Author Topic: Mengapa kita perlu memberikan persepuluhan kepada Tuhan?  (Read 1343 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 27, 2018, 08:11:12 PM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1373
Saya yang bodoh ini berusaha menganalisa kenapa Yesus menganjurkan Persembahan/Pemberian/Berbagi sesuai dengan Kerelaan berdasarkan Kasih...Karena DIA itu sangat sayang kepada kita semua dan tidak ingin satupun di antara kita ada yang memberi dengan "Terpaksa/bersungut2 karena ada prosentase minimal tersebut"....Yesus bukan tipe "Pemaksa"...DIA telah datang dan mengangkat kita semua dari "Kuk" Perhambaan...Jadi kalau "Kuk" itu sudah dilepas-Nya...janganlah kita jadi bodoh sendiri dan mengambil "Kuk" itu untuk dipasang lagi di leher kita...

Memang besarnya Berkat yang diberikan-Nya sesuai dengan besar pipa saluran berkat (DIA yang tentukan)...jika kita telah lulus perkara kecil...kita akan dipercayakan-Nya dalam perkara besar...termasuk dalam menyalurkan Berkat sesuai Kehendak-Nya...Hal ini dapat kita lihat dalam kehidupan nyata para Filantropis besar dunia (Kebanyakan Konglomerat dunia)...Yang terbaik adalah : Tangan Kanan memberi...tangan kiri tidak tahu...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
August 28, 2018, 08:34:04 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 869
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Terakhir saya cuma mau nanya...yang nentuin angka baku minimal 10 persen itu dari Yesus atau manusia ?

CLAY telah menuliskan 10% itu tradisi manusia
Memang tradisi kerap menjadi musuh kebenaran
Itu sebab Yesus meragakan persembahan yg benar

Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda
menguduskan mereka yg najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, betapa lebihnya
darah Kristus, yg oleh Roh yg kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kpd Allah
sebagai persembahan yg tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan2 yg sia2,
spy kita dpt beribadah kpd Allah yg hidup. [Ibr.8:13-14]

Karena itu, sdr2, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu,
spy kamu mempersembahkan tubuhmu sbg persembahan yg hidup,
yg kudus dan yg berkenan kpd Allah: itu adalah ibadahmu yg sejati. [Rm 12:1] 

Kita bebas menafsirkannya macam2
Dan bebas juga memperbaiki tafsiran kita
Tapi tafsiran2 kita tentu bukanlah kebenaran

Pls, bagaimana tafsiranmu ttg ayat ini, Bro!

[Mat 9:13]: Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini 
Yg Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan,
Aku datang bukan utk memanggil org benar, melainkan org berdosa.


Salam Damai!
« Last Edit: August 28, 2018, 08:36:10 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 28, 2018, 11:13:47 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1373
CLAY telah menuliskan 10% itu tradisi manusia
Memang tradisi kerap menjadi musuh kebenaran
Itu sebab Yesus meragakan persembahan yg benar

Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda
menguduskan mereka yg najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, betapa lebihnya
darah Kristus, yg oleh Roh yg kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kpd Allah
sebagai persembahan yg tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan2 yg sia2,
spy kita dpt beribadah kpd Allah yg hidup. [Ibr.8:13-14]

Karena itu, sdr2, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu,
spy kamu mempersembahkan tubuhmu sbg persembahan yg hidup,
yg kudus dan yg berkenan kpd Allah: itu adalah ibadahmu yg sejati. [Rm 12:1] 

Kita bebas menafsirkannya macam2
Dan bebas juga memperbaiki tafsiran kita
Tapi tafsiran2 kita tentu bukanlah kebenaran

Pls, bagaimana tafsiranmu ttg ayat ini, Bro!

[Mat 9:13]: Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini 
Yg Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan,
Aku datang bukan utk memanggil org benar, melainkan org berdosa.


Salam Damai!
Saya mengartikan Mat 9:13 itu : Jika kita melihat orang" yang sangat membutuhkan dan tidak berdaya, maka sedapat mungkin kita berusaha membantunya...Saya sih lebih concern pada para gelandangan dan Yatim Piatu..kalau ada rejeki lebih...terus terang, pikiran saya lebih dahulu kesana bro...Bukan saya menyepelekan persembahan di Gereja Bro, tetapi saya yakin 1000 % jika Hamba Tuhan yang sejati pasti dipelihara Tuhan..."Hamba Tuhan" yang terlalu khawatir adalah mereka" yang "Berlebihan" cara hidupnya sehingga menggunakan segala macam cara untuk menumpuk "Ransum" sampai luber di ruang perbendaharaan mereka (mereka ga sadar udah menyembah 2 Tuhan,salah satunya Mamon)...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
October 09, 2018, 09:10:31 PM
Reply #23
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 4
http://www.gracedepth.com/mengapa-kita-perlu-memberi-persepuluhan-kepada-tuhan/

Mengapa kita harus memberi persepuluhan kepada Tuhan? Banyak orang Kristen yang hingga hari ini menolak untuk memberikan persepuluhan ke gereja ... sebenarnya tidak memerlukan uang kita sama sekali?

Sebenarnya, yang Tuhan inginkan bukanlah uangmu, melainkan hatimu. “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada” (Matius 6:21). Memberikan persepuluhan ke gereja merupakan tindakan yang melambangkan kamu percaya .. kamu miliki.

Saya sering sekali mendengar orang-orang Kristen yang mengatakan, “Saat ini penghasilan saya belum terlalu besar, jadi sulit untuk memberikan persepuluhan. Tunggu penghasilan saya sudah lumayan cukup, baru saya .... kapasitasmu untuk memberi. Jika kamu tidak rela memberikan persepuluhan dalam jumlah sedikit ketika kamu hanya memiliki sedikit, kamu pastinya juga tidak akan rela memberikan persepuluhan dalam jumlah banyak ketika kamu memiliki banyak.

Ada seorang bapa-bapa kaya yang pernah mengatakan kepada Pastor Steven Furtick, “Saya tidak dapat .....Saya seperti memberikan sebuah mobil setiap bulannya. Sangat tidak mungkin bukan?”

Pastor Steven lalu membalas, “Oke jika begitu mari kita berdoa.”

Bapa-bapa kaya itu menjadi kebingungan, “Berdoa untuk apa?”

Dimana Pastor Steven memberikan jawaban yang sangat bijak namun juga sangat lucu, “Mari kita berdoa agar Tuhan menurunkan penghasilanmu ke level yang menurutmu sepersepuluhnya masuk akal untuk kamu berikan kepada-Nya.”

Teman-teman, kerelaan memberikan persepuluhan tidaklah ditentukan dari seberapa penghasilanmu, melainkan dari seberapa kerelaan hatimu. Tuhan meminta sepersepuluh dari uangmu bukan karena Dia memerlukan uangmu, tetapi untuk mengetahui isi hatimu. Apakah kamu lebih mengasihi uangmu atau diri-Nya?

Baca selengkapnya di:
http://www.gracedepth.com/mengapa-kita-perlu-memberi-persepuluhan-kepada-tuhan/




Coba tak jawab dng bahasa kaum awam - persembahan di masa lalu hub dengan korban, darah, api.
sampai disini ok kan.
coba kita up to date kan - PL - krn sseseorang berdosa maka di akan melakukan persembahan pengampunan dosa / penghapusan/penebusan (terserah mau pake mana yg gampang aja selevel pikiran jemaat),
Flowchart nya gini -
1. Korban (hewan/unggas) - ini berbicara nilai besar & kecil
2. Darah (penyembelihan ada di mezbah) - kita bil skrg gereja
3. Api (kita harafiahkan - terserah elu mau gmn tafsirnya ya-biar gampang aja ) - di dalam mezbah banyak pernak pernik benda dan org2 utk mengorganisasikan tempat itu menjadi rpi tertata - hub dng duniawi adl organisasi - makna surgawinya adl penyangkalan thd daging yg di perangi tiap hari oleh si pelaku.
Dari rentengan diatas sebenarnya ada benarnya bahwa perpuluhan itu adl tenaga utk menggerakkan tempat ibadah - di kemajuan jaman sesudah Yesus di salibkan - maka peraturan PL itu berubah makna - org yahudi pasti taat melakukan , dan aliran2 konservatif gereja mula2 hingga skrg masih melakukan.
DI org2 non yahudi - hal ini sangat beda pandangan - perpuluhan banyak digunakan utk hal2 yg menurut kita tak lazim (itu urusan mrk pelaku rumah ibadah) -
Poin dari perpuluhan (aku lebih sreg bilang persembahan) sebenarnya adl transactional trancedental - na masuk di kalimat ini adl hal paling esensial dr ke kristenan (hub pribadi dng Allah - distorsinya kemampuan jasmaniah pelaku memandang apa,gmn spt apa - la masak distorsi horisontal menjadi penentu ??? - progres kedewasaan akan menentukan langkah yg diambil = mengutamakan hub vertikal-menekan/mengabaikan horisontal. Gereja/tempat ibadah adl tempat berkumpul / bersosialisasi..-> horizontal , tendensi bersekutu dlm pesta rohani adl vertikal - padangan mu di pengaruhi mana ? dan mana yg lebih penting ?
October 09, 2018, 09:29:07 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 795
  • Denominasi: Protestan
Coba tak jawab dng bahasa kaum awam - persembahan di masa lalu hub dengan korban, darah, api.
sampai disini ok kan.
coba kita up to date kan - PL - krn sseseorang berdosa maka di akan melakukan persembahan pengampunan dosa / penghapusan/penebusan (terserah mau pake mana yg gampang aja selevel pikiran jemaat),
Flowchart nya gini -
1. Korban (hewan/unggas) - ini berbicara nilai besar & kecil
2. Darah (penyembelihan ada di mezbah) - kita bil skrg gereja
3. Api (kita harafiahkan - terserah elu mau gmn tafsirnya ya-biar gampang aja ) - di dalam mezbah banyak pernak pernik benda dan org2 utk mengorganisasikan tempat itu menjadi rpi tertata - hub dng duniawi adl organisasi - makna surgawinya adl penyangkalan thd daging yg di perangi tiap hari oleh si pelaku.
Dari rentengan diatas sebenarnya ada benarnya bahwa perpuluhan itu adl tenaga utk menggerakkan tempat ibadah - di kemajuan jaman sesudah Yesus di salibkan - maka peraturan PL itu berubah makna - org yahudi pasti taat melakukan , dan aliran2 konservatif gereja mula2 hingga skrg masih melakukan.
DI org2 non yahudi - hal ini sangat beda pandangan - perpuluhan banyak digunakan utk hal2 yg menurut kita tak lazim (itu urusan mrk pelaku rumah ibadah) -
Poin dari perpuluhan (aku lebih sreg bilang persembahan) sebenarnya adl transactional trancedental - na masuk di kalimat ini adl hal paling esensial dr ke kristenan (hub pribadi dng Allah - distorsinya kemampuan jasmaniah pelaku memandang apa,gmn spt apa - la masak distorsi horisontal menjadi penentu ??? - progres kedewasaan akan menentukan langkah yg diambil = mengutamakan hub vertikal-menekan/mengabaikan horisontal. Gereja/tempat ibadah adl tempat berkumpul / bersosialisasi..-> horizontal , tendensi bersekutu dlm pesta rohani adl vertikal - padangan mu di pengaruhi mana ? dan mana yg lebih penting ?
Numpang tanya, bray :

Opini elo di atas, kira-kira ada kaitannya tidak sama opini elo yang berikut :

sudah semestiny tinggal dalam "kasih karunia" perlu treatment baru _ berpikir tanpa berpikir (mengkhamiri yg lama menjadi sesuatu yg baru - meski tdk tepat banget pak broo skalian-jng di debat scr morfologi ya wkwkwk)
dng dimensi keilahian maka setiap org percaya akan tahu bahwa pikiran kita ada 2 ( 1 yg manusia lama & mans baru -> tiggal mana yg mendominasi dalam hidup ini)
Hukum Taurat digenapi oleh Yesus _ jadi sesuatu yg lama di bawa dan diberi esensi baru (ROH KUDUS) , knp tidak di tiadakan saja (nanggung gt bhs gampangnya). Selama bumi ini masih ada , manusia hidup perlu tatanan sosial dan aturan - aturan dasar yg menjadi undang2 formal, non formal akan selalu terkait dng konten hkm Taurat. Na ini tantangan setiap org Kristen yg terpelajar - membawa Hukum Taurat pada tataran yg lebih tinggi - angkat setiap butirnya di oprek hingga ketemu bias yg up to date dng jaman. (deviasi :penyimpangan gaya kedua bola mata ke satu arah; (kedokteran)-mrk sebut sbg ke catatan/kelainan krn tidak normal). Niscaya akan menambah wawasan jemaat lebih.
October 10, 2018, 07:13:40 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1373
Numpang tanya, bray :

Opini elo di atas, kira-kira ada kaitannya tidak sama opini elo yang berikut :
Bro menurut saya Ajaran dari "Saudara Tua" adalah memang yang Ori/asli, karena itu pengikutnya tidak perlu mengikuti perkembangan jaman (Karena percaya penuh bahwa DIA Alfa dan Omega, Maha Bijak dan Maha Mengetahui hal" ke depan).
Bagi "Saudara Muda", ...ya namanya masih muda, terkadang masih labil, terkadang mengikuti trend perkembangan jaman, bersifat dinamis...tapi saya harap "Dinamis" nya disini pada akhirnya bisa menuju pada ajaran Ori-Nya...

Salam Damai Bro...
Tuhan Memberkati...
October 24, 2018, 07:10:34 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4639
  • Gender: Male
Semua soal hati, memberi itu karena kasih, bukan kewajiban. Jika pemberian kita karena kewajiban maka sia-sia semuanya apa yang diajarkan oleh Kristus. Namun jika karena kasih, entah disebut orang persembahan persepuluhan, entah disebut persembahan kepada orang miskin, persembahan diakonia, persembahan misi, persembahan sosial dan sebagainya semua kita beri dengan sukacita tidak meributkan tata cara dan aturan yang dibuat oleh manusia.

Bagaimana dengan hati anda semua disini? Perlukah sebuah hukum untuk mengatur bagimana anda mempersembahkan uang anda atas nama agama??? Saya memberi karena dorongan kasih yang timbul dari dalam hati nurani yang murni yang dibangkitkan oleh iman dan pengharapan.
October 26, 2018, 03:12:13 PM
Reply #27
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 313
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
kalo mau kembali ke dasarnya sih, persepuluhan orang Israel itu berupa makanan. Tidak penah disebutkan berupa uang yg kini sering 'dihimbau' oleh majelis gereja. ya mungkin aja karena makanan 'gak relevan' lagi di jaman modern dan terlalu merepotkan dan tidak praktis.

Ini kusalinkan salah satu ayat yg menuliskan perkataan Tuhan soal Persepuluhan :
Imamat 27:30-33
27:30   Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.
27:31   Tetapi jikalau seseorang mau menebus juga sebagian dari persembahan persepuluhannya itu, maka ia harus menambah seperlima.
27:32   Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN.
27:33   Janganlah dipilih-pilih mana yang baik dan mana yang buruk, dan janganlah ditukar; jikalau orang menukarnya juga, maka baik hewan itu maupun tukarnya haruslah kudus dan tidak boleh ditebus."
27:34   Itulah perintah-perintah yang diperintahkan TUHAN kepada Musa di gunung Sinai untuk disampaikan kepada orang Israel.

sependek pengetahuanku sih kalo dikatakan persepuluhan di alkitab mengarah ke makanan, gak ada uang sama sekali. sekali lagi bukan uang tapi makanan. atas dasar apa dibenarkan bahwa persepuluhan itu uda boleh diberikan berupa uang? apakah Tuhan sudah 'mengiyakan' soal ini? apakah Tuhan berpikir : "hmm jaman skrg makanan uda gak relevan, jadi uang saja lah biar lebih gampang. Lagipula para pelayanKu bekerja di gereja cuma butuh uang utk mencukupi kebutuhan, tidak perlu makanan".

Jangan percaya (menurut aku) kalo ada yg bilang persepuluhan itu 10% dari penghasilanmu. It is so ridiculous! Tuhan seperti apa yg menuntut uang sebesar 10%? Balas aja dengan ayat ini :

2 Korintus 9:7
Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
October 27, 2018, 03:27:03 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4639
  • Gender: Male
Kalau mau jujur ya, sebenarnya untuk menebus dosa menurut hukum Taurat itu harus menyembelih kambing, domba atau lembu dan binatang lainnya, bukan manusia.

Kalau mau jujur ya, puji-pujian kepada TUHAN harusnya pakai gambus, ceracap dan kecapi, bukan pakai elekton, gitar, dram dan keyboard atau organ.

Kalau mau jujur ya, isteri tidak boleh bicara di depan umum apalagi dalam gereja dan pertemuan komunitas, itu dilarang bahkan oleh para rasul Kristus.

Jadi sejak kapan orang bilang sejatinya persepuluhan itu berupa makanan menurut Taurat? Bukannya sejak mereka tidak rela untuk memberi tetapi merasa dituduh berdosa saat tidak memberi persembahan sehingga putar otak untuk mencari sanggahan yang alkitabiah.

Intinya kita memberi sesuatu karena Tuhan tidak perlu menunggu harus ada UU atau Peraturannya, kalau tidak ada ya tidak perlu memberi kalau ada pun masih diributkan. Sungguh memalukan!!!
November 05, 2018, 02:24:11 AM
Reply #29
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 59
  • Denominasi: Protestan
http://www.gracedepth.com/mengapa-kita-perlu-memberi-persepuluhan-kepada-tuhan/

Mengapa kita harus memberi persepuluhan kepada Tuhan? Banyak orang Kristen yang hingga hari ini menolak untuk memberikan persepuluhan ke gereja karena merasa gereja hanya mencoba untuk mengambil uang mereka. Namun sesungguhnya, yang menginginkan uangmu bukanlah gereja, melainkan Tuhan. Bukan gereja lah yang membuat peraturan persepuluhan, melainkan Tuhan. Tetapi mengapa Tuhan meminta pengikut-pengikut-Nya untuk memberikan persepuluhan? Bukankah Tuhan sebenarnya tidak memerlukan uang kita sama sekali?

Sebenarnya, yang Tuhan inginkan bukanlah uangmu, melainkan hatimu. “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada” (Matius 6:21). Memberikan persepuluhan ke gereja merupakan tindakan yang melambangkan kamu percaya bahwa apa yang kamu dapatkan berasal dari Tuhan, dan kamu percaya bahwa kamu akan tetap memiliki cukup bahkan jika kamu memberi sepersepuluh dari yang kamu miliki.

Saya sering sekali mendengar orang-orang Kristen yang mengatakan, “Saat ini penghasilan saya belum terlalu besar, jadi sulit untuk memberikan persepuluhan. Tunggu penghasilan saya sudah lumayan cukup, baru saya akan memberikan persepuluhan.” Sesungguhnya, jika kamu menolak untuk memberikan persepuluhan ketika kamu hanya memiliki sedikit, kamu juga akan menolak untuk memberikan persepuluhan ketika kamu memiliki banyak. Kerelaanmu untuk memberi seharusnya meningkat bersamaan dengan meningkatnya kapasitasmu untuk memberi. Jika kamu tidak rela memberikan persepuluhan dalam jumlah sedikit ketika kamu hanya memiliki sedikit, kamu pastinya juga tidak akan rela memberikan persepuluhan dalam jumlah banyak ketika kamu memiliki banyak.

Ada seorang bapa-bapa kaya yang pernah mengatakan kepada Pastor Steven Furtick, “Saya tidak dapat memberikan persepuluhan. Kamu tidak mengerti, penghasilan saya sangat amat besar. Jika saya memberikan sepersepuluh dari penghasilan saya, itu jumlahnya sangatlah besar. Saya seperti memberikan sebuah mobil setiap bulannya. Sangat tidak mungkin bukan?”

Pastor Steven lalu membalas, “Oke jika begitu mari kita berdoa.”

Bapa-bapa kaya itu menjadi kebingungan, “Berdoa untuk apa?”

Dimana Pastor Steven memberikan jawaban yang sangat bijak namun juga sangat lucu, “Mari kita berdoa agar Tuhan menurunkan penghasilanmu ke level yang menurutmu sepersepuluhnya masuk akal untuk kamu berikan kepada-Nya.”

Teman-teman, kerelaan memberikan persepuluhan tidaklah ditentukan dari seberapa penghasilanmu, melainkan dari seberapa kerelaan hatimu. Tuhan meminta sepersepuluh dari uangmu bukan karena Dia memerlukan uangmu, tetapi untuk mengetahui isi hatimu. Apakah kamu lebih mengasihi uangmu atau diri-Nya?

Baca selengkapnya di:
http://www.gracedepth.com/mengapa-kita-perlu-memberi-persepuluhan-kepada-tuhan/

Add line atau instagram kami untuk mendapatkan notifikasi update renungan terbaru dari website kami.
Official Line: @pkx3578b (pakai @)
Instagram: @gracedepth
Instagram penulis: @revyhalim

Semoga renungan-renungan kami bisa menjadi berkat.God Bless! :D


sebenarnya masalah persepuluhan bukan hal baru dalam Alkitab karena menurut
kitab Imamat 27:30
persepuluhan di sini dinyatakan sebagai milik Tuhan

Bilangan 18:21
persembahan di sini diberikan Tuhan kepada bani Lewi sebagai upah pekerjaan yang mereka lakukan pada Kemah Pertemuan

Mal 3:10
di sini persembahan persepuluhan diserahkan diserahkan ke dalam rumah perbendaharaan untuk kesejahteraan para pelayan Tuhan dengan janji bahwa Tuhan akan menghalaukan segala belalang pelahap sehingga berkat Tuhan TIDAK HABIS dengan cara yang sia-sia
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)