmu

Perpuluhan adalah hewan ternak dan hasil bumi, jadi bukan uang.
Tuhan tdk pernah minta uang. Jika ada yg menyumbang uang spt janda miskin itu sukarela dan itu lain lagi ceritanya, yakni bersifat kerelaan dari org2 yg tdk punya tanah dan ternak serta hanya mengandalkan otot utk hidup spt penggembala, tukang bangunan, penggarap sawah dll.

Imamat 27:32. Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN.
30. Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.

Dan perpuluhan itu disabdakan utk bani Lewi, bukan utk orang2 lain. Jgn meng copy paste utk diri sendiri.

Bilangan 18:21. Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.

Di zaman Taurat, perpuluhan diberikan kpd suku Lewi yg jumlahnya ratusan ribu, jika diganti menjadi uang dan masuk ke kantor perorangan tidak heran jika ada yg mengantongi sampai Trilyunan rupiah.

Gereja Katolik adalah gereja terbesari di dunia yg bisa menjadi demikian besar tanpa mewajibkan perpuluhan.
Mereka punya banyak tempat2 retreat di seluruh dunia, punya banyak fasilitas2, krn sumbangan umat tdk masuk ke kantong pribadi /pastur tdk boleh punya harta. Saya bukan umat katolik tapi kita harus lihat segi positif dari mereka.

Ada gereja yg punya situs lengkap dengan nomor rekening perpuluhan dan rekening2 lainnya utk diakonia dllsb. benar2 doyan.

Dengarkan seruan gereja akhir zaman kepada Tuhan :
Mat 7:22. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

23. Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Batu sandungan utk ratusan juta orang2 miskin di dunia yg belum percaya dan tak punya peri kemanusiaan sama sekali utk keselamatan mereka. Merusak Kekristenan yg sejati dari dalam !   
« Last Edit: August 11, 2018, 06:53:53 PM by Ashes to Ashes »
August 11, 2018, 02:09:37 PM
Reply #4
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 188
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
ngapain tuhan butuh duit, kalo emang iya, mending transfer langsung ke rekening tuhan..


Sungguh merupakah pukulan telak yg bisa membuat KO,

tetapi mereka akan bangkit sebelum hitungan ke sepuluh utk bertarung mati2an sampai tetes darah penghabisan demi kenikmatan PPH 10% yg bahkan melebihi PPH 2.5% DARI NEGARA.

« Last Edit: August 11, 2018, 02:37:55 PM by Ashes to Ashes »
August 11, 2018, 02:19:27 PM
Reply #5
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 188
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
7:2 Kepadanyapun Abraham memberikan sepersepuluh dari semuanya.

Abraham memberikan perpuluhan dari jarahan perang itupun cuma sekali bro.
https://karnakasihnya.wordpress.com/2015/08/01/765/
August 11, 2018, 02:33:45 PM
Reply #6
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 188
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Gereja yg mula2 di jaman para Rasul di Yerusalem tdk pernah minta perpuluhan karena jika demikian mereka akan diseret oleh seluruh orang Israel kepada Imam2 suku Lewi di Bait Allah utk dihakimi ditimpa batu.


Ide yg tidak Alkitabiah ini mula2 diperkenalkan oleh sebuah gereja di AS pd abad ke 18 yg mencoba meniru konsep perpuluhan dari Taurat dan menggantinya dengan uang utk kantong mereka.


Sebuah ide yg sangat aneh seakan akan Tuhan minta uang padahal dipakai utk mengisi perut dan dompet orang.

Jika butuh sumbangan itu pasti tetapi bisa dijelaskan bhw semua utk keperluan biaya operasional pelayanan dan biaya hidup sehari hari, jadi jangan bilang karena Tuhan minta dan tentunya orang2 akan mengerti dan mungkin bisa memberi lebih.   
« Last Edit: August 11, 2018, 03:16:21 PM by Ashes to Ashes »
August 11, 2018, 02:57:38 PM
Reply #7
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 188
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Bahkan suku Lewi yg menerima perpuluhan masih harus memberikan 1/10 nya lagi kpd Tuhan, jadi para Imam di Bait Allah dibawah pimpinan Harun hanya menerima 1/10 dari 1/10 yakni 1/100. Lalu kenapa gereja minta 1/10 ? minta 1/100 saja sbg uang sudah tdk Alkitabiah.

Bilangan 18:26. "Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka: Apabila kamu menerima dari pihak orang Israel persembahan persepuluhan yang Kuberikan kepadamu dari pihak mereka sebagai milik pusakamu, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu,

28. Secara demikian kamu pun harus mempersembahkan sebagai persembahan khusus kepada TUHAN sebagian dari segala persembahan persepuluhan yang kamu terima dari pihak orang Israel. Dan yang dipersembahkan dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN haruslah kamu serahkan kepada imam Harun.
August 11, 2018, 03:05:26 PM
Reply #8
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 188
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Malu bro dengan umat seberang yg banyak berjasa membantu orang2 yg kurang mampu tanpa pernah meminta PPH 10% kpd masarakat tetapi bakti mereka jelas2 tampak didepan mata, bukan sekedar kumur2 di mimbar dgn perut kenyang.





Mereka setiap hari membuka pintu utk orang2 yg butuh bantuan, membangun rumah2 kumuh, menyusuri gang2 becek utk mendata orang2 yg perlu bantuan, orang2 sakit, yg tdk punya rumah dan tidur di trotoar merangkap warung kecil, dllsb. tidak ada org gereja yg datang menengok mereka, pemukiman kolong tol yg sangat menyedihkan, keluarga2 terlantar, semua minta tolong kpd mereka tdk kepada gereja, tak pernah.
kita seharusnya sadar kita tidak bisa berbuat spt umat seberang ya sudah, jangan malah membuat malu nama Yesus, apalagi menjadi batu sandungan bagi mereka.

Mat 25:41. Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

42. Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum;

43. ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku.

44. Lalu mereka pun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau?

45. Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.
« Last Edit: August 11, 2018, 06:54:46 PM by Ashes to Ashes »
August 11, 2018, 03:06:55 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1365
Kok nanggung" sih, kenapa ga sekalian juga ikut" aja mentah" semua yang ada di PL : Tiap tahun kurbanin kambing/domba, dll....Mau diangkat "Kuk" beban oleh Yesus, eh malah sok kuat menanggung beban....ya kalau keberatan/pundaknya encok jangan nyalahin Yesus ya...
Kasihan....ngaku Orang Kristen tapi belum mengerti  makna "Merdeka di dalam Kristus"....(Baca Galatia...)

Salam Damai...
Tuhan memberkati...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)