Author Topic: Help calon istri saya beragama budha  (Read 341 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 30, 2018, 01:18:11 AM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 4
Maaf teman2 jika saya salah. Saya punya banyak sekali kebingungan disaat saya ingin menikah. Calon mertua saya beragama budha yg tidak pernah menghormati suami dan menghargai suaminya. Suami yg skr adalah suaminya yg ke 2. Dari suami pertama sampai pada suami ke 2. Tetap tidak di hargai. Calon istri saya adalah anak yg selalu tidak pernah bs menolak kata mamanya. Selama 2tahun pacaran saya selalu merasa dia bisa berubah dan lebih memilih saya. Awalnya. Mamanya setuju anaknya menikah dengan saya pemberkatan di gereja dengan syarat anaknya tidak boleh di baptis Kristen dan tidak boleh ubah ktp Kristen. 2 tahun pacaran calon istri saya berkata ingin belajar tentang Kekristenan. Tetapi setelah di baptis. Dia di bawah ke salah 1 vihara di banten dan di suruh xiamsi lalu dia disuruh berlutut ke mamanya. Lalu dia mengaku kalau dia sudah di baptis secara Kristen. Namun skr mamanya marah besar. Dan calon istri saya pun berkata. Blm bs trima Kristen. Tempat tinggal saya di daerah jakarta barat dan rumah calon mertua saya daerah parung bogor perjalanan kira2 48km. Calon istri saya di paksa bahwa 1minggu 2x harus ke tempat orang tuanya. Saya tidak melarang dia utk bertemu orang tuanya. Hanya saya selalu menjelaskan kepada calon istri saya bahwa dia sudah dewasa. Tidak ada waktunya boleh pergi tetapi tidak di paksakan. Lalu dia blg ke saya kalau dia tidak mau di larang2 kalau dia mau plg ke tempat org tua nya. Sedangkan waktu pernikahan kami tinggal sisa kurang dr 2bln. Sedangkan uang sudah masuk 50persen utk resepsi. Menurut teman2. Harus saya batalkan pernikahan ini atau bagaimana baiknya ya? 1 sisi saya menyesal baru menyadari bahwa calon istri saya lebih mengutamakan apa kata orang tua nya dr pada memilih saya. Tetapi 1 sisi uang sudah masuk 50persen T_T.
July 31, 2018, 09:47:42 PM
Reply #1
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 459
Shallom,

Sdr. @Hervin123 jika dapat, Anda usahakan agar jangan dibatalkan dahulu... tetapi diundur...
Beri waktu agar Anda dapat berusaha memperbaiki keadaan / rekonsiliasi, sebelum Anda benar2 yakin memutuskan segala sesuatunya.
Pernikahan hanya sekali, usahakan agar keputusan diambil dengan matang dan penuh tanggungjawab.
Good luck!


Salam Damai Sejahtera
August 03, 2018, 12:03:33 AM
Reply #2
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 4
Shallom,

Sdr. @Hervin123 jika dapat, Anda usahakan agar jangan dibatalkan dahulu... tetapi diundur...
Beri waktu agar Anda dapat berusaha memperbaiki keadaan / rekonsiliasi, sebelum Anda benar2 yakin memutuskan segala sesuatunya.
Pernikahan hanya sekali, usahakan agar keputusan diambil dengan matang dan penuh tanggungjawab.
Good luck!


Salam Damai Sejahtera

Shalom pak. Terima kasih atas inputnya. Calon istri saya sih blg nya pengen banget menikah dengan saya dan ingin sekali belajar Kekristenan. Tetapi mama nya org yg sangat dominan dia tidak terima jika anaknya pindah ke Kristen. Sekarang mama nya selalu jelek2in saya di depan calon saya. Dan mama nya blg ga mau ngurusin dia lg. Skr saya bingung saya harus gmn pak.
August 03, 2018, 02:03:35 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10146
Shalom pak. Terima kasih atas inputnya. Calon istri saya sih blg nya pengen banget menikah dengan saya dan ingin sekali belajar Kekristenan. Tetapi mama nya org yg sangat dominan dia tidak terima jika anaknya pindah ke Kristen. Sekarang mama nya selalu jelek2in saya di depan calon saya. Dan mama nya blg ga mau ngurusin dia lg. Skr saya bingung saya harus gmn pak.

mungkin mamanya trauma karena pernah dengar cerita-cerita atau pernah mengalami kalau ada oknum-oknum yang ngaku Kristen, tapi hobinya nyalah-nyalahin agama lain, kayak agama lain itu jelek semua..

padahal giliran ada orang yang melakukan hal kayak gitu terhadap agama Kristen, orang yang ngaku Kristen itu rasanya enggak terima, dan pengen protes...

ya mungkin itu juga yang dirasakan oleh penganut agama lain ketika ada oknum sok Kristen yang sok "mewartakan kebenaran" kepada orang lain..
ya masuk akal juga sih reaksi spt itu..


Sy gak tahu mas hervin gimana..
tapi semoga mas hervin bisa meneladani yesus, yang enggak pernah sok-Kristen dan maksa-maksa orang lain suruh pindah jadi Kristen, karena supaya masuk surga atau apalah alesannya gitu...

semoga dengan meneladani tindakan yesus yang penuh cinta kasih dan menghargai orang lain, niscaya respons orang-orang pun juga resiprokatif..
jadi sama baiknya..

selamat mencoba
August 03, 2018, 02:21:18 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8766
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalau anda Kristen, Firman ini kan cukup jelas :

"taatilah orang tuamu" :)

saran saya simple aja kayak gitu
percayalah kalau memang ini rencana Tuhan, pasti ada jalan tanpa satupun Firman Tuhan harus kamu "paksa" langgar dengan sengaja
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
August 03, 2018, 04:56:24 PM
Reply #5
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 291
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
rumput tetangga (agama Buddha) memang banyak yg hijau haha..
inilah susahnya ya cari jodoh..

aku chinese. aku tau susahnya dapat jodoh seiman yg tepat, cocok, pas, sesuai. aku sendiri blum dapat. ;D

smoga dapat jalan terbaik ya bro. God bless you.
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
August 03, 2018, 06:35:34 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 573
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Shalom pak. Terima kasih atas inputnya. Calon istri saya sih blg nya pengen banget menikah dengan saya dan ingin sekali belajar Kekristenan. Tetapi mama nya org yg sangat dominan dia tidak terima jika anaknya pindah ke Kristen. Sekarang mama nya selalu jelek2in saya di depan calon saya. Dan mama nya blg ga mau ngurusin dia lg. Skr saya bingung saya harus gmn pak.

Saranku:
Jangan menikah karena cinta
Tapi menikahlah dgn cinta
Sebab cinta itu penolong

Dan Matius 10:34-38   
"Jangan kamu menyangka,
bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi;
Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.

Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya,
anak perempuan dari ibunya,
menantu perempuan dari ibu mertuanya,
dan musuh orang ialah org2 seisi rumahnya.
    
Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku,
ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki
atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.

Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 04, 2018, 05:52:54 PM
Reply #7
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 163
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Apakah calon bro. sdh bisa berdikari ? sudah pisah rumah dgn ortu /kost ?
Kalau sudah seharusnya berani teguh dalam imannya.

(Matius 10:34-35) - "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. 35"Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, 36dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya."
August 05, 2018, 08:11:47 AM
Reply #8
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 62
  • Gender: Male
Menurut saya dalam Kristen jelas sekali untuk tidak menikah dengan orang yang tidak percaya. Diajarkan sangat ketat sekali di PL. Secara konsep menurut saya ini benar karena ketika kita percaya kepada Kristus Yesus, maka kita "dipisahkan" dari dunia ini untuk hidup menurut kehendak Tuhan. Jika seseorang menikah maka dia akan "menjadi satu" dengan istrinya (Kej 2:24). Jika istri anda tidak ada tanda2 percaya, maka dua hal yang berbeda ini jika dijadikan satu akan menjadi masalah. Mungkin sekarang karena ingin menikah dengan anda maka dia akan "menjadi Kristen" tetapi jika tidak sejati maka di kemudian hari akan keluar aslinya.

Saya tidak mengatakan bahwa orang diluar Kristen adalah masalah semua, bukan. Tetapi saya mengatakan bahwa orang diluar Kristen tidak akan pernah mengerti mengapa kita hidup di jalan Tuhan. Orang diluar Kristen tidak akan pernah mengerti mengapa Kristus harus mati disalib. Menurut dunia pekerjaan Kristus adalah suatu kegagalan total.

GBU
« Last Edit: August 05, 2018, 08:16:12 AM by ossan »
August 05, 2018, 09:18:13 AM
Reply #9
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6238
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Bro sendiri sudah tau dan sudah bisa mperkirakan masalah apa saja yg akan muncul saat menikah kelak.
Menikah itu utk selamanya.
Tuhan baik sama kamu krn Ia mperlihatkan padamu kira-kira apa yg akan kamu hadapi utk banyak tahun mendatang dan mbrimu pilihan.

Sdgkn bro malah mpermasalahkan uang 50% sudah submit utk resepsi?
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)