Author Topic: Perumpamaan Pokok Anggur  (Read 3163 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 01, 2018, 05:31:44 PM
Reply #110
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 803
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Koreksi:Bukan "pohon" melainkan "pokok".

Wah! Pendek sekali komen-mu, Bro!
Ya, itu hrs ku-edit, spy tak mengganggu
Mungkin itu pengaruh PL, maka jadi “pohon”

Mis.:[Mzm.80:8]:
Telah Kauambil pohon anggur dari Mesir,
telah Kauhalau bangsa-bangsa,
lalu Kautanam pohon itu.

Salam Damai!
NB:
Ada apa dgn pokok anggur,
Sehingga dipakai perumpamaan?
Pls your comment! @Siip as well.
« Last Edit: October 01, 2018, 05:35:07 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 02, 2018, 08:16:12 AM
Reply #111
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
haha...

tetep enggak mampu menjawab kan?

mana verifikasinya kalo Tuhan sudah menilai kamu "beneran percaya" ?
Lho, kok malah saya yang disuruh menjawab.
Elu yang mlintir saya nulis 'percaya' diplintir menjadi 'ngaku percaya', padahal udah tau beda. Kok malah saya suruh ngejelasin.

Udah jelas keliatan kok. Elu itu kopong, cuma modal nulis panjang-panjang tapi gak ada isi.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
October 02, 2018, 12:18:15 PM
Reply #112
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Lho, kok malah saya yang disuruh menjawab.
Elu yang mlintir saya nulis 'percaya' diplintir menjadi 'ngaku percaya', padahal udah tau beda. Kok malah saya suruh ngejelasin.

Udah jelas keliatan kok. Elu itu kopong, cuma modal nulis panjang-panjang tapi gak ada isi.

lho kok malah ngeles enggak mau jawab..

yang bilang "pelintiran" kan elo?

gw udah jelasin bahwa itu bukan pelintiran karena memang elo itu "CUMA NGAKU-NGAKU PERCAYA" doang..
dan TIDAK MAMPU MEMVERIFIKASI bahwa Tuhan beneran menilai elo adalah orang percaya beneran..


sudah jelas terang benderang gitu,
tapi elo ngotot tetep enggak setuju kan?

nah makanya skrg tinggal elo elaborasi aja gimana cara elo verifikasi "percaya" itu..

simpel kan?

begitu elo bisa tunjukkan bahwa verifikasinya itu valid, ya otomatis kata-kata "NGAKU-NGAKU" itu pasti bakal hilang sendiri...

coba... bisa tunjukkin gak?

jangan cuma bilang "plintar-plintir" doang, play victim "diserang orangnya" doang...
tapi elo enggak bisa menjustifikasi statement elo sendiri..
itu namanya ASBUN NGOTOT KENCENG... tapi NGACO... ahahahahahahahahaha......
October 02, 2018, 03:23:54 PM
Reply #113
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 803
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Oey!
Anggur-nya mana!
Koq, hanya pokok?
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 03, 2018, 04:35:37 PM
Reply #114
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 803
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
1 "Akulah pokok anggur yg benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
2  Setiap ranting pd-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan
setiap ranting yg berbuah, dibersihkan-Nya, spy ia lebih banyak berbuah.
3  Kamu memang sudah bersih karena firman yg telah Kukatakan kpd-mu.

Nah itu dia poinnya, bray.

Yang ngomong SUDAH BERSIH-nya kan adalah Yesus Kristus sendiri. Jadi unquestionable gitu.
Lah kalo gue, paling sebatas rasa-rasanya gue percaya barangkali atau mungkin sudah bersih...
Itu pas lagi up, kalo pas lagi down, lain lagi ceritanya.

Kalo elo gimana, bray?
Kayaknya sih yakin SUDAH BERSIH gitu... ???

Lalu kudu sebersih apa sih kita ini, Bray!
Apa hrs nunggu bersih baru "up" jadi ranting?
Pan tetap akan di-"pruning" jika hrs berbuah lebat

Umpamanya spt Yusuf (30thn), entah berapa kali pruning jadi lebat
Dan pula di sini pun kita sedang berumpama berbuah, gitu, loh Bro!
Jadi, kita coba cari misal yg ideal menurut pandangan kita, buahnya

Jadi jangan takut menjadi ranting (murid)
Sebab yg tak jadi sudah pasti tak berharap
Tak berharap surga pun neraka, spt atheis

Atau apakah kpd Yeus hrs lewat perantara?
Kata Clay sih hrs begitu, Maria perantaranya
Sebab "Tiada rahmat tanpa Maria", kata-nya

Mari kita kemon!

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 04, 2018, 01:56:28 PM
Reply #115
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 803
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
@Siip (TS) & all

Jika direnung ulang
Perumpamaan pokok anggur ini spt lubang kunci
Artinya, pintu sudah didapat tinggal mau masuk atau tak

1 "Akulah pokok anggur yg benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
2  Setiap ranting pd-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan
setiap ranting yg berbuah, dibersihkan-Nya, spy ia lebih banyak berbuah.
3  Kamu memang sudah bersih karena firman yg telah Kukatakan kpd-mu.
4  Tinggallah di dlm Aku dan Aku di dalam kamu.
Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dr dirinya sendiri,
kalau ia tidak tinggal pd pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah,
jikalau kamu tidak tinggal di dlm Aku.
5  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting2-nya.
Barangsiapa tinggal di dlm Aku dan Aku di dlm dia, ia berbuah banyak,
sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
6  Barangsiapa tidak tinggal di dlm Aku,
ia dibuang ke luar spt ranting dan menjadi kering,
kemudian dikumpulkan org dan dicampakkan ke dlm api lalu dibakar.
7  Jikalau kamu tinggal di dlm Aku dan firman-Ku tinggal di dlm kamu,
mintalah apa saja yg kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
8  Dlm hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak
dan dgn demikian kamu adalah murid2-Ku."

Seperti ...

Quote
9 "Spt Bapa telah mengasihi Aku,
demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dlm kasih-Ku itu.
10  Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dlm kasih-Ku,
spt Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dlm kasih-Nya.
11  Semuanya itu Kukatakan kpd-mu, spy sukacita-Ku ada di dlm kamu dan
sukacitamu menjadi penuh.
12  Inilah perintah-Ku, yaitu spy kamu saling mengasihi, spt Aku telah mengasihi kamu.
13  Tidak ada kasih yg lebih besar dr pd kasih se-org yg memberikan nyawanya utk sahabat2-Nya.
14  Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yg Kuperintahkan kpd-mu.
15  Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu,
apa yg diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat,
karena Aku telah memberitahukan kpd kamu segala sesuatu yg telah Kudengar dr Bapa-Ku.
16  Bukan kamu yg memilih Aku, tetapi Akulah yg memilih kamu.
Dan Aku telah menetapkan kamu, spy kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap,
spy apa yg kamu minta kpd Bapa dlm nama-Ku, diberikan-Nya kpd-mu.
17  Inilah perintah-Ku kpd-mu:
Kasihilah seorang akan yg lain."

Itu perumpamaan-Nya yg terakhir
Yudas barusan pergi sbg bukan rating yg melekat pd pokok anggur
Yesus pun sebentar lagi pergi, mati, dan ditancapkan di tempat yg tinggi
Tiga kali cawan itu ditawar karena gentar, tiga kali juga murid2-Nya itu tidur

..berjaga dan berdoalah: “roh memang penurut, tetapi daging lemah."
Murid2-Nya masih goyah pd hrs bagaimana hubungannya dgn Tuhan
Hubungan Allah-Yesus, hubungan Kristen-Kristus, kesatuan semuanya

Sudah ada beberapa analogi kesatuan manusia dgn Yesus
Ada kesatuan dgn perumpamaan domba dan gembala dan
Ada anak dan bapa, pelayan dan tuan, tubuh dan kepala, dll

Makin mudah ditebak manggis,
Apa pentingnya perumpamaan pokok anggur itu dgn anggur Kana
Mengapa anggur Kana duluan dan analogi pokok-nya belakangan
Bukan analogi kesatuan tubuh dan kepala pd jelang mati-Nya?

Dgn merenungkannya dlm2
Semakin rada terbuka spirit anggur dlm kehidupan
Makin terbuka lagi spirit anggur itu dlm kesetiaan dan kematian
Semua itu terbuaka hanya bagi manusia rohani tentunya, semoga.

Jadi,
Ayat 1-8 = Spt pokok anggur dan anting
Ayat 9-17 = Spt Bapa dan Anak-Nya

Tinggallah pd-Ku di dlm cinta-Ku
Spy kebahagiaan-mu itu penuh

Salam Damai!
« Last Edit: October 09, 2018, 01:12:56 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 08, 2018, 03:44:59 PM
Reply #116
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 803
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Sebelum spirit anggur, sekali lagi [Yoh.15]
Ayat 1-8 = Spt pokok anggur&ranting
Ayat 9-17 = Spt Bapa dan Anak-Nya

Ay.9
"Spt Bapa telah mengasihi Aku,
Demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu;
Tinggallah di dlm kasih-Ku itu.

(Spt Bapa mengasihi Yesus =
Spt pengusaha mengasihi pokok anggur =
Spt pokok anggur menumbuhkan ranting2 berbuah)


Ay.10 
Jikalau kamu menuruti perintah-Ku,
Kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku,
Spt Aku menuruti perintah Bapa-Ku
Dan tinggal di dlm kasih-Nya.

(Spt Yesus menuruti perintah Bapa =
Spt kita menuruti perintah Yesus =
Spt ranting berbuah dari pokok)


Ay.11
Semuanya itu Kukatakan kpd-mu,
Spy sukacita-Ku ada di dlm kamu
Dan sukacitamu menjadi penuh.

(Jika suka cita penuh,
maka takkan haus lagi)


Ay.12 
Inilah perintah-Ku,
Yaitu spy kamu saling mengasihi,
Spt Aku telah mengasihi kamu.

Ay.13-16
Tidak ada kasih yg lebih besar dr pd kasih seorang yg memberikan nyawanya utk sahabat2-nya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yg Kuperintahkan kpd-mu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yg diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kpd kamu segala sesuatu yg telah Kudengar dr Bapa-Ku. Bukan kamu yg memilih Aku, tetapi Akulah yg memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, spy kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, spy apa yg kamu minta kpd Bapa dlm nama-Ku, diberikan-Nya kpd-mu.

(Berkali2 Dia memerintahkan
Berbagai cara Dia mengatakan
Kita hrs pergi dan berbuah)


Ay.17
Inilah perintah-Ku kpd-mu:
Kasihilah seorang akan yg lain."

(Perintah-Nya, aplikasikanlah kasih-Nya
Itulah tandanya kita menghasilkan buah)


Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 16, 2018, 08:48:42 AM
Reply #117
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 252
  • Denominasi: Kharismatik
Saya baca kembali di posting ini cukup banyak pembahasan masalah Yudas.  Saya hanya mau komen bahwa saya percaya bahwa Yudas benar2 sudah percaya Kristus dan dia memutuskan untuk tidak lagi menancap pada Kristus (tidak lagi percaya/meninggalkan Dia), dan akhirnya dipotong dan dibuang.  Masalahnya bukan Yudas berbuah sedikit tapi sama sekali tidak lagi berbuah, sama seperti anak bungsu yang meninggalkan orang tuanya.  Yesus tetap mengasihi Yudas, sama seperti sang ayah tetap mengasihi anaknya.   Tapi atas dasar kehendak bebasnya, Yudas memilih untuk tidak lagi percaya.

Yohanes 13:1
Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.
« Last Edit: October 16, 2018, 09:09:15 AM by melangkahpasti »
October 19, 2018, 04:42:03 PM
Reply #118
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 803
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Saya hanya mau komen bahwa saya percaya bahwa Yudas benar2 sudah percaya Kristus
dan dia memutuskan untuk tidak lagi menancap (mk: coba berspekulasi) pada Kristus
(tidak lagi percaya/meninggalkan Dia), dan akhirnya dipotong dan dibuang.

Aku percaya begitu, Bro!
Yudas org yg patut dipercaya
Sebab itu dia menjadi bendahara

Mungkin "diem2" paling mapan ekonominya
Sehingga dia tak gentar walau saat-Nya telah tiba
Sebab dia rajin kalkulasi apa kedahsyatan Mesias, Raja

Dlm kemapanan "spt itu" dia mudah tergoda melihat peluang dgn mempolitisasi Yesus
Semua Yahudi tahu, gbr-an Mesias adalah Raja, semangat Petrus pun spt calon Panglima
Yudas ingin menjadi Menkeu nanti, maka ia bergegas pergi dgn bayang2 uang di batok-nya
... putus dgn sendirinya ...

Salam Damai!
« Last Edit: October 19, 2018, 04:50:50 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)