Author Topic: Mengapa kita perlu memberikan persepuluhan kepada Tuhan?  (Read 1575 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 11, 2018, 03:13:33 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1397
Syukur deh udah banyak Umat Protestan yang mulai mengerti pengertian Perpuluhan seperti arti persembahan di Katolik...
Berkali kali teriak dengan nyaring : Tuhan Yesus hanya melihat hati (ketulusan dan kerelaan)....eh tapi masih tunduk sama nominal baku buatan manusia....Dasar IQ super jongkok...ngomong ga nyambung....idiotnya kliatan banget...

Salam Damai...
Tuhan memberkati...
August 13, 2018, 07:44:41 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
si Gracedepth ini kerjaannya cuma post artikel tanpa mau niat diskusi

makanya jangan di kamar diskusi umum Kristen dong postnya

:)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 13, 2018, 08:41:52 AM
Reply #12
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 340
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Kalo gereja sy termasuk gereja tradisional yg menganut perpuluhan, tapi jauh di dalam lubuk hati sy sy sama sekali tidak percaya perpuluhan. Salah satu bagian dari perpuluhan itu adalah yg setiap bagian ke-sepuluh dari hewan ternak (tolong koreksi jika salah). Bukan uang.

Dan itu pun sebtulnya kalo gak salah tidak selalu harus ada perpuluhan di zaman Taurat, melainkan ada waktu tertentu dibebaskan perpuluhannya.

Sy juga lebih setuju memberi dengan kerelaan. Sy lebih rela sebenarnya membantu secara sosial daripada memberi perpuluhan ke gereja. Jujur sy memberi kolekte kalo ditotal dalam sebulan mungkin tidak sampai 10%, mungkin 6 hingga 8% aja. Dan dalam amplop kolekte, sy sekarang (dulu sekali rajin perpuluhan, tapi uda cukup lama jg aku tidak percaya perpuluhan) tidak pernah lagi menulis/mencentang/memberi tanda "perpuluhan". Sy anggap semua adalah kolekte utk pekerjaan pelayanan dan kesejahteraan Hamba Tuhan.

Sy menganggap perpuluhan adalah salah satu doktrin dan penyebutan yg harus dimusnahkan. Tidak perlu disebutkan angka 10% tersebut. Ini sangat memalukan bagi orang internal maupun orang luar yg mau percaya kepada Yesus.

Bahkan pada kenyataannya, gereja juga tahu akan hal ini, mereka cuma menyebutkan perpuluhan tapi pada prakteknya sepertinya mreka mengerti bahwa tidak mungkin diucapkan angka 10 tersebut. Kalo sudah begini bukankah sebtulnya tidak perlu lagi penyebutan "perpuluhan" tersebut?? Lagipula kalo mau ikut zaman Taurat sih, sbetulnya perpuluhan kita salah atau kurang tepat.
« Last Edit: August 13, 2018, 08:46:50 AM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
August 13, 2018, 09:24:14 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
semua memang harus dengan kerelaan hati

namun kalo ada gereja yang menetapkan aturan perpuluhan
ya itu kasarnya mah "hak" dia
jemaat yang mau taat ya taat, ngga juga ga dipaksa, juga ngga "diintimidasi" untuk terpaksa memberi (setidaknya hal ini terjadi di gereja saya, dan yg saya tahu udah jarang bgt jemaat "diintimidasi" soal gituan)
karena ada 1 gereja yang menyelewengkan uang ga bisa pukul rata semua begitu

yang jelas orang Kristen itu PASTI memberi :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 13, 2018, 11:15:20 AM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 934
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Mengapa kita perlu memberikan persepuluhan kepada Tuhan?
Serbab tak ada gunanya kita memberi sesajen kpd tuhan2-an
Maka kita hrs tidak spt mereka membrikan sejajen demi cinta

Dgn uang
Tak guna juga membeli cinta atau menanamnya demi berbunga maya
Sebab di mana ada banyak uang di situ kerap ada perkelahian
Sebab uang kerap bicara mewakili kuasa dunia

Jika kita merasa telah memberi uang kpd gereja
Berarti kita itu sedang berbicara soal kuasa

Jika itu persembahan berarti kpd Yg Maha Kuasa
Maka dr itu tak usah selikidi ke mana pergi-nya
Sebab hal itu akan menyakitkan hati dan pikiran

Gitu, keknya!

yang jelas orang Kristen itu PASTI memberi :)
semua memang harus dengan kerelaan hati

Yes! :afro:

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 17, 2018, 08:15:06 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 934
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Syukur deh udah banyak Umat Protestan yang mulai mengerti
pengertian Perpuluhan seperti arti persembahan di Katolik...

[Mat 9:13]: Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini 
Yg Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan,
Aku datang bukan utk memanggil org benar, melainkan org berdosa.


Belas kasihan dan bukan persembahan
Kasih dgn sembah memang beda jauh
Kasih itu spherical, sembah itu vertikal

Vertical dan horizontal yg membentuk spherical
Apa begitu, kali, gambar bentuk sketsa-nya, ya!
Pls, bagaimana tafsiranmu ttg ayat itu, Bro rh!

Salam Damai!
« Last Edit: August 17, 2018, 11:16:06 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 27, 2018, 08:46:09 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3600
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
"Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku,  maka TUHAN akan menjadi Allahku. Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu." (Kejadian 28:20-22)

Bait Allah mempunya persembahan untuk Allah dan dari mereka yang dengan jujur mencari Allah. Persembahan untuk Bait Allah pada jaman Yesus juga ada.

Mungkin ada gereja yg memanfaatkan ayat Alkitab utk kepentingan oknum2 di dalamnya dan bukan untuk kepentingan Allah. Tetapi adalah menjadi hak bagian Allah dari usaha kita di dunia sebesar 10%. Ini merupakan tradisi yg sudah dimulai oleh para patriakh Israel. Abraham mempersembahkan 10% miliknya kepada Imam Agung Melkisedek, Yakub berjanji menyerahkan 10% dari hasil usahanya kepada TUHAN. Kepada TUHAN ini ya bentuknya bisa kepada gereja (rumah Allah). Soal dimanfaatkan bagaimana oleh pihak gereja biarlah menjadi tanggungjawab ybs dengan TUHAN yg penting kita telah menyerahkan apa yg menjadi hak TUHAN.

Ada sebuah kisah (nyata) sebuah keluarga Katolik yg punya usaha warung makan. Setiap hari dari seluruh keuntungan yg ia terima 10% nya dia ambli dan sisihkan, ia taruh di amplop dan diletakan di meja doa keluarga. Selama seminggu dari senen sampai sabtu. Pada hari minggu semua amplop itu ia bawa dan serahkan ke gereja pada saat kolekte. Sebab ia percaya TUHAN telah mencukupi segala kebutuhannya selama 1 minggu dan karenanya dia menyerahkan apa yg menjadi hak TUHAN kepada gereja. Dia tidak memikirkan soal mau diapakan uang itu oleh Gereja, bukan menjadi urusannya lagi, tetapi menjadi urusan gereja. Lebih baik kita menjalankan saja apa yg diteladankan para patriakh daripada kita berdalih karena memang kita malas memotong bagian dari penghasilan kita. 10% itu kecil, karena kita masih pegang 90%. Saya pikir itu tetaplah adil. Kalau anda punya usaha besar ya 10% tidak perlu seluruhnya utk gereja, bisa anda bagi ke yayasan2 amal. Panti asuhan2 yang membutuhkan bantuan. Yang penting kita memberikan kepada TUHAN apa yg menjadi hak TUHAN. Jadilah tulus hati. Dan tulus hati terhadap Allah. Persembahan mingguanmu yang murni, yang hanya Bapa dan Putra dan ROH KUDUS  yang tahu bahwa itu darimu.

Berkat TUHAN akan mengalir dengan sendirinya.

Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
August 27, 2018, 04:38:07 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 934
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Lebih baik kita menjalankan saja apa yg diteladankan para patriakh daripada kita berdalih karena memang kita malas memotong bagian dari penghasilan kita. 10% itu kecil, karena kita masih pegang 90%. Saya pikir itu tetaplah adil. Kalau anda punya usaha besar ya 10% tidak perlu seluruhnya utk gereja, bisa anda bagi ke yayasan2 amal. Panti asuhan2 yang membutuhkan bantuan. Yang penting kita memberikan kepada TUHAN apa yg menjadi hak TUHAN. Jadilah tulus hati. Dan tulus hati terhadap Allah. Persembahan mingguanmu yang murni, yang hanya Bapa dan Putra dan ROH KUDUS  yang tahu bahwa itu darimu.

Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya
segala sesuatu yg kamu lakukan utk salah seorang dr sdr-Ku yg paling hina ini,
kamu telah melakukannya untuk Aku.[Mat 25:40]

[Mat 9:13]: Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini 
Yg Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan,
Aku datang bukan utk memanggil org benar, melainkan org berdosa.


Belas kasihan dan bukan persembahan
Kasih dgn sembah memang beda jauh
Kasih itu spherical, sembah itu vertikal

Vertical dan horizontal yg membentuk spherical
Apa begitu, kali, gambar bentuk sketsa-nya, ya!
Pls, bagaimana tafsiranmu ttg ayat itu, Bro rh!

Jadi, CLAY, bagaimana mengadilinya
Antara belas kasihan dgn persembahan
Belas kasihan "utk AkU", persembahan "hak Tuhan"

Jika belas kasihan termasuk dlm amplop 10%
Apakah dipisahkan fifti-fifti saja spy adil, atau
Belas kasihan hrs lebih besar dr pd persembahan

Salam Damai!
« Last Edit: August 27, 2018, 04:40:21 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 27, 2018, 07:43:10 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1397
Dalam mempelajari Alkitab, Perlu belajar berpikir secara runut dan Konsisten..tidak mencla mencle/bimbang...
Kristen = Pengikut Kristus ( Ajaran-Nya di PB)
Kerelaan = Ga ada nominal baku...seperti juga halnya : Cinta Kasih, Kerendahan hati (Ga ada prosentasenya)
Penggenapan (PB) = Mau ikut yang sudah digenapi Yesus atau yang belum digenapi Yesus (Pilih...jangan mencla mencle)
Kalau mencla mencle...pantesan aja...hidupnya nanti juga  dalam kebimbangan dan keraguan...
Sebagai Orang Kristen yang sejati kita harus mempercayai penuh ajaran dari Yesus Kristus...jangan setengah percaya/mencla mencle...nanti Yesus juga akan menilai Iman kita pada-Nya juga setengah setengah...

Terakhir saya cuma mau nanya...yang nentuin angka baku minimal 10 persen itu dari Yesus atau manusia ?

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
August 27, 2018, 07:49:41 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1397
Kalo gereja sy termasuk gereja tradisional yg menganut perpuluhan, tapi jauh di dalam lubuk hati sy sy sama sekali tidak percaya perpuluhan. Salah satu bagian dari perpuluhan itu adalah yg setiap bagian ke-sepuluh dari hewan ternak (tolong koreksi jika salah). Bukan uang.

Dan itu pun sebtulnya kalo gak salah tidak selalu harus ada perpuluhan di zaman Taurat, melainkan ada waktu tertentu dibebaskan perpuluhannya.

Sy juga lebih setuju memberi dengan kerelaan. Sy lebih rela sebenarnya membantu secara sosial daripada memberi perpuluhan ke gereja. Jujur sy memberi kolekte kalo ditotal dalam sebulan mungkin tidak sampai 10%, mungkin 6 hingga 8% aja. Dan dalam amplop kolekte, sy sekarang (dulu sekali rajin perpuluhan, tapi uda cukup lama jg aku tidak percaya perpuluhan) tidak pernah lagi menulis/mencentang/memberi tanda "perpuluhan". Sy anggap semua adalah kolekte utk pekerjaan pelayanan dan kesejahteraan Hamba Tuhan.

Sy menganggap perpuluhan adalah salah satu doktrin dan penyebutan yg harus dimusnahkan. Tidak perlu disebutkan angka 10% tersebut. Ini sangat memalukan bagi orang internal maupun orang luar yg mau percaya kepada Yesus.

Bahkan pada kenyataannya, gereja juga tahu akan hal ini, mereka cuma menyebutkan perpuluhan tapi pada prakteknya sepertinya mreka mengerti bahwa tidak mungkin diucapkan angka 10 tersebut. Kalo sudah begini bukankah sebtulnya tidak perlu lagi penyebutan "perpuluhan" tersebut?? Lagipula kalo mau ikut zaman Taurat sih, sbetulnya perpuluhan kita salah atau kurang tepat.
Hamba Tuhan yang sejati tidak akan pernah khawatir kehabisan "Ransum" di ruang Perbendaharaannya...
Karena mereka yakin bahwa DIA pasti akan menyertai dan memelihara mereka sampai akhir zaman...(Janji-Nya Pasti...Ya...dan Amin)...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)