Author Topic: TERLALU BANYAK EKSPEKTASI – Penghancur Relationship Nomor Satu  (Read 188 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 03, 2018, 08:13:31 PM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 480
  • Denominasi: Protestan
http://www.gracedepth.com/terlalu-banyak-ekspektasi-penghancur-relationship-nomor-satu/

Apa yang menyebabkan sebuah pertengakaran di dalam relationshipmu? Tentu biasanya karena apa yang pasanganmu lakukan bukan? Mungkin dia pergi berduaan dengan temannya yang berlawanan jenis, mungkin dia mengatakan kata-kata pedas kepadamu, atau mungkin dia berlaku tidak sopan kepada orang tuamu. Namun, saya menemukan bahwa ternyata seringkali sebuah pertengkaran di dalam relationship tidak hanya terjadi karena apa yang dilakukan, melainkan karena apa yang tidak dilakukan. Hal ini bisa dinamakan sebagai: Ekspektasi yang tidak tercapai.

Setiap dari kita pasti memiliki ekspektasi-ekspektasi di dalam relationship. Dalam kata lain, setiap dari kita pasti mempunyai banyak hal yang kita harapkan akan kita dapatkan dari pasangan kita. Contohnya begini…

Anggap ada sebuah pasangan, David dan Sally. Di keluarga David, ulang tahun bukanlah suatu hal yang besar—biasanya ulang tahun hanya akan diselebrasikan dengan makan-makan keluarga tanpa pemberian hadiah ulang tahun. David sudah terbiasa dengan budaya ini selama puluhan tahun.

Namun, di keluarga Sally, ulang tahun adalah suatu hal yang sangat amat besar. Dia biasanya diberikan kado ulang tahun special berupa barang bagus, diberikan sebuah video yang berisikan ucapan dari seluruh keluarganya dan seluruh sahabatnya, dan diperlakukan sebagai seorang princess selama hari ulang tahunnya.

Jadi, pada saat Sally ulang tahun, David hanya membawa Sally makan di restoran yang sedikit lebih mahal dari restoran-restoran tempat mereka biasa makan. Untuk David, ini adalah hal yang seharusnya dia lakukan saat Sally ulang tahun, tetapi untuk Sally, ini adalah hal yang sangat amat kurang untuk sebuah hari ulang tahun. Dalam kata lain, Sally merasa David tidak mencapai ekspektasinya.

Makan malam yang sudah direncanakan David untuk Sally bukannya membuat Sally senang, tetapi malah membuat Sally bete. Sally kesal bukan karena apa yang David lakukan, melainkan karena apa yang David tidak lakukan yang menurutnya seharusnya David lakukan.

Sifat seperti ini lah yang seringkali menghancurkan sebuah relationship. Kita ingin pasangan kita untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kebenarannya, pasangan kita mungkin dapat memenuhi beberapa ekspektasi kita, tetapi tidak mungkin dapat memenuhi semuanya. Cepat atau lambat, pasanganmu pasti tidak akan memenuhi ekspektasimu. Dan pertanyaannya, apa yang akan kamu lakukan ketika kamu menemukan pasanganmu terus menerus tidak memenuhi ekspektasimu?

Baca lengkapnya di:
http://www.gracedepth.com/terlalu-banyak-ekspektasi-penghancur-relationship-nomor-satu/

Add line atau instagram kami untuk mendapatkan notifikasi update renungan terbaru dari website kami.
Official Line: @pkx3578b (pakai @)
Instagram: @gracedepth
Instagram penulis: @revyhalim

Semoga renungan-renungan kami bisa menjadi berkat.God Bless! :D
August 18, 2018, 10:45:09 AM
Reply #1
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 15
  • Denominasi: protestan
ini cuma pertama kali saja, ketika sally ribut dengan david tentang masalah ini, pasti ultah selanjutnya berbeda. semua juga belajar. karean kebiasaan dari rumah selalu dibawa ke pernikahan.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)